Promo Top Up Game Termurahūüėć
Koleksi Gambar

12 Contoh Gambar Batik Yang Mudah Ditiru Di Buku Gambar

Contoh Gambar batik yang mudah ditiru merupakan objek yang sering dicari ketika ingin belajar menggambar. Karena tergolong mudah, mengambar batik sering digunakan dalam bidang pembelajaran seni budaya dan prakarya di sekolah khususnya pada sekolah dasar dan menengah pertama.

Batik merupakan salah satu ciri khas budaya indonesia yaitu sebagai aset budaya sekaligus identitas bangsa. Karena fungsinya, ide menggambar batik selalu muncul di setiap perlombaan perayaan hari kemerdekaan indonesia. Saat ini batik modern mulai bermunculan dengan motif yang bervariasi sehingga sulit diikuti, untuk itu kami akan berikan rekomendasi gambar batik yang mudah ditiru untuk pemula. Ikuti terus ya!

Kumpulan Contoh Gambar Batik Yang Mudah Ditiru

Dengan adanya gambar batik berikut, semoga kamu bisa membuat sketsa terbaik tanpa ada kendala yang serius. berikut beberapa gambar batik yang mudah ditiru untuk pelajar:

  • Gambar Batik Motif Bunga

gambar batik motif bunga
Sumber: istockphoto.com

gambar batik yang mudah ditiru yang pertama bermotif bunga. Batik bermotif bunga pasti sering kita jumpai pada kain-kain batik tradisional yang digunakan di indonesia. Untuk pemula, gambar batik ini sangat direkomendasikan karena sangat sederhana yang memiliki 5 kelopak bunga dan disertai gambar daun yang cukup mudah diikuti.

  • Gambar Batik Motif Daun Simbut

gambar batik motif daun
Sumber: retizen.republika.co.id

gambar batik yang bermotif daun simbut cocok sebagai referensi untuk kamu pemula. Motif simbut yang berasal dari suku badui sangat mudah ditiru karena menyerupai daun talas, kesederhanaan pada gambar tanpa menggabungkan dengan motif lain membuatnya mudah dikuti.

  • Gambar Batik Motif Megamendung

gambar batik motif mega mendung
Sumber: kumparan.com

Batik motif megamendung merupakan satu diantara gambar batik yang mudah ditiru. Motif megamendung yang berunsurkan warna biru menandakan warna langit yang menantikan kedatangan hujan. Motif batik yang berasal dari cirebon ini tergolong mudah untuk ditiru, diidentik dengan gambar awan yang tegas yang bermotif tunggal sehingga mudah untuk digambarkan.

  • Sketsa Batik Motif Kupu-kupu

gambar batik motif kupu-kupu
Sumber: bukalapak.com

Gambar batik bermotif kupu-kupu merupakan slaah satu diantara mofit batik yang mudah ditiru. Seperti yang kita ketahui, menggambarkan kupu-kupu bukan hal yang sulit karena sebagian besar kita telah mencobanya pada taman kanak-kanak. Motif yang berasal dari pekalongan jawa tengah ini sudah sering dijumpai pada kain batik tradisional sehingga motif ini tentu tidak asing.

  • Batik Motif Kawung

Batik motif kawung
Sumber: detik.com

Batik kawung berasal dari yogyakarta yang memiliki bentuk bulat layaknya buah kawung. Untuk pemula, mencoba mengambar motif ini sangat direkomendasikan karena sederhana. Proses pembuatan batik menggunakan desain bulat yang disusun secara geometris.

  • Batik Motif Kembang Temu

gambar batik motif kembang temu
Sumber: budaya-indonesia.org

Batik dengan motif kembang temu sering kita jumpai pada bahan batik yang digunakan orang dewasa. Motif kembang temu ini didesain untuk orang tua, namun cara desainya tergolong mudah sehingga cocok untuk pemula.

  • Gambar batik Motif Grompol

gambar batik motif grompol
Sumber: walipop.detik.com

Batik grompol merupakan motif yang mudah untuk diikuti. Motif batik yang berasal dari yogyakarta ini memiliki filosopi media doa orang tua kepada anaknya dengan bentuk grompol. Motif grompol terlihat seperti bunga dan bulatan yang berarti menyatu dan di desain berulang-ulang sehingga mudah untuk diikuti.

  • Gambar batik Bermotif Parang

gambar batik motif parang
Sumber: batikjibb.com

Gambar batik yang mudah ditiru kali ini bermotif parang yang memiliki makna lereng atau tebing. Motif  parang diartikan sebagai garis menurun dari tinggi ke rendah sesuai dengan maknanya. Gambar motif ini sering digunakan pelajar yang ingin mengenal kain batik secara mendalam karena motif yang tergolong sederhana.

  • Gambar Batik Motif Sidoluhur

gambar batik sidoluhur
Sumber: cashbac.com

Motif pada batik sodoluhur mengartikan keluhuran yang digambarkan seperti ketupat. Dalam batik yang berasal dari keraton surakarta ini terdapat beberapa motif selain ketupat, motif lain berupa bunga dengan empat kelopak dan beberapa desain lain yang mudah diikuti untuk pelajar tahap lanjutan.

Baca juga artikel menarik lainya: 2 Cara Menggunakan Aplikasi Canva di Android Untuk Desain Poster

  • Batik Motif Jumputan

gambar batik motif jumputan
Sumber: masfikr.com

Gambar batik yang mudah ditiru diatas bermotif jumputan. Dalam motif jumputan terdapat beberapa bentuk diantaranya melingkar, garis, donat, bunga dan beberapa motif sederhana lainya sehingga cocok untuk kamu yang masih awam dalam mengikuti pola batik modern.

  • Batik Motif Pring Sedapur Magetan

batik motif pring sedapur magetan
Sumber: bukalapak.com

batik yang bermotif bambu ini mungkin bisa kamu coba jika ingin hasil karyamu unik. Dengan motif bambu yang tumbuh dari gumpanan tanah secara bergolombolan diikuti daun daun membuatnya mudah digambar dan  melambangkan kekuatan bagi penggunanya.

  • Batik Motif Bulat

gambar batik motif bulat
Sumber: bukalapak.com

Terakhir, gambar batik yang mudah ditiru dengan motif bulat. Meskipun hanya menggunakan motif bulat, tedapat beberapa gambar dalam bulatan yang membuatnya terlihat mewah seperti gambar garuda, motif kawung, bunga dan motif kotak lainya.

Cara menggambar Batik Untuk Pemula

Menggambar batik bisa dikatakan gampang gampang sulit karenanya diperlukan ketelatenan dan latihan yng maksimal. Nah, selain 12 rekomendasi gambar batik yang mudah ditiru diatas, kami berikan cara menggambar batik yang dirangkum sederhana:

  • Siapkan Bahan dan Media

Setelah memilih 1 dari 12 media diatas, langkah berikutnya dengan menyiapkan bahan-bahan yang untuk menggambar. untuk pertama kamu cukup gunakan kertas sebagai bahan utama selanjutnya siapkan pensil, penghapus, dan penggaris untuk menggambar pola dan pensil warna untuk mewarnai hasil gambarmu.

  • Buat Garis Bantu

Garis bantu akan mempermudah kamu dalam menggambar batik. Umunya garis bantu yang digunakan dibuat dalam bentuk horizontal dan verikal.

  • Gambar Pola Batik

Langkah berikutnya menggambarkan pola batik yang dimulai dari garis bantu, gunakan media sebagai referensi dan ulang gambar batik pada garis bantu yang masih kosong. Untuk menggambar batik kamu cukup gunakan media yang sederhana seperti batik motif kawung, daun simput dan motif jumputan.

  • Mewarnai

Langkah terakhir setelah menggambarkan pola batik secara keseluruhan pada kertas, mulailah mewarnai batik. Gunakan beberapa warna yang membuat asil karyamu tampak nyata dengan memilih warna elegan.

Postingan Sebelumnya: 8 Aneka Olahan Singkong Sederhana Enak dan Kekinian

Kesimpulan

Contoh Gambar Batik Yang Mudah Ditiru
Contoh Gambar Batik Yang Mudah Ditiru

Demikian artikel gambar motif batik yang dilengkapi  beberapa cara menggambar batik untuk pemula. 12 gambar batik yang mudah ditiru diatas bisa kamu jadikan pedoman untuk membantu tugas sekolahmu, selamat berkreasi!

Back to top button