RagamTips

8 Aneka Olahan Singkong Sederhana Enak dan Kekinian

Hai bun… lagi nyari referensi untuk olahan singkong sederhana? maka jangan kemana-mana, ikuti sampai habis ya!

Banyak orang yang suka ngemil dalam waktu luangnya sambil menonton, membaca-baca, mendengarkan musik, dan kegiatan-kegiatan lainnya. Kita semua mungkin telah mengetahui bahwa makanan-makanan ringan yang kita beli dari luar itu, selain rasanya kadang yang tidak sesuai dengan ekspektasi kita, kebersihannya juga tidak dapat kita jamin.

Maka dari itu, penulis tertarik membuat artikel ini untuk dapat membantu teman-teman agar mulai sekarang mengonsumsi makanan-makanan steril yang baik untuk kesehatan. Menariknya lagi, selain untuk cemilan sendiri, kamu juga bisa loh menjadikan Olahan Singkong Sederhana sebagai peluang usaha. Buat yang penasaran, jangan di skip ya!

Olahan Singkong Sederhana

Berikut ini kami menyajikan beberapa olahan singkong sederhana yang bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk membuat cemilan yang sederhana tapi kaya akan cita rasa.

  • Keripik Singkong

Keripik singkong
Sumber: cdn-2.tstatic.net

Olahan singkong sederhana yang pertama yaitu keripik singkong. Jenis cemilan seperti ini sangat disukai oleh banyak orang dari semua kalangan terkecuali orang yang memang sudah tidak mampu lagi untuk mengunyah.

Bahan-bahan dan cara pembuatannya juga sangat mudah, anda hanya membutuhkan singkong yang kemudian di iris tipis-tipis sesuai selera dan minyak goreng secukupnya.

Untuk menciptakan cita rasa yang enak, anda bisa menambahkan berbagai bumbu tabur keripik dengan berbagai rasa seperti rasa balado, rumput laut, jagung bakar, keju, dll sesuai selera. Atau jika anda mau yang lebih alami, anda bisa menggunakan gula pasir/ gula merah.

  • Goreng singkong parut

Untuk olahan singkong yang satu ini yaitu olahan gorengan dari singkong parut, bisa anda sajikan dalam 2 versi, yaitu:

Baca Juga :  Font IG Iphone Copy Paste Untuk Bio, Story dan Feed Instagram

Goreng singkong parut halus

Singkong Parut
Sumber: img-global.cpcdn.com

Olahan yang pertama yaitu gorengan dari singkong parut halus. Dengan teksturnya yang lembut, makanan ini sangat cocok untuk kamu yang tidak terlalu suka makanan yang kriuk-kriuk, atau ingin membuat makanan untuk dimakan bersama dengan orang tua.

Untuk pembuatannya, anda bisa menaruh gula dan kelapa di dalam singkong sebelum lanjut ke tahap penggorengan.

Baca juga artikel menarik lainnya 10 Cara Mendapatkan Uang 1 Juta dalam Sehari Tanpa Modal

Goreng singkong parut cakar ayam

Singkong parut cakar ayam
Source: img-global.cpcdn.com

Olahan singkong parut yang berikutnya yaitu olahan singkong parut cakar ayam. Dengan teksturnya yang demikian menciptakan rasa yang kriuk dan krenyes. Jika olahan singkong parut sebelumnya cocok disajikan untuk orang tua, maka yang ini cocok untuk anak-anak muda dan anak-anak.

Cara membuatnya sangat mudah, sediakan singkong yang akan diparut, lalu parut pelan-pelan, kemudian tiriskan/peras (karena singkong mengandung kadar air yang banyak), setelah itu campurkan dengan gula pasir secukupnya sebelum ke tahap terakhir yaitu penggorengan.

  • Ubi goreng sederhana

Ubi goreng sederhana
Sumber: www.rumahmesin.com

Ubi goreng sederhana merupakan salah satu olahan singkong yang paling simpel dan gak ribet. Namun olahan singkong yang satu ini sangat menggugah selera, maka tak heran jika gambar seperti diatas sering kita jumpai di daftar menu tempat tongkrongan/ cafe.

Selain dijadikan sebagai cemilan, olahan singkong seperti juga cocok loh kamu jadikan sarapan yang disuguhkan dengan secangkir kopi atau teh.

Cara pembuatannya simpel bangat guys, potong-potong singkongnya dengan ukuran sedang, kemudian rebus sampai setengah matang, lalu angkat dan tiriskan, lanjut ke tahap terakhir, goreng potongan singkong yang setengah matang tersebut sampai tekstur warna nya kuning kecoklatan.

  • Singkong kukus gula merah

Singkong kukus gula merah
Source: img-global.cpcdn.com

Olahan singkong sederhana yang berikutnya yaitu singkong kukus gula merah. Makanan olahan dari singkong seperti ini sangat cocok untuk kamu yang tidak suka makanan berminyak.

Baca Juga :  Cara Menggunakan Tool Tembak Paket Kuota Axis 2024

Cara pembuatannya juga mudah kok guys. Haluskan terlebih dahulu singkongnya dengan menggunakan parutan, siapkan gula merah dengan sedikit campuran kelapa (bila perlu), lalu bulati satu persatu dan jangan lupa masukkan gula kelapa tersebut kedalam bulatannya singkongnya. terakhir kukus dengan api yang sedang. Baca juga artikel terkait lainnya 7 Daftar Menu masakan sehari-hari yang sederhana Dalam seminggu

  • Singkong rebus tabur kelapa

Singkong rebus tabur kelapa
Sumber: www.langsungenak.com

Singkong rebus tabur kelapa merupakan salah satu olahan singkong sederhana tradisional yang sering diabaikan oleh banyak orang, padahal rasanya ini enak loh guys. Selain untuk cemilan, makanan seperti ini juga cocok kamu jadikan sebagai makanan ganti nasi. Jadi kalau kamu lagi bosan makan pake nasi, boleh ganti pake ini ya gengs.

  • Tape singkong

Tape Singkong
Sumber: cookpad.com

Olahan singkong sederhana yang berikutnya adalah tape singkong. Olahan singkong seperti ini sudah menjadi favorit sejak zaman dulu, namun sampai sekarang juga masih banyak orang yang kecarian akan makanan yang satu ini.

Tape singkong sangat cocok dijadikan lalapan saat sedang mengobrol bersama besti-besti maupun saat sedang quality time dengan keluarga. Untuk cara pembuatannya yang lebih lengkap, anda bisa mengunjungi laman ini ya bun Cara membuat Tape Singkong

  • Kolak singkong

Kolak singkong
Source: i.pinimg.com

Hmm… siapa sih yang gak ngiler melihat makanan seperti pada gambar diatas?. Olahan singkong sederhana berbentuk kolak seperti ini menjadi favorit dalam menu sarapan di pasaran. Selain untuk sarapan, makanan seperti ini sangat lezat apabila dinikmati saat sedang datang hujan/ musim dingin.

Cara pembuatannya juga tidak susah ya guys, potong-potong kecil singkong nya, kemudian rebus, setelah dirasa sudah setengah matang, tambahkan air dan gula merah, kemudian aduk-aduk sampai tekstur singkongnya lembek.

Baca Juga :  7 Penyebab dan Cara Mengatasi Token Listrik Terblokir

Tips Membuat Olahan Singkong Sederhana

Tips Deskripsi Singkat
Pilih Singkong Berkualitas Pastikan untuk memilih singkong yang segar, keras, dan bebas dari bercak hitam atau jamur.
Cuci dan Kupas dengan Baik Singkong harus dicuci bersih dan dikupas dengan hati-hati untuk menghilangkan kulit luar yang keras dan kotor.
Rebus atau Kukus Sampai Empuk Sebelum diolah lebih lanjut, rebus atau kukus singkong sampai benar-benar empuk.
Olah Menjadi Makanan Favorit Singkong bisa diolah menjadi berbagai makanan seperti singkong goreng, singkong keju, atau kue singkong.
Coba Resep Baru Jangan takut untuk bereksperimen dengan resep baru. Singkong adalah bahan yang sangat serbaguna dan bisa dipadukan dengan berbagai bahan lain.

Supaya ngemil-nya lebih complete, harus dibarengi dengan mendengarkan lagu kesukaan kamu dong! baca 2 Cara Mendapatkan YouTube Music Premium Gratis untuk mendengarkan lagu tanpa iklan.

Penutup

Olahan Singkong Sederhana
Olahan Singkong Sederhana

Nah, itulah olahan singkong sederhana yang bisa bunda/ sista coba dirumah untuk cemilan maupun untuk usaha kecil-kecilan. Demikian artikel ini dibuat, semoga bermanfaat untuk teman-teman semuanya. Terimakasih telah berkunjung dan selamat mencoba.

Back to top button