Ragam

16 Daftar Menu Masakan Sehari-hari Agar Tidak Bosan

Moms apakah kamu bosan dengan menu masakan yang itu-itu saja? mungkin kamu butuh daftar menu masakan sehari-hari agar tidak bosan dan tentunya mencukupi kebutuhan gizi anggota keluarga.

Ketika hendak memasak, tak jarang mommy bingung ingin memasak apa, lagi dan lagi isi kulkas itu saja membuat kita memasak masakan yang sama, tentu membosankan dan membuat selera makan hilang, alhasil membeli makanan dari luar selalu dilakukan.

Jangan terburu-buru membeli makanan dari luar ya moms, selain biaya yang dikeluarkan lebih banyak kita tidak bisa pastikan kebersihan maupun kandungan makanan. Dengan adanya daftar menu masakan sehari-hari agar tidak bosan ini, diharapkan mommy dapat mengisi kulkas dengan bahan yang diperkirakan diolah hari ini.

Daftar Menu Masakan Sehari-hari Agar Tidak Bosan

Membuat makanan enak dan nikmat bisa dilakukan sendiri, tidak perlu keahlian khusus untuk membuatnya. Beberapa resep makanan juga dapat disajikan dalam porsi besar dan cocok dijadikan makanan satu keluarga, berikut daftar menu masakan sehari-hari agar tidak bosan untukmu :

Capcay Seafood

Resep makanan sehari-hari agar tidak bosan- capcay seafood
Sumber: halodoc.com

Siapa sih yang tidak tahu menu masakan yang satu ini, pasalnya capcay merupakan menu makanan wajib penambah selera makan si kecil. Dengan beberapa jenis sayuran, membuatnya disajikan lebih menarik selain itu cara masak cukup praktis dan mengenyangkan.

Capcay termasuk lauk yang mudah dibuat, cukup iris dan menumis bumbu utama dan segera memasukkan sayuran yang ada, sayuran yang biasa digunakan untuk membuat makanan ini brokoli, bunga kol, wortel, sayur putih, dan baby corn. Berikutnya tambahkan seafood, daging maupun bakso untuk menambah variasi makanan.

Ayam Sambal Hijau

daftar menu masakan sehari-hari agar tidak bosan- ayam sambal hijau
Sumber: karawangpost.pikiran-rakyat.com

Daftar menu masakan sehari-hari agar tidak bosan berikutnya olahan dari ayam. Menu masakan yang ini memang selalu digunakan dengan sambal merah sebagai penikmat rasa. Kali ini ibu bisa berganti resep menggunakan cabai hijau dijamin rasa lebih mantul dan keluarga lahap.

Seperti memasak ayam goreng umumnya, kamu cukup memasaknya sesuai level kematangangan yang diinginkan, setelah itu kamu cukup menumis bumbu dan cabai hijau yang di cooper kasar, tambahkan tomat hijau agar warna masakan menggoda.

Telur Balado

daftar menu masakan sehari-hari agar tidak bosan- telur balado
Sumber: jessicabakery.com

Ketiga, daftar menu masakan sehari-hari agar tidak bosan adalah telur balado. Setelah menggunakan dua resep diatas, kreasi kan masakan dengan menyajikan telur balado di hari berikutnya dijamin keluarga tidak akan bosan karena menu bervariasi.

Baca Juga :  HP Mirip iPhone 14 Mulai Dari Harga 1 Jutaan Saja

Tentu kita mengetahui telur merupakan andalan semua orang ketika bingung ingin memasak makanan disaat kulkas kosong, lagi pula bahan ini sangat mudah ditemukan. Untuk ibu yang bosan masak telur dadar, silahkan masak telur balado cukup dengan rebus telur sampai matang, kupas dan goreng di minyak panas, buatlah sambal halus, masak kemudian campur kan dengan telur tersebut.

Gurame Asam Manis

daftar menu masakan sehari-hari agar tidak bosan- gurame asam manis
Sumber: tripadvisor.com

Jika tiga resep pertama dapat dilakukan dengan mudah, sebaiknya kamu belajar membuat gurame asam manis, menu enak andalan keluarga. Semua kalangan biasanya cocok dengan olahan asam manis, maka tak jarang melihat makanan ini dijual dirumah makan maupun restoran dengan harga yang cukup mahal.

Jika ingin menyajikan menu satu ini, kamu wajib mempersiapkan bahan-bahan utama sebelumnya lalu mulailah memasak dengan menggoreng gurame setengah matang, kemudian campur dengan bumbu halus, jika sobat kebingungan memulai karena belum memiliki keahlian untuk memasak, gunakan aplikasi memasak online, lihat disini: 8 Aplikasi Resep Makanan Terbaik, Bisa Digunakan Offline

Teri Kacang Medan

daftar menu masakan sehari-hari agar tidak bosan- Teri kacang medan
Sumber: resepistimewa.com

Jika bosan dengan olahan daging, kamu bisa gunakan teri kacang khas medan untuk lauk sehari-hari. Teri kacang termasuk dalam daftar menu masakan sehari-hari agar tidak bosan, karena rasa khas ditambah pedas nya sambal dan kriuk kacang akan mengundang selera.

Teri kacang medan merupakan bukti makanan enak tidak harus mahal, menu ini nikmat dicampur dengan nasi hangat, tertarik memasaknya? dengan menggoreng ikan dan kacang kemudian blender sambal dan segera tumis, agar tahan lama usahakan sambal kering dan masukkan ikan dan kacang saat sambal dingin, dijamin tetap kriuk.

Tumis Kangkung Seafood

daftar menu masakan sehari-hari agar tidak bosan- tumis kangkung seafood
Sumber: masakapahariini.com

Moms jadikan tumis kangkung seafood dalam daftar menu masakan sehari-hari agar tidak bosan, pasalnya masakan ini sangat mudah, dapat dimasak dalam waktu yang singkat. Makan daging berturut-turut membuat muak, untuk itu kamu bisa mengolah kangkung sebagai menu utama cukup dengan menumis seperti umumnya dan tambahkan udang maupun cumi untuk memperkuat rasa.

Udang Goreng Tepung Renyah

daftar menu masakan sehari-hari agar tidak bosan- udang goreng renyah
Sumber: food.detik.com

Udang tepung merupakan olahan simple dan sering disajikan di restoran, sehingga makanan ini masuk dalam daftar menu masakan sehari-hari agar tidak bosan karena makanan ini jarang digunakan sebagai menu keluarga setiap harinya.

Karena empuk dan nikmat, udang sering digunakan sebagai campuran makanan seperti capcay, nasi goreng seafood dan sebagainya. Mulailah berkreasi dengan membuat udang goreng tepung, bersihkan udang dan celup dalam tepung yang telah dicampur dengan bawang putih, garam dan air secukupnya, diamkan 5 menit kemudian goreng dalam minyak panas.

Baca Juga :  Tabel Angsuran BRI Non KUR 2024 Lengkap Berdasarkan Plafon Pinjaman

Bihun Goreng

daftar menu masakan sehari-hari agar tidak bosan- Bihun goreng
Sumber: food.detik.com

Bihun merupakan makanan yang sering dijumpai di restoran, cara agar anggota keluarga tidak bosan dengan menu itu silahkan membuat menu sederhana dari olahan mie. Bunda dapat berkreasi menggunakan bahan yang satu ini, salah satunya dengan membuat bihun goreng yang enak dengan tambahan telur, udang maupun suiran ayam. Pastikan bihun mu tidak terlalu kering agar rasa lebih nikmat.

Bebek Bakar Madu

daftar menu masakan sehari-hari agar tidak bosan- bebek bakar madu
Sumber: sajiansedap.grid.id

Daftar menu masakan sehari-hari agar tidak bosan dengan membuat olahan bebek yang nikmat. Untuk keluarga sepertinya satu bebek akan nikmat dimakan bersama, selain menghemat biaya makan bersama membuat suasana lebih homie dengan canda dan tawa seluruh anggota keluarga. Kami rekomendasi kan membuat olahan bebek bakar dengan mengoles bumbu halus yang dicampur dengan madu, lalu panggang seperti biasanya.

Pecel Lele

daftar menu masakan sehari-hari agar tidak bosan-pecel lele
Sumber: endeus.tv

Apa kamu pikirkan ketika mendengar kata pecel lele? tentu kriuk dan lezat adalah kata yang pas untuk menggambarkan nya. Jika bosan dengan olahan daging, silahkan berkreasi membuat pecel lele karena cara pembuatan mudah cukup marinasi dan goreng lele lalu buatlah sambal terasi dan lalapan dijamin kamu lahap walaupun menu sederhana.

Ayam Sambal Matah

ayam sambal matah
Sumber: orami.co.id

Moms daftar menu masakan sehari-hari agar tidak bosan berikutnya dengan membuat olahan sambal matah. Jika biasanya kita menambah selera dengan sambal terasi, tidak ada salahnya membuat kreasi menggunakan sambal matah.

Sebelum membuatnya pastikan kamu diskusi terlebih dahulu dengan anggota keluarga, pasalnya tidak semua menyukai jenis sambal ini. Membuat sambal ini lebih tergolong mudah, cukup dengan mengiris tipis bumbu dengan daun jeruk, kemudian campur kan dengan minyak goreng. Sajikan sambal dengan ayam yang telah digoreng sebelumnya.

Cumi Lada Hitam

daftar menu masakan sehari-hari agar tidak bosan-cumi lada hitam
Sumber: momsmoney.id

Daftar menu masakan sehari-hari agar tidak bosan adalah olahan cumi hitam. Resep ini cukup sederhana namun hasilnya sangat lezat dan menjadi favorit banyak orang. Langkah sederhana membuat cumi lada hitam dengan menumis bumbu dan tambahkan lada hitam, sebelumnya pastikan kamu membuang tinta dan memotong cumi sesuai selera ya!

Oseng Cumi Asin pedas

Sumber: selerasa.com

Daftar menu masakan sehari-hari agar tidak bosan berikutnya adalah oseng cumi asin pedas. Menu yang satu ini cukup jarang diolah para bunda, oleh karena itu gunakan menu ini untuk menambah selera anggota keluarga anda.

Cara memasak oseng cumi asin pedas sangat mudah, setelah rendam cumi asin dalam air panas selama 15 menit tumis irisan cabe merah, hijau dan rawit bersamaan dengan irisan bawang bombay, merah dan putih. Setelah bumbu matang masukkan cumi asin lalu tambahkan saos tiram untuk memperkuat rasa.

Baca Juga :  8 Website Telegram Video Downloader Gratis Tanpa Aplikasi

Rawon sapi

Rawon sapi
Sumber: indozone.id

Moms kalau kamu bosan memasak makanan yang itu-itu saja ada baiknya kamu gunakan menu restoran yang satu ini, rawon daging sapi. Selain masuk dalam daftar menu masakan sehari-hari agar tidak bosan, olahan daging ini juga diyakini buat anggota keluarga lahap.

Cukup dengan rebus daging sapi sampai empuk, lalu sisih kan air rebusan. Tahap selanjutnya bunda bisa menggunakan bahan tambahan masakan berupa touge maupun telur puyuh. Setelah itu, buat kan bumbu halus yaitu bawang merah, putih, cabai, kemiri, ketumbar dan gula merah.

Untuk memasak rawon daging sapi bunda cukup tumis bumbu halus disusul dengan kaldu, kemudian masukkan dading sapi. Kemudian tata bumbu pelengkap dalam mangkuk kemudian siram dengan rawon dan sajikan.

Tenggiri Kuah Pedas

Tenggiri Kuah Pedas
Sumber: doyanresep.com

Tenggiri kuah pedas ternyata masuk dalam daftar menu masakan sehari-hari agar tidak bosan, pasalnya resep ini sangat menggiurkan dan mudah disajikan. Jangan khawatir ya moms, walaupun menu ini lezat tidak butuh waktu lama untuk mengolahnya.

Sama dengan resep sebelumnya, cukup halus kan aneka bawang dan cabai ditambah kemiri kemudian masukkan air dan tunggu sampai mendidih. Setelah itu masukkan potongan ikan tenggiri yang disusul dengan garam, asam jawa dan penyedap.

Kepiting Saus Padang

Kepiting Saus Padang
Sumber: rasabunda.com

Daftar menu masakan sehari-hari agar tidak bosan adalah kepiting saus padang. Olahan seafood yang naik daun mungkin solusi anggota keluarga yang mogok makan. Jika biasanya kamu menikmati menu ini di restoran, tidak salah mencoba sendiri kreasi untuk meminimalisir budget yang harus dikeluarkan.

Membuat kepiting saus padang tidak se simple beberapa resep pertama, Setelah mencuci kepiting rebus dengan serai dan jeruk nipis selama 15 menit, lakukan pengolahan yang sama untuk jagung. Setelah itu buat kan bumbu halus yaitu bawang, cabai, kunyit, lengkuas dan kemiri.

Tumis bumbu halus dengan irisan bawang bombay, kemudian masukkan air dan kepiting. Setelah itu, masukkan saus tomat, tiram, saus sambal dan kecap inggris, setelah itu masukkan cairan maizena agar hidangan lebih kental.

Referensi lainnya bisa kamu cek disini : 7 Daftar Menu masakan sehari-hari yang sederhana Dalam seminggu

🔰 Capcay Seafood ✅ Ayam Sambal Hijau
🔰 Telur Balado ✅ Gurame Asam Manis
🔰 Teri Kacang Medan ✅ Tumis Kangkung Seafood
🔰 Udang Goreng Tepung Renyah ✅ Bihun Goreng
🔰 Bebek Bakar Madu ✅ Pecel Lele
🔰 Ayam Sambal Matah ✅ Cumi Lada Hitam
🔰 Oseng Cumi Asin pedas ✅ Rawon sapi
🔰 Tenggiri Kuah Pedas ✅ Kepiting Saus Padang

Kesimpulan

Daftar Menu Masakan Sehari-hari Agar Tidak Bosan
Daftar Menu Masakan Sehari-hari Agar Tidak Bosan

Demikian 16 daftar masakan sehari-hari agar tidak bosan, diharapkan pembaca terispirasi dan menemukan menu masakan terbaru, selain itu cara diatas tidak membutuhkan keahlian khusus sehingga kamu tidak perlu kesulitan mencobanya. Terimakasih telah berkunjung, selamat memasak dan nikmati hasil kreasi mu bersama keluarga tercinta.

Back to top button