Tips

DANA Tidak Bisa Transfer Alasan Keamanan? Ternyata ini Penyebab Lengkap Dengan Solusinya!

Pernah atau mungkin saat ini anda sedang mengalami kendala terkait DANA tidak bisa transfer alasan keamanan? Mengapa hal demikian bisa terjadi dan bagaimana solusinya? Dua poin tersebut akan kita pecahkan dalam artikel ini!

Kenapa DANA Tidak Bisa Transfer Alasan Keamanan?

Penyebab DANA Tidak Bisa Transfer Alasan Keamanan
Penyebab DANA Tidak Bisa Transfer Alasan Keamanan

Mengetahui penyebab DANA tidak bisa transfer dengan alasan keamanan tentu akan memudahkan anda untuk mencari solusi yang tepat!

Oleh karena itu, dibawah ini kami akan menjelaskan beberapa penyebab DANA tidak bisa transfer alasan keamanan.

  • Aktivitas Mencurigakan

Penyebab yang pertama adalah karena akun DANA yang terindikasi melakukan suatu aktivitas mencurigakan. Biasanya ini terjadi ketika pemilik akun melakukan transaksi secara berulang dalam jarak waktu yang berdekatan apalagi jika dengan nominal yang lumayan besar.

Munculnya tampilan DANA tidak bisa transfer alasan keamanan merupakan kebijakan yang dibuat oleh pihak DANA sebagai upaya untuk melindungi data akun dan saldo pengguna.

  • Double Login Akun DANA

Double login akun DANA
Sumber: www.youtube.com/ @sharingtutorial

Perlu diketahui bahwa penggunaan aplikasi DANA hanya bisa login satu akun dalam satu perangkat. Sangat tidak dibenarkan jika anda meloginkan 2 akun DANA anda dalam 1 perangkat karena ini merupakan tindakan yang termasuk sebagai pelanggaran kebijakan DANA.

Ketika sistem mendeteksi anda telah login 2 akun dalam 1 perangkat, maka akun anda akan dianggap telah melakukan suatu tindakan yang mencurigakan, sehingga kemungkinan besar fitur-fitur didalamnya, terutama fitur transfer akan dibatasi.

  • DANA Sedang Gangguan/ Pemeliharaan sistem

DANA tidak bisa transfer alasan keamanan dapat juga disebabkan karena server DANA sedang dalam gangguan pada pusat data atau sedang dilakukannya pemeliharaan sistem.

Baca Juga :  6 Cara Menjinakkan Anjing Galak Agar Menjadi Penurut

DANA biasanya akan melakukan pemeliharaan sistem secara rutin agar pengguna bisa mendapatkan pengalaman yang memuaskan. Namun selama waktu pemeliharaan berjalan, layanan fitur akan dihentikan sementara waktu hingga selesai.

  • Batas Waktu Transaksi

Apabila transaksi mentransfer anda gagal, cobalah perhatikan jam atau waktu anda melakukan transaksi. perlu diketahui bahwa DANA menerapkan batas waktu transaksi mengirim uang yakni mulai dari pukul 22.00 WIB.

Pada saat jam offline DANA, pemantauan sistem tidak sepenuhnya berjalan. Itulah mengapa transaksi kamu gagal, karena fitur transfer nya yang mungkin telah dibekukan untuk sementara waktu.

Hal ini dilakukan DANA, alasannya tak lain yaitu untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya penipuan atau aktivitas mencurigakan saat pemantauan sistem sedang terbatas.

  • Aplikasi DANA Kadaluwarsa

Sebuah aplikasi tak terkecuali DANA, apabila telah kadaluwarsa biasanya akan berpengaruh terhadap kinerja aplikasi yang terkadang menjadi sering mengalami gangguan atau fitur-fitur didalamnya tidak dapat digunakan dengan maksimal.

  • Akun Diblokir oleh Pihak DANA

Penyebab yang terakhir DANA tidak bisa transfer alasan keamanan adalah karena akun DANA anda yang kemungkinan telah diblokir oleh pihak DANA. Alasan pemblokiran ini dapat beragam, mulai dari tindakan mencurigakan, kesalahan pengguna seperti salah memasukkan PIN, dan yang lainnya.

Solusi DANA Tidak Bisa Transfer Alasan Keamanan

DANA Tidak Bisa Transfer Alasan Keamanan
DANA Tidak Bisa Transfer Alasan Keamanan

Setelah mengetahui penyebabnya, sekarang mari kita lanjut membahas tentang bagaimana solusi DANA tidak bisa transfer alasan keamanan.

Nah, untuk sobat yang saat ini sedang mengalami kendala yang sama, cobalah untuk mengikuti panduan kami dibawah ini!

  • Keluar dan Login kembali Akun DANA

Langkah pertama, cobalah keluarkan dari aplikasi DANA kemudian login kan kembali. Atau keluarkan akun DANA anda, setelah itu masuk kembali dengan menggunakan nomor telepon yang sama. Langkah sederhana ini biasanya ampuh mengatasi berbagai masalah gangguan transfer pada aplikasi DANA.

  • Hapus Cache dan Data Aplikasi DANA

Anda bisa juga mencoba cara yang kedua ini, yakni dengan menghapus cache dan data aplikasi DANA. Caranya cukup mudah, anda bisa memperhatikan langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Pada menu home ponsel anda, silahkan cari aplikasi DANA
  2. Tekan lama pada logo aplikasi DANA tersebut hingga muncul beberapa opsi menu
  3. Selanjutnya ketuklah opsi “Info Aplikasi”
  4. Klik Hapus data
  5. Lalu hapuslah semua data dan bersihkan cache aplikasi DANA
  6. Jika sudah, silah loginkan kembali akun DANA anda dan ulangi transaksi kembali.
  • Restart Ponsel

Terkadang, kendala yang terjadi pada aplikasi DANA dapat teratasi hanya dengan merestart ponsel. Nah, anda bisa mencoba cara ini dan lihat sendiri bagaimana hasilnya.

  • Perbarui Aplikasi DANA

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya pada bagian penyebab DANA tidak bisa transfer alasan keamanan, salah satunya adalah karena aplikasi DANA yang telah kadaluwarsa sehingga mengganggu sistem kinerja aplikasi.

Baca Juga :  10 Cara Mengatasi Overthinking yang Tepat dan Baik

Maka solusi untuk kendala ini tentu tak lain yaitu dengan memperbarui aplikasi lewat layanan penyedia aplikasi seperti PlayStore/ AppStore.

  • Hubungi CS DANA

Cara Menghubungi CS DANA
Cara Menghubungi CS DANA

Jika semua cara diatas tidak berhasil, maka solusi terakhir yang dapat kami sarankan yaitu menghubungi layanan pelanggan atau Customer Service DANA. Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  1. Masuk ke aplikasi DANA
  2. Lakukan kembali transaksi mentransfer
  3. Ketika muncul tulisan DANA tidak bisa transfer alasan keamanan, lihatlah dibagian bawahnya, terdapat opsi yang bertuliskan “Anda ingin menghubungi Customer Service?
  4. Silahkan pilih opsi “Hubungi
  5. Maka secara otomatis anda akan diarahkan untuk melakukan pengaduan lewat email
  6. Silahkan masuk ke email anda, dan buka pesan dari DANA
  7. Tuliskan keluhan anda dengan jelas disertai dengan upload bukti transaksi transfer yang gagal karena alasan keamanan
  8. Terakhir klik kirim dan tunggulah pengaduan anda diproses dalam waktu 1×24 jam

Selain cara diatas, anda juga bisa menghubungi Customer Service DANA melalui:

Call center DANA: 1500 445 (Pastikan anda memiliki pulsa”

WhatsApp: 0819 1150 0445

Atau bisa juga melalui menu pusat bantuan pada aplikasi DANA

Kesimpulan

DANA Tidak Bisa Transfer Alasan Keamanan
DANA Tidak Bisa Transfer Alasan Keamanan

Dalam menghadapi kendala transfer pada aplikasi DANA oleh alasan keamanan, penting bagi pengguna untuk meninjau terlebih dahulu penyebabnya agar dapat menemukan langkah-langkah yang tepat untuk menstabilkan kembali fitur transfer tersebut.

Namun perlu dipahami bahwa sebenarnya DANA tidak Bisa Transfer Alasan Keamanan ini merupakan kebijakan DANA untuk melindungi akun DANA terhadap potensi ancaman keamanan yang dapat merugikan pengguna.

Back to top button