Promo Top Up Game Termurah­čśŹ
Tips

6 Cara Menjinakkan Anjing Galak Agar Menjadi Penurut

Sebagai hewan peliharaan, tak jarang kita mengeluh sebab anabul yang berifat ganas dan arogan. Tahukah kamu penyebab dan cara menjinakkan anjing tersebut? ikuti terus artikel ini karna kami akan memberikan tips dan cara menjinakkan anjing peliharaanmu.

Anjing dikenal sebagai sahabat manusia karena setia terhadap tuanya. Buat kamu yang memiliki hewan peliharaan pasti merasakan betapa setianya seekor anjing, walaupun begitu tidak semua anjing mewarisi sifat jinak yang membuat kamu enteng mengasuhnya, beberapa anjing perlu perhatian berupa pendekatan untuk menjinakkanya.

Anjing menyampaikan rasa takut melaui gonggongan dan ekspresi tubuh, karena hal itulah kenapa anjing tidak berhenti menggonggong ketika melihat lawan maupun hal lain yang mengintimidasinya, sebelum mengetahui cara menjinakkan anjing, simak beberapa faktor yang membuatnya ganas dan lebih agresif.

Kenapa Anjing Lebih Agresif?

kenapa anjing lebih agresif
Sumber: tropicaldogtraining.com

Seperti yang mocipay jelaskan diatas, anjing mengekspresikan suasana hati dengan bahasa tubuh baik itu meringkuk, mengoyangkan ekor dan mengeluarkan geraman. Seperti hewan lain pada umumnya, anjing akan mengonggong saat dia waspada terhadap orang lain. Berikut beberapa faktor yang membuat anjingmu lebih agresif :

  • Lingkungan Awal Anjing

Mengadopsi anjing dari pet shop mungkin membantumu mengetahui asal usul anjing dan tentunya memberikan sedikitnya informasi mengenai fisik dan kepribadian anjing. Anjing yang berasal dari lingkungan yang semula mengintimidasinya akan lebih ganas dan liar, mereka akan menggonggong dan pamerkan taring ketika melihat orang baru.

  • Lingkungan & Hewan disekitarnya

Hewan Disekitar anjing
Sumber: Kompasiana.com

lingkungan merupakan faktor utama yang membuat anjing lebih agresif, selain itu hewan peliharaa lainya membuatnya lebih agresif. Disaat anjing merasa cemburu dia akan bersifat bringas baik itu kepada tuan maupun hewan lain disekitarnya.

Selain rasa cemburu, anjing yang kurang nyaman dengan hewan lain akan membuatnya menyerang terlebih lketika menyadari mereka bukan dari gender yang sama. Tertarik memelihara anjing husky? ketahui spesifik dan harganya disini : Harga Anjing Husky Terbaru 2022: Anakan, Dewasa, Stambun dan Non Stambun

  • Asupan Anjing

Asupan anjing

Jika kamu memiliki anjing yang super hiperaktif bisa saja berasal dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Beberapa anjing akan gesit ketika mengkonsumsi makanan denga kadar gula yang tinggi, sebaliknya anjing yang lapar juga akan lebih agresif terlebih disaat dia melihat makanan.

Lihat artikel lainnya: 10+ Penyebab dan Cara Mengatasi Anjing Tidak Mau Makan

  • Anjing Merasa Takut dan Terprovokasi

Umumnya hewan yang merasa takut akan meringkuk dan berusaha menyembunyikan dirinya, namun anjing yang merasa terintimidasi tentu akan membuat perlawanan sehingga mereka terbiasa dengan sifat tersebut. Anjing yang terbiasa dicurangi akan lebih agresif dan memberikan perlawanan.

  • Mencari Perhatian & Berikan Perlindungan

Cara meninakkan anjing-Mencari perhatian
Sumber: orami.co.id

Apakah kamu kesal karena anjing kerap menggigit? Anjing dengan aktivitas yang itu-itu saja membuatnya akan merasa bosan, saat kmau pulang anjing akan menggonggong dan menggigitmu tanpa disadari memberikan keluhan bagimu selaku ownernya.

Anjing yang agresif karena bosan dan mencari perhatian orang disekitarnya, bahkan beberapa anjing langsung menggongong ketika melihat orang baru dengan maksud melindungi keluarga tuanya, tanpa sadar tindakanya merugikan orang disekitar.

  • Strees dan Sakit

Seperti manusia, hewan juga bisa merasakan stress dan depresi berat. Penyebab anjing merasa depresi beragam mulai dari kurang nyaman dengan lingkungan, tidak diperhatikan dan mendapatkan perlakuan yang buruk sehingga memacunya mengejar dan menggigit.

Anjing yang tidak selalu menunjukkan sifat yang pasif ketika sakit, beberapa diantaranya sangat sensitif lalu memberikan serangan apabila diganggu.

Mungkin kamu juga perlu tahu: 10+ Penyebab dan Cara Mengatasi Anjing Tidak Mau Makan

Cara Menjinakkan Anjing

Setelah mengetahui beberapa penyebab anabulmu lebih agresif, kamu tentu bertanya usaha apa yang dapat dilakukan melatih kebiasaan dan cara menjinakkan anjing dengan mudah. Cara menjinakkan anjing bisa dikatakan susah-susah gampang, kamu harus lebih konsisten melatih dan memberikan sentuhan yang menenangkan.

Berikut beberapa cara menjinakkan anjing yang agresif dan ganas untuk kamu pemula, pastikan kamu terlebih dahulu mengetahui penyebanya dan gunakan cara ini untuk mengatasi permasalahan tersebut:

No

Penyebab

Cara Mengatasi

1 Lingkungan awal dan sifat anjing Mendekatkan diri kepada anjing. Berikan perhatian dan mengajaknya main untuk bersosialisasi sehingga dia merasa nyaman, walaupun cara ini butuh waktu agar berhasil namun dia makhluk perasa membuatnya mampu melihat ketulusan kita.
2 Lingkungan baru dan hewan disekitarnya Berikan daerah kekuasaan sendiri, jika melihat anjimu beringas terhadap peliharaan lain, berikan dia daerah kekuasaan sendiri atau masukkan ke dalam kandang dan biarkan tenang.  Lakukan cara pertama untuk mendekatkan diri denganya.
3 Asupan anjing Hindari makanan dengan kadar gula tinggi. Cara menjinakkan anjing menghindari makanan berkadar gula tinggi yang membuatnya berenergi sementara sehingga bersikap agresif, atur pola makan dan nutrisi anjingmu.
4 Anjing merasa takut dan terprovokasi Berikan sentuhan lembut, anjing yang diprovokasi berlebihan membuatnya hilang kendali, untuk itu perlakukan dia dengan baik tanpa pukulan dan berikan sentuhan yang membuatnya merasa disayang.
5 Mencari perhatian dan memberikan perlindungan Rutin bersosialisasi dan latihan , anjing mencari perhatian dengan beragam tindakan, mulai menyakiti tuanya bahkan mengigit tamu yang datang dengan niat ingin melindungi seisi rumah. Ajak anjingmu bertemu dengan anjing tetangga lainya agar dia belajar bersosialisasi.
6 Stress dan sakit Hubungi dokter hewan, cara menjinakkan anjing karena stress dan sakit dapat dilakukan dengan menghubungi dokter hewan dan spesialis.

Selain itu, jika kamu melihat tanda dan perubahan sikap anjing kamu dapat bekonsultasi secara online di Halodoc, jelaskan keluhan anabulmu untuk mendapat penanganan terbaik.

Disclaimer : Artikel ini merupakan rujukan umum dan hanya sebatas referensi. Jika tidak yakin sepenuhnya dapat menanganinya disarankan untuk menggunakan jasa profesional.

Kesimpulan

Cara Menjinakkan Anjing Galak
Cara Menjinakkan Anjing Galak

Nah, penyebab dan cara menjinakkan anjing sudah selesai kita ulas. Sebelum mencoba cara diatas pastikan kamu mengetahui faktor penyebab anjingmu ganas dan berisfifat agresif ya.! Demikian artikel ini semoga sobat dapat terbantu, terimakasih telah berkunjung.

Back to top button