Tips

Kode WhatsApp 6 Digit Angka, Cara Memasukkan Kode Verifikasi Whatsapp

Agar login ke aplikasi WhatsApp dapat berhasil, pengguna wajib memasukkan Kode WhatsApp 6 Digit angka yang di terima masuk melalui SMS.

Semenjak WhatsApp melakukan pembaharuan update, kini mereka telah menggunakan kode verifikasi enam digit untuk meningkatkan keamanan dan melindungi akun pengguna.

Karena dari itu, banyak pengguna WhatsApp yang mencari tahu bagaimana cara mendapatkan dan menggunakan kode whatsApp 6 digit angka tersebut.

Kode WhatsApp 6 digit merupakan salah satu langkah verifikasi yang wajib di lalui saat login di WhatsApp. Tanpa melewati verifikasi, pengguna tidak akan bisa masuk ke WhatsApp dengan nomor telepon maskipun aktif.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan dan menggunakan kode whatsApp 6 digit angka tersebut? Simaklah penjelasan dan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Apa Itu Kode Whatsapp 6 Digit?

Kode WhatsApp 6 Digit Angka: Cara Mendapatkan dan Memasukkan Kode Verifikasi
Kode Whatsapp 6 Digit

Kode Whatsapp 6 Digit adalah kode verifikasi enam digit yang dikirimkan oleh WhatsApp saat kamu mencoba mengonfirmasi nomor telepon kamu untuk membuat akun WhatsApp.

Langkah keamanan tambahan yang digunakan oleh WhatsApp tersebut adalah untuk memastikan bahwa nomor telepon yang kamu masukkan benar-benar milik kamu.

Setelah kamu memasukkan nomor telepon, WhatsApp akan mengirimkan kode verifikasi enam digit melalui SMS atau panggilan suara. Kamu kemudian diminta untuk memasukkan kode tersebut untuk menyelesaikan proses verifikasi di Whatsapp.

Kenapa Kode 6 Digit WA Tidak Muncul?

Kode verifikasi enam digit untuk WhatsApp biasanya dikirimkan melalui SMS, email atau panggilan telepon. Namun, jika kamu mengalami masalah dimana tidak menerima kode verifikasi tersebut, berikut beberapa kemungkinan penyebabnya:

  1. Masalah Jaringan: Pastikan kamu memiliki koneksi yang baik dan stabil. Jika sinyal atau koneksi internet kamu buruk, maka tidak akan menerima pesan dengan kode verifikasi.
  2. Nomor Telepon Salah: Pastikan kamu memasukkan nomor telepon dengan benar pada saat pendaftaran. Jika nomor telepon yang kamu masukkan salah, kamu mungkin tidak menerima kode verifikasi.
  3. Blokir SMS atau Panggilan Otomatis: Beberapa pengaturan keamanan atau aplikasi pihak ketiga pada perangkat kamu mungkin memblokir SMS atau panggilan otomatis. Pastikan tidak ada pengaturan semacam itu yang menghalangi penerimaan pesan.
  4. Kuota SMS Penuh: Jika kotak masuk SMS kamu penuh, mungkin tidak dapat menerima pesan baru. Pastikan bahwa kotak masuk SMS kamu tidak penuh dan sudah dihapus sejumlah pesan jika diperlukan.
  5. Penundaan Layanan SMS: Terkadang, ada penundaan pada layanan SMS dari operator seluler kamu. Coba tunggu beberapa saat dan lihat apakah kode verifikasi tiba setelah beberapa waktu.
  6. Kontak Dukungan Pelanggan: Jika masalah ini berlanjut, hubungi dukungan pelanggan WhatsApp atau operator seluler kamu untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.
Baca Juga :  2 Cara Melacak IP Address Pengguna Instagram Tanpa Aplikasi

Jika semua langkah diatas sudah di ikuti, namun kamu tidak menerima kode verifikasi, mungkin ada masalah teknis yang perlu di atasi oleh pihak WhatsApp atau operator seluler kamu.

Selain itu, untuk mendapatkan kode WhatsApp 6 digit angka, kamu dapat menggunakan panduan di bawah ini sebagai alternatifnya.

Cara Mendapatkan Kode Whatsapp 6 Digit Angka

Kode WhatsApp 6 Digit Angka: Cara Mendapatkan dan Memasukkan Kode Verifikasi
Verifikasi Nomor WhatsApp

Untuk mendapatkan kode WhatsApp enam digit angka, kamu harus mengaktifkan fitur mode pendamping melalui aplikasi WhatsApp di perangkat utama.

Fitur tersebut hanya tersedia versi beta (masa percobaan sebelum di rilis) yang terpilih di perangkat masing-masing.

Jika kamu merupakan salah satu dari penguji beta tersebut, maka kamu dapat mengaktifkan fitur nya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi WhatsApp di perangkat yang digunakan.
  • Kemudian, masuk ke bagian Pengaturan Akun WhatsApp.
  • Cari Opsi “Pendamping Perangkat Sekunder” atau “Mode Pendamping“.
  • Aktifkan fitur tersebut dan ikuti instruksi yang diberikan.
  • Selesai.

Itulah cara mendapatkan kode WhatsApp enam digit angka, kamu dapat mengikuti langkah-langkah diatas untuk mendapatkannya dengan mudah.

Cara Memasukkan Kode Whatsapp 6 Digit Angka

Kode WhatsApp 6 Digit Angka: Cara Mendapatkan dan Memasukkan Kode Verifikasi
Masukkan Kode Whatsapp 6 Digit Angka

Setelah mendapatkan kode WhatsApp enam digit, kamu harus memasukkan kode tersebut pada perangkat yang kamu gunakan untuk mengakses akun WhatsApp.

Berikut langkah-langkah untuk menggunakan kode WhatsApp enam digit angka:

  • Buka aplikasi WhatsApp di perangkat yang digunakan.
  • Pilih opsi “Masuk” atau “Login“.
  • Selanjutnya kamu akan dimintai untuk memasukkan kode WhatsApp 6 digit angka yang telah kamu terima melalui aplikasi SMS di perangkat yang kamu gunakan.
  • Setelah WhatsApp 6 digit angka berhasil di masukkan, kamu akan dapat mengakses akun WhatsApp di perangkat yang kamu gunakan.
  • Selesai.
Baca Juga :  6 Alasan Kenapa Volume HP Kecil Padahal Volume Full dan Cara Mengatasinya

Jika kode WhatsApp enam digit angka tidak diterima, ada kemungkinan nomor yang gunakan untuk login tidak benar. Untuk itu selalu pastikan nomor yang digunakan sudah benar.

Keunggulan dan Kelemahan Menggunakan Kode Whatsapp 6 Digit Angka

Seperti fitur baru pada umumnya, penggunaan kode WhatsApp enam digit angka memiliki keunggulan dan kelemahan yang perlu untuk di pertimbangkan sebelum menggunakannya.

Berikut adalah beberapa keunggulan dan kelemahan dari penggunaan kode WhatsApp enam digit angka.

Keunggulan

  1. Memungkinkan setiap pengguna untuk dapat mengakses akun mereka pada perangkat lain dengan mudah.
  2. Dapat meningkatkan keamanan akun WhatsApp dengan adanya verifikasi dua faktor.

Kelemahan

  • Pengguna harus memasukkan kode kode WhatsApp enam digit angka setiap kali ingin login pada perangkat lain.
  • Fitur kode WhatsApp enam digit angka hanya tersedia untuk penguji beta yang terpilih.

FAQ: Kode Whatsapp 6 Digit

Adapun pertanyaan yang sering diajukan tentang kode WhatsApp 6 digit seperti di bawah ini:

Berapa digit kode verifikasi WhatsApp?

Kode verifikasi WhatsApp terdiri dari enam digit angka. Ketika kamu mengkonfigurasi akun WhatsApp pada perangkat baru, layanan tersebut akan mengirimkan enam digit angka kode verifikasi ke nomor telepon yang terdaftar dengan akun tersebut.

Kamu harus memasukkan kode tersebut untuk mengkonfirmasi identitas dan mengaktifkan akun WhatsApp kamu pada perangkat baru yang di gunakan.

Kenapa tiba-tiba WhatsApp mengirim kode verifikasi?

Untuk melindungi data privasi akun kamu, WhatsApp akan mengirimkan push notifikasi ketika seseorang mencoba mendaftarkan atau login ke akun WhatsApp.

Namun, jika kamu menerima kode verifikasi WhatsApp tanpa melakukan permintaan untuk mengubah nomor telepon atau menginstal ulang aplikasi, hal itu bisa menjadi tanda adanya aktivitas yang mencurigakan atau upaya pengambilalihan akun.

Untuk itu, ada beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan pengiriman kode verifikasi tanpa adanya permintaan seperti:

  1. Adanya percobaan pengambilalihan akun → Seseorang mungkin mencoba untuk mengambil alih akun WhatsApp kamu. Kode verifikasi biasanya diperlukan untuk memverifikasi kepemilikan nomor telepon yang terkait dengan akun.
  2. Pendaftaran dengan nomor telepon kamu → Mungkin ada seseorang yang mencoba mendaftar akun WhatsApp menggunakan nomor telepon kamu. Dalam hal ini, sistem akan secara otomatis mengirimkan kode verifikasi.
Baca Juga :  9 Cara Mengatasi Akun BRImo Terblokir Tanpa ke Bank

Jika kamu tidak meminta kode verifikasi dan tidak berencana untuk mengganti nomor telepon atau menginstall ulang aplikasi, sebaiknya lakukan langkah-langkah seperti tabel berikut:

Langkah Instruksi
Jangan Bagikan Kode Verifikasi Jangan memberikan kode verifikasi kepada siapapun, bahkan jika diminta. Kode tersebut harus tetap rahasia.
Aktifkan Verifikasi Dua Langkah Pastikan kamu telah mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah di WhatsApp. Fitur ini akan memberikan lapisan keamanan tambahan dengan meminta PIN khusus yang kamu tentukan sendiri.
Periksa Keamanan Akun Periksa pengaturan keamanan akun kamu di WhatsApp untuk memastikan tidak ada perubahan yang tidak sah.
Hubungi Dukungan WhatsApp Jika kamu merasa akun dalam bahaya atau telah dicoba diakses oleh pihak yang tidak sah, segera hubungi dukungan WhatsApp untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Bagaimana cara mendapatkan kode verifikasi WhatsApp?

Untuk mendapatkan kode verifikasi WhatsApp, kamu dapat mengikuti beberapa langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi WhatsApp di perangkat yang digunakan.
  • Pilih opsi Ketentuan & Kebijakan, baca terlebih dahulu ketentuan layanan dan kebijakan nya.
  • Pilih Setuju untuk menerima ketentuan dan melanjutkan nya.
  • Pilih opsi Negara.
  • Cari dan pilih negara kamu, lalu Pilih Negara.
  • Masukkan nomor telepon yang kamu gunakan.
  • Tekan Lanjut > OKE untuk dapat menerima kode verifikasi melalui SMS.
  • Masuk kan kode WhatsApp 6 digit angka melalui SMS yang masuk.
  • Selesai.

Apa yang dimaksud 6 digit kode verifikasi?

6 digit kode verifikasi adalah 6 digit kode rahasia yang dikirimkan oleh WhatsApp saat kamu mencoba mengkonfirmasi nomor telepon kamu untuk membuat akun WhatsApp atau bahkan login ke WhatsApp. Kode rahasia tersebut umumnya di kirimkan melalui SMS, telepon atau email.

Selengkapnya Mengenai WhatsApp

10 Cara Mengetahui Dia Chat Dengan Siapa Saja Di WhatsApp Web
9 Cara Membuat BOT Whatsapp Tanpa Aplikasi Terbaru 2023
7 Cara Login WhatsApp dengan Email Tanpa Aplikasi
4 Cara Memperbarui GBWhatsapp Yang Kadaluarsa Tanpa Update

Akhir Kata

Kode WhatsApp 6 Digit Angka: Cara Mendapatkan dan Memasukkan Kode Verifikasi
Kode WhatsApp 6 Digit

Di artikel ini, kita telah membahas mengenai apa Itu kode Whatsapp 6 digit, kenapa kode 6 digit WA tidak muncul, cara mendapatkan dan memasukkan kode Whatsapp 6 digit angka, serta keunggulan dan kelemahan menggunakan kode Whatsapp 6 digit angka.

Kode WhatsApp 6 Digit angka merupakan salah satu fitur yang di perkenalkan oleh WhatsApp untuk meningkatkan keamanan dari setiap pengguna.

Jadi tinggal apa lagi, kamu dapat mengaktifkan verifikasi dua langkah sebagai metode verifikasi akun, login dan untuk menjaga keamanan akun kamu.

Lalu buat PIN dan simpan kode Whatsapp 6 digit angka tersebut untuk mengantisipasi jika lupa kode nantinya supaya bisa masuk ke akun Whatsapp. Silahkan mencoba!

Juanda Sidabutar

Manusia biasa yang senang menulis, bermusik, berkelana, dan suka iseng.
Back to top button