Ragam

6 Efek Pertama Kali Pakai Sunscreen yang Wajib di Perhatikan

Mengetahui Efek Pertama Kali Pakai Sunscreen adalah suatu hal yang wajib untuk memastikan apakah produk sunscreen yang kamu pakai dapat diterima oleh wajah atau justru sebaliknya.

Sunscreen merupakan salah satu produk kecantikan yang dibutuhan untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV) yang dapat menyebabkan berbagai macam masalah kulit.

Bagi beberapa orang yang baru saja menggunakan produk ini atau memilih produk sunscreen lain akan menimbulkan efek pertama kali pakai sunscreen tersebut.

Nah, untuk mengetahui efek pertama kali pakai sunscreen tersebut apakah berbahaya atau justru reaksi sederhana, langsung saja ikuti informasi yang akan dijelasakan pada artikel ini.

Apa Itu Sunscreen?

Apa Itu Sunscreen
Apa Itu Sunscreen

Sunscreen merupakan salah satu produk kosmetik yang dirancang khusus untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang berbahaya.

Produk ini memiliki fungsi penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV) yang dapat menyebabkan berbagai macam masalah kulit, termasuk kulit terbakar, penuaan dini, dan resiko kanker kulit.

Sunscreen bekerja dengan cara menghalangi atau menyerap sinar UV sehingga tidak menembus ke lapisan kulit yang lebih dalam. Terdapat dua jenis sinar UV yang paling berbahaya, yaitu UVA dan UVB. Maka sunscreen yang efektif harus dapat melindungi kulit dari kedua jenis sinar ini.

Manfaat Menggunakan Sunscreen

Menggunakan sunscreen atau krim tabur surya ini memiliki banyak manfaat penting bagi kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Salah satunya adalah melindungi dari Sinar UV berbahaya.

Untuk mengetahui apa saja manfaat lain menggunakan sunscreen setiap harinya untuk kulit wajah, yaitu sebagai berikut.

1. Melindungi Dari Sinar UV Berbahaya

Sesuai dengan fungsi utamanya, sunscreen membantu melindungi kulit dari bahaya sinar ulltraviolet (UV) yang merusak bagian kulit. Seperti yang diketahui bahwa sinar UV dapat menyebabkan kulit terbakar, memicu bintik-bintik gelap, dan menyebabkan penuaan dini.

Oleh sebab itu, dengan menggunakan sunscreen kamu dapat mengurangi resiko kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan dinar UV tersebut.

Baca Juga :  8+ Merk Bed Cover Terbaik 2024: Temukan Kenyamanan Dan Nilai Estetika Sekaligus!

2. Pencegahan Kanker Kulit

Penggunaan sunscreen secara teratur terbukti dapat mengurangi risiko terkena kanker kulit, termasuk sel basal dan kanker skuamosa. Sehingga dengan melindungi kulit dari sinar UV berlebih dapat membantu kamu mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali.

3. Mengurangi Penuaan Dini

Salah satu resiko tidak menggunakan sunscreen adalalah menyebabkan penuaan dini yang akan membuat tampilan kamu terlihat tidak sempurna.

Contoh penuaan dini seperti garis-garis halus, keriput, dan kulit kendur. Maka dengan menggunakan sunscreen, kamu dapat membantu menjaga kulit tetap muda dan sehat dengan mengurangi dampak buruk dari paparan sinar matahari.

4. Mencegah Munculnya Bintik-Bintik Gelap

Jika kamu terkena pancaran sinar UV maka akan menyebabkan bintik-bintik gelap atau hiperpimentasi pada kulit wajah kamu. Untuk mencegah hal tersebut bisa terjadi, maka kamu harus melindungi kulit dari paparan sinar UV dengan menggunakan sunscreen.

Karena melalui produk ini, kamu dapat mengurangi risiko munculnya bintik-bintik elap dan menjaga kulit agar terlihat lebih merata keseluruhan.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat lain dari menggunakan sunscreen adalah membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Dengan mengurangi resiko kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari, kamu dapat mempertahankan tekstur kulit yang sehat dan mengurangi resiko gangguan kulit seperti kemerahan dan iritasi.

Apakah Sunscreen Aman untuk Kulit Wajah?

Menggunakan sunscreen untuk kulit wajah adalah langkah yang aman dan sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan kulit.

Hal ini dikarenakan sunscreen memberikan perlindungan penting dari sinar UV yang berbahaya, terutama sinar UVA dan UVB. Selain itu menggunakan sunscreen juga sangat aman karena dapat mengurangi resiko terkena penyakit kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Namun gunakan sunscreen yang sudah memiliki label BPOM dan tidak memiliki kandungan bahan kimia yang akan memiliki resiko pada kulit wajah diwaktu yang akan mendatang.

Efek Pertama Kali Pakai Sunscreen

Efek Pertama Kali Pakai Sunscreen
Efek Pertama Kali Pakai Sunscreen

Sunscreen adalah produk pelindung kulit yang membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, terutama sinar UV. Meskipun manfaatnya untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, penggunaan sunscreen juga dapat menyebabkan beberapa efek samping.

Salah satu efek pertama kali pakai sunscreen yang sering kali dialami oleh pengguna produk kecantikan ini adalah irirtasi kulit.

Untuk mengetahui efek pertama kali pakai sunscreen lainnya yang sering terjadi pada penggunanya, silahkan ikuti informasi penjelasan dibawah ini.

1. Iritasi Kulit

Iritasi kuli menjadi salah satu efek samping yang muncul pada beberapa orang ketika pertama kali menggunakan sunscreen, terutama jika mereka memiliki kulit sensitif atau cenderung bereaksi terhadap bahan-bahan tertentu dalam produk tersebut.

Baca Juga :  6 Manfaat Bedak Pigeon Warna Hijau, Cocok Kulit Berjerawat

Secara umum, reaksi ini menunjukkan bahwa sunscreen yang digunakan saat ini tidak cocok untuk kulit terutama jika iritasi kulit tidak hilang dalam jangka waktu yang lama.

Saat mencoba sunscreen baru ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengurangi resiko iritasi :

  • Lakukan peach test.
  • Pilih Sunscreen sesuai kjenis kulit.
  • Hindari penggunaan produk beraroma dan mengandung bahan kimia.
  • Terapkan dengan benar.

2. Reaksi Alergi

Reaksi Alergi
Reaksi Alergi

Setiap individu memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, dan beberapa orang dapat lebih sensitif terhadap bahan-bahan tertentu yang ada di dalam kandungan sunscreen.

Ini bisa menyebabkan reaksi alergi dan termasuk efek pertama kali pakai sunscreen. Beberapa bahan kimia dalam sunscreen penyebab alergi, seperti oksibenzone, avobenzone, atau bahkan pewangi.

Biasanya rekasi alergi yang sering muncul adalah kemerahan, gatal-gatal, ruam kulit, pembengkakan, atau rasa terbakar pada area yang terpapar sunscreen.

Untuk menghindari raksi alergi saat mencoba menggunakan produk sunscreen baru, lakukan peach test dahulu. Jika kamu merasakan gejala alergi setelah peach test atau penggunaan sunscreen, hentikan penggunaan produk tersebut karena ini termasuk efek pertama kali pakai sunscree.

3. Sedikit Perubahan Warna Kulit

Efek pertama kali pakai sunscreen selanjutnya adalah terjadinya perubahan pada warna kulit. Pasalnya, beberapa sunscreen terutama yang mengandung bahan-bahan, seperti zinc oxide atau titanium dioxide, dapat meningkatkan sedikit lapisan putih dan perubahan warna yang ringan pada kulit setelah diaplikasikan.

Efek pertama kali pakai sunscreen ini terlihat pada orang dengan warna gelap, karena partikal sunscreen dapat menonjol lebih jelas pada kulit yang lebih gelap.

Namun, efek pertama kali pakai sunscreen ini biasanya bersifat sementara dan akan hilang setelah sunscreen meresap ke dalam kulit atau setelah beberapa waktu kedepan.

4. Sensasi Berminyak

Beberapa sunscreen terutama yang mengandung bahan-bahan pelembap atau minyak, bsa meninggalkan lapisan berminyak pada kulit setelah diaplikasikan kw kulit wajah.

Sensasi berminyak ini mungkin lebih umum terjadi pada individu dengan jenis kulit berminyak atau kombinasi. Namun, tidak semua sunscreen memberikan sensasi berminyak dan beberapa sunscreen dirancang untuk kulit berminyak agar tidak menyebabkan kilau berlebihan.

5. Residu pada Kulit

Residu pada kulit bisa menjadi efek pertama kali pakai sunscreen. Hal tersebut dikarenakan, sunscreen memiliki kandungan bahan-bahan pelembap atau bahan kimia tertentu yang bisa meninggalkan residu atau lapisan tertentu pada kulit setelah diaplikasikan.

Residu tersebut bisa berupa lapisan berminyak, lengket, atau bahkan sedikit putih (white cast) terutama pada produk sunscreen dengan bahan fisik seperti zinc oxide.

6. Perasaan Keketatan Kulit

Beberapa sunscreen, terutama yang mengandung bahan-bahan pelembap atau bahan tertentu, bisa memberikan sensasi keketatan pada kulit daat diaplikasikan ke kulit wajah.

Baca Juga :  6 Distributor Tas Import Tangan Pertama Termurah

Karena ketika sunscreen mengandung bahan-bahan yang membantu melindungi kulit dari sinar matahari, terkadang juga dapat menyebabkan kulit terasa lebih kencang atau kering setelah penggunaannya.

Efek pertama kali pakai sunscreen ini biasanaya sementara dan bisa berbeda pada setiap individu, tergantung jenis kulit dan sensitivitasnya.

Cara Menggunakan Sunsceen yang Benar

Cara Menggunakan Sunsceen yang Benar
Cara Menggunakan Sunsceen yang Benar

Mengetahui cara menggunakan sunscreen yang benar sangat penting untuk mendapatkan perlindungan yang lebih maksimal dari sinar matahari dan menjaga kesehatan kulit.

Adapun panduan lengkat tentang cara menggunakan sunscreen yang benar dan tepat yakni diantaranya sebagai berikut.

  • Pilih produk sunscreen yang tepat.
  • Oleskan sunscreen secara merata ke seluruh area kulit yang akan terpapar sinar matahari.
  • Pastikan kamu menggunakan jumlah yang cukup agar kult mendaptkan perlindungan yang optmal.
  • Aplikasikan sunscreen sekitar 15 hingga 30 menit sebelum kamu beraktivitas di luar ruangan.
  • Reaplikasi sunscreen setiap 2 jam sekali atau lebih sering jika kamu sedang berenang atau berkeringat secara berlebihan.
  • Hindari paparan sinar matahari berlebihan secara langsung pada jam-jam terpanas.

Tips Memilih Sunscreen yang Tepat untuk Kulit

Agar efek pertama kali pakai sunscreen tidak memiliki resiko pada kulit sebaiknya kenali terlebih dahulu produk sunscreen yang akan kamu gunakan untuk beraktivitas sehari-hari.

Meskipun memiliki harga yang mahal namun kesesuain penggunaan sunscreen menjadi faktor penentu efek pertama kali pakai sunscreen. Oleh sebab itu, bagi kamu yang ingin mengetahui tips memilih sunscreen yang tepat untuk kulit wajah, perhatikan pembahasan dibawah ini.

Kriteria Memilih Sunscreen yang Tepat Deskripi
SPF Pilih SPF minimal 30 atau lebih tinggi untuk perlindungan yang baik dari nar UVB.
Broad Spectrum Pastikan sunscreen memiliki label “broad spectrum” untuk melindungi kulit dari nar UVA dan UVB.
Jenis Kulit Sesuaikan dengan jenis kulit kamu saat ini, seperti :

  • Kulit berminyak : pilih oil free atau non comedogenic.
  • Kulit kering : gunakan dengan kandungan pelembap.
Aktivitas Untuk berenang atau beraktivitas diluar, pilih tahan air atau water resistant agar perlindungan lebih tahan lama.
Kemasan Pilih sunscreen dalam bentuk lotion atau gel yang mudah diratakan pada kulit atau dalam bentuk semprot untuk pengaplikasian pada area sulit dijangkau.
Patch Test Lakukan patch test sebelum menggunakan sunscreen baru untuk menguji reaksi alergi atau iritasi pada kulit.
Hindari pewangi dan Bahan Kimia Berbahaya Hindari menggunakan sunscreen dengan pewangi yang kuat dan bahan kimia, seperti oksibenzone yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit wajah.

Artikel Menarik Lainnya : 5 Urutan Langkah Cara Pakai Yuzu Moisturizer Ms Glow 

Akhir kata

Efek Pertama Kali Pakai Sunscreen
Efek Pertama Kali Pakai Sunscreen

Nah, sudah tahukan apa saja efek pertama kali pakai sunscreen. Apabila beberapa ciri-ciri sunscreen tidak cocok diatas terjadi pada kulit wajah kamu setelah mengaplikasi produk tersebut, sebaiknya berheti menggunakannya untuk mengurangi resiko di masa yang akan datang.

Setelah memutuskan produk sunscreen mana yang akan kamu gunakan untuk beraktivitas, kamu bisa membeli produk tersebut di aplikasi online shop seperti Shopee.

Semoga informasi efek pertama kali pakai sunscreen ini bermanfaat bagi kamu dan sampai bertemu diinformasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Back to top button