Tutorial

Cara Bayar SpayLater di Alfamart Terbaru 2024, Syarat dan Biaya!

Cara bayar shopee kini semakin lebih mudah karena bisa dilakukan di berbagai media. Kali ini Mocipay akan memaparkan cara bayar SpayLater di Alfamart untuk kamu yang tidak memiliki saldo ShopeePay ataupun bank lainya.

Selain untuk top up ShopeePay dan membayar total belanja, minimarket ini dimanfaatkan untuk membayar tagihan SPayLater dengan proses cepat dan mudah. Lalu bagaimana cara bayar SPayLater di Alfamart? Mari bahas sampai tuntas dalam topik ini!

Tentang Shopee PayLater

Sobat Mocipay yang suka berbelanja online pasti tidak asing lagi dengan SpayLater, salah satu metode pembayaran yang dihadirkan shopee.

Tentang Shopee PayLater
Tentang Shopee PayLater

Hingga saat ini banyak pengguna yang sudah memanfaatkan alat pembayaran yang satu ini, terlebih untuk mereka yang sedang tidak memiliki uang tunai yang cukup tetapi punya kebutuhan mendesak yang tersedia di aplikasi shopee.

Lalu apa sebenarnya SpayLater? Shopee Paylater salah satu metode pembayaran yang memungkinkan penggunanya untuk membeli barang saat itu juga, tetapi pelunasan nya dilakukan di akhir sesuai dengan tenor yang dikehendaki.

Jadi, shopee PayLater menawarkan pembelian dimana pembayaran nya dapat dilakukan saat jatuh tempo. Untuk program beli sekarang bayar nanti dapat diselesaikan dalam waktu 1 bulan, cicilan 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan kedepan.

Fitur dari shopee ini diluncurkan dengan menggandeng beberapa fintech. Tidak perlu khawatir, SPayLater sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga kamu tidak perlu ragu menggunakan nya sebagai alat pembayaran ketika berbelanja.

Ketentuan Bunga Shopee PayLater

Ketentuan Bunga Shopee PayLater
Ketentuan Bunga Shopee PayLater (sumber: help. shopee.co.id)

Setelah bertransaksi menggunakan SPayLater, pengguna kemudian diwajibkan membayar tagihan dan bunga yang sudah disetujui sebelumnya. Cara bayar SPayLater di Alfamart adalah opsi yang bisa kamu terapkan.

Transaksi menggunakan SPayLater akan dikenakan biaya cicilan dengan suku bunga sebesar 2,95%. Pelanggan juga perlu membayar biaya penanganan sebesar 1% untuk setiap transaksi.

Apabila kamu melakukan transaksi pembelian menggunakan SPayLater dengan nominal Rp200.000, maka bunga yang harus dibayar senilai Rp5.900. Sedangkan biaya penanganan yang untuk total transaksi senilai Rp2.000. Jadi total pembayaran yang harus kamu cicil sebesar Rp207.900.

Baca Juga :  6 Cara Top Up FF 500 Perak Paling Gampang dan Cepat

Jangan lewatkan 5 Cara Menggunakan Shopeepay Untuk Pemula

Kapan Tagihan SpayLater Jatuh Tempo?

Sebelum lebih lanjut membahas cara bayar SPayLater di Alfamart, sahabat perlu memahami apa itu tanggal jatuh tempo yang erat kaitanya dengan SPayLater.

Perlu dicatat, tanggal jatuh tempo semua SPayLater berbeda-beda ya, ada yang di awal, pertengahan hingga akhir bulan. Hal ini menyesuaikan dengan tanggal jatuh tempo yang kamu pilih ketika mendaftar shopee PayLater.

Adapun tanggal jatuh tempo SPayLater terbagi menjadi 3 bagian, berikut diantaranya:

  1. Tanggal 25, harus dibayar paling lambat tanggal 5 setiap bulannya.
  2. Tanggal 1, harus dibayar paling lambat setiap tanggal 11 setiap bulannya.
  3. Tanggal 15, harus dibayar paling lambat setiap tanggal 25 setiap bulannya.

Apakah SPayLater Bisa Dibayar di Alfamart?

Di era digitalisasi seperti saat ini, kemudahan transaksi sangat diperlukan. Mengingat banyaknya pengguna layanan SPaylater maka tidak heran jika shopee menawarkan berbagai alat pembayaran untuk melunasi tagihan PayLater.

Sebelum berlanjut membahas cara bayar SPayLater di Alfamart, kamu perlu mengetahui apakah tagihan PayLater bisa dibayarkan melalui Alfamart atau sebaliknya.

Sampai saat ini Alfamart menerima pembayaran virtual account shopee, salah satunya pembayaran shopee PayLater. Kamu bisa langsung menghubungi kasir Alfamart untuk pelunasan saat itu juga.

Namun sebelum berlanjut pada cara bayar SPayLater di Alfamart, mari ketahui apa saja metode pembayaran yang terdaftar di aplikasi shopee untuk melunasi tagihan paylater:

  • ShopeePay
  • Mitra Shopee
  • Alfamart
  • Alfamidi
  • Indomaret
  • Transfer Bank/Virtual Account (SeaBank, Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BRI)

Syarat dan Biaya Bayar SPayLater Melalui Alfamart

Apabila kamu tertarik dengan cara bayar SPayLater di Alfamart, perlu kamu pahami aktivitas ini akan dikenakan biaya admin. Ini sedikit berbeda dengan pembayaran secara online ya, dimana kamu bebas biaya penanganan.

Pembayaran SPayLater melalui Alfamart dikenakan biaya sebesar Rp2.500 untuk pemeliharaan sistem dan peningkatan layanan transaksi melalui shopee.

Sedangkan syarat yang perlu kamu perhatikan untuk membayar SPayLater melalui Alfamart adalah tagihan yang sudah muncul dan membuat kode pembayaran untuk diserahkan pada kasir. Cara bayar SPayLater di Alfamart hanya bisa dilakukan apabila total tagihan sudah muncul di dalam aplikasi shopee.

Setelah muncul kamu harus membuat kode pembayaran dahulu, batas waktu pembayaran adalah 1x 24 jam sejak kode dibuat. Jika tidak melakukan pembayaran dalam waktu 1×24 jam kode pembayaran otomatis dibatalkan.

Cara Bayar SPayLater di Alfamart

Alfamart adalah salah satu perusahaan ritel yang menjual berbagai produk rumah tangga. Alfamart juga memiliki layanan untuk melunasi tagihan dengan mudah dan aman.

Cara bayar SPayLater di Alfamart
Cara bayar SPayLater di Alfamart

Memang, gerai Alfamart sudah tersebar hampir merata yang memudahkan pelanggan untuk melakukan pembayaran/top up berbagai keperluan. Tidak hanya membayar Spaylater, kamu dapat top up shopeepay dan bayar total belanja di sini.

Baca Juga :  5 Cara Membuka Pola Hp Xiaomi Yang Lupa Kata Sandi Dengan Panggilan Darurat

Adapun cara bayar SPayLater di Alfamart bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

1. Buka Aplikasi Shopee

Mulailah cara bayar SPayLater di Alfamart dengan membuka dan menjalankan aplikasi shopee. Jika sudah klik menu saya dan pilih SPayLater. Akan ditampilkan total tagihan yang harus kamu bayarkan, silahkan klik dan pilih bayar sekarang

2. Pilih Metode Pembayaran Menggunakan Alfamart

Kamu akan dibawa pada menu jumlah yang harus dibayar, Pada metode pembayaran ganti dan pilih Alfamart/Alfamidi?Dan+Dan. Jika sudah cukup klik konfirmasi.

Selanjutnya klik Bayar Sekarang, dengan begitu akan ditampilkan kode pembayaran di Alfamart nantinya. Salin atau catat kode di sebuah kertas kecil untuk mempermudah pembayaran.

3. Kunjungi Gerai Alfamart Terdekat

Jika sudah menyiapkan kode pembayaran, jangan lupa siapkan uang tunai ataupun kartu debit untuk melunasi tagihan. Pastikan uang tunai dan saldo cukup untuk membayar tagihan dan biaya admin.

Kunjungi gerai Alfamart terdekat, sampaikan kepada kasir kamu akan melakukan pembayaran ke merchant shopee.

4. Berikan Kode Bayar pada Kasir

Berikan kode bayar SPayLater yang sudah kamu salin sebelumnya. Kasir akan mengkonfirmasi nama dan total tagihan SPayLater milikmu, tunggu sejenak sampai proses pembayaran selesai.

5. Bayar Sesuai Nominal Tagihan dan Biaya Admin

Berikan uang tunai sesuai total tagihan dan biaya admin. Kamu dapat juga membayar tagihan melalui kartu debit ya. Selesaikan semua pembayaran.

6. Terima Struk Pembayaran

Cara bayar SPayLater di Alfamart berhasil dilakukan. Kamu akan menerima struk pembayaran. Jangan lupa cek notifikasi di aplikasi, biasanya shopee mengirimkan konfirmasi penerimaan dana.

Jika belum menerima notifikasi tersebut, muat ulang shopee dan cek kembali SPayLater untuk memastikan apakah tagihan sudah berkurang atau sebaliknya ya.

Cara bayar SPayLater di Alfamart ternyata sangat mudah ya. Bagi pengguna shopee PayLater yang tidak memiliki saldo dan alat pembayaran online, manfaatkan saja gerai alfamart terdekat untuk kebutuhan ini.

Bisakah Melunasi Shopee PayLater Sekaligus?

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, pengguna SPayLater bisa membayar tagihan dengan proses cicil sesuai dengan tenor yang dipilih. Lalu apakah bisa melunasi Shopee PayLater sekaligus? Pengguna yang terbebani dengan cicilan dapat melunasi pembayar sekaligus ya.

Cara Melunasi Shopee Paylater Sekaligus
Cara Melunasi Shopee Paylater Sekaligus

Kamu dapat melunasi semua tagihan sebelum jatuh tempo untuk keringanan biaya di bulan-bulan selanjutnya. Adapun cara membayar SPaylater sekaligus tidak sulit, lakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi shopee
  • Di halaman beranda klik menu saya lalu pilih SPayLater
  • Selanjutnya klik bayar lebih awal, akan ditampilkan semua tagihan PayLater setiap bulan nya
  • Beri checklist di setiap tagihan SPayLater lalu klik bayar sekarang
  • Akan ditampilkan jumlah yang harus dibayar lalu pilih metode pembayaran. Kamu bisa menerapkan cara bayar SPayLater di Alfamart atau dengan pelunasan lain.
  • Klik bayar sekarang untuk mendapatkan kode pembayaran
  • Selesaikan pembayaran sampai kamu menerima verifikasi penerimaan dana dari shopee.
Baca Juga :  Dapatkan Diamond Com Gratis : Bisa Klaim Diamond ML Gratis 2024?

Bagaimana Jika SpayLater Tidak Dibayar?

Shopee PayLater memang memudahkan para pengguna yang ingin berbelanja tetapi belum punya uang. Dengan sistem pembayaran yang bisa dialihkan ke bulan-bulan selanjutnya, kamu bisa memenuhi kebutuhan saat itu juga.

Untuk pengguna yang tidak mampu mengelola SPayLater dengan baik akan berdampak negatif dimana munculnya gaya konsumerisme. Hal inilah yang terkadang membuat mereka menunda pembayaran beberapa waktu kedepan.

Setelah memahami cara bayar SPayLater di Alfamart, Mocipay akan memaparkan resiko apabila kamu tidak membayar SPayLater tepat waktu. Beberapa diantaranya adalah:

  • Dikenakan Denda

Shopee PayLater tidak menerapkan denda keterlambatan perhari ya. Mereka memberlakukan denda per 1 bulan sebesar 5% dari total tagihan yang sudah dicetak, cukup tinggi bukan?

Misalnya kamu punya tagihan sebesar Rp 100.000 yang sudah terlambat 1 hari, maka kamu akan menerima denda sebesar Rp5% dari tagihan tersebut, 5% x Rp100.000=Rp5.000. Jadi total tagihan yang harus kamu bayarkan adalah Rp105.000.

  • Skor Kredit Menurun

Keterlambatan membayar SPayLater akan mempengaruhi tingkat kredit di SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK. Skor kredit pengguna di SLIK akan menurun, hal ini akan menyulitkan kamu membuat pinjaman di platform lain.

Apabila tidak mau membayar SPayLater maka pengguna akan masuk dalam daftar blacklist SLIK OJK. Shopee juga akan melakukan penagihan secara intens, baik melalui panggilan seluler, via whatsapp dan penagihan secara langsung.

  • Akses SPayLater Dibatasi

Akun PayLater Dibatasi
Akun PayLater Dibatasi

Resiko lain apabila sahabat tidak membayar SPayLater adalah pembatasan akses layanan. Maksudnya kalian tidak bisa membuat transaksi menggunakan SPayLater sebelum tagihan lunas.

Keterlambatan membayar PayLater membuat shopee mengunci SPayLater milik pengguna. Ketika menggunakan shopee PayLater kamu berarti setuju dan harus menaati syarat dan ketentuan yang ada. Bayar tagihan selambat-lambatnya saat jatuh tempo ya sobat.

  • Akses Voucher Shopee Dibatasi

Selain denda dan akses PayLater, shopee juga membatasi akun mu dari voucher. Seperti yang kita ketahui, shopee salah satu marketplace yang gemar berbagi voucher dan cashback melimpah.

Lalu bagaimana jadinya jika pengguna melewati batas jatuh tempo? Sangat disayangkan, akses voucher tersebut dibatasi sementara sampai kamu melunasi pembayaran. Hal ini berarti kamu siap bertransaksi tanpa voucher dan cashback yang biasanya ditawarkan shopee.

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Shopee PayLater

Di ujung topik cara bayar SPayLater di Alfamart, Mocipay akan jabarkan kelebihan dan kekurangan layanan PayLater shopee. Silahkan pertimbangkan beberapa hal berikut jika ingin menggunakan paylater dalam jangka panjang.

Kelebihan Kekurangan
Memiliki fitur cicilan hingga 12 kali (1 kali, 3 kali, 6 kali dan 12 kali) Dikenakan biaya keterlambatan yang tinggi sebesar 5%
Suku bunga relatif ringan sebesar 2,95% Hanya bisa digunakan di aplikasi shopee
Biaya Penanganan yang sangat rendah sebesar 1% Riwayat kredit buruk jika telat membayar
Dapat memilih tanggal jatuh tempo Minimbul kan gaya hidup konsumerisme

Akhir Kata

Cara Bayar SpayLater di Alfamart
Cara Bayar SpayLater di Alfamart

Itulah penjelasan cara bayar SPayLater di Alfamart berikut dengan syarat dan biaya yang harus kamu persiapkan dahulu.

Sebagai tambahan informasi, kamu akan memperoleh kenaikan limit ketika membayar tagihan SPaylater. Penambahan limit diproses dalam waktu 1×24 jam ya, setelahnya pengguna dapat membuat transaksi baru dengan alat pembayaran yang sama.

Back to top button