Promo Top Up Game TermurahšŸ˜
Koleksi Gambar

Gambar Peta Indonesia Simple Terbaru 2023

Gambar peta Indonesia simple merupakan objek pilihan ketika para siswa mendapatkan tugas menggambar ilmu sejarah.

Walaupun sebenarnya menggambar peta terkesan rumit, dibutuhkan konsentrasi baik untuk memulainya. Bagi pemula anda bisa gunakan garis kotak pembantu terlebih pada daerah tertentu dalam peta.

Nah, membahas lanjut mengenai gambar peta Indonesia ternyata tidak semua proses penggambaran peta rumit, apalagi kamu yang ingin menggambar dalam bentuk animasi. Untuk mendapatkan hasil gambar yang sempurna walaupun simple, sebaiknya anda tonjolkan saat pemberian warna.

Peta Indonesia

Peta Indonesia
Peta Indonesia, Sumber: kibrispdr.org

 

Peta Indonesia merupakan lukisan yang mempresentasikan wilayah Indonesia dalam bentuk datar. Melalui gambaran peta, kita bisa melihat dan memahami berbagai wilayah-wilayah di Indonesia yang terdiri dari berbagai pulau dan provinsi di dalamnya.

Apa saja unsur-unsur dalam Peta Indonesia?

Biasanya dalam sebuah peta selalu diberikan judul sebagai pengenal utama bagi pembaca. Berikutnya ada skala peta dan letak garis lintang untuk menjelaskan lokasi daerah dalam peta. Ketinggian tempat dijelaskan melalui titik triagulasi dan simbol-simbol untuk menggambarkan bagian alam sepeti gunung, laut, sungai dan lainya.

Tahap terakhir dalam pengerjaan peta Indonesia adalah pemberian warna. Selain memperindah lukisan, pemberian warna bertujuan untuk memberikan makna saat membaca peta. Berikut warna yang biasa digunakan dalam peta Indonesia :

  1. Hijau digunakan pada daerah dataran rendah 1-200meter dari permukaan laut
  2. Biru digunakan pada perairan seperti laut, sungai dan danau
  3. Merah digunakan pada jalanan lintasan penting dan gunung berapi
  4. Cokelat digunakan pada wilayah pegunungan yang terbagi menjadi dua yakni coklat muda dan tua.
  5. Hitam yang digunakan dalam penghunian,tumbuhan karang dan lettering.

Gambar Peta Indonesia Simple

Sobat Mocipay, ternyata ada alternatif apabila anda ingin menggambarkan peta Indonesia namun tidak ingin ribet. Dalam artikel gambar peta indonesia simple ini akan kami berikan beberapa referensi gambar untuk membantu kamu menuntaskan tugas tanpa adanya kendala serius.

  • Gambar Peta Indonesia Simple Ilustrasi

Gambar peta Indonesia Simple
Gambar peta Indonesia Simple

Gambar peta Indonesia simple pertama untuk anda dalam bentuk ilustrasi. Walaupun gambar terlihat kurang lengkap karena tidak mengandung nama pulau maupun provinsi yang terkandung didalamnya, namun bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin menggambarkan peta sesederhana mungkin.

Bagi kamu yang ingin menggambar peta semata-mata untuk kerajinan, gambar diatas patut dipertimbangkan namun jika anda ingin menggambar untuk tugas tertentu silahkan gulir kebawah utnuk melihat rekomendasi gambar lainya.

  • Peta Indonesia Beserta Nama Pulau

Sumber: pinterest.com

Rekomendasi gambar peta indonesia simple yang kedua ini mungkin bisa kamu gunakan. Walaupun gambar sederhana pembaca tetap menemukan informasi didalam peta berupa nama pulau dan informasi ini kerap kamu butuhkan sebagai media belajar.

Agar gambar terlihat indah kamu bisa gunakan beberapa warna, untuk warna yang digunakan tidak selalu sesuai warna yang dijelaskan di atas. Karena bertema sederhana lebih baik padukan warna cerah dan gelap dalam buku gambar.

Selain peta Indonesia, menggambar batik sebagai warisan budaya indonesia kerap dilakukan pelajar pada momen peringatan kemerdekaan Indonesia, intip yuk rekomendasi gambar batik disiniĀ 17 Contoh Gambar Batik Yang Mudah Ditiru Di Buku Gambar

  • Peta Indonesia Lengkap

Peta Indonesia

Gambar peta Indonesia simple dan lengkap berikut ini sangat cocok kamu gambar sekarang juga. Walaupun gambar tidak jauh berbeda dengan dua peta pertama, namun gambar berikut cocok kamu gunakan untuk melengkapi tugas sekolahmu.

Sejatinya peta yang dilengkapi deskripsi adalah yang terbaik, tidak hanya indah karena tujuan pembuatan peta untuk mendeskripsikan suatu wilayah akan hambar rasanya tanpa keterangan nama.

  • Peta Indonesia Simple Hitam Putih

Gambar peta diatas layak kamu gunakan karena sederhana dan merangkup informasi yang dibutuhkan pembaca. Sebenarnya jika ingin menggambar peta simple kamu hanya perlu memperkecil ruang lingkup gambar.

Dengan kata lain pilihlah objek gambar yang paling dibutuhkan, dalam hal ini gambarlah objek terbesar yaitu pulau-pulau terbesar Indonesia yang biasa mendominasi gambar. Untuk melengkapi gambar silahkan buat beberapa pulau kecil disebelahnya.

  • Bagan Peta Indonesia Simple

Sobat pasti setuju hal tersulit dalam menggambar peta Indonesia mengatur presisi antar satu pulau dengan pulau lain. Apabila anda mengalami hal yang sama kamu bisa gunakan gambar diatas karena tidak terlalu menonjolkan pulau-pulau terkecil di Indonesia.

Untuk pemberian nama sangat sederhana, cukup berikan nama pada provinsi dan kepulauan tentu cara ini lebih mudah dan cepat dilakukan.

Cara menggambar Peta Indonesia Simple untuk Pemula

Seperti yang kami jelaskan menggambar peta Indonesia bukanlah hal yang mudah, dubutuhkan konsentrasi didalamnya. Walaupun demikian banyak referensi seperti atlas dan gambar diatas, untuk anda pemula ikuti langkah berikut untuk menggambar peta indonesia.

  1. Buka atlas atau referensi gambar peta lainya, persiapkan pensil utnuk menggambar peta
  2. Buatlah garis melintang dan membujur yang sama pada gambar peta asli dan buku gambar agar kamu bisa menyesuaiakan pada peta yang digambar
  3. Berikan nomor pada pada setiap garis melintang dan membujur
  4. Mulailah menggambar peta, perhatikan letak goresan yang harus sesuai dengan gambar referensimu, gunakan nomor kotak sebagai acuan
  5. Apabila sudah selesai menggambar peta silahkan beri warna seperti referensimu, kemudian hapuslah kotak-kotak dan angka.

Penutup

Gambar Peta Indonesia Simple
Gambar Peta Indonesia Simple

Itulah beberapa gambar peta Indonesia simple yang bisa kamu gunakan sekarang juga. Melalui gambar dan cara pembuatan peta diharapkan sobat Mocipay tidak menemui kendala serius dalam menuntaskan tugas sekolah ini. Terimakasih telah berkunjung sampai bertemu dipembahasan selanjutnya.

Back to top button