Tips

Kenapa Saat VC Tidak Bisa Membuka Aplikasi Lain? Inilah alasannya

Ternyata masih banyak sekali orang yang belum mengetahui kenapa saat VC tidak bisa membuka aplikasi lain. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami akan memberikan Anda informasi mengenai mengapa saat melakukan video call tidak bisa membuka aplikasi lain.

Kenapa Saat VC Tidak Bisa Membuka Aplikasi Lain?

Kenapa Saat VC Tidak Bisa Membuka Aplikasi Lain?
Kenapa Saat VC Tidak Bisa Membuka Aplikasi Lain?

Perlu Anda ketahui, ada beberapa hal yang menjadi alasan kenapa tidak bisa membuka aplikasi lain saat melakukan video call. Adapun beberapa hal yang menjadi alasan kenapa saat VC tidak bisa membuka aplikasi lain adalah sebagai berikut:

1. Pengguna Tidak Memberi Akses kamera

Pengguna Tidak Memberi Akses kamera
Pengguna Tidak Memberi Akses kamera

Alasan pertama kenapa saat VC tidak bisa membuka aplikasi lain adalah pengguna belum atau lupa tidak membeli izin WhatsApp mengakses kamera ponsel. Hal ini umum terjadi ketika baru pertama kali mengunduh WA dan asal menekan opsi lanjut tanpa mencentang izin akses kamera. Ini tentunya akan membuat pengguna harus tetap berada di aplikasi WhatsApp selama melakukan panggilan.

Nah, untuk mengatasi hal ini cukup mudah, sebab Anda hanya harus membuka pengaturan aplikasi dan kemudian memberikan izin WhatsApp untuk mengakses kamera ponsel. Namun yang perlu Anda ketahui untuk cara memberikan izin akses kamera bisa berbeda antara satu merek ponsel dengan merek yang lainnya. Oleh karena itu, pastikan untuk mengikuti caranya sesuai dengan merek ponsel Anda.

2. Ponsel Tidak Mendukung

Ponsel Tidak Mendukung
Ponsel Tidak Mendukung

Alasan berikutnya kenapa saat VC tidak bisa membuka aplikasi lain adalah ponsel tidak mendukung melakukan hal tersebut. Hal ini umumnya terjadi pada ponsel versi lama yang sudah tidak mendapatkan dukungan pembaruan dari pengembangnya. Jadi sistem operasi pada ponsel tidak sanggup menjalankan aktivitas tersebut.

Jika mengalami hal ini, hal termudah yang bisa Anda lakukan adalah mengganti ponsel dengan versi sistem operasi yang terbaru atau setidaknya yang bisa menjalankan aplikasi dan aktivitas yang Anda inginkan. Sebab seperti yang Anda ketahui, semakin lama versi suatu ponsel maka akan semakin banyak kehilangan aplikasi yang bisa dijalankan pada perangkat tersebut. Hal ini dikarenakan suatu aplikasi pada umumnya selalu melakukan pembaruan untuk meningkatkan fungsi dan kinerjanya.

Sehingga apabila Anda mengetahui alasan kenapa saat VC tidak bisa membuka aplikasi lain adalah karena sistem operasi ponsel yang tidak mendukung ganti ponsel Anda. Namun, jika ponsel tersebut masih menyediakan pembaruan sistem operasi maka lakukan update. Sebab, bisa jadi sistem operasi yang ditingkatkan tersebut mendukung WhatsApp melakukan video call sambil membuka aplikasi lainnya.

3. Jaringan Bermasalah

Jaringan Bermasalah
Jaringan Bermasalah

Penyebab kenapa saat VC tidak bisa membuka aplikasi lain berikutnya adalah jaringan di tempat Anda bermasalah. Jaringan yang bermasalah tersebut dapat membuat panggilan yang Anda lakukan menjadi tersedat-sedat sehingga membuat ponsel sedikit error dalam merespon perintah yang Anda berikan. Karena itu, tidak mengherankan saat Anda ingin membuka aplikasi lain ponsel tidak menjalankan perintah yang Anda berikan.

Baca Juga :  Ini 7 Keuntungan Pipi Tirus Yang Perlu Kamu Ketahui

Beberapa hal yang biasanya menyebabkan jaringan internet bermasalah adalah cuaca yang sedang buruk atau provider internet yang digunakan tidak tersedia tempat tinggal Anda. Penyebab lainnya yang juga seringkali membuat jaringan bermasalah adalah lokasi tempat tinggal Anda berada di daerah terpencil yang memiliki medan sulit seperti misalnya daerah pegunungan.

Nah, jika asalan kenapa saat VC tidak bisa membuka aplikasi lain adalah karena jaringan ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Pertama Anda bisa pergi ke tempat lain yang bisa menyediakan sinyal internet lebih baik seperti misalnya di kafe, perpustakaan, dan lain sebagainya. Kedua, Anda bisa mengganti provider penyedia layanan internet yang digunakan.

4. WhatsApp Belum Diperbarui

Aplikasi WhatsApp yang belum diperbaharui alias masih versi lama juga bisa menjadi penyebab kenapa saat VC tidak bisa membuka aplikasi lain. Hal ini sangat wajar, sebab pada versi yang lebih lamanya besar kemungkinan tidak mengizinkan WhatsApp melakukan aktivitas tersebut. Untuk mengatasi ini cukup mudah karena Anda hanya harus memperbaharui WhatsApp ke versi terbarunya melalui App Store ataupun Play Store.

Nah, perlu Anda ketahui bahwa pihak WhatsApp biasanya akan menginformasikan kepada penggunanya saat meluncurkan versi terbaru dari aplikasi mereka. Karena itu jika mendapatkan informasi yang mengharuskan Anda untuk melakukan pembaruan, segera lakukan perintah tersebut. Karena jika Anda masih menggunakan versi lama padahal versi baru sudah ada maka akan membuat kerepotan.

Bukan hanya Anda tidak dapat membuka aplikasi lain saat sedang melakukan ponsel, namun bisa jadi WhatsApp menjadi error dan tidak bisa digunakan sama sekali. Jadi sebelum mengalami hal tersebut akan lebih baik lakukan perintah yang diberikan oleh pihak WhatsApp demi kelancaran diri sendiri saat menggunakan WhatsApp. Sebab, proses untuk mengupdate aplikasi WA juga tidak lama dan hanya berlangsung beberapa menit saja.

5. Menjaga Kualitas Panggilan Video

Alasan selanjutnya kenapa saat VC tidak bisa membuka aplikasi lain adalah untuk menjaga kualitas panggilan yang dilakukan tetap bagus. Untuk itu, pada beberapa merek ponsel tidak mengizinkan penggunanya mengakses aplikasi lain ketika sedang melakukan panggilan. Tujuan ini sebenarnya sangat bagus, akan tetapi bagi sebagian orang hal ini merupakan sesuatu yang menyebalkan.

Jadi jika Anda termasuk orang yang terganggu dengan hal ini, maka yang bisa Anda lakukan sebelum membeli ponsel adalah mengetahui apakah merek ponsel yang dibeli mendukung kegiatan tersebut atau tidak. Karena itulah, sangat penting untuk Anda melakukan survei sebelum membeli suatu merek ponsel. Jangan sampai karena kemalasan Anda melakukan survei terlebih dahulu malah akan merugikan diri sendiri.

Baca Juga :  2 Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Sudah Mati Secara Online

Sebab, jika terlanjur membeli ponsel tersebut tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk membuat ponsel tersebut bisa melakukan aktivitas yang Anda inginkan kecuali menggantinya dengan yang baru. Nah, untuk melakukan survei cara termudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan bantuan internet atau bertanya secara langsung kepada kenalan yang memang menggunakan ponsel dengan merek yang Anda inginkan.

6. Menjaga Keamanan Pengguna

Penyebab terakhir kenapa saat VC tidak bisa membuka aplikasi lain adalah untuk menjaga keamanan dari pengguna itu sendiri. Hal ini dikarenakan dikhawatirkan ketika Anda melakukan panggilan dan membuka aplikasi lain data penting seperti misalnya informasi pribadi Anda dicuri oleh dan kemudian disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Tentunya hal ini adalah mimpi buruk yang dihindari oleh banyak orang.

Karena itu, beberapa pengembang ponsel memberlakukan kebijakan dimana pengguna tidak akan bisa membuka aplikasi lain saat sedang melakukan panggilan video call. Tindakan ini diharapkan mampu melindungi dan meminimalisir pengguna mengalami serangan cyber dan pencurian data oleh hacker. Nah, jika Anda merasa tindakan yang dilakukan pengguna merepotkan karena tidak memungkinkan Anda melakukan kegiatan multitasking ketika menggunakan ponsel tersebut, maka Anda bisa mengganti ponsel yang lebih sesuai dengan keinginan.

Baca Juga: 4 Cara Melihat Kembali View Once di Whatsapp Terbaru 2023

Cara VC Sambil Membuka Aplikasi Lain

Cara VC Sambil Membuka Aplikasi Lain
Cara VC Sambil Membuka Aplikasi Lain

Setelah mengetahui alasan kenapa saat VC tidak bisa membuka aplikasi lain, tentunya ada baiknya jika Anda juga mengetahui cara VC sambil membuka aplikasi lainnya. Dengan begitu Anda tidak akan kebingungan saat ingin membuka aplikasi lain ketika sedang melakukan video call.

Tetapi yang Anda perhatikan, setiap merek memiliki cara yang berbeda untuk melakukan hal tersebut. Nah, karena itu di bawah ini kami berikan informasi mengenai cara melakukan VC sambil membuka aplikasi lain sesuai dengan mereknya:

  • iPhone

  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan jika ingin melakukan VC sambil membuka aplikasi lain pada ponsel iPhone adalah memastikan bahwa WhatsApp yang Anda gunakan telah terupdate ke versi baru.
  2. Selanjutnya, silakan buka aplikasi WhatsApp yang sudah Anda unduh pada ponsel.
  3. Jika sudah masuk ke halaman utama WhatsApp, cari nama kontak yang hendak Anda ajak untuk melakukan video call.
  4. Lalu setelah menemukan kontak yang hendak Anda ajak melakukan video call, klik kontak tersebut.
  5. Kemudian klik icon yang berbentuk seperti kamera perekaman untuk memulai panggilan video dengan kontak tersebut.
  6. Kemudian Anda usap notifikasi bar ke atas secara perlahan dengan jari.
  7. Setelah Anda mengusap notifikasi bar, maka secara otomatis layar ponsel iPhone Anda akan berubah mengecil.
  8. Berikutnya silakan Anda cari, aplikasi apa yang ingin dibuka sambil melakukan video call.
  9. Jika sudah menemukan aplikasi yang dicari klik icon dari aplikasi agar bisa masuk ke dalam aplikasi tersebut.
  10. Setelah melakukan langkah-langkah di atas kenapa saat Vc tidak bisa membuka aplikasi lain sudah terjawab
  • Vivo

  1. Pertama silakan nyalakan ponsel Vivo milik Anda terlebih dahulu.
  2. Berikutnya silakan Anda menuju ke beranda alias home yang berisikan kumpulan aplikasi pada ponsel Anda.
  3. Berikutnya cari icon dari aplikasi WhatsApp yang sudah Anda unduh pada ponsel.
  4. Jika sudah ketemu, silakan Anda tab aplikasi WhatsApp menggunakan jari selama beberapa detik hingga ponsel menampilkan beberapa menu.
  5. Nah, dari menu yang ditampilkan pada layar, pilih menu info aplikasi.
  6. Pada menu tersebut nantinya Anda harus tap opsi informasi terkait WhatsApp.
  7. Kemudian layar akan menampilkan opsi PiP yang harus Anda tekan.
  8. Berikutnya Anda hanya harus menyalakan fitur PiP agar bisa melakukan video call sambil membuka aplikasi lainnya.
  9. Jika sudah melakukan langkah-langkah di atas, maka Anda sudah bisa melakukan video call sambil membuka aplikasi lainnya.
  • Xiaomi

  1. Pertama Anda harus menyalakan ponsel Xiaomi.
  2. Kemudian, silakan cari menu pengaturan alias pengaturan yang ada pada ponsel tersebut
  3. Jika Anda sudah menemukan menu pengaturan, segera masuk ke menu tersebut.
  4. Nantinya, pada menu pengaturan layar ponsel akan menampilkan beberapa opsi yang bisa Anda pilih.
  5. Karena Anda hendak mengatur supaya bisa melakukan VC sambil membuka aplikasi lain, maka opsi yang harus Anda pilih adalah pengaturan PiP.
  6. Selanjutnya silakan Anda cari aplikasi WhatsApp.
  7. Jika sudah, aktifkan fitur tersebut dengan cara menggeser toggle menjadi izinkan gambar dalam gambar.
  8. Setelah semua langkah tersebut Anda lakukan, maka Anda sudah bisa melakukan VC sambil membuka aplikasi lain.
Baca Juga :  15+ Aplikasi Nonton Drakor Gratis Sub Indo Lengkap 2024
Kenapa Saat VC Tidak Bisa Membuka Aplikasi Lain?
Kenapa Saat VC Tidak Bisa Membuka Aplikasi Lain?
Cara Menjaga Koneksi Jaringan Tetap Stabil Saat VC Deskripsi
Gunakan Koneksi Internet Berkualitas Tinggi Pastikan menggunakan koneksi internet yang stabil dan memiliki kecepatan yang mencukupi untuk video conference.
Tutup Aplikasi atau Layanan Lain yang Menggunakan Bandwidth Matikan atau tutup aplikasi atau layanan lain yang menggunakan bandwidth, seperti streaming video
Perbarui Perangkat Keras dan Perangkat Lunak Jaringan Pastikan perangkat keras (router, modem) dan perangkat lunak jaringan (driver kartu jaringan) terbaru
Gunakan Kabel Ethernet jika Memungkinkan Jika memungkinkan, gunakan kabel Ethernet alih-alih koneksi nirkabel (Wi-Fi)
Posisikan Perangkat Dekat Router atau Akses Poin Wi-Fi Jika menggunakan koneksi nirkabel, pastikan perangkat berada dekat dengan router atau akses poin Wi-Fi untuk memperkuat sinyal
Hentikan Aktivitas Lain pada Jaringan Lokal Pastikan tidak ada aktivitas berat lainnya pada jaringan lokal
Gunakan Perangkat Lunak Manajemen Bandwidth Gunakan perangkat lunak manajemen bandwidth untuk mengatur penggunaan bandwidth
Uji Koneksi Sebelum VC Lakukan uji koneksi sebelum memulai video conference untuk memastikan kualitas koneksi yang memadai.
Restart Perangkat Jaringan Jika mengalami masalah, restart perangkat jaringan seperti router atau modem untuk mengatasi masalah sementara.
Gunakan Jaringan Virtual Pribadi (VPN) dengan Hati-hati Jika menggunakan VPN, pastikan pengaturannya tepat dan tidak menghambat kualitas koneksi.

Nah itulah tadi informasi mengenai alasan kenapa saat Vc tidak bisa membuka aplikasi lain yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi mengenai alasan kenapa saat Vc tidak bisa membuka aplikasi lain yang kami sampaikan di atas bisa berguna dan juga menambah wawasan Anda.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button