Ragam

13 Rekomendasi Isi Seserahan Pernikahan untuk Wanita

Isi seserahan pernikahan untuk wanita salah satu hal yang perlu anda persiapkan ketika memutuskan untuk menikah. Perihal memilih isi yang sesuai tidaklah mudah, pasalnya seserahan menjadi bukti kesanggupan dan tanggung jawab laki-laki atas wanita yang akan dinikahinya.

Seserahan juga melambangkan persetujuan, penghormatan, dan sebagai bukti komitmen dari keluarga mempelai pria. Karena arti tersebut, banyak diantara anda yang bingung menentukan isi seserahan pernikahan untuk wanita.

Dalam pembahasan ini, Mocipay akan membawa anda menemukan isi seserahan pernikahan untuk wanita. Masing-masing rekomendasi yang kami tampilkan merupakan barang-barang yang biasa kita temukan saat lamaran.

Mengenal Apa itu Seserahan

Rekomendasi Isi Seserahan Pernikahan untuk Wanita
Rekomendasi Isi Seserahan Pernikahan untuk Wanita

Pernikahan merupakan salah satu momen sakral yang mengikat pria dan wanita untuk membangun rumah tangga. Ketika akan menikah, ada banyak hal yang anda persiapkan termasuk seserahan.

Seserahan pernikahan adalah tradisi di beberapa budaya Indonesia, khususnya Jawa dimana keluarga mempelai pria memberikan sejumlah bingkisan/hadiah sebagai tanda niat baik dan dukungan untuk pernikahan mereka.

Seserahan pernikahan ini melambangkan arti yang luas. Selain bukti keseriusan untuk menikah, hadiah-hadiah ini menjadi bukti dan pertanggungjawaban pria atas wanita yang akan dinikahi. Seserahan juga mencerminkan kerjasama dan hubungan harmonis antara kedua keluarga.

Rekomendasi Isi Seserahan Pernikahan untuk Wanita

Isi seserahan pernikahan untuk wanita merupakan hal yang perlu anda persiapkan menjelang hari H. Ada beragam pilihan yang mungkin biasa kita jumpai ya, namun tidak salah memilih isi yang unik untuk keluarga dan wanita yang akan dinikahi.

Sangat perlu juga memilih isi seserahan pernikahan untuk wanita yang memiliki makna, dimana dengan simbolis tersebut anda kedua mempelai bisa mengenang kebersamaan mereka sebelum berlabuh ke dunia pernikahan. Tentu ini lebih penting dari sekedar keunikan barang itu sendiri.

Karena biasanya seserahan memuat beberapa barang, Mocipay memiliki beberapa rekomendasi isi seserahan pernikahan untuk wanita yang dapat anda pertimbangkan ya.

Baca Juga :  3 Cara Melihat Orang Yang Stalking TikTok Kita

Perlengkapan Ibadah

Perlengkapan Ibadah
Perlengkapan Ibadah (Sumber: id.pinterest.com)

Perlengkapan ibadah salah satu isi seserahan pernikahan untuk wanita yang biasa kita temui dalam pernikahan Islam. Biasanya isinya meliputi kitab suci, mukena, sajadah dan tasbih.

Biasanya seserahan ini mengandung makna dimana kedua mempelai harus menerapkan ilmu-ilmu agama dalam pernikahanya. Ini juga melandaskan bahwa pernikahan tersebut terlaksana sesuai syarat dan ketetapan agama yang dipeluk. Jadi, pastikan anda memasukkan alat ibadah dalam list seserahan pernikahan ya!

Perhiasan

Seserahan perhiasan
Seserahan perhiasan (Sumber gambar: id.pinterest.com)

Selain alat ibadah, perhiasan juga salah satu isi seserahan pernikahan untuk wanita. Mengapa perhiasan sering dimasukkan dalam seserahan pernikahan? ini tak lain karena dianggap sebagai simbol kemewahan, status dan upaya memberikan hadiah berharga kepada pasangan.

Selain itu, perhiasan juga memiliki nilai investasi yang sangat bermanfaat untuk keluarga. Setelah menikah, pengantin wanita dapat mengenakanya untuk sebagai bentuk kesanggupan dan nilai tanggung jawab pria atas apapun yang dikenakan wanita. Beberapa perhiasan yang bisa anda berikan antara lain:

  1. Cincin
  2. Gelang
  3. Kalung
  4. Anting

Perawatan Tubuh dan Wajah

Di luar perhiasan dan alat ibadah, pria juga bisa memasukkan produk perawatan tubuh dan wajah sebagai isi seserahan pernikahan untuk wanita.

Pemberian perawatan tubuh dan wajah dapat juga diartikan sebagai tanda perhatian dan penghargaan kecantikan dan kesehatan pasangan. Selain itu, barang seserahan perawatan tubuh dan wajah akan membantu wanita mempersiapkan diri menjelang hari pernikahan. Beberapa barang yang dapat anda siapkan adalah:

  • Pelembap kulit
  • Serum
  • Lip balm
  • Toner
  • Moisturizer

Set Make-Up

Set Make-up
Set Make-up (Sumber: shopee.co.id)

Isi seserahan pernikahan untuk wanita selanjutnya adalah set alat make-up. Make up dapat mewakili kecantikan dan perawatan diri pengantin wanita. Selain itu, make-up juga barang yang paling berguna karena wanita umumnya memerlukannya untuk merias wajah sehari-hari.

Berikut beberapa barang yang dapat anda siapkan di kotak seserahan:

  • Foundation
  • Primer
  • Mascara
  • Lipstik
  • Blush on
  • Eyeshadow

Peralatan Mandi

Seserahan peralatan mandi
Seserahan peralatan mandi (Sumber: id.pinterest.com)

Isi seserahan pernikahan untuk wanita yang dapat anda masukkan adalah peralatan mandi. Dari waktu ke waktu, peralatan mandi ini selalu ditemukan dalam seserahan karena diklaim memiliki makna yang tidak jauh berbeda dari perawatan dan tubuh dan wajah.

Peralatan mandi melambangkan kebersihan, perawatan diri, dan kenyamanan dalam kehidupan bersama. Tidak sampai disana, memberikan peralatan mandi diartikan sebagai kemampuan calon pria memenuhi kebutuhan sehari-hari calon wanita. Berikut beberapa alat mandi yang bisa anda masukkan:

  • Sabun
  • Shampoo
  • Handuk
  • Gayung
Baca Juga :  20+ Grup Telegram Orang Luar Negeri Terbaik

Pakaian,Tas dan Sepatu

Seserahan pakaian, tas dan sepatu
Seserahan pakaian, tas dan sepatu (Sumber: id.pinterest.com)

Pakaian, tas dan sepatu salah satu isi seserahan pernikahan untuk wanita yang seringkali kita temukan. Pakaian bisa berupa kebaya, kaos dan satu set baju kerja dan lainnya. Sedangkan untuk tas dan sepatu, anda bisa menyesuaikan bentuk dan model yang disukai calon mempelai wanita.

Mengapa pakaian, tas dan sepatu selalu dipertimbangkan ketika membuat list isi seserahan pernikahan untuk wanita? Sebagai calon suami anda harus bersedia menafkahi kebutuhan sandang, pangan dan papan sehingga ketiga barang ini merupakan simbolis yang sesuai.

Jangan lewatkan 10 HP Android Murah yang Cocok untuk Orang Tua, Lengkap dengan Spesifikasi nya

Underwear

Meskipun sensitif, pakaian dalam salah satu isi seserahan yang dapat anda masukkan. Biasanya, dalam tradisi pernikahan Indonesia pakaian dalam jarang sekali terlewat kan. Biasanya, pengantin wanita akan membeli sendiri pakaian dalam yang diinginkan, lalu diserahkan kepada pria untuk dimasukkan kedalam kotak seserahan.

Parfum

Parfum salah satu isi seserahan pernikahan yang dapat anda pertimbangkan. Setiap orang memiliki selera yang berbeda tentang wewangian, maka anda bisa memasukkan parfum sesuai karakteristik wangi yang mempelai wanita inginkan.

Sama halnya dengan underwear, pengantin wanita bisa membelikan sendiri parfum yang disukai lalu diserahkan kepada si pria atau menyampaikan brand dan variasi wewangian yang disukai agar dibelanjakan.

Jam Tangan

Seserahan jam tangan
Seserahan jam tangan (Sumber: bridestory.com)

Jam tangan sering dimasukkan kedalam seserahan karena memiliki makna praktis dan simbolis. Jam tangan bisa mewakili waktu yang berharga bersama pasangan, serta menggambarkan komitmen untuk menjalani waktu bersama dalam pernikahan.

Namun secara sederhana, pemberian jam tangan sebagai simbol bahwa pria dapat memenuhi kebutuhan utama calon istri hingga aksesoris sebagai barang pelengkap.

Peralatan Rumah Tangga

Daftar isi seserahan pernikahan untuk wanita selanjutnya adalah peralatan rumah tangga. Ini menjadi barang-barang yang sangat berguna setelah menikah nanti, dimana peralatan tersebut akan digunakan kedua mempelai atau istri untuk memasak. Berikut beberapa peralatan rumah tangga yang dapat anda masukkan:

  • Bad cover
  • Selimut
  • Alat memasak

Uang

Seserahan uang
Seserahan uang (Sumber: id.pinterest.com)

Isi seserahan pernikahan untuk wanita bisa juga berupa uang. Uang bisa disusun rapi kemudian diletakkan dalam bingkai foto. Kenapa uang sering dimasukkan dalam isi seserahan? Pada dasarnya uang memiliki makna finansial dan simbolis dalam konteks pernikahan.

Baca Juga :  13 Rekomendasi Merk Sepatu Pantofel Pria Terbaik, Harga Terjangkau, Dan Banyak Dicari

Uang juga dianggap sebagai seserahan yang praktis, atau bisa juga diartikan sebagai dukungan finansial dan tanggung jawab dari pihak pengantin pria kepada pengantin wanita.

Makanan Tradisional

Makanan tradisional salah satu isi kotak seserahan yang dapat anda masukkan. Di berbagai tradisi pernikahan Indonesia, jajanan ringan tradisional yang paling sering digunakan. Anda bisa memasukkan jajanan basah dan lengket seperti lemper, kue lapis dan jenang.

Buah-Buahan

Seserahan buah buahan
Seserahan buah buahan (Sumber: id.pinterest.com)

Selain jajanan tradisional, buah-buahan salah satu isi seserahan pernikahan untuk wanita lho. Ada beberapa alasan mengapa buah dimasukkan dalam kotak seserahan, yang paling utama untuk melambangkan kesehatan dan kelimpahan melalui wangi dan rasa yang manis.

Berikut beberapa jenis buah-buahan yang biasa ada di kotak seserahan:

  • Jeruk
  • Apel
  • Anggur
  • Mangga
  • Pisang

Tips Memilih Isi Seserahan Pernikahan untuk Wanita

Setelah melihat beberapa rekomendasi isi kotak seserahan pernikahan, mungkin anda merasa bingung memilih beberapa diantaranya. Oleh karena itu, mari terapkan tips tips memilih isi seserahan dibawah ini.

Tips Deskripsi Singkat
Kenali selera dan kebutuhan Dalam memilih isi seserahan pernikahan, anda perlu mengenal pasangan terlebih dahulu. Pilihlah barang yang memang dibutuhkan dan sesuai selera.
Teliti dalam memilih barang Dari banyaknya rekomendasi isi yang kami tampilkan, pilihlah barang yang memiliki makna simbolis atau mendalam. Anda bisa memasukkan barang yang mungkin sudah kalian perbincangkan dengan mempelai wanita sebelumnya.
Fokus kan pada kualitas barang Alih-alih memasukkan banyak barang yang kurang berkualitas, lebih baik isi seserahan dengan item yang berkualitas tinggi.
Anggaran yang masuk akal Saat membuat list isi kotak seserahan, sangat perlu memilih barang sesuai dengan anggaran. Menjelang pernikahan akan banyak biaya yang perlu dipersiapkan, karena itu pastikan anda membelanjakan isi seserahan sesuai target anggaran yang sudah ditetapkan di awal.
Konsultasi kan dengan orang terdekat Bicarakan rencana anda dengan teman, keluarga bahkan calon mempelai untuk mengetahui barang yang didambakan.

Akhir Kata

Isi Seserahan Pernikahan untuk Wanita
Isi Seserahan Pernikahan untuk Wanita

Itulah beberapa rekomendasi isi seserahan pernikahan untuk wanita. Begitu banyak barang yang kami rekomendasi kan, sehingga anda bisa memilih sesuai kebutuhan dan minat calon mempelai wanita.

Jangan lupa mempertimbangkan barang yang memiliki makna mendalam, sehingga acara demi acara terasa lebih sakral ya sobat.

Oh ya, jika kuota internet anda habis saat sedang asik-asik nya mencari barang isi seserahan via online, jangan khawatir! Percayakan pada Mocipay, aplikasi penyedia produk digital terbaik dan terlengkap saat ini!

Back to top button