TutorialTips

Kartu Tri Tidak Ada Layanan? Lihat 10+ Penyebab Lengkap Solusinya Disini!

Kartu Tri tidak ada layanan sering kali menjadi kendala yang membuat aktivitas seluler pengguna Tri menjadi terganggu.

Kenapa kartu Tri tidak ada layanan? dan Bagaimana cara mengatasi kartu Tri tidak ada layanan? Jawaban dari 2 pertanyaan tersebut akan anda temukan dalam artikel ini!

Kenapa Kartu Tri Tidak Ada Layanan?

Kartu Tri Tidak Ada Layanan
Kartu Tri Tidak Ada Layanan

Mencari tau terlebih dahulu penyebab kenapa kartu Tri tidak ada layanan merupakan langkah pertama yang perlu dilakukan agar bisa menemukan solusi atau langkah penanganan yang tepat.

Oleh karena itu, berikut ini kami jelaskan beberapa penyebab kenapa kartu Tri tidak ada layanan:

  • Jaringan Tri Sedang Bermasalah

Penyebab yang pertama bisa disebabkan oleh jaringan Tri yang memang sedang bermasalah. Kondisi ini bisa disebabkan oleh adanya kerusakan pada penghubung jaringan Tri atau bisa juga masalahnya bersumber dari pusat data. Selain itu, kepadatan akses pengguna juga dapat membuat jaringan Tri menjadi error.

  • Masa Aktif Kartu Habis

Masa aktif kartu yang telah habis juga bisa menyebabkan tidak tersedianya layanan. Biasanya sebelum kartu benar-benar kehabisan masa aktif, terdapat masa tenggang sebagai kesempatan terakhir pada pelanggan untuk melakukan isi ulang pulsa.

Namun jika melewati batas yang telah ditentukan tersebut, pengguna tidak juga melakukan pengisian pulsa, maka kartunya secara otomatis akan dinonaktifkan, yang mana mulai saat itu layanan pada kartu akan diberhentikan, termasuk sinyal yang menghilang dan juga tidak dapat dihubungi atau pun sebaliknya.

  • Provider Tri Sedang dalam Pemeliharaan Rutin (Maintenance)

Penyebab kenapa Tri tidak ada layanan yang berikutnya adalah karena provider Tri yang sedang dalam pemeliharaan rutin atau maintenance. Demi meningkatkan kepuasan dan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi konsumen, pihak pengembang jaringan Tri biasanya akan melakukan pemeliharaan jaringan secara rutin.

Baca Juga :  Live Streaming Game di Tiktok Bisa Dapat Gift. Berapa Sih Nilai Rupiahnya?

Namun selama pemeliharaan berlangsung, layanan akan dihentikan untuk sementara waktu dan akan diaktifkan kembali ketika pemeliharaan telah selesai dilakukan.

  • Lokasi Belum Mendukung Jaringan Tri

Penyebab Kartu Tri Tidak Ada Layanan
Penyebab Kartu Tri Tidak Ada Layanan

Kondisi kartu Tri yang tidak ada layanan juga dapat disebabkan oleh faktor lokasi yang belum support dengan jaringan Tri. Kondisi karena penyebab yang satu ini sering kali dialami pengguna saat sedang bepergian. Perlu diketahui bahwa belum semua wilayah di Indonesia mendukung jaringan Tri, terutama di tempat-tempat pelosok.

  • Faktor Cuaca

Penyebab kartu Tri tidak ada layanan yang berikutnya adalah bisa jadi juga karena faktor cuaca. Kondisi cuaca seperti hujan deras, badai dan petir dapat mengganggu atau bahkan menyebabkan kerusakan pada perangkat keras pada tower atau pun kabel penghubung jaringan Tri.

  • Masalah dengan Perangkat yang Digunakan

Perlu diketahui bahwa masalah terkait tidak adanya layanan pada kartu Tri dapat juga bersumber dari perangkat yang digunakan. Ada pun kondisi yang mempengaruhi disini adalah seperti cache dan sampah yang menumpuk serta memori penyimpanan yang sudah penuh sehingga menurunkan kinerja ponsel.

  • Fisik Kartu SIM Tri Rusak

Kerusakan pada fisik SIM Card tentu akan menyebabkan masalah seperti tidak adanya layanan. Kebanyakan kartu SIM rusak disebabkan karena tembaga pada kartu tergores.

  • Letak kartu tidak sesuai

Selain karena kerusakan pada kartu, kondisi kartu Tri tidak ada layanan juga dapat disebabkan oleh posisi meletakkan kartu yang tidak sesuai. Kartu SIM tidak akan bisa terbaca oleh ponsel apabila peletakan kartu tidak pada posisi yang benar .

  • Slot SIM Card Rusak

Berikutnya, kartu Tri tidak ada layanan juga dapat disebabkan karena slot SIM card yang rusak. Namun perlu diketahui juga bahwa selain karena rusak, slot kartu SIM yang kotor juga dapat menghambat kinerja ponsel sehingga tidak bisa membaca kartu SIM yang dimasukkan.

  • Listrik padam

Kartu SIM tidak ada layanan sering kali terjadi saat sedang mati listrik. BTS atau tower jaringan membutuhkan akses listrik yang mumpuni agar dapat bekerja maksimal. Sehingga ketika listrik padam, maka akan membuat BTS (Base Transceiver Station) terganggu untuk menyalurkan sinyal.

  • Pengaturan Jaringan yang Salah

Penyebab kartu Tri tidak ada layanan yang terakhir adalah karena pengaturan jaringan yang salah. Agar layanan dalam kartu yang digunakan dapat maksimal, maka diperlukan pengaturan jaringan yang benar!

Baca Juga :  Cek Tagihan PDAM Medan: Bayar Dapat Cashback 50%

Solusi untuk Kartu Tri Tidak Ada Layanan

Cara mengatasi Kartu Tri Tidak Ada Layanan
Cara mengatasi Kartu Tri Tidak Ada Layanan

Nah, melalui penjelasan diatas tentunya anda sudah paham mengenai apa saja penyebab kartu Tri tidak ada layanan. Jika anda sudah bisa mengidentifikasi kira-kira dimana letak penyebab kartu Tri anda tidak ada layanan, sekarang mari kita lanjut ke solusi atau cara mengatasinya!

  • Cek Masa Aktif Kartu

Langkah yang pertama, silahkan anda cek masa aktif kartu anda. Pastikan kartu masih dalam status aktif dan segeralah lakukan isi ulang pulsa jika kartu sudah dalam masa tenggang.

Namun apabila kartu anda sudah terlanjur dinonaktifkan oleh pusat provider Tri, maka anda harus mengaktifkan kartu kembali dengan mendatangi atau pusat layanan atau galeri Tri terdekat.

  • Pindah ke Lokasi yang Terdapat Sinyal Kuat

Apabila kendala terkait layanan kartu Tri tidak ada disebabkan oleh faktor lokasi yang belum mendukung jaringan Tri, maka solusinya adalah berpindah ke lokasi yang sudah support dengan jaringan Tri.

  • Hidupkan dan matikan kembali mode pesawat

Selain fungsi utamanya yang digunakan untuk keamanan saat berpesawat, perlu diketahui bahwa fitur mode pesawat juga dapat berguna untuk menstabilkan sinyal pada ponsel. Anda bisa mengikuti langkah ini untuk memunculkan kembali layanan pada kartu Tri di ponsel anda.

  • Keluarkan dan Masukkan Kembali SIM Card

Cara mengatasi kartu Tri tidak ada layanan yang berikutnya yaitu dengan mengeluarkan dan memasukkan kembali SIM card. Langkah ini sering dilakukan dan telah berhasil mengembalikan layanan pada kartu Tri.

  • Restart Ponsel

Dengan melakukan restart ponsel saja kadang-kadang bisa mengatasi berbagai macam kendala yang terjadi pada ponsel. Anda bisa mencoba melakukan langkah ini dan lihat apakah masalahnya sudah berhasil teratasi.

  • Bersihkan Ponsel dari Sampah dan Cache yang Menumpuk

Barangkali kondisi sinyal pada kartu Tri anda yang hilang disebabkan oleh penumpukan sampah dan cache pada ponsel, maka anda bisa coba membersihkan dulu cache dan sampah serta menghapus jika mungkin ada file tersimpan di ponsel yang tidak terlalu penting. Tujuannya adalah untuk meringankan beban ponsel, sehingga kinerjanya bisa lebih maksimal.

  • Periksa Slot SIM Card

Cara mengatasi Kartu Tri Tidak Ada Layanan
Cara mengatasi Kartu Tri Tidak Ada Layanan/ bengkuluekspress.disway.id

Selanjutnya, anda perlu juga memeriksa bagian slot kartu SIM ponsel anda, apakah ada kerusakan atau mungkin ada kotoran yang menghambat terbacanya kartu SIM. Namun apabila penyebabnya karena ada kerusakan maka anda perlu membawa ponsel ke tukang service HP. Selain itu, pastikan juga kartu SIM telah diletakkan pada pada posisi yang benar!

  • Setting Ulang Jaringan Tri

Anda juga bisa mengatasi kendala terkait kartu Tri tidak ada layanan dengan cara mengatur ulang jaringan/ APN Tri. Langkah-langkahnya bisa anda perhatikan dibawah ini:

  1. Buka menu pengaturan di ponsel anda
  2. Silahkan tab menu Nirkabel dan Jaringan
  3. Kemudian klik Jaringan seluler
  4. Setelah itu, klik APN/ nama titik akses
  5. Maka akan muncul APN default di kartu Tri
  6. Kliklah opsi Tambah untuk mengatur APN 3 yang baru
  7. Selesai. Restart ponsel untuk mengaplikasikan pengaturan yang baru saja anda buat.
  • Cek Server Tri Lewat Sosmed atau Situs Resminya

Anda bisa mengecek server Tri lewat sosmed atau pun melalui situs resminya untuk memastikan apakah sedang ada gangguan yang terjadi pada jaringan Tri. Biasanya jika ada gangguan, pihak Tri akan membuat pemberitahuan yang dilengkapi dengan rentang waktu yang dibutuhkan untuk layanan dapat normal kembali.

  • Hubungi Layanan Pelanggan Tri

Untuk mengetahui penyebab pasti kenapa kartu Tri tidak ada layanan anda bisa menghubungi layanan pelanggan Tri melalui:

Baca Juga :  Live Streaming Game di Tiktok Bisa Dapat Gift. Berapa Sih Nilai Rupiahnya?

WhatsApp: 0899 9800 123
Telepon: 0896 4400 0123
Email: 3care@three.co.id
Melalui aplikasi: Bima+
Silahkan jelaskan kendala anda. Mereka anda memandu anda untuk solusinya!

  • Gunakan Aplikasi Penguat Sinyal Tri

Penggunaan aplikasi penguat sinyal Tri juga patut dipertimbangkan sebagai salah satu solusi yang efektif untuk mengatasi kendala terkait kartu Tri tidak ada layanan. Anda bisa mendapatkan berbagai aplikasi penguat sinyal Tri melalui layanan penyedia aplikasi seperti Google play/ app store.

  • Membawa Ponsel ke Tukang Service

Jika semua langkah diatas tidak dapat berhasil memulihkan kembali layanan jaringan di kartu Tri anda, maka solusi terakhir yang dapat kami sarankan adalah membawa ponsel ke tukang service HP atau orang yang berpengalaman dibidangnya.

Mereka akan meninjau penyebab sebenarnya yang membuat kartu Tri anda tidak ada layanan. Namun perlu diingat bahwa langkah ini kemungkinan membutuhkan biaya.

Akhir Kata

Kartu Tri Tidak Ada Layanan
Kartu Tri Tidak Ada Layanan

Dalam menghadapi ketidaknyamanan karena situasi kartu Tri tidak ada layanan, penting bagi anda untuk meninjau terlebih dahulu penyebabnya, agar bisa menemukan solusi yang tepat.

Oleh karena itu, apabila anda mengalami kendala yang sama dengan kartu Tri anda, maka anda bisa mengikuti panduan yang kami jelaskan dalam artikel ini!

Back to top button