Tips

Rumah Kosong Tapi Tagihan Listrik Tinggi? Simak 5 Penyebab dan Solusi Lengkap Disini!

Rumah kosong tapi tagihan listrik tinggi masih menjadi persoalan yang hingga saat ini masih marak terjadi. Banyak orang berbondong-bondong pergi ke PLN untuk menyampaikan keluhan atau komplain mereka akan tagihan listriknya yang sangat tinggi, padahal rumahnya pada bulan tersebut kosong.

Masalah ini kerap terjadi pada orang-orang, misalnya seperti anak kos yang pada waktu-waktu tertentu mengosongkan rumahnya karena mudik. Namun sangat mengherankan, rumah yang ditinggalinya kosong ternyata mendapat tagihan listrik yang diluar perkiraan.

Nah, apakah yang menyebabkan hal demikian bisa terjadi? Temukan jawaban beserta solusinya dalam penjelasan kami berikut ini!

Apakah Rumah Kosong Tetap Harus Membayar Listrik?

Sumber: awsimages.detik.net.id/ Rumah kosong tapi tagihan listrik tinggi

Banyak orang yang menanyakan “apabila rumah kosong atau ditinggalkan dalam beberapa waktu tertentu, tetapkah akan membayar listrik?”

Jawabannya adalah “Ya” Meskipun rumah kosong atau tidak ditempati dalam jangka waktu tertentu, penghuni akan tetap dibebankan tagihan listrik. Alasannya adalah karena sesuai dengan kebijakan yang telah diterapkan oleh PLN terkait rumah kosong akan tetap terhitung mengkomsumsi energi minimal 40 jam dalam sebulan.

Jadi, sekalipun pelanggan sama sekali tidak menggunakan listrik apapun dirumah selama dalam beberapa waktu tertentu, tagihan akan tetap berjalan sesuai dengan minimal pemakaian listrik yang telah ditentukan yakni 40 jam/ bulan.

Sistem Pembayaran tagihan Listrik

Sebelum lanjut membahas mengenai “rumah kosong tapi tagihan listrik tinggi” terlebih dahulu kami akan menjelaskan bagaimana sistem pembayaran tagihan listrik. Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa tagihan listrik yang diterima bulan ini merupakan pembayaran untuk pemakaian pada pada bulan yang sama juga. Nah, itu salah ya teman-teman.

Jadi sistem pembayaran listrik itu seperti ini gaes. Sesuai dengan namanya “listrik Pascabayar” yang artinya pemakaian dulu baru bayar kemudian. Sehingga dapat dikatakan tagihan yang kamu terima pada bulan ini adalah pembayaran untuk pemakaian bulan lalu. Simpelnya adalah “Pemakaian listrik pada bulan ini akan dibayar pada bulan berikutnya”. Penjelasan ini disampaikan langsung oleh petugas PLN.

Baca Juga :  188+ Nama Geng Keren Dan Seram Beserta Artinya

Apa yang Menyebabkan Tagihan Listrik Tinggi Padahal Rumah Kosong?

Rumah Kosong Tapi Tagihan Listrik Tinggi
Rumah Kosong Tapi Tagihan Listrik Tinggi

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab mengapa tagihan listrik tinggi padahal rumahnya kosong. Beberapa penyebab yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Adanya kekeliruan dalam Perhitungan tagihan oleh PLN

Penyebab yang pertama adalah dikarenakan oleh adanya kekeliruan dalam perhitungan tagihan oleh PLN. Tak sedikit orang yang mengalami kendala akan tagihan listrik yang tiba-tiba melonjak, dan setelah di komplain ke PLN tenyata penyebabnya adalah karena adanya kekeliruan pada pihak PLN dalam menghitung pemakaian listrik pelanggan.

  • Terdapat perangkat yang tetap menyala selama rumah ditinggalkan

Rumah kosong tapi tagihan listrik tinggi dapat juga disebabkan oleh adanya perangkat yang tetap menyala selama rumah ditinggalkan misalnya seperti kulkas, kabel TV yang tetap tercolok, atau pun perangkat listrik lainnya. Oleh karena itu, sebelum meninggalkan rumah alangkah lebih baik jika kamu memeriksa dan memastikan tidak ada lagi perangkat listrik yang menyala.

  • Adanya masalah pada instalasi listrik dalam rumah

Jika rumah kosong, setiap orang tentu akan berpikiran tagihan listrik tidak akan besar. Namun tidak jika dirumah anda terdapat masalah pada instalasi listrik seperti kebocoran arus listrik. Dilansir dari beberapa sumber, kesalahan pada instalasi listrik dapat berdampak pada pemakaian listrik yang menjadi boros. Maka dari itu, anda harus benar-benar memastikan instalasi rumah anda sudah dilakukan dengan cara yang benar.

Selain untuk menghindari tagihan listrik yang tinggi, hal ini juga bertujuan untuk menjamin keselamatan diri dan rumah anda. Agar instalasi listrik dirumah anda bagus anda tentu harus menggunakan kabel yang bagus juga. Apa sajakah rekomendasi kabel terbaik untuk instalasi rumah? Dapatkan jawabannya disini ⇒ Merk Kabel Listrik yang Bagus untuk Instalasi Rumah

  • Pencurian listrik

Masalah pencurian listrik pastinya bukan lagi menjadi sebuah hal yang sebelumnya belum pernah kamu dengar sama sekali. Ada saja orang-orang yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan keuntungan dengan menghubungkan peralatan mereka ke sumber listrik rumah anda. Dan akhirnya menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam tagihan listrik milik anda.

  • Masalah teknis pada meteran

Penyebab yang terakhir dari permasalahan terkait “rumah kosong tapi tagihan listrik tinggi” adalah karena adanya masalah teknis atau kerusakan pada meteran, mengakibatkan pengukuran yang tidak akurat dalam pemakaian listrik. Atau dengan kata lain, pengukuran pemakaian yang tertera di meteran tidak sesuai dengan pemakaian listrik anda yang sebenarnya, sehingga walaupun rumah kosong tagihan listrik anda tetap tinggi.

Baca Juga :  5 Solusi Lazada Paylater Tidak Tersedia Untuk Order Ini

Solusi untuk Masalah Rumah Kosong tapi Tagihan Listrik Tinggi

Solusi untuk Masalah Rumah Kosong tapi Tagihan Listrik Tinggi

Anda telah mengetahui beberapa penyebab dari tagihan listrik tetap tinggi padahal rumah kosong. Selanjutnya, kami akan memberikan anda solusi atau cara mengatasi masalah “rumah kosong tapi tagihan listrik tinggi”. Silahkan disimak penjelasan kami berikut ini.

Penyebab “rumah kosong tapi tagihan listrik tinggi” Solusi dan langkah penanganan
Adanya kekeliruan dalam Perhitungan tagihan oleh PLN Hitunglah sendiri pemakaian listrik anda dalam sebulan berdasarkan jumlah kWh pemakaian yang tertera di meteran. Cara menghitung tagihan listrik akan kami jelaskan pada pembahasan berikutnya.
Terdapat perangkat yang tetap menyala selama rumah ditinggalkan Pastikan saat akan meninggalkan rumah, anda sudah memeriksa peralatan listrik dirumah anda secara keseluruhan agar tidak ada lagi yang menyala atau terhubung ke sumber listrik.
Adanya masalah pada instalasi listrik dalam rumah Dalam memasang instalasi listrik rumah, pastikan kamu memilih teknisi listrik profesional yang sudah betul-betul paham dibidangnya. Selain itu, gunakanlah kabel terbaik untuk instalasi rumah agar terhindar dari munculnya beberapa  kemungkinan masalah listrik.
Pencurian listrik Jika kamu merasa bahwa ada orang lain atau tetangga kamu yang telah melakukan pencurian listrik dari anda, maka sebaiknya anda menghubungi langsung orang yang bersangkutan untuk memecahkan masalah tersebut yaitu pihak PLN. Hubungi PLN dengan mudah dan cepat via telepon di nomor layanan PLN yaitu (nomor area/ daerah anda tinggal) 123. Misalnya jika anda tinggal di Medan maka (061) 123.
Masalah teknis pada meteran Untuk mengetahui dan memastikan apakah ada kerusakan pada meteran juga harus dilakukan oleh pihak berwajib (PLN)

Cara Menghitung Tagihan Listrik

Sumber: lifepal.co.id/ rumah kosong tapi tagihan listrik tinggi

Seperti yang telah kami sebutkan diatas, untuk mengatasi masalah rumah kosong tapi tagihan listrik tinggi, anda harus memahami bagaimana cara menghitung listrik sendiri.

Pada umumnya penghitungan komsumsi listrik disesuaikan dengan jenis meteran yang digunakan. Sementara harga per kWh setiap meteran berbeda-beda. Dengan demikian cara menghitung pemakaian dan tagihan listrik secara manual mungkin akan sedikit menguras pikiran kamu. Maka dari itu, disini kami akan menunjukkan cara yang lebih simpel, praktis dan mudah untuk menghitung pemakaian listrik.

Caranya yaitu dengan menggunakan aplikasi. Di era yang semakin canggih, sudah tidak zamannya lagi menghitung pemakaian dan tagihan listrik secara manual yang besar kemungkinan akan terjadi kesalahan dalam penghitungan. Mari ganti cara kuno dan ribet ke cara yang lebih praktis dan sistematis yaitu dengan menggunakan aplikasi.

Baca Juga :  4 Cara Membuat Sorotan di Instagram Tanpa Membuat Story

Aplikasi untuk menghitung tagihan listrik

Berikut beberapa aplikasi untuk menghitung tagihan listrik yang dapat kamu gunakan untuk menghitung pemakaian listrik dalam rumah kamu sekaligus sebagai bukti untuk komplain ke PLN jika ternyata tagihan tidak sesuai dengan hasil perhitungan biaya listrik yang ditampilkan dalam aplikasi.

  • Kalkulator kWh Listrik

Cara menghitung biaya listrik per bulan/ Rumah kosong tapi tagihan listrik tinggi

Kalkulator kWh listrik adalah sebuah aplikasi yang memungkinkn penggunanya untuk dapat menghitung komsumsi/ pemakaian kWh listrik dan biaya nya. Melalui aplikasi ini, anda bisa dengan mudah mengetahui detail komsumsi listrik serta biaya dari masing-masing peralatan listrik di rumah anda seperti TV, kulkas, AC, dan lainnya, sehingga anda bisa lebih bijak dalam menggunakan energi listrik.

Link download aplikasi “Kalkulator kWh Listrik”:

Nama aplikasi Kalkulator kWh Listrik
Link download aplikasi com.jetlab.konsumsilistrikrumah
Ukuran download aplikasi 4,2 MB

Cara menghitung biaya atau komsumsi listrik menggunakan “Kalkulator kWh Listrik”:

  1. Download dan pasanglah terlebih dahulu aplikasinya melalui link yang kami tampilkan diatas
  2. Silahkan buka aplikasi “Kalkulator kWh Listrik
  3. Pilih golongan tarif rumah anda
  4. klik ikon “+” untuk menambahkan alat
  5. Masukkan nama alat (watt)
  6. Masukkan jumlah unit
  7. Masukkan durasi harian (jam)
  8. Klik ikon “centang” jika input sudah benar
  • Biaya Tarif Listrik

Aplikasi yang kedua untuk menghitung pemakaian listrik adalah “biaya tarif listrik” Sama dengan yang sebelumnya, aplikasi ini juga memiliki fungsi untuk mempermudah dalam perhitungan biaya listrik harian maupun bulanan. Anda tidak perlu khawatir, cara penggunaan nya pun tidak jauh berbeda dari cara menghitung biaya listrik lewat aplikasi “Kalkulator kWh Listrik”

  • TooL kWh Listrik

Rekomendasi aplikasi terbaik untuk menghitung biaya komsumsi listrik adalah “TooL kWh meter” Aplikasi ini merupakan aplikasi yang berfungsi untuk memudahkan dalam perhitungan akurasi kWh meter dengan beberapa pilihan metode.

Beberapa fitur yang terdapat dalam aplikasi ini adalah seperti: perhitungan akurasi (error) kWh meter, data pelanggan, rupiah tarif listrik, dan masih banyak lagi yang lain.

Periode Tanggal Jatuh Tempo Pembayaran Tagihan Listrik

Selain memaparkan penjelasan terkait “rumah kosong tapi tagihan listrik tinggi” kami juga akan menampilkan informasi tentang periode tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan listrik. Hal ini penting untuk anda ketahui, agar jangan sampai terkena denda karena terlambat membayar tagihan listrik.

Kapankah batas waktu pembayaran tagihan listrik agar bebas dari denda? Sesuai dengan penjelasan PLN, mengatakan bahwa pembayaran tagihan listrik dapat dilakukan mulai dari awal bulan sekitar tanggal 2 atau 3 sampai per tanggal 20. Lewat dari tanggal 20, anda mungkin sudah akan dikenakan biaya denda.

Penutup

Rumah Kosong Tapi Tagihan Listrik Tinggi?
Rumah Kosong Tapi Tagihan Listrik Tinggi?

Permasalahan terkait “rumah kosong tapi tagihan listrik tinggi” cukup meresahkan banyak warga yang merupakan pelanggan listrik pascabayar. Jika anda adalah salah satu dari sekian banyak yang mengalami hal seperti demikian, maka anda bisa mengikuti langkah penanganan seperti yang telah kami tampilkan diatas. Namun sebelum mengetahui solusi, pastikan kamu memahami terlebih dahulu beberapa penyebab dari rumah kosong tapi tagihan listrik tinggi.

Back to top button