Promo Top Up Game TermurahšŸ˜
Tutorial

4 Efek Samping Mode Hemat Baterai, Jangan Gunakan Setiap Hari

Apakah kamu sering mengaktifkan mode hemat baterai? taukah kamu jika ternyata terdapat efek samping mode hemat baterai dibalik keunggulannya yang bisa membuat daya hidup ponsel menjadi lebih lama.

Kita semua tentu mengetahui “Mode hemat baterai” merupakan salah satu fitur SmartPhone android maupun Iphone. Fitur ini sebenarnya sangat bermanfaat untuk kita gunakan ketika persentase baterai HP kita sudah sekarat saat berada di tempat-tempat tertentu yang tidak mendukung untuk kamu melakukan pengisian baterai.

Namun walau demikian, sangatlah tidak disarankan untuk kamu mengaktifkan mode hemat baterai secara keseringan. Anda mau tau alasannya kenapa? maka jangan di skip. simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu Mode Hemat Baterai

Efek samping mode hemat baterai
Efek samping mode hemat baterai

Sebelum kamu mengetahui apa saja efek samping mode hemat baterai tentu kamu perlu juga memahami terlebih dahulu “apa itu mode hemat baterai?” Seperti yang telah dikatakan sebelumnya “Mode Hemat Baterai” merupakan alat yang dapat membantu anda untuk memperpanjang masa pakai baterai perangkat anda . Ketika kamu mengaktifkan fitur ini maka secara otomatis akan menonaktifkan beberapa fungsi, aplikasi atau beberapa fitur tertentu.

Fitur ini tentunya sangat bermanfaat sekali untuk kita gunakan khususnya ketika kita sedang bepergian dalam jangka waktu yang lama ke suatu tempat yang belum tersedia listrik, misalnya ke alam (Camping). Kamu dapat menghidupkan mode hemat baterai sehingga daya baterai ponsel mu bisa bertahan lebih lama dari biasanya.

Cara mengaktifkan dan menonaktifkan Mode Hemat Baterai

Nah, setelah kamu mengetahui apa itu mode hemat baterai, kamu tentu perlu juga mengetahui bagaimana cara mengaktifkan/ menonaktifkan mode hemat baterai. Untuk kamu yang saat ini belum mengetahui caranya, maka kamu bisa memperhatikan beberapa langkah di berikut ini.

cara mengaktifkan dan menonaktifkan mode hemat baterai dapat kamu lakukan dengan 2 langkah mudah yaitu yang pertama melalui swipe layar dan yang kedua bisa kamu lakukan dari menu pengaturan.

Melalui swipe layar

Efek samping mode hemat baterai

Swipe layar merupakan langkah paling mudah untukĀ  mengaktifkan/ menonaktifkan mode hemat baterai. Langkah-langkah dalam melakukannya adalah sebagai berikut:

  • Swipe/geser layar Hp anda dari atas, namun ada juga beberapa ponsel seperti Vivo yang melakukan swipe layar dengan menggeser layar dari bawah.
  • Kemudian akan ditampilkan beberapa fitur, silahkan cari fitur “Mode Hemat Baterai” yang ditandai degan simbol seperti yang terlihat pada gambar diatas.
  • Terakhir, apabila sudah kamu temukan. Silahkan ketuk fitur tersebut. Maka penghemat baterai pada ponsel kamu akan diaktifkan.
  • Ketuk kembali fitur tersebut ketika kamu ingin menonaktifkan mode hemat baterai

Melalui menu pengaturan

Efek samping mode hemat baterai

Apabila saat kamu melakukan swipe layar, kamu tidak menemukan fitur penghemat baterai, maka kamu bisa mengaktifkan/menonaktifkan mode hemat baterai melalui menu pengaturan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama adalah silahkan buka menu pengaturan/ setelan pada ponsel anda
  • Kemudian scroll kebawah, dan cari “Baterai dan Performa”
  • Terakhir aktifkan mode hemat baterai, dengan menggeser ke kanan
  • Jika anda ingin menonaktifkan, anda tinggal geser lagi ke sebelah yang berlawanan dengan saat mengaktifkan

Keunggulan Mode Hemat Baterai

Terdapat beberapa manfaat yang dapat kamu nikmati ketika mengaktifkan mode hemat baterai. beberapa keunggulan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Memperpanjang masa pakai baterai
  2. Bisa menjadi solusi utama apabila kamu tidak memiliki power bank ketika akan bepergian dalam waktu yang lama
  3. Dapat membantu kamu ketika sedang melakukan sesuatu yang penting dengan menggunakan ponsel (misalnya ingin memesan ojol), sementara daya baterai mu sudah hampir habis

Efek Samping Mode Hemat Baterai

Efek samping mode hemat baterai/ apkpure.com

Kita semua mengetahui bahwa setiap fitur yang di ciptakan pada SmartPhone tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Demikian juga dengan “mode hemat baterai” ini sendiri. Disamping keunggulannya yang bisa memperpanjang daya baterai, ternyata terdapat juga efek samping mode hemat baterai terhadap ponsel anda. Beberapa efek samping yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Menurunkan Performa Ponsel

Terdapat dua prosesor yang berperan penting dalam jalannya kinerja HP kamu yaitu CPU (Central Processing Unit) dan GPU (Graphics Processing Unit). Keduanya ini memiliki peranannya masing-masing yang tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kinerja SmartPhone kamu.

Ketika kamu mengaktifkan mode hemat baterai, maka pada saat itu juga system ponsel kamu akan memaksa prosessor baik CPU (Central Processing Unit) maupun GPU (Graphics Processing Unit) untuk menurunkan kinerjanya.

Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab apabila HP kamuĀ  kadang-kadang nge-lag atau bahkan sering tidak respon. Terlebih jika kamu mengaktifkan mode hemat baterai saat kamu sedang bermain game, alhasil kamu tidak bisa menikmati game sepenuhnya karna otomatis jelannya game kamu akan sangat lambat.

  • Membuat Layar HP Menjadi Redup

Salah satu penyebab baterai HP menjadi boros adalah tingkat kecerahan HP yang terlalu tinggi. Nah, ketika kamu mengaktifkan mode hemat baterai maka secara otomatis tampilan layar kamu akan redup bahkan nyaris gelap.

Jika posisimu sedang berada di ruangan yang pencahayaannya sedikit mungkin hal ini tidak akan berpengaruh. Namun akan berbeda jika kamu sedang berada di luar ruangan, mengaktifkan mode hemat baterai akan membuat sulit untuk melihat layar HP sehingga sulit juga bagimu untuk menggunakannya.

  • Menyebabkan Notifikasi Tidak Masuk Saat Layar HP Mati

Efek samping berikutnya yang kamu rasakan ketika mengaktifkan fitur hemat baterai adalah notifikasi tidak masuk apabila layar HP mu sedang mati. Hal ini disebabkan sesaat setelah kamu menghidupkan mode hemat baterai tersebut, maka secara otomatis system akan menghentikan segala aplikasi yang berjalan dilatar belakang karena itu akan menguras daya baterai.

Notifikasi akan masuk ketika kamu menghidupkan layar HP kamu kembali. Hal ini tentu akan merugikan mu terutama ketika ada info penting yang masuk ke notifikasi WA, IG, messenger, dll, maka kamu akan ketinggalan info penting tersebut ketika sedang tidak memegang ponsel.

  • Berbahaya untuk Kesehatan Mata

Efek samping mode hemat baterai yang berikutnya adalah berbahaya untuk kesehatan mata. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mode hemat baterai membuat tampilan layar menjadi redup. Hal ini dapat mempengaruhi kesehatan mata anda jika dilakukan terlalu sering atau bahkan terus menerus. Hal itu disebabkan karena pada saat anda membuka layar HP anda, anda akan kesulitan untuk melihat tampilan layarnya dengan jelas, terutama pada saat anda berada di tempat yang terang.

Kondisi seperti itu kerap membuat anda mendekatkan jarak antara penglihatan anda dengan layar. Jika sesekali dilakukan mungkin hal itu tidak akan terlalu berpengaruh pada kesehatan mata anda, akan tetapi akan berbeda jika anda melakukannya secara keseringan, maka secara perlahan mode hemat baterai bisa membawa pengaruh buruk pada penglihatan anda.

Baca juga postingan terbaruĀ 11 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja yang Efektif

Apakah Aman Menggunakan Mode Hemat Baterai setiap hari?

Kamu telah mengetahui beberapa keunggulan dan efek samping mode hemat baterai dari penjelasan yang telah dipaparkan diatas. Dengan beberapa keunggulan dan efek samping yang telah disebutkan, mungkin beberapa diantara kamu bertanya “Apakah aman menggunakan mode hemat baterai setiap hari?

Jawabannya adalah tergantung dari aktivitas anda yang berhubungan dengan HP. Jika anda tidak sedang melakukan aktivitas berat seperti bermain game, menonton film dalam waktu yang lama, dll maka sangat tidak disarankan untuk kamu menghidupkan fitur mode hemat baterai.

Namun, apabila kamu sedang tidak ingin menggunakan ponsel kamu dan merasa tidak ada info/ kepentingan yang kamu tunggu maka menghidupkan mode hemat baterai akan sangat bagus untuk terhindar dari masalah boros baterai.

Cara Menghemat Baterai

Efek samping mode hemat baterai/ www.gihphone.com

Agar kamu tidak perlu bergantung pada “mode hemat baterai” berikut ini kami juga menampilkan beberapa cara untuk menghemat baterai.

  1. Matikan GPS saat sedang tidak digunakan
  2. Hindari penggunaan tingkat kecerahan layar yang terlalu tinggi
  3. Membuang semua aplikasi yang baru saja di buka/ sedang berjalan di latar belakang
  4. Mematikan data seluler saat sedang tidak dipakai
  5. Mengoptimalakan waktu hidup layar agar tidak terlalu lama

Jika diinginkan anda juga bisa menggunakan aplikasi penghemat baterai. Anda bisa memilih beberapa rekomendasi aplikasi penghemat baterai terbaik melalui artikel berikut mengenai 9 Aplikasi Penghemat Baterai Hingga 2 Hari

Rangkuman dari “Efek Samping Mode Hemat Baterai”

Sebelum melakukan sesuatu hal, baiknya kita mencari tau terlebih dahulu apa keuntungan dan kerugian yang akan kita terima ketika kita melakukannya. Demikian juga dengan kamu, ketika ingin mengaktifkan “Mode Hemat Baterai” perlu bagi kamu untuk mengetahui apakah ada efek samping mode hemat baterai.

Efek Samping Mode Hemat Baterai
Efek Samping Mode Hemat Baterai

Pada penjelasan diatas kami telah memaparkan dengan jelas hal-hal yang berkaitan dengan mode hemat baterai. kamu bisa mempertimbangkan penggunaan mode hemat baterai dengan memperhatikan beberapa efek samping mode hemat baterai. Namun kami sarankan, agar kamu memanfaatkan mode hemat baterai hanya pada saat tidak memiliki aktivitas lagi (istirahat) atau sedang dalam situasi genting sementara daya baterai sudah hampir habis.

Back to top button