Tutorial

7 Cara Menghilangkan Tanda Earphone Pada HP Ketika Sudah Dicabut

Cara menghilangkan tanda earphone pada HP ketika sudah dicabut berikut dapat kamu praktikkan ketika HP kamu dalam masalah yang membuat mode earphone tampil walaupun kamu tidak menggunakan perangkat headset lagi.

Bagi pengguna android maupun IOS kerap mengalami masalah ini, apalagi kamu yang gemar menggunakan headset untuk mendengarkan musik, menonton video maupun aktivitas yang berhubungan dengan audio.

Karena hal tersebut, banyak pengguna yang mulai mencari tahu penyebab dan cara menghilangkan tanda earphone pada HP ketika sudah dicabut, jika kamu salah satunya mari simak penjelasan berikut!

Penyebab Tanda Earphone Muncul Disaat Perangkat Sudah Dicabut

Keadaan dimana tanda earphone selalu muncul meskipun perangkat sudah headset sudah dicabut pastinya menggangu visualisasi sekaligus menyulitkan kamu mendengarkan musik tanpa bantuan headset.

Penyebab HP masuk mode earphone
Penyebab HP masuk mode earphone

Nah, sebelum kamu mengetahui opsi sebagai cara menghilangkan tanda earphone pada HP ketika sudah dicabut, ketahui dahulu penyebab ponsel masuk ke dalam mode headset ketika perangkat sudah dilepaskan.

  1. Tidak menggunakan headset asli bawaan ponsel
  2. Penggunaan speaker aktif dalam volume tinggi yang mengakibatkan tanda earphone tidak hilang.
  3. Sistem ponsel error, adanya bug terkadang membuat fitur earphone tidak bisa dinonaktifkan
  4. Colokan headset bermasalah yang membuat sistem handphone mendeteksi kamu masih menggunakan headset

Akibat HP Masuk Dalam Mode Earphone

Menyadari informasi cara menghilangkan tanda earphone pada HP ketika sudah dicabut semakin banyak dicari pastinya menimbulkan pertanyaan bagi kamu, sebenarnya apa saja akibat jika HP dalam mode earphone? tentu saja aktivitasmu akan terbatas.

Baca Juga :  3 Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok Yang Sudah Menunggu Penjemputan

Dikatakan menghambat aktifitas karena pengguna tidak bisa mendengarkan audio tanpa headset atau mengharuskan kamu selalu menggunakan heaset untuk mendengarkan musik, video dan ketika melakukan panggilan telepon.

Lalu kapan kamu bisa mendengarkan audio tanpa headset? pengguna bisa mendengarkan musik tanpa perangkat headset setelah tanda ini dihilangkan, jadi cermati cara menghilangkan tanda earphone pada HP ketika sudah dicabut berikut!

Cara Menghilangkan Tanda Earphone Pada HP Ketika Sudah Dicabut

Munculnya tanda earphone padahal perangkat sudah dicabut pastinya merugikan kamu, sekarang kamu dapat mengkaji apa-apa saja yang mengakibatkan pnselmu masuk dalam mode earphone lalu simak cara menghilangkan tanda earphone pada HP ketika sudah dicabut berikut:

Sambungkan Ulang Headset

Menyambungkan ulang headset merupakan cara menghilangkan tanda earphone pada HP letika sudah dicabut. Seperti yang sudah disampaikan bahwa error pada sistem ponsel membuat simbol earphone tidak juga hilang.

Cara menghilangkan tanda earphone pada hp dengan mencoba menggunakan headset sementara
Sumber: leskompi.com

Sekarang simak langkah-langkah untuk menghilangkan mode earphone dengan mencoba memasang ulang headset:

  1. Cara menghilangkan tanda earphone pada ponsel bisa kamu akali dengan cara ini, sekarang silahkan pasang ulang headset lalu tunggu beberapa saat dan putuskan sambungan lalu periksa apakah mode headset sudah hilang atau sebaliknya.
  2. Jika mode earphone tak kunjung hilang coba dengan meniup lubang headset atau earphone secara berulang-ulang untuk memastikan tidak ada masalah pada lubang headset.

Nonaktifkan Handphone

Seperti yang kami sampaikan, ketika mode earphone tidak hilang berarti sistem mendeteksi bahwa kamu masih menggunakan headset.

Cara menghilangkan tanda earphone pada HP ketika sudah dicabut dengan menonaktifkan sementara ponsel lalu aktifkan kembali. Dengan hal ini sistem akan mengoptimalkan kinerja dan menghilangkan tanda headset ketika mereka tidak lagi digunakan, hal ini akan membantu kamu mengurangi masalah yang sama kemudian.

Baca Juga :  8 Cara Mengirim Foto Lewat Dokumen, Kirim Foto Via WhatsApp Tanpa Pecah!

Untuk menonaktifkan handphone setiap tipe HP memiliki pengaturan yang berbeda-beda, namun biasanya dengan menekan dan tahan tombol power kamu bisa menonaktifkan sementara handphonemu, lalu periksa apakah mode earphone sudah hilang atau sebaliknya.

Lihat juga Cara Menghilangkan Mode Aman Di HP VIVO Semua Tipe

Bersihkan Port Jack Headset

Seperti yang sudah kami sampaikan, ketika port jack rusak kemungkinan mode earphone tetap aktif walaupun
kamu sudah mencabut headset. Hal ini bisa karena port jack HP kamu kotor atau berdebu, jadi bersihkan dengan langkah-langkah berikut:

  • Persiapkan barang yang halus seperti cutton bud maupun kapas
  • Masukkan ke port jack secara perlahan dan mulailah untuk membersihkanya
  • Bersihkan juga konektor headset, jika sudah pasang kembali headset dan tunggu beberaa saat lalu lepaskan.

Restart HP

cara menghilangkan tanda earphone pada HP ketika sudah dicabut
Restart HP

Restart HP merupakan salah satu cara untuk mengatasi error tertentu seperti mode earphone yang aktif walau
headset tidak dikoneksikan pada HP, karena itu disimpulkan bahwa salah satu cara menghilangkan tanda earphone pada HP ketika sudah dicabut dengan restart ponsel kalian. Cara restart HP biasanya sederhana dapat kamu lihat melalui uraian dibawah:

  • Tekan tombol power lalu tahan beberapa saat hingga muncul pilihan restart/mulai lagi
  • Tekan pilihan restart
  • Secara otomatis HP akan memulai proses restart dengan mati kemudian menyala dengan sendirinya, lalu cek kembali apakah mode earphone sudah hilang.

Reset HP

Faktory reset merupakan proses untuk mengembalikan HP kepada pengaturan awal seperti bawaan pabriknya. Dengan reset kamu dapat mengatasi beberapa masalah pada HP seperti feezing, aplikasi tiba-tiba keluar, membersihkan cacshe dan virus sampai menonaktifkan mode earphone pada ponsel ketika headset sudah di cabut.

  1. Masuk ke menu setelan HP
  2. Kemudian cari menu cadangkan dan setel ulang
  3. Ketuk tombol kembalikan ke setelan pabrik
  4. Tunggu sampai HP android berhasil di reset dan HP akan dinonaktifkan
  5. Setelah HP hidup kembali periksa logo earphone
Baca Juga :  8 Cara Menonaktifkan TikTok Sementara Waktu

Gunakan Aplikasi Speaker Cleaner

Aplikasi Speaker Cleaner
Aplikasi Speaker Cleaner

Jika semua opsi diatas tak efisien untuk menghilangkan mode earphone pada ponsel, sebaiknya coba bantuan aplikasi sebagai pihak ketiga.

Seperti namanya, aplikasi speaker cleaner otomatis akan melakukan cleaning atau pembersihan setelah dilakukan
proses pairing terhadap sistem audio yang ada pada handphone. Selanjutnya aplikasi akan mendeteksi audio yang error dan membenahinya.

Aplikasi Headset Toggle

Headset toggle merupakan salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan mode earphone ketika kamu tidak menggunakan perangkat headset.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol fungsi headset mereka dengan mudah dan cepat. Dalam penggunaanya kamu bisa mengaktifkan/mematikan volume headset, membuka aplikasi favorit dan mengatur fungsi tombol pada headset.

Cermati beberapa cara menghilangkan tanda earphone pada HP ketika sudah dicabut dengan aplikasi headset toggle:

  1. Install aplikasi headset toggle dari google play store maupaun app store
  2. Buka aplikasi dan aktifkan opsi auto-start service agar aplikasi berjalan secara terus menerus meskipun tidak digunakan
  3. Pilih opsi disable on wired headset agar mode earphone terputus saat kamu menyambungkan headset kabel
  4. Untuk mematikan mode earphone dari layar utama, sambungkan perangkatmu ke komputer menggunakan kabel USB, buka aplikasi dan klik disable earphone mode pada layar utama aplikasi.
  5. Selesai, sekarang lihat apakah mode earphone sudah hilang atau sebaliknya.

Penutup

Cara Menghilangkan Tanda Earphone Pada HP Ketika Sudah Dicabut
Cara Menghilangkan Tanda Earphone Pada HP Ketika Sudah Dicabut

Serangkaian penyebab dan cara menghilangkan tanda earphone pada HP ketika sudah dicabut sudah selesai kita ulas, sekarang kamu sudah bisa mengkaji hal-hal yang membuat ponsel berada dalam mode earphone dan atasi dengan cara yang sudah kita bahas sebelumnya.

Itulah informasi yang bisa Mocipay bagikan untuk pembaca, semoga bermanfaat dan sampai bertemu dipembahasan selanjutnya!

Back to top button