Tutorial

7 Cara Mengubah Kuota Malam Menjadi Kuota Utama Semua Operator

Cara mengubah kuota malam menjadi kuota utama sebenarnya cukup mudah untuk kamu lakukan. Cara ini dapat menjadi lifehack tatkala kuota malam yang kamu miliki masih tersisa di pagi harinya.

Seperti yang kamu ketahui, terkadang kuota malam tidak pernah habis sebanyak kuota utama. Sebab, waktu penggunaan kuota malam cukup sebentar, hanya mulai dari malam sampai pagi hari.

Oleh karena itu, jika kamu ingin mencoba cara mengubah kuota malam menjadi kuota utama, maka bisa simak ulasannya di bawah ini.

Apakah Kuota Malam Bisa Diubah Menjadi Kuota Utama?

Banyak yang masih bertanya-tanya, apakah kuota malam bisa diubah menjadi kuota siang atau kuota utama? Jawabannya tentu saja bisa.

Kamu bisa mengubah kuota malam dari berbagai operator menjadi kuota malam hanya dengan dua cara, yaitu melalui pengaturan zona waktu maupun bantuan aplikasi.

Tenang saja, cara ini tidak akan menghabiskan waktu banyak. Kamu hanya membutuhkan waktu beberapa menit, sehingga kuota malam dapat sepenuhnya menjadi kuota utama.

Cara Mengubah Kuota Malam Menjadi Kuota Utama untuk Semua Operator

Metode Deskripsi
Menggunakan Aplikasi Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk mengubah kuota malam menjadi kuota utama, seperti Netshare, HTTP Injector, Anonytun, dan sebagainya. Namun, penggunaan aplikasi ini bisa jadi melanggar ketentuan layanan operator dan membahayakan keamanan data pengguna.
Menghubungi Layanan Pelanggan Pengguna dapat menghubungi layanan pelanggan operator untuk meminta bantuan dalam mengubah kuota malam menjadi kuota utama. Namun, metode ini biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama dan mungkin tidak selalu berhasil tergantung pada kebijakan operator.
Mengubah Sendiri Melalui Pengaturan HP Beberapa HP memiliki fitur pengaturan kuota yang memungkinkan pengguna untuk mengubah kuota malam menjadi kuota utama secara mandiri. Pengguna dapat memeriksa pengaturan ini di menu “Pengaturan” atau “Koneksi Seluler” pada HP mereka. Namun, tidak semua HP memiliki fitur ini, dan pengguna perlu memastikan bahwa mereka memahami dengan baik pengaturan ini agar tidak salah dalam mengubah kuota mereka.
Menggunakan Tweakware VPN Tweakware VPN adalah aplikasi pihak ketiga yang juga dapat digunakan untuk mengubah kuota malam menjadi kuota utama. Namun, sama seperti aplikasi pihak ketiga lainnya, penggunaan aplikasi ini bisa jadi melanggar ketentuan layanan operator dan membahayakan keamanan data pengguna. Selain itu, pengguna perlu memahami cara mengonfigurasi aplikasi ini dengan benar agar tidak mengalami masalah seperti kegagalan koneksi atau penurunan kecepatan internet.
Tidak Disarankan Mengubah kuota malam menjadi kuota utama mungkin melanggar ketentuan layanan operator dan membahayakan keamanan data pengguna. Oleh karena itu, pengguna sebaiknya tidak mencoba mengubah kuota mereka kecuali jika mereka memang memahami risikonya dan telah mempertimbangkan matang-matang. Selain itu, pengguna juga sebaiknya mengikuti aturan yang berlaku agar tidak terkena sanksi atau penalti dari operator.
Baca Juga :  Kenapa Instagram Online Terus Padahal Tidak Dibuka, Ini 9 Penyebabnya!

Perlu kamu tahu bahwa setiap operator memiliki aturan waktu tersendiri untuk menggunakan kuota malam. Ada yang mulai dari jam 12 malam, ada juga yang mulai dari jam 1 malam.

Semuanya rata-rata berlaku sampai pukul 6-7 pagi, sehingga kalau sudah lewat jam tersebut, maka kuota malam tidak bisa digunakan.

Waktu yang singkat itu, tentu sangat disayangkan, kan?

Nah, jika kamu tidak ingin menyia-nyiakan kuota malam yang tersisa, yuk ikuti beberapa cara mengubah kuota malam menjadi kuota utama berikut ini:

1. Mengubah Pengaturan Zona Waktu

Pengaturan zona waktu
Pengaturan zona waktu

Cara mengubah kuota malam menjadi kuota utama untuk semua operator yang pertama adalah memundurkan pengaturan waktu yang ada di wilayah kamu. Sehingga, kamu bisa mendapatkan durasi waktu yang lebih panjang untuk menikmati kuota internet tersebut.

Adapun cara mengubah kuota malam menjadi kuota utama melalui pengaturan zona waktu, yaitu:

  • Pertama, kamu bisa membuka pengaturan atau setting di HP masing-masing.
  • Cari dan pilih opsi “Zona Waktu” , kemudian pastikan bahwa kamu sudah mengaktifkan “Zona Waktu Otomatis”.
  • Selanjutnya, kamu dapat mencoba untuk melakukan aktivitas streaming atau browsing sampai menghabiskan kuota sekitar 20 MB. Kalau sudah, coba cek kuota malam milikmu apakah terpakai atau tidak.
  • Jika ternyata tidak terpakai, tandanya kamu mesti memakai kuota malam sampai mendekati pukul 6 pagi.
  • Apabila sudah mendekati pukul 6 pagi, segera hilangkan tanda centangnya yang ada di bagian “Zona Waktu Otomatis”.
  • Kamu dapat memundurkan waktunya 1 jam dari wilayahmu yang sebenarnya.
Baca Juga :  8 Cara Menghidupkan HP Yang Mati Total: Mudah, Bisa Dilakukan Sendiri!

Melalui cara ini, kamu pun bisa menikmati kuota malam di siang hari karena sudah diubah menjadi kuota utama. Hanya saja, kamu tidak bisa menggunakannya seharian karena cara ini hanya berlaku beberapa jam saja sesuai waktu yang diundur.

2. Menggunakan Bantuan Aplikasi AnonyTun

Cara mengubah kuota malam menjadi kuota utama
Aplikasi AnonyTun

Cara mengubah kuota malam menjadi kuota utama paling praktis berikutnya bisa kamu lakukan dengan bantuan aplikasi dari pihak ketiga.

Salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk cara ini adalah AnonyTun yang bisa kamu unduh via Play Store.

Biar lebih jelas terkait aplikasinya, kamu bisa cek rincian aplikasi AnonyTun berikut:

Nama Aplikasi AnonyTun
Pengembang Art Of Tunnel
Ukuran Apk 5,3 MB
Link Download Play Store Klik Disini

Jika kamu sudah mengunduh nya, silakan buka aplikasi AnonyTun dan lakukan konfigurasi dengan parameter.

Sementara cara mengubah kuota malam menjadi kuota utama melalui aplikasi AnonyTun adalah sebagai berikut:

  • Pertama, kamu bisa mengaktifkan “Stealth Tunnel”, lalu pilih SSL pada “Connection Protocol”.
  • Selanjutnya, kamu dapat memilih “443” untuk “Connection Port”, lalu aktifkan “Advanced SSL Settings”.
  • Berikutnya kamu harus menekan tombol “Edit SSL Settings” dan centang bagian “True SSL (Anti DPI)”, lalu “Spot Host: Port”.
  • Kamu bisa melanjutkan dengan memasukkan link provider resmi yang kamu gunakan, misalnya jika kamu menggunakan kartu smartfren, maka bisa masukkan “smartfren.com” di bagian “Spoof Host”.
  • Jangan lupa untuk menuliskan kode angka 443 lagi pada bagian “Spoof Host
  • Terakhir, kamu tinggal tekan “OK” dan klik “Save” agar kuota malam dapat berubah sepenuhnya menjadi kuota utama.
Baca Juga :  8+ Cara Transfer Kuota Internet Yang Sudah Ada: Mudah dan Praktis!

Dengan cara ini, kuota malam yang kamu miliki sudah beralih menjadi kuota utama, sehingga bisa digunakan pada siang hari. Jadi, kamu tidak perlu merasa khawatir masih ada sisa kuota malam yang belum terpakai, ya.

Sebab, tutorial ini akan memudahkan kamu untuk memanfaatkan kuota malam pada siang hari, sehingga bisa habis terpakai dengan mudah.

Cek juga artikel tentang Cara Mengubah Kuota Snapchat Menjadi Kuota Utama ini, ya!

Kesimpulan

Cara Mengubah Kuota Malam Menjadi Kuota Utama
Cara Mengubah Kuota Malam Menjadi Kuota Utama

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cara mengubah kuota malam menjadi kuota utama di atas berlaku untuk semua provider yang ada di tanah air. Baik itu provider Telkomsel, Axis, XL, Three, Indosat, Smartfren dan masih banyak lagi.

Kamu hanya perlu mengikuti langkah demi langkah dengan tepat dan teliti, sehingga proses mengubah kuota malam menjadi kuota utama dapat dilakukan dengan lancar.

Dari kedua cara tersebut, kamu bisa memilih salah satu yang menurutmu paling mudah, ya. Jadi, tidak perlu menunggu lama untuk kamu menikmati kuota malam menjadi kuota siang atau utama.

Itulah informasi seputar cara mengubah kuota malam menjadi kuota utama yang bisa kamu lakukan. Tutorial ini bisa menjadi lifehack yang berguna untuk kehidupan kamu, lho. Selain itu, kamu juga bisa lebih hemat karena tidak perlu membeli paket internet lagi karena kuota malam yang tersisa masih bisa digunakan dengan baik.

Back to top button