Promo Top Up Game Termurahūüėć
Tutorial

Kenapa Notifikasi WA Tidak Bunyi? Ini 9 Penyebab & Solusinya!

Nada notifikasi whatsapp tidak bunyi salah satu masalah yang kerap kita alami, tahukah kamu penyebab kenapa notifikasi wa tidak bunyi? jika belum, simak pembahasan berikut!

Sebagai pengguna whatsapp kita kerap berpacu pada nada notifikasi, ini karena kita sudah dimanjakan fitur nada notifikasi setiap kali menerima pesan. Namun terkadang nada notifikasi tidak muncul yang menyebakan kita lalai menanggapi sebuah pesan.

Tahukah kamu hal yang mendasari kenapa notifikasi wa tidak bunyi saat menerima sebuah pesan? ada beberapa hal membuat nada notifikasi whatsaap tidak ditampilkan, baik itu masalah dari aplikasi maupun kelalaian pengguna. Tidak perlu berlama-lama ini dia alasan nada wa tidak bunyi saat ada notifikasi.

Kenapa Notifikasi WA Tidak Bunyi?

Pernahkah kamu lalai menjawab sebuah pesan karna tidak mendengar notifikasi? notifikasi whatsapp tidak bunyi bukan hal baru saat ini, pengguna kerap kecewa karena nada notifikasi ini tidak bekerja sepenuhnya.

Kenapa Nada Notifikasi WA Tidak Bunyi?
Kenapa Nada Notifikasi WA Tidak Bunyi?

Sebelum kita membahas cara menagatasi nada notifikasi whatsapp tidak bunyi, ketahui dahulu apa saja penyebab kenapa notifikasi wa tidak bunyi berikut:

  1. Tidak mengunakan nada notifikasi whatsapp
  2. Membisukan notifikasi tertentu
  3. Koneksi Internet Melambat
  4. Perizinan notifikasi tidak aktif
  5. Belum update aplikasi
  6. Bug dan error sistem
  7. Kerusakan pada speaker HP

Cara Mengatasi Nada Notifikasi WA Tidak Bunyi

Agar tidak menghambat komunikasi, sangat penting mengetahui cara mengatasi nada notifikasi whatsapp tidak bunyi. Berikut daftar cara yang harus kamu lakukan untuk mengembalikan notifikasi whatsapp ke pengaturan awal:

  • Nonaktifkan Silent Mode Smartphone

Salah satu alasan kenapa notifikasi wa tidak bunyi karena mode silent yang diaktifkan pengguna.

Silent mode merupakan mode diam yang diguanakan agar tak terganggu dengan notifikasi situs maupun aplikasi yang sedang berjalan, mode diam sewaktu-waktu bisa diaktifkan dan dinonaktifkan kembali.

Perlu diketahui mode diam ini akan memengaruhi notifikasi-notifikasi yang kamu peroleh dari whatsapp, walaupaun fitur ini tidak diaktifkan langsung dalam aplikasi. Jika tidak ingin diganggu nada notifikasi, alihkan menjadi mode getar agar mengetahui notifikasi yang masuk.

  • Gunakan Nada Notifikasi Whatsapp

Aplikasi whatsapp dibekali beberapa fitur yang menarik, salah satu fitur berupa nada notifikasi custom yang bisa kamu pilih sesuai selera.

Cara mengatasi notifikasi wa tidak bunyi

Apa jadinya whatsapp tanpa nada notifikasi? seperti yang kita ketahui whatsapp merupakan aplikasi chatting terbesar saat ini, karena digunakan milyaran pengguna saat disayangkan jika aplikasi tidak memuat peringatan setiap kali pesan diterima.

Jika kamu tidak menerima notifikasi pesan pada satu aplikasi saja ini menandakan kamu belum mengaktifkan nada notifikasi pada menu setelan. Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan nada notifikasi whatsapp:

  1. Buka aplikasi lalu klik garis tiga untuk menemukan setelan
  2. Setelah itu klik notifikasi
  3. Disini kamu bisa atur notifikasi untuk pesan, panggilan dan grup
  4. Klik Pesan dan pilih nada sebagai penanda masuknya sebuah pesan.
  5. Atur juga nada untuk pesan grup dan panggilan whatsapp.
  • Gunakan Koneksi yang Stabil

Koneksi internet tidak memadai salah satu penyebab kenapa notifikasi WA tidak bunyi, sederhananya kamu membutuhkan internet untuk menggunakan whatsapp.

Jika koneksi internet tidak stabil kemungkinan nada notifikasi tidak berbunyi semakin tinggi, hal ini biasanya terjadi di menu panggilan karena koneksi internet lantas menempatkan panggilan tersebut pada log tak terjawab. 

Lihat juga 5 Cara Memperbarui Whatsapp Yang Kadaluarsa Tanpa Menghilangkan Chat

  • Periksa Perizinan Notifikasi

Salah satu penyebab kenapa notifikasi WA tidak bunyi karena kamu belum mengaktifkan perizinan notifikasi. Walau perizinan notifikasi biasanya diaktifkan pada saat apliaksi dipasang, sangat penting memeriksa kembali jika kamu tidak mendapat notifikasi pesan whatsapp.

cara mengatasi notifikasi WA tidak bunyi
cara mengatasi notifikasi WA tidak bunyi

Silahkan ikuti uraian berikut untuk memastikan apakah izin notifikasi whatsapp sudah diaktifkan atau sebaliknya:

  1. Silahkan buka menu pengaturan
  2. Pilih aplikasi dan notifikasi lalu klik notifikasi
  3. Cari whatsapp dan pastikan kamu sudah mengaktifkan notifikasi, jika belum gulir kesamping untuk mengaktifkanya.
  4. Sekarang coba periksa apakah nada notifikasi sudah ada saat kamu menerima pesan.
  • Jangan Bisukan Notifikasi

Bisukan notifikasi merupakan salah satu fitur yang cukup diminati pengguna, dengan mengaktifkan fitur ini secara langsung whatsaap tidak menampilkan pesan dan nada setiap kali nomor mengirim pesan.

Diatas kamu sudah mengetahui salah satu penyebab kenapa notifikasi WA tidak bunyi setiap menerima sebuiah pesan yakni karena room chat yang sengaja kamu bisukan, sekarang aktifkan notifikasi pesan melalui cara diabawah:

  • Masuk ke whatsapp
  • Temukan obrolan yang sudah kamu bisukan sebelumnya
  • Ketuk lama pada obrolan dan klik ikon suara seperti gambar diatas
  • Selesai

Dengan mengaktifkan kembali notifikasi whatsapp diharapkan kamu akan menerima notifikasi disaat pesan masuk.

  • Hapus Data Whatsapp

Banyaknya data yang menumpuk akan membuat aplikasi mengalami gangguan, seperti tidak bisa mengirim pesan, aplikasi tidak bisa dibuka sampai nada notifikasi yang tidak berbunyi.

Cara mengatasi notifikasi wa tidak bunyi

Karena itu penting bagi kamu menghapus data whatsapp, ini akan memperbaiki error pada sistem. Berikut cara menghapus data whatsapp agar nada notifikasi kembali seperti semula.

  1. Buka menu pengaturan
  2. Klik aplikasi dan notifikasi
  3. Pada menu aplikasi cari whatsapp
  4. Jika sudah klik hapus data agar kamu menerima nada notifikasi setiap kali pesan masuk.
  • Update Aplikasi Whatsapp

Jika kamu belum update aplikasi jangan heran beberapa fitur tidak berfungsi dengan baik, banyak manfaat yang di dapat ketika memperbaharui sebuah aplikasi, seperti mengoptimalkan kinerja perangkat dan mendapatkan fitur dalam skala kecil.

Selain itu update aplikasi bisa dikatakan jawaban kenapa notifikasi WA tidak bunyi, ini agar kamu mendapat layanan secara optimal.

  • Force Stop Whatsapp

Force stop atau yang dikenal dnegan matikan paksa aplikasi merupakan salah satu cara menangani whatsaap tidak bunyi saat ada notifikasi.

Cara ini melakukan tugas dengan menutup whatsapp yang sedang berjalan, ini dilakukan untuk mengatasi bug pada sistem salah satunya nada notifikasi yang tidak bunyi saat menerima sebuah pesan. Untuk memulai aktivitas ini sebaiknya cadangkan dahulu data, lalu ikuti cara berikut:

  1. Buka menu penguran di HP android
  2. Klik aplikasi dan notifikasi
  3. Di menu aplikasi klik whatsapp
  4. Terakhir cukup klik paksa berhenti atau force stop.
  • Service Handphone

Salah satu penyebab kenapa notifikasi wa tidak bunyi karena adanya kerusakan pada speaker, jika kerusakan pada speaker berarti semua aplikasi dan fitur yang kamu mainkan tidak mengeluarkan bunyi ataupun nada.

Untuk masalah smartphone percayakan langsung pada ahlinya, namun jika kamu cukup handal silahkan bongkar handphone dan perhatikan area speaker yang bisa saja terkena air maupun debu yang menghambat nada notifikasi.

Ketahui juga 6 Cara Agar Whatsapp Tidak Terlihat Online Dan Mengetik Paling Mudah

Kesimpulan

Kenapa Notifikasi WA Tidak Bunyi? Ini 9 Penyebab & Solusinya!
Kenapa Notifikasi WA Tidak Bunyi? Ini 9 Penyebab & Solusinya!

Terjawab sudah penyebab kenapa notifikasi wa tidak bunyi, pastikan kamu mengikuti langkah-langkah yang kami sampaikan agar komunikasi tidak terkendala karena tidak ada peringatan yang diterima.

Itulah informasi seputar notifikasi whatsapp yang bisa Mocipay bagikan dan semoga bermanfaat bagi pembaca. Kunjungi kami untuk melihat toutorial, list harga dan koleksi lain yang mungkin kamu butuhkan.

Back to top button