Tips

17 Pertanyaan Sidang Skripsi Paling Umum, Catat Baik-baik!

Ada yang sedang resah menunggu datangnya sidang skripsi? Ada sejumlah pertanyaan sidang skripsi yang paling umum dipertanyakan. Kamu bisa memahaminya untuk mengetahui bagaimana cara menjawab pertanyaan tersebut dengan tepat.

Sidang skripsi pada umumnya merupakan ujian terbuka untuk mahasiswa yang bertujuan untuk mempertanggungjawabkan hasil penelitiannya. Segala sesuatu tentang skripsi akan ditanyakan oleh dosen sebagai pembuktian jika mahasiswa sudah sangat paham penelitiannya dengan baik.

Tidak heran jika bagi sebagian besar mahasiswa, skripsi dianggap sebagai momok yang besar. Khususnya bagi mereka yang sudah memasuki tingkat akhir. Skripsi menjadi penentu untuk mendapatkan gelar sarjana.

Sehingga, banyak yang merasa khawatir tidak bisa menjawab pertanyaan seputar skripsi dari dosen penguji. Tidak perlu khawatir karena di bawah ini akan dijelaskan tentang gambaran pertanyaan sidang skripsi yang biasa dipertanyakan.

Daftar Pertanyaan Sidang Skripsi Paling Umum 

Pertanyaan sidang skripsi
Sumber: DetikNews

Berikut beberapa daftar pertanyaan sidang skripsi yang bisa kamu pelajari, diantaranya:

  • Apa Judul Penelitian Anda?

Sepertinya ini menjadi pertanyaan sidang skripsi pertama yang paling umum ditanyakan. Sesaat setelah kamu selesai presentasi skripsi, dosen pengunjung rata-rata akan bertanya tentang apa judul penelitian kamu.

Sebetulnya, jawaban pertanyaan ini sudah ada dalam skripsi. Namun, dosen penguji bermaksud untuk memastikan apakah kamu hafal dengan judul penelitian kamu sendiri atau tidak. Oleh sebab itu, mereka tidak lupa untuk mempertanyakan nya.

Oleh sebab itu, dalam hal ini ada baiknya kamu sudah menghafal di luar kepala tentang judul skripsi yang dibuat. Hindari untuk melihat kembali dalam skripsi. Walaupun masih boleh “menyontek”, namun tindakan ini dapat berpengaruh pada penilaian dosen.

Kamu akan terkesan tidak siap untuk ikut sidang skripsi. Bahkan, bukan tidak mungkin dosen penguji mengira kamu tidak menguasai penelitian sendiri. Kamu tidak mau bukan jika sampai gagal karena hal sepele semacam ini?

  • Apa Latar Belakang Penelitian Anda?

Setelah bertanya tentang poin pertama tadi, dosen penguji tak pernah ketinggalan memberikan pertanyaan sidang skripsi ini. Begitu dosen mendapatkan jawaban tentang apa judul penelitian kamu, pasti langsung menyambung tentang apa alasan yang melatarbelakangi melakukan penelitian tersebut?

Beberapa mahasiswa mungkin langsung down apalagi yang memang belum siap. Padahal, jawaban untuk pertanyaan ini sebetulnya cukup mudah. Kamu bisa menjelaskan nya dengan mengambil situasi fenomena gap.

Fenomena gap merupakan perbedaan dari suatu kondisi umum yang biasanya terjadi. Kamu bisa menghubungkan jawaban dengan permasalahan yang terjadi pada objek penelitian. Sehingga dapat muncul sebuah fenomena unik yang nantinya bisa dijadikan sebagai latar belakang.

  • Apa Tujuan Penelitian Anda?

Pertanyaan sidang skripsi
Sumber: Berbagi Ilmu

Tidak kalah sering bagi dosen penguji akan bertanya tentang hal ini saat sidang skripsi. Apalagi kalau bukan mengenai apa tujuan penelitian yang dilakukan. Sebetulnya jawaban dari pertanyaan ini semua ada dalam bab 1 pada naskah skripsi.

Paling penting adalah bagaimana kamu menyampaikannya. Ada baiknya minimalisir untuk melihat langsung di naskah skripsi. Upayakan untuk menghafal nya, jadi memberikan kesan kamu paham apa yang ditulis dengan baik.

Baca Juga :  Kenapa Kode OTP Tidak Masuk Ke SMS? Ketahui 8 Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Menjelaskan nya pun harus tepat dan jujur. Jika ada yang ditambah atau dikurangi biasanya akan menjadi sumber pertanyaan baru dari dosen. Oleh sebab itu, dari rumah sebaiknya hafalkan pertanyaan sidang skripsi ini dan jawabannya, ya.

  • Apa Variabel Penelitian Anda?

Dosen penguji biasa bertanya tentang variabel yang digunakan dalam penelitian. Soal variable ini seharusnya sudah kamu pahami dengan baik. Mengingat masih penelitian saja menentukan variabel cukup membuat pusing mahasiswa yang sedang skripsi.

Pertanyaan sidang skripsi tentang apa variabel penelitian kamu akan meyakinkan dosen jika kamu benar-benar paham tentang apa yang ditulis atau dibahas. Dalam skripsi dikenal variabel dependen dan independen.

Jelaskan kedua variabel tersebut secara terperinci sampai tepat sasaran. Variabel penelitian biasanya terdapat pada bagian topik riset. Identifikasi semua variabel tersebut dan ketahui masing-masing definisinya untuk memperkuat argumen kamu.

  • Apa Motivasi Anda Untuk Penelitian Ini?

Banyak juga dosen penguji yang bertanya tentang pertanyaan sidang skripsi ini. Saat mendapatkan pertanyaan tersebut ada baiknya kamu harus berhati-hati dalam menjawabnya. Walaupun terdengar biasa, sebenarnya ini lumayan rumit.

Bagi dosen penguji, pertanyaan ini adalah mencari tahu tentang apa masalah penelitian yang dilakukan. Jawaban dari pertanyaan sidang skripsi ini adalah kamu bisa memulai untuk menguraikan masalah yang diselidiki.

Apa yang membuat kamu bersemangat untuk melakukan penelitian tersebut. Jangan pernah menjawab karena ingin segera lulus. Jawaban ini terkesan tidak relevan dan menandakan kamu sudah terjebak dalam pertanyaan dosen penguji tersebut.

  • Mengapa Memilih Objek atau Lokasi Penelitian Ini?

Pertanyaan sidang skripsi lain yang masuk kategori paling umum adalah mengapa memilih objek atau lokasi penelitian tersebut? Kamu harus ingat, bagi dosen penguji skripsi apa saja bisa menjadi pertanyaan.

Termasuk yang tak diduga-duga seperti mengapa kamu pilih lokasi atau objek penelitian itu? Bagi dosen, pertanyaan ini sebenarnya untuk mencari tahu alasan kamu memilih objek yang dijadikan penelitian.

Sebagai informasi saja, objek penelitian sendiri adalah pasti berhubungan dengan lokasi penelitian. Untuk menjawab pertanyaan ini, jelaskan saja tentang keberadaan permasalahan yang terjadi.

Selain itu, kamu pun bisa membandingkannya dengan lokasi lain. Dengan begitu, bisa menghasilkan kesimpulan jika objek yang diteliti lebih menonjol di lokasi tersebut. Namun, ada yang perlu kamu perhatikan.

Bahwa jika berkaitan dengan lokasi penelitian, kamu harus menjawab pertanyaan tersebut secara ilmiah. Hindari jawaban yang terkesan lebih personal seperti “karena jarak lokasi dekat dengan rumah” atau sejenisnya. Jawaban semacam ini justru akan membuat kamu makin di cecar dengan pertanyaan lainnya.

  • Teori Apa yang Digunakan Sebagai Landasan Penelitian?

Pertanyaan sidang skripsi
Sumber: Sampoerna University

Melakukan penelitian ilmiah seperti skripsi, pasti ada sebuah teori yang dijadikan sebagai landasan. Apalagi jika kebetulan jenis penelitian yang kamu lakukan adalah kuantitatif. Teori menjadi bagian penting untuk dijadikan hipotesis.

Oleh sebab itu, dosen penguji umumnya tidak pernah lupa bertanya tentang hal ini. Kamu tidak perlu khawatir, karena sebetulnya menjawab pertanyaan sidang skripsi yang satu ini cukup mudah.

Kamu cukup menjelaskan secara keseluruhan teori yang kamu gunakan. Semua informasi yang berkaitan tentang teori tersebut. Mulai dari apa namanya, siapa penemunya, sampai apa asumsi dari teori.

Selain itu, kamu juga wajib untuk mengetahui ketertarikan teori tersebut dengan penelitian yang dilakukan. Jangan malah memakai teori yang sama sekali tidak hubungannya dengan apa yang mau dibahas. Kalau kamu menguasainya, tidak akan sulit menjawab pertanyaan ini.

  • Metode Penelitian Apa yang Digunakan?

Setelah bertanya tentang teori yang dilakukan dalam penelitian, akan ada lanjutan. Salah satunya tentang metode penelitian apa yang kamu gunakan dalam penyusunan skripsi. Dosen penguji biasanya mengulik pertanyaan sidang skripsi terkait metode penelitian yang digunakan.

Terutama untuk menyelesaikan permasalahan sehingga muncul jawaban atau kesimpulan setelah dilakukan penelitian. Apabila saat sidang skripsi kamu diberikan pertanyaan ini, jelaskan saja secara rinci metode penelitian yang digunakan.

Baca Juga :  Live Streaming Game di Tiktok Bisa Dapat Gift. Berapa Sih Nilai Rupiahnya?

Usahakan selalu kuasai poin penting tentang mengapa kamu menggunakan metode penelitian tersebut. Selain itu, penting juga bagi kamu untuk memahami esensi dari metode serta apa saja perannya dalam mendukung penelitian yang dilakukan.

  • Bagaimana Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian?

Teknik pengumpulan data sendiri adalah tahapan dimana kamu diharuskan untuk mencari informasi yang valid demi mendukung penelitian. Pada saat sidang, walaupun poin ini sebetulnya sudah tertulis pada naskah skripsi dosen penguji biasanya tetap akan mempertanyakan nya.

Satu-satunya cara menjawabnya adalah hanya dengan menjelaskan nya sesuai apa yang terjadi. Misalnya, kamu memang menggunakan metode kualitatif. Maka tinggal jelaskan saja apakah kamu menggunakan teknik observasi, wawancara atau lainnya.

Sebaliknya, jika ternyata penelitian yang dilakukan menggunakan metode kuantitatif tinggal sebutkan saja teknik penyebaran angket misalnya. Hal yang perlu kamu catat adalah jangan pernah mengurangi atau melebihkan jawaban.

Kalau kamu masih tetap melakukannya, seperti memberikan jawaban yang tak sesuai dengan di dalam naskah skripsi jangan heran jika akan susah sendiri. Biasanya, dosen penguji justru akan semakin mencecar kamu dengan lebih banyak pertanyaan sidang skripsi lainnya.

  • Apa Teknik Penarikan Sampel yang Digunakan?

Pertanyaan sidang skripsi
Sumber: Gramedia.com

Pertanyaan sidang skripsi lain yang sudah umum dilontarkan oleh dosen penguji adalah tentang teknik penarikan sampel. Sekaligus bagaimana kamu melakukan hal tersebut dalam penelitian. Untuk menjawab pertanyaan ini cukup simple sebetulnya.

Mulai saja ceritakan tentang penelitian tersebut dilakukan. Misalnya kamu kebetulan sedang mengambil penelitian kuantitatif atau yang biasa disebut dengan uji pengaruh atau korelasi. Maka jelaskan saja secara rinci.

Biasanya untuk menjawab pertanyaan ini kamu bisa menghubungkannya dengan kerangka atau semua daftar nama yang dipakai penelitian. Selain itu, untuk uji kuantitatif pada umumnya dosen penguji juga akan bertanya tentang skala yang dibutuhkan.

Jadi, sebelum maju sidang penelitian persiapkan dengan baik. Pelajari lagi tentang jenis-jenis skala serta masing-masing perbedaannya secara keseluruhan. Upayakan menjawab dengan tepat dan tidak terkesan kurang menguasai.

  • Apa Teknik Uji Validitas/Reliabilitas yang Digunakan

Khusus bagi kamu yang melakukan penelitian dengan metode kuantitatif sepertinya akan banyak pertanyaan sidang skripsi tentang pengujian. Khususnya untuk uji validitas atau reliabilitas. Saat ditanya tentang ini, jangan kamu berikan penjelasan yang asal.

Bukan hanya terkait pengujian nya saja. Kamu mungkin akan ditanya tentang data responden dari pengujian tersebut. Catat baik-baik kalau responden dari uji validitas/reliabilitas tidak boleh sama dengan responden untuk penelitian.

Silahkan cek kembali penelitian kamu. Pada naskah skripsi apakah hal basic ini sudah benar kamu ungkapkan? Sebab, akan menjadi masalah jika kamu menjawab dengan tepat namun ternyata tidak sama dengan yang ditulis pada naskah skripsi.

  • Bagaimana Hasil Penelitian Anda?

Meskipun terdengar sepele, pertanyaan sidang skripsi ini sebenarnya banyak mengecoh mahasiswa saat sedang sidang skripsi. Saat ditanyakan tentang hal ini rata-rata mahasiswa akan menjawabnya dengan pernyataan singkat.

Padahal, justru jawaban singkat sama sekali tidak diinginkan oleh dosen penguji. Kamu harus ingat jika ada pertanyaan tentang ini saat sidang skripsi, kamu berikan saja penjelasan tentang hasil kesimpulan dalam skripsi.

Pasalnya, kesimpulan dalam skripsi adalah jawaban dari semua rumusan masalah. Poin ini adalah jawaban yang diinginkan oleh para dosen penguji. Jadi, pastikan kamu sudah hafal di luar kepala tentang kesimpulan dari penelitian yang dilakukan.

  • Apa Kesimpulan Penelitian Anda?

Setelah hasil penelitian, akan ada pertanyaan sidang skripsi lanjutan yang biasa diutarakan. Apalagi tentang keseluruhan kesimpulan yang kamu dapatkan setelah melakukan penelitian tersebut. Seharusnya kamu sudah sangat mempersiapkan jawaban dari pertanyaan yang satu ini.

Pelajari dengan baik supaya tidak terkesan kurang menguasai. Khususnya ini adalah kesimpulan dari keseluruhan penelitian. Kamu dianggap tidak memahami apa yang ditulis jika menyebutkan kesimpulan saja tidak bisa.

Baca Juga :  Lazada Tidak Bisa COD? 10 Cara Mengatasi Akun Lazada Tidak Bisa COD

Ketika menjelaskan kesimpulan penelitian, jumlahnya harus sama dengan banyaknya tujuan penelitian. Jadi, misalnya kamu menulis tujuan penelitian sebanyak 3 poin. Maka kesimpulannya pun jumlahnya harus cocok. Hal ini karena kesimpulan digunakan untuk menjawab tujuan penelitian.

  • Apa Pentingnya Penelitian yang Dilakukan?

Pertanyaan ini ditujukan saat sidang skripsi karena dosen penguji ingin tahu apakah penelitian akan dapat berkontribusi pada pengetahuan. Oleh sebab itu, jika ditanya tentang ini kamu harus mampu menjelaskan nya secara rinci.

Contoh jawaban dari pertanyaan sidang skripsi ini yang tepat adalah jelaskan bagaimana penelitian tersebut bisa membantu pemerintah dalam mengembangkan serta mengimplementasikan kebijakan. Selain itu, penelitian tersebut juga bisa berguna bagi mahasiswa lain.

Mereka mungkin ingin melakukan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan milik kamu sebagai acuan. Jelaskan juga bagaimana nantinya penelitian kamu dapat berguna dan bermanfaat untuk masyarakat.

  • Apa Keterbatasan atau Kesulitan yang Ditemukan?

Terkesan sederhana memang, namun sebetulnya pertanyaan sidang skripsi yang ini cukup rumit. Pertanyaan ini bukan berarti menyatakan bahwa dosen penguji bersimpati dengan kamu.

Justru para dosen sedang mencari celah untuk mengkritik pekerjaan kamu. Untuk memberikan jawaban dari pertanyaan ini, kamu harus berhati-hati menggunakan kata-kata. Pasalnya, dapat melibatkan diri kamu sendiri.

Jangan sekali-kali membahas tentang batasan dalam metode dan teknik analisis data. Sebab, bisa jadi memberikan kesan jika penelitian kamu bias atau tidak diteliti dengan serius. Lebih baik gunakan batas yang sederhana.

Contohnya seperti kesulitan yang dihadapi saat harus melakukan penelitian. Namun di saat bersamaan harus masih mengikuti kelas. Jelaskan juga jika kesulitan tersebut masih dapat ditangani dengan baik.

  • Mengapa Memilih Sumber Bacaan Ini?

Pertanyaan sidang skripsi ini termasuk ke dalam pertanyaan yang tak terduga pada saat sidang skripsi. Walaupun cukup umum, masih banyak mahasiswa yang sebelumnya tak mengira akan diberikan pertanyaan ini. Namun, dosen penguji yang membahas literatur yang dipakai peneliti di daftar pustaka ini memang ada.

Oleh karena jarang terpikirkan, beberapa mahasiswa biasanya tak punya persiapan khusus untuk menjawabnya. Jadi tidak jarang merasa panik dan kaget. Akibatnya jadi memberikan jawaban kurang maksimal.

Dosen yang bertanya tentang hal ini sebetulnya hanya mengecek apakah mahasiswa tersebut benar-benar tidak asal mencomot sumber referensi. Apalagi tidak dibaca dengan baik. Ibaratnya bagaimana kamu mencantumkan nya sebagai referensi padahal sama sekali tidak paham isinya.

Kalau kamu tak paham dengan referensi dosen penguji akan berkesimpulan jika kamu hanya asal tulis. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk mempelajari referensi yang dipakai skripsi. Makin banyak wawasan saat sidang kamu akan sangat lihai dalam menjawab pertanyaan tersebut.

  • Apa Saran Dari Penelitian Anda?

Saran memang sebetulnya sudah tertulis dalam naskah skripsi. Namun, sudah dijelaskan sebelumnya bagi dosen penguji apa saja bisa menjadi bahan pertanyaan. Jadi, kamu harus siap dari segala situasi.

Jenis pertanyaan sidang skripsi yang bisa dibilang umum saat sidang skripsi lainnya adalah tentang saran dari penelitian tersebut. Kamu mungkin bingung jika belum mempersiapkan jawaban untuk pertanyaan ini.

Padahal mudah, kamu bisa menjawabnya dengan menjelaskan berdasarkan temuan atau hasil penelitian. Misalnya berdasarkan hasil penelitian, lokasi usaha strategis dapat menunjang kegiatan usaha.

Maka sarannya adalah bagi perusahaan penelitian ini bisa menjadi tolak ukur karena pentingnya penentuan lokasi usaha. Sehingga, perusahaan bisa lebih maju dan berkembang di masa depan.

Selain pembahasan di atas, kamu bisa simak 5 Aplikasi Absensi Siswa Gratis, Tersedia Online dan Offline hanya di sini.

Pertanyaan Sidang Skripsi Paling Umum
Pertanyaan Sidang Skripsi Paling Umum
No Pertanyaan lainnya
1 Apa kontribusi penelitian Anda terhadap literatur yang sudah ada?
2 Apakah Anda memiliki saran atau rekomendasi untuk penelitian lanjutan dalam topik yang sama?
3 Apakah ada kritik atau tantangan yang dihadapi dalam penelitian Anda?
4 Apa relevansi topik penelitian Anda dalam konteks ilmu atau bidang studi Anda?
5 Apa kontribusi penelitian Anda terhadap literatur yang sudah ada?
6 Bagaimana Anda melihat perubahan dalam pemahaman Anda tentang topik ini selama penelitian?
7 Bagaimana Anda memilih dan menggabungkan referensi dalam penelitian Anda?
8 Bagaimana Anda memastikan bahwa penelitian Anda berdasarkan literatur yang relevan?
9 Bagaimana Anda mengumpulkan dan menganalisis data?
10 Bagaimana Anda menangani tantangan tersebut?

Itu dia tadi beberapa pertanyaan sidang skripsi. Kamu harus ingat, tidak semua pertanyaan di atas pasti muncul. Dengan mengetahuinya, paling tidak kamu bisa mempersiapkan jawaban terbaik supaya makin lancar dan lulus dengan nilai yang membanggakan.

Back to top button