TipsTutorial

Kenapa Token Listrik Gagal Padahal Sudah Benar? Cek Disini!

Dalam penggunaan listrik prabayar tidak sedikit masyarakat berkeluh kesah dan menelusuri lebih dalam kenapa token listrik gagal padahal sudah benar menginput 20 digit angka yang harus dimasukkan ke kWh meter.

Listrik salah satu kebutuhan rumah tangga yang cukup mengkhawatirkan jika tidak dapat digunakan seperti biasanya, sama halnya ketika kamu gagal isi ulang token listrik.

Hal ini tentu membuat pengguna lebih panik, mengingat daya tersisa sangat terbatas dan nominal token listrik yang tidak sedikit. Apabila kamu merasa nomor yang dimasukkan sudah tepat namun mendapat keterangan gagal sebaiknya tetap disini, karena Mocipay menjabarkan hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan tersebut.

Kenapa Token Listrik Gagal Padahal Sudah Benar?

Listrik salah satu kebutuhan rumah tangga yang tidak ada batasnya, produk ini sangat dibutuhkan sebagai tenaga penerang. Sayangnya, produk ini kerap menimbulkan keluhan dalam penggunaanya seperti masalah gagal isi token listrik.

Kenapa token listrik gagal padahal sudah benar
Penyebab token listrik gagal

Mungkin kamu juga menanyakan hal serupa kenapa token listrik gagal padahal sudah benar, dikatakan benar ketika kamu sudah memeriksa 20 digit angka yang diterima saat pembelian.

Ternyata, dalam penggunaanya PLN memberlakukan aturan yang wajib diperhatikan apabila masyarakat tidak ingin mendapatkan kendala dengan produk penerang ini. Untuk menjawab kenapa token listrik gagal padahal sudah benar, sebaiknya lihat penjelasan berikut:

Penyebab Cara Mengatasi
Server PLN sedang error Cek Jaringan Server PLN
Salah ID ketika Membeli Token Cek Slip Pembelian Token
Meteran Listrik Overlimit Periksa Limit kWh
Kesalahan Instalasi Listrik Perhatikan Kondisi Instalasi Listrik & Hubungi PLN
Baca Juga :  5 Cara Membuat Makalah Di HP Menggunakan MS Word Dan WPS Office

1. Server PLN Sedang Error

Salah satu penyebab kenapa token listrik gagal padahal sudah benar adalah server PLN yang sedang error, karena sistem memang terhubung dengan meteran listrik di tempatmu. Ini bukanlah kesalahan kamu sebagai pelanggan melainkan dari pihak terkait dalam hal ini adalah PLN.

Gangguan ini dapat terjadi kapan saja, terlebih disaat kamu sedang akses 20 digit token listrik sehingga mendapat jawaban gagal. Maka tidak ada penanganan selain memastikan kendala dan menunggu sampai server kembali normal.

2. Salah ID Meter Saat Membeli Token Listrik

Salah ID merupakan penyebab umum kenapa token listrik gagal padahal sudah benar, maksud dari kesalahan ini ketika kamu memasukkan ID meter pelanggan lain sebagai penerima daya ketika isi ulang token.

Salah memasukkan ID saat membeli token listrik akan menampilkan nama pelanggan yang berbeda dengan kamu, yang berarti 20 digit hanya berhasil diakses pada ID tersebut bukan pada ID kamu. Maka dari itu, selalu cek kembali nama pelanggan sebelum kamu membeli token listrik.

3. Meteran Listrik Over Limit

Meteran listrik over limit
Sumber: bayar.ooo

Penyebab lain kenapa token listrik gagal padahal sudah benar yakni meteran listrik yang sudah over limit. Pada umumnya seorang pengguna dapat mengontrol limit untuk membatasi penggunaan listrik yang mengakibatkan gagal ketika mengisi token.

Limit token listrik disesuaikan dengan daya listrik yang kamu pakai, jadi ketika kamu mengisi meteran listrik lebih dari batasan tersebut listrik akan memblok pengisian atau gagal dilakukan.

4. Masalah Pemasangan Instalasi Listrik

Instalasi listrik yang salah satu penyebab kenapa token listrik gagal padahal sudah benar dalam memasukkan 20 digit nomor pengisian. Kesalahan pada instalasi listrik menyebakan MPB menampilkan “blocked” atau lambang telapak tangan, yang berarti kesalahan pada mesin.

Baca Juga :  4 Cara Pinjam Saldo DANA Di Aplikasi DANA, Mudah dan Langsung Cair!

Kesalahan dalam instalasi listrik berpengaruh dan membuat listrik di rumah tidak terpakai, jika terus dicoba dapat mengakibatkan korsleting. Untuk mengatasi masalah instalasi listrik dengan membuat pengaduan pada PLN yang kemudian di tangani teknisi yang handal.

Bacaan menarik untuk kamu Penyebab dan Cara Mengatasi Token Listrik Terblokir

Cara Mengatasi Gagal Mengisi Token Listrik

Penyebab kenapa token listrik gagal padahal sudah benar telah kamu ketahui, lantas bagaimana langkah untuk menangani masalah tersebut? Ada banyak cara dalam mengatasi token listrik gagal padahal nomor pengisian sudah diinput dengan benar, maka dari itu lihat beberapa cara yang sudah kami rangkum berikut:

  • Cek Jaringan Server PLN

Jaringan server PLN error merupakan penyebab kenapa token listrik gagal padahal sudah benar, maka periksa jaringan server untuk memastikan kendala yang mengakibatkan token listrik gagal.

Kamu bisa cek gangguan atau maintenance yang biasanya disampaikan PLN pada akun media sosial. Jika memang kendala pada server, tidak ada solusi kecuali menunggu sampai server pulih kembali.

  • Cek Slip Pembelian Token Listrik

Cek slip pembelian token listrik
Cek Slip Pembelian Token Listrik

Apabila kegagalan isi token bukan karena kesalahan server, segera cek slip pembelian token listrik dan periksa ID meteran. Karena bagaimanapun jika salah memasukkan ID kamu tidak dapat mengembalikan daya yang sudah ditambahkan pada ID yang lain.

Namun salah memasukkan ID lebih melegagakan jika dibandingkan kesalahan pada instalasi listrik, cukup lakukan pembelian pada ID yang benar dan lakukan isi token sebagaimana mestinya.

  • Cek Limit kWh

Seperti yang disampaikan salah satu penyebab kenapa token listrik gagal padahal sudah benar adalah overlimit pembelian listrik. Ketika kamu berupaya mengakses 20 digit nomor pengisian disaat listrik dalam batas pembelian secara otomatis akan digagalkan.

Baca Juga :  2 Cara Menghapus Salah Satu Akun Gmail di Android

Adapun cara untuk mengatasi overlimit kWh token listrik dengan menunggu satu bulan kedepan. Maka untuk memastikan kesalahan pada limit token listrik kamu dapat melakukan perhitungan berdasarkan batas kWh yakni 720 jam dan golongan daya menggunakan format berikut:

Untuk batas maksimal kWh: 720 jam x Golongan daya
Untuk harga maksimal pembelian : batas maksimal kWh x harga kWh

  • Pastikan Kondisi Instalasi Listrik

Masalah pada instalasi listrik merupakan penyebab kenapa token listrik gagal padahal sudah benar menginput 20 digit nomor pengisian, untuk mengatasinya cek secara serius kondisi instalasi listrik di tempatmu.

Apabila pada meteran tertera blocked, periksa atau tertera gambar telepak tangan dapat dipastikan masalah token listrik gagal karena isntalasi yang bermasalah, untuk mengatasi masalah ini segera hubungi CS PLN dengan nomor penerima yang akan kami sampaikan selanjutnya.

  • Hubungi Petugas PLN

Petugas PLN
Sumber: rukita.co

Apabila beberapa cara mengatasi token listrik gagal diatas tidak berhasil dan kamu menemukan masalah lain pada listrik, lakukan cara berikut sebelum membuat pengajuan:

  1. Matikan MCB/saklar di meteran, tunggu 5 sampai 10 menit lalu coba memasukkan kembali token listrik atau
  2. Lakukan reset dengan menekan 00 kemudian enter, lalu coba input kembali nomor token tersebut.

Jika belum berhasil segera hubungi petugas PLN dengan menyebutkan idPel atau nomor meter untuk meyakinkan kebenaran token. Kamu bisa memilih beberapa chanel PLN untuk mengajukan keluhan, antara lain:

  1. Call center PLN: 123
  2. Email: pln123@pln.co.id
  3. Facebook : PLN 123
  4. Twitter: @pln_123
  5. Website: pln.co.id
  6. Instagram: @pln123_pln.co.id
  7. Aplikasi PLN Mobile
  8. Mendatangi kantor PLN terdekat

Beberapa chanel pengajuan diatas dapat kamu manfaatkan jika meteran terblokir karena tiga kali menginput nomor token listrik. Menghubungi call center 123 merupakan langkah paling efektif yang bisa dilakukan, namun sebelumnya siapkan pulsa yang cukup dan kode area yang bisa kamu telusuri pada peramban.

Akhir Kata

Kenapa Token Listrik Gagal Padahal Sudah Benar
Kenapa Token Listrik Gagal Padahal Sudah Benar

Banyak hal yang menjadi penyebab kenapa token listrik gagal padahal sudah benar begitupun dengan solusi yang dapat kamu lakukan. Sekarang temukan jenis masalah pada token listrik maupun ID pelanggan dan lakukan perbaikan sesuai masing-masing kendala.

Mungkin itu saja yang dapat kami jabarkan pada kesempatan ini, semoga membantu pembaca mendeteksi masalah pada token listrik kamu.

Back to top button