Tutorial

Cara Membuat Video TikTok Dengan Foto dan Tulisan Terbaru 2024

Ada banyak creator TikTok pemula yang belum paham cara membuat video TikTok dengan foto dan tulisan. Apakah demikian juga dengan kamu? Gak usah cemas guys! Karena dalam artikel ini kami akan menunjukkan cara mudah untuk membuat video Tiktok dengan foto dan tulisan.

TikTok merupakan salah satu media hiburan yang beberapa tahun belakangan ini sedang naik pesat. Hampir semua pengguna smartphone terutama kalangan remaja memiliki akun TikTok di HP nya. Sebagian besar ada yang aktif membagikan konten di akun TikTok nya. Namun tak sedikit juga pengguna TikTok yang hanya sebagai penikmat postingan-postingan yang lewat di beranda TikTok nya. Selain itu, banyak juga orang yang memanfaatkan TikTok untuk berjualan semenjak tersedianya fitur TikTok shop.

Untuk mengalihkan perhatian orang lain agar tertarik untuk menonton postingan yang kita bagikan di TikTok, tentu kita harus membuat tampilan video semenarik mungkin. Salah satu caranya yaitu dengan menambahkan foto dan tulisan dalam video. Oleh karena itu kami berniat untuk menulis artikel ini, yang secara khusus membahas mengenai cara membuat video TikTok dengan foto dan tulisan.

Apakah Ada Fitur untuk Membuat Video TikTok dengan Foto dan Tulisan?

Tentu saja ada! TikTok menyediakan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk bisa menciptakan sebuah video yang dibuat dengan menggabungkan beberapa foto disertai dengan tulisan yang menjadi keterangan atau deskripsi dari foto.

Fitur ini sangat berguna, terutama bagi orang-orang yang ingin berjualan, yang ingin mempromosikan produk jualannya agar terlihat lebih menarik dan lebih detail karena disertai dengan keterangan masing-masing harga pada setiap foto produk yang dimasukkan kedalam video.

Tak hanya itu, fitur video dengan foto dan tulisan ini juga sangat populer digunakan oleh orang-orang yang ingin menceritakan kisah hidupnya seperti perjalanan karir, cinta, pertemanan, study atau yang lainnya. Mereka biasanya akan mengunggah foto secara berurut dari momen ke momen sambil memberikan keterangan berupa tulisan pada setiap foto yang kemudian dibuat dalam bentuk video, sehingga tampilannya terlihat lebih menarik.

Baca Juga :  8 Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Akses Internet Di Android

Cara Membuat Video TikTok dengan Foto dan Tulisan

Cara membuat video TikTok dengan foto dan tulisan
Cara membuat video TikTok dengan foto dan tulisan

Banyak orang dalam membuat video TikTok dengan foto dan tulisan, menggunakan bantuan aplikasi edit video seperti Kine master, InShot, Viva Video, dan sejenis lainnya. Cara tersebut tentu sangat ribet dan memakan waktu! Padahal sudah ada fitur yang disediakan oleh TikTok untuk membuat video TikTok dengan foto dan tulisan.

Nah, bagaimanakah cara membuat video TikTok dengan foto dan tulisan? Simak langkah-langkahnya dibawah ini:

  1. Buka aplikasi TikTok anda
  2. Pada halaman utama, klik tanda (+)
  3. Ketuk menu “unggah” yang berada di pojok kanan bawah
  4. Pilih “foto
  5. Beri centang pada opsi “pilih lebih dari satu
  6. Pilihlah foto yang ingin anda jadikan video
  7. Tekan tombol “berikutnya
  8. Klik “beralih ke mode video
  9. Tambahkan tulisan yang ingin anda masukkan ke video, dengan mengklik ikon “Teks” yang terletak di sebelah kanan urutan ketiga
  10. Terakhir, klik “berikutnya” untuk memosting video yang sudah selesai kamu edit. Atau jika anda belum berniat untuk memosting video pada saat itu juga, anda bisa menambahkannya dulu ke “Draf”

Cara Menyesuaikan Durasi Tulisan dengan Foto dalam Edit Video di TikTok

Tentunya belum semua mengetahui bagaimana cara menyesuaikan durasi tulisan dengan foto dalam edit video di TikTok, terutama bagi teman-teman yang masih pemula. Penting untuk memahami pengaturan durasi tulisan, agar bisa menambahkan teks sesuai dengan keterangan atau deskripsi foto, sehingga tidak muncul tulisan yang sama pada setiap foto yang tampil dalam video.

Nah, lalu bagaimanakah cara untuk menyesuaikan durasi tulisan dengan foto ketika sedang mengedit video di TikTok? Silahkan perhatikan beberapa langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Lakukan kembali langkah-langkah dalam cara membuat edit video TikTok dengan foto dan tulisan yang sebelumnya telah kami tampilkan diatas (dari nomor 1-9)
  2. Klik pada tulisan yang telah kamu buat
  3. Akan muncul beberapa opsi. Silahkan pilih pada opsi “tetapkan durasi
    Cara membuat video TikTok dengan foto dan tulisan
  4. Aturlah durasi tulisan dengan menggeser kolom tulisan sejajar dengan foto yang ingin anda jadikan sebagai latar tulisan
  5. Jika sudah selesai diatur, terakhir kliklah “simpan
Baca Juga :  3 Cara Mengetahui Kode Voucher Telkomsel Yang Rusak Saat Digosok

Cara Mengatur Kecepatan Foto dalam Edit Video di TikTok

Jika pada pembahasan sebelumnya anda kami pandu untuk memahami cara untuk menyesuaikan durasi tulisan dengan foto dalam edit video di TikTok, maka berikutnya kami juga akan menunjukkan bagaimana cara mengatur kecepatan foto yang dibuat menjadi bentuk video di TikTok, sehingga waktu berganti setiap foto tidak terlalu cepat.

Langsung saja kami tampilkan berikut ini beberapa langkah-langkah untuk mengatur kecepatan foto yang dibuat menjadi video di TikTok:

  1. Buka aplikasi TikTok anda
  2. Pada halaman utama, klik tanda (+)
  3. Ketuk menu “unggah” yang berada di pojok kanan bawah
  4. Pilih “foto
  5. Beri centang pada opsi “pilih lebih dari satu
  6. Pilihlah foto yang ingin anda jadikan video
  7. Tekan tombol “berikutnya
  8. Klik “beralih ke mode video
  9. Tap pada opsi “Edit” yang berada di pojok kanan atas
    Cara membuat video TikTok dengan foto dan tulisan
    Cara membuat video TikTok dengan foto dan tulisan
  10. Silahkan atur kecepatan foto dengan menarik kolom pada masing-masing foto. Untuk lebih mudah dimengerti silahkan lihat gambar dibawah ini
    Cara membuat video TikTok dengan foto dan tulisan
    Cara membuat video TikTok dengan foto dan tulisan

Note: Pada halaman tersebut anda juga bisa melakukan berbagai opsi pengeditan lainnya, seperti memberikan efek suara, memangkas gambar, memutar/ rotasi gambar, dan yang lainnya

Sekilas tentang TikTok

Setelah tuntas membahas mengenai cara membuat video TikTok dengan foto dan tulisan, kami juga akan mendeskripsikan sedikit tentang aplikasi TikTok melalui penjelasan di bawah ini.

TikTok adalah sebuah aplikasi berplatform video pendek yang memungkinkan pengguna untuk dapat menuangkan ide dan imajinasinya lalu membagikannya kepada publik. Aplikasi TikTok ini menjadi salah satu aplikasi terkemuka saat ini.

Developer aplikasi TikTok ini adalah ByteDance (Beijing, Tiongkok) pada tahun 2016 yang silam. Hingga saat ini, milyaran orang dari seluruh penjuru dunia memasang aplikasi ini di smartphone-nya, sehingga TikTok menjadi incaran yang paling pas untuk para creator yang ingin memperkenalkan kreasinya kepada dunia.

Baca Juga :  9 Cara Download Video Bilibili Dengan Mudah dan Cepat 2024

Informasi Lainnya Terkait Cara Membuat Video TikTok dengan Foto dan Tulisan

Selain menampilkan cara membuat video TikTok dengan foto dan tulisan, berikut ini kami juga akan menjelaskan beberapa informasi lainnya yang masih termasuk kedalam ruang lingkup pembahasan mengenai cara membuat video TikTok dengan foto dan tulisan.

Bagaimana Cara Menambahkan Video di TikTok?

Cara menambahkan video di TikTok dapat dilakukan melalui 2 cara. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Cara pertama: Masuk ke aplikasi TikTok > Klik ikon (+) > maka fitur camera akan aktif secara otomatis > Pilih durasi video yang kamu inginkan > Lalu tekan tombol “take video” untuk memulai perekaman konten.
  2. Cara kedua: Masuk ke aplikasi TikTok > Klik ikon (+) > Klik menu “Unggah” > klik pada bagian “video” > Pilih video yang ingin anda unggah ke TikTok

Berapa Lama Maksimal Durasi Video di TikTok?

TikTok menawarkan beberapa pilihan durasi untuk membuat konten video mulai dari 15 detik, 60 detik, 3 menit, dan 10 menit. Anda dapat menyesuaikan durasi yang tersedia dengan konten yang ingin anda buat.

Jadwal FYP TikTok

Agar usaha kamu yang sudah capek-capek mengedit video TikTok tidak sia-sia, penting bagi kamu untuk mengetahui jadwal FYP TikTok. Ingat bahwa kreatif saja tidak cukup untuk mendatangkan traffic ke postingan TikTok kamu!

Memosting video ke TikTok sesuai dengan jadwal FYP TikTok dapat memperbesar peluang postingan anda masuk ke FYP pengguna lain sehingga video yang sudah kamu edit tadi mendapatkan banyak like, komentar, maupun share.

Berikut ini kami tampilkan “Jadwal upload video di TikTok agar masuk FYP

Hari Jam Upload Video di TikTok agar masuk FYP
Senin 09.00 WIB, 17.00 WIB, 21.00 WIB
Selasa 10.00 WIB, 15.00 WIB, 20.00 WIB
Rabu 11.00 WIB, 19.00 WIB, 22.00 WIB
Kamis 06.00 WIB, 12.00 WIB, 21.00 WIB
Jumat 11.00 WIB, 16.00 WIB, 22.00 WIB
Sabtu 10.00 WIB, 19.00 WIB, 22.00 WIB
Minggu 08.00 WIB, 16.00 WIB, 19.00 WIB

Penutup

Cara Membuat Video TikTok Dengan Foto dan Tulisan
Cara Membuat Video TikTok Dengan Foto dan Tulisan

Sebagai pengguna TikTok khususnya bagi creator yang masih pemula, penting untuk kamu mengetahui cara membuat video TikTok dengan foto dan tulisan. Tujuannya tak lain adalah agar anda bisa menciptakan berbagai konten menarik di TikTok, sehingga konten-konten anda berhasil mengalihkan perhatian orang lain.

Itulah cara membuat video TikTok dengan foto dan tulisan yang mudah dan cepat untuk dipahami. Semoga lewat artikel ini, anda bisa terbantu untuk bisa mengedit video lewat aplikasi TikTok.

Back to top button