Tips

Kenapa Video Di Galeri Tidak Bisa Diputar, Ini 10 Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Secara umum, Kenapa Video Di Galeri Tidak Bisa Diputar biasanya disebabkan oleh beberapa seperti memori penuh, format video tidak didukung, dan file video korup.

Jika masalah tersebut ini terjadi, kamu bisa mengatasinya dengan menghapus cache pada galeri, mengubah format video, atau menggunan bantuan aplikasi pihak ketiga (VLC for Android).

Untuk informasi yang lebih lengkap, silahkan simak pembahasan pada artikel dibawah ini sampai selesai ya!

Kenapa Video Di Galeri Tidak Bisa Diputar

Kenapa Video Di Galeri Tidak Bisa Diputar
Kenapa Video Di Galeri Tidak Bisa Diputar

Saat merekam video atau menerima video yang telah dikirim oleh orang lain dari sosial media, ada beberapa permasalahan yang sering dialami, seperti video di galeri tidak bisa diputar. Biasanya hal ini disebabkan oleh beberapa faktor :

Memori Penuh

Memori HP Penuh
Memori HP Penuh

Penyebab umum kenapa video di galeri tidak bisa diputar yaitu memori penuh. Ketika penyimpanan perangkat hampir penuh, sistem operasi tidak memiliki ruang yang cukup untuk menjalankan aplikasipemutaran video dengan baik.

Selain itu, kurangnya memori dapat menyebabkan kinerja perangkat melambat, yang bisa memengaruhi kemampuan untuk memuat dan memutar video di galeri.

Format Video Tidak Didukung

Setiap pemutaran video mendukungf format tertentu, seperti MP4, AVI, atau MKV. Jika video dalam format yang tidak kompatibel, kamu tidak akan bisa menayangkannya.

Terinfeksi Virus

Faktor penyebab lain kenapa video di galeri tidak bisa diputar selanjutnya karena terinfeksi oleh virus. Dimana virus atau malware dapat merusak file video atau mempengaruhi kinerja aplikasi pemutaran video, sehingga membuatnya tidak bisa memutar video dengan benar.

Baca Juga :  Resep Masakan Anak 2 Tahun yang Susah Makan

File Video Korup

File Video Korup
File Video Korup

File video yang korup juga termasuk penyebab kenapa video di galeri tidak bisa diputar sama sekali. File video bisa menjadi korup akibat transfer yang tidak sempurna, unduhan yang terputus, atau kerusakan pada mendia penyimpanan.

Tanda-tanda file korup meliputi video tidak bisa dibuka, hanya menampilkan layar hitam, atau berhenti tiba-tiba sebelum pemutaran selesai.

Kapasitas Video Terlalu Besar

Ketika video memiliki ukuran file yang besar, perangkat mungkin akan mengalami kesulitan dalam mempross dan memutar video tersebut. Ini sering terjadi pada perangkat dengan ruang penyimpanan terbatas atau daya proses yang rendah.

Ketika kapasitas penyimpanan hampir penuh, perangkat dapat mengalami kinerja yang lambat atau bahkan tidak mampu memutar video sama sekali di galeri.

Cara Mengatasi Video di Galeri Tidak Bisa Diputar

Setelah memahami faktor penyebab video di galeri tidak bisa diputar diatas, terdapat beberapa solusi atau cara mengatasi agar video di galeri dapat diputar kembali. Berikut adalah langkah caranya :

1. Restart HP

Cara mengatasi kenapa video di galeri tidak bisa diputar pertama yaitu dengan me-restart perangkat yang dimiliki. Karena restart hp dapat membantu membersihkan cache sementara, menutup aplikasi latar belakang yang mungkin mengganggu, dan menyegarkan sistem operasi.

Selain itu, ini juga dapat memperbaiki bug sementara dan membebaskan RAM yang diperlukan untuk memutar video.

2. Hapus Cache di Perangkat

Cache adalah data yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat waktu respon dan kinerja aplikasi. Namun saat cache menumpuk atau rusak dapat menyebabkan masalah dalam fungsi aplikasi galeri tersebut.

Baca Juga :  7 Alasan Kenapa HP Di Cas Malah Berkurang

Jadi dengan menghapus cache galeri, akan membersihkan data yang mungkin menyababkan gangguan. Berikut adlaah cara menghapus cache aplikasi :

  • Masuk ke menu Pengaturan.
  • Scroll kebawah, pilih menu Aplikasi.
  • Klik Manajemen Aplikasi.
  • Cari aplikasi Galeri.
  • Pilih opsi menu Penggunaan Penyimpanan.
  • Hapus Cache.

3. Ubah Format Video

Mengubah format video termasuk solusi mengatasi kenapa video di galeri tidak bisa diputar. Setiap pemutar video mendukung format tertentu seperti MP4, AVI, atau MKV.

Jika video dalam format yang tidak didukung oleh pemutar video di perangkat kamu, maka video tersebut tidak akan bisa diputar. Mengonversi video ke format yang kompatibel dapat mengatasi masalah ini.

Untuk mengubah format vide, kamu bisa menggunakan aplikasi atau browser serta perangkat lunak konversi video seperti HardBrake, VLC Media Player, atau online converter.

4. Izinkan Semua Fitur Galeri

Beberapa fitur galeri, seperti izin akses ke penyimpanan dan media perlu diaktifkan untuk memastikan aplikasi galeri dapat berfungsi dengan baik. Jika izin akses ini tidak diaktifkan, galeri mungkin tidak bisa mengakses atau memutar video.

Berikut langkah untuk mengizinkan semua fitur galeri :

  • Masuk ke menu Pengaturan.
  • Gulir kebawah, pilih menu Aplikasi.
  • Klik Manajemen Aplikasi.
  • Cari aplikasi Galeri.
  • Pilih opsi menu Izin.
  • Aktifkan semua izin akses seperti penyimpanan, media, dan lainnya.
  • Tutup dan buka kembali aplikasi galeri untuk menerapkan perubahan.

5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Solusi mengatasi kenapa video di galeri tidak bisa diputar terakhir yaitu menggunakan aplikasi pihak ketiga. Saat ini sudah banyak aplikasi yang didesain khusus untuk membantu pengguna mengatasi masalah pemutaran video di galeri.

Pasalnya, aplikasi pemutar video sering mendukung berbagai format video dan menawarkan fitur tambahan yang mungkin tidak dimiliki oleh pemutaraan bawaan perangkat.

Baca Juga :  3 Cara Mengembalikan Akun TikTok Yang Diblokir Permanen

Ini bisa membantu jika video dalam format yang tidak didukung atau ketika terjadi bug pada aplikasi galeri bawaan. Beberapa aplikasi pemutar video yang bisa kamu gunakan seperti VLC for Android, MX Player, Archos video player, BSPlayer, dan GOM Player.

Cara Mengatasi Video WhatsApp Tidak Bisa Diputar

Cara Mengatasi Video WhatsApp Tidak Bisa Diputar
Cara Mengatasi Video WhatsApp Tidak Bisa Diputar

Cara mengatasi WhatsApp terjadi kesalahan saat memutar video dapat diseleaikan dengan mengetahui faktor penyebabnya terlebih dahulu. Dimana faktor penyebabnya sangat beragam, salah satunya dalah koneksi internet yang tidak stabil.

Selain itu, video WhatsApp tidak bisa diputar juga dapat disebabkan oleh kapasitas memori internal perangkat atau terjadinya bug aplikasi. Meskipun demekian, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut, meliputi :

  • Cek Koneksi Internet
  • Pastikan Memori Tidak Penuh
  • Update aplikasi WhatsApp
  • Hapus Cache aplikasi WhatsApp
  • Periksa keterangan pemilik aplikasi
  • Minta pengirim membagikan ulang video serupa
  • Aktifkan fitur penyimpanan otomatis
  • Install ulang WhatsApp

Postingan Menarik Lainnya : 8 Cara Memindahkan Foto Dari Google Foto Ke Galeri dengan Mudah

Akhir Kata

Kenapa Video Di Galeri Tidak Bisa Diputar
Kenapa Video Di Galeri Tidak Bisa Diputar

Nah, itulah beberapa faktor penyebab dan cara mengatasi kenapa video di galeri tidak bisa diputar yang bisa kamu coba dengan mudah dan praktis. Jika video di galeri tidak bisa dibuka karena pengunduhan datanya belum selesai sepenuhnya, kamu bisa mengunduh kembali atau meminta mengirim ulang kembali video yang tidak bisa diputar tersebut.

Back to top button