Ragam

Kode Bank Mandiri Taspen Terbaru 2024

Kamu merupakan orang penerima Taspen namun bingung berapa kode Bank Mandiri Taspen? Yaps, tentu saja kode Bank Mandiri Taspen sangat perlu karena akan digunakan di setiap transaksi keuangan Taspen kamu. Mungkin sebagian dari mereka yang berprofesi sebagai ASN atau pejabat negara pasti sudah tau apa itu Taspen, berapa kode Bank Mandiri Taspen tapi bagaimana dengan yang sebagian lagi yang belum tau atau bagaimana dengan mereka yang hanya sebagai pewaris Taspen itu? Jika mereka tidak mengerti Taspen, maka mereka tidak akan tau kode Bank Mandiri Taspen.

Kode Bank Mandiri Taspen
Kode Bank Mandiri Taspen

Diantara semua pensiunan tidak semua yang menggunakan Mandiri Taspen karena Taspen bekerjasama dengan beberapa Bank, namun jika kamu pengguna Mandiri Taspen maka sangat perlu kamu ketahui tentang Mandiri Taspen dan berapa kode Bank Mandiri Taspen tersebut. Nah, untuk itu tidak perlu khawatir karena di artikel kali ini akan membahas tuntas tentang kode Bank Taspen yang harus digunakan. Simak hingga selesai.

Apa Itu Mandiri Taspen?

Sebelum ke topik inti kamu harus tahu dulu apa itu Mandiri Taspen? Apa saja syarat pendaftaran dan pengajuan Mandiri Taspen? Simak penjelasan berikut!

Kode Bank Mandiri Taspen

PT Bank Mandiri Taspen merupakan anak perusahaan yang memiliki kepemilikan saham sebesar 48,437%. PT Bank Mandiri Taspen bergerak pada usaha bidang perbankan yang berfokus pada segmen UMKM dan pensiunan. Taspen sebagai penyelenggara Jaminan Sosial ASN dan Pejabat Negara memiliki empat program pelayanan yaitu Program Tabungan Hari Tua (THT), Program Pensiun, Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Kematian (JKM). Mandiri Taspen juga dikenal dengan Bank Mantap yang menyediakan jasa keuangan untuk pensiunan baik itu pensiun karena yang bersangkutan sakit, pensiunan habis masa kerja, atau pensiunan meninggal.

Sumber pembiayaan program pensiun ini berasal dari gaji pokok (gapok), gaji pokok tambahan, serta gaji pokok tambahan peralihan terakhir sebulan. Jadi, intinya, PNS yang telah pensiun dapat mengandalkan Taspen untuk mengelola dana pensiun mereka, yang akan diberikan dalam bentuk pembayaran bulanan sesuai dengan regulasi yang berlaku. Dana pensiun tersebut berasal dari sebagian gaji mereka selama masa berdinas.

Untuk kamu sebagai pengguna yang bersangkutan atau yang hanya sebagai pewaris dikarenakan yang bersangkutan sudah meninggal kamu perlu tahu bahwa untuk bisa menerima atau mencairkan taspen ini kamu harus memiliki yang namanya Karip (Kartu Identitas Pensiun). Karip adalah kartu yang berisi data diri kamu sebagai penerima pensiun atau bisa dikatakan seperti kartu peserta pensiun, dengan adanya karip ini akan menjelaskan bahwasanya kamu adalah si penerima pensiunan itu. Lalu bagaimana cara untuk mendaftarkan Taspen atau Karip tersebut? Berikut penjelasannya!

Apa Saja Cara dan Syarat Pembuatan Taspen?

Ada beberapa syarat dalam pembuatan Taspen untuk mendapatkan Karip yang dimaksud, berikut persyaratan nya:

A. Syarat Pembuatan Taspen Baru PNS

  1. Fotocopy SK Pengangkatan sebagai CPNS = 1 lbr (Dilegalisir)
  2. Fotocopy SK Pengangkatan sebagai PNS = 1 lbr (Dilegalisir)
  3. Fotocopy daftar gaji yang pertama sbg CPNS = 1 lbr (dilegalisir oleh Bendaharawan IPB/pembuat daftar gaji)
  4. Fotocopy daftar gaji yang pertama sebagai PNS = 1 lbr (dilegalisir oleh Bendaharawan IPB/Pembuat daftar gaji)
  5. Fotocopy keterangan pembayaran tunjangan keluarga (KP4) = 1 lbr
  6. Fotokopi identitas diri (KTP / SIM) pemohon
  7. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) pemohon,
  8. Fotokopi nomor rekening pemohon.
Baca Juga :  Adakah Merek Kopi Yang Aman Untuk Ibu Hamil? Inilah Jawabannya!

B. Syarat Pembuatan Kartu Taspen Pengganti Karena Hilang/Terbakar

  1. Fotocopy SK Pengangkatan sebagai CPNS = 1 lbr
  2. Fotocopy SK Pengangkatan sebagai PNS = 1 lbr
  3. Fotocopy daftar gaji yang pertama sbg CPNS = 1 lbr (dilegalisir oleh Bendaharawan IPB/pembuat daftar gaji)
  4. Fotocopy daftar gaji yang pertama sebagai PNS = 1 lbr (dilegalisir oleh Bendaharawan IPB/Pembuat daftar gaji)
  5. Fotocopy keterangan pembayaran tunjangan keluarga (KP4) = 1 lbr
  6. Surat Kehilangan dari Kepolisian asli dan fotocopy = 2 lbr
  7. Fotokopi identitas diri (KTP / SIM) pemohon
  8. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) pemohon,
  9. Fotokopi nomor rekening pemohon.

Note: Surat keterangan ahli waris yang telah disahkan oleh Lurah/Kepala Desa, apabila pemohon adalah ahli waris lainnya.

Untuk mengurus pembuatan Taspen ini kamu bisa melalui Badan Kepegawaian Daerah kabupaten/kota. Atau bisa juga mengurus sendiri ke PT Taspen wilayah masing-masing. Kantor cabang taspen biasanya ada di ibukota provinsi kamu. Biasanya pembuatan Taspen ini paling lama 6-7 hari tergantung kinerja cabang Taspen di daerah kamu, bisa lebih lama dan bisa lebih cepat.

Cara Cek Saldo Mandiri Taspen

Peserta Taspen yang ingin cek saldo Taspen dapat melakukannya secara online melalui aplikasi Mobile Taspen. Nominal saldo yang dicek hanyalah berupa estimasi yang dapat berubah apabila terjadi perubahan mekanisme seperti kenaikan jabatan, jumlah tanggungan, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah cara dan langkah ceknya:

  • Install aplikasi “Mobile Taspen” di smartphone melalui Google Play Store;
  • Setelah terinstal, buka aplikasi “Mobile Taspen”;
  • Pilih menu “Simulasi”; Terdapat dua pilihan menu yang akan muncul pada layar yaitu “Estimasi TMT BUP” dan “Estimasi TMT Bulan Ini”;
  • Pilih menu “Estimasi TMT Bulan Ini”; Masukkan Nomor Induk Pegawai (NIP atau nomor Kartu PNS Elektronik (KPE);
  • Informasi cek saldo Taspen berupa Tabungan Hari Tua (THT) dan dana pensiun akan tertera di layar.

Note: Jika kamu sudah mempunyai kartu fisik Mandiri Taspen seperti kartu ATM kamu bisa langsung cek saldo Mandiri Taspen kamu di ATM terdekat

Kode Bank Mandiri Taspen

Kode Bank mandiri taspen adalah angka unik yang digunakan untuk mengidentifikasi bank tujuan. Kode Bank mandiri Taspen digunakan untuk keperluan transaksi seperti kirim uang dari mandiri taspen ke bank lain atau melakukan pembayaran yang mewajibkan adanya kode bank mandiri taspen. Untuk sebagian penerima Taspen mungkin sudah tahu bahkan beberapa diantaranya sudah hafal, lalu bagaimana dengan pengguna mandiri taspen lainnya terutama orang tua yang sudah berumur?

Kode Bank Mandiri Taspen

Dalam bertransaksi jika memasukkan kode bank mandiri taspen yang salah maka transaksi kamu akan otomatis ditolak dan gagal, oleh karena itu kamu harus pastikan kode bank mandiri taspen yang kamu gunakan itu benar, dan untuk orangtua kamu bisa mencatat nya agar tidak lupa dan salah dalam memasukkan kode bank mandiri taspen. Untuk melakukan transaksi dengan Bank Mandiri Taspen, kamu perlu memasukkan kode bank Mandiri Taspen, yaitu 564. Kode bank mandiri taspen ini sangat diperlukan saat kamu melakukan transaksi keuangan apapun dengan Bank Mandiri Taspen. Jadi diharapkan untuk tidak salah memasukkan atau lupa kode bank mandiri taspen ini ya agar transaksi di mandiri taspen kamu lancar.

Baca Juga :  Mulai Dari 10 Ribu! Berikut Daftar Kode Dial Axis Murah 30 Hari

Bank Mandiri Taspen melayani apa saja?

Bank Mandiri Taspen senantiasa memberikan pelayanan dalam memberdayakan dan mensejahterakan para pensiunan ASN serta TNI/Polri dalam kontribusi pembangunan ekonomi nasional. Berikut pelayanan yang disediakan oleh Bank Mandiri Taspen untuk para pensiunan ASN/Pejabat Negara:

  • Tabungan.
  • Deposito.
  • Giro.
  • Kredit.
  • Gadai emas.
  • Bank garansi.
  • Platform pembayaran tagihan.

Dalam setiap pelayanan ini akan ada yang dinamakan transaksi dan saat ini lah diperlukan Kode Bank Mandiri Taspen tersebut.

Apa saja produk Taspen?

Ada beberapa produk yang dikembangkan dalam pelayanan Taspen untuk para pensiunan ASN/Pejabat negara, antara lain:

Produk Layanan Taspen Keterangan
Taspen Hospital Cash Plan Produk Asuransi Kesehatan yang memberikan Santunan Rawat Inap, ICU, Pembedahan hingga Meninggal Dunia.
Taspen Bright Life Produk yang memberikan perlindungan jiwa selama 10 tahun dengan  masa pembayaran premi selama 8 tahun dan pengembalian premi 100% di akhir masa asuransi.
Taspen Smart Save Produk yang dirancang tidak hanya memberikan manfaat proteksi jiwa namun juga memberikan saving solution bagi rencana keuangan masa depan Anda.
Taspen Proteksi Beasiswa Program asuransi yang kami tawarkan untuk mempersiapkan dana pendidikan putra-putri Anda sekaligus memberikan perlindungan jiwa bagi orang-orang yang Anda sayangi.
Taspen Dwiguna Sejahtera Program asuransi yang kami rancang untuk memberikan perlindungan jiwa dan mempersiapkan kebutuhan Anda menjelang usia pensiun dengan masa asuransi 5 tahun.
Taspen Group Term Life Program yang dirancang khusus untuk memberikan proteksi jiwa karyawan Perusahaan Anda dalam jangka waktu tertentu.
Taspen Group Personal Accident Program yang dirancang khusus untuk memberikan proteksi jiwa karyawan Perusahaan Anda dalam jangka waktu tertentu.
Taspen Group Annuity Program asuransi yang kami rancang untuk memberikan proteksi jiwa dan perencanaan hari tua karyawan dengan penerimaan manfaat asuransi peserta dilakukan secara bulanan.
Taspen Group Endowment Program asuransi yang kami tawarkan untuk memberikan perlindungan jiwa dan tabungan hari tua karyawan yang dirancang sedemikian rupa dengan manfaat asuransi dapat ditetapkan terlebih dahulu sesuai dengan keinginan Perusahaan.
Taspen Group Whole Life Program yang dirancang untuk memberikan perlindungan jiwa seumur hidup bagi karyawan Perusahaan Anda.
Taspen Save Program asuransi yang kami rancang untuk memberikan perlindungan jiwa dan perencanaan hari tua karyawan dengan premi yang dapat disesuaikan berdasarkan keinginan Perusahaan.
Taspen Credit Life Program asuransi yang dirancang secara khusus untuk memberikan perlindungan bagi Lembaga Jasa Keuangan penyalur dana kredit ke masyarakat.
Taspen Smart Health Produk asuransi top-up BPJS Kesehatan yang menanggung selisih biaya rawat inap akibat kenaikan kelas kamar 1 tingkat lebih tinggi yang terdaftar pada program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), sehingga mendapatkan layanan lebih baik dengan premi terjangkau dan manfaat yang luas.

Bagaimana Cara Klaim Atau mencairkan Taspen?

Untuk mencairkan Taspen kamu bisa saja pergi ke cabang Mandiri Taspen atau cabang Taspen lainnya untuk melakukan pengajuan pencairan Taspen kamu namun hal tersebut akan memakan banyak waktu baik itu dalam perjalanan atau dalam antrian, namun kamu tidak perlu khawatir seiring berjalannya perkembangan zaman saat ini kamu sudah bisa melakukan pengajuan klaim atau mencairkan Taspen melalui online dimanapun dan kapanpun. Berikut adalah cara klaim atau mencairkan Taspen:

Baca Juga :  50+ Nama Anak Perempuan Unik Beserta Artinya

Bagi ASN aktif

  1. Kunjungi laman https://tos.taspen.co.id/eklaim tekan menu ‘Klaim Online’.
  2. Pilih jenis pengajuan ‘ASN Aktif’.
  3. Pilih hubungan keluarga, baik diri sendiri hingga ahli waris lainnya.
  4. Tentukan jenis klaim yang diajukan, mulai dari pensiun pertama (SP4A), pensiunan pertama dan tabungan hari tua, tabungan hari tua (THT), pengambilan nilai tunai asuransi dan pensiun, asuransi kematian keluarga, perawatan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), santunan sementara akibat kecelakaan, santunan cacat sebagian, santunan cacat total tetap, santunan kematian kerja, atau tunjangan cacat.
  5. Kemudian download formulir persyaratan dan lengkapi seluruh persyaratan.
  6. Masukkan 16 digit NIP (Nomor Induk Pegawai), Notas (Nomor Taspen), atau nomor KPE (Kartu Pegawai Elektronik).
  7. Klik tombol ‘Selanjutnya’ kembali.
  8. Ikuti keseluruhan instruksi yang tertera.

Bagi pensiunan

Syarat utama melakukan klaim Taspen bagi pensiunan adalah pemohon telah mengajukan pembuatan Kartu Identitas Pensiun (Karip).

  1. Kunjungi laman https://tos.taspen.co.id/eklaim Tekan menu ‘Klaim Online’.
  2. Pilih jenis pengajuan ‘Pensiunan’.
  3. Serta pilih hubungan keluarga, baik diri sendiri hingga ahli waris lainnya.
  4. Tentukan jenis klaim yang diajukan, mulai dari pensiun pertama (SP4A), pensiunan pertama dan tabungan hari tua, tabungan hari tua (THT), asuransi kematian keluarga, pensiun lanjutan, uang kekurangan pensiun (UKP), rekening pasif, tunjangan veteran, atau uang duka wafat tunjangan veteran.
  5. Kemudian tekan tombol ‘Selanjutnya’.
  6. Ketikkan 16 digit NIP (Nomor Induk Pegawai), Notas (Nomor Taspen), atau nomor KPE (Kartu Pegawai Elektronik).
  7. Klik tombol ‘Selanjutnya’ kembali.
  8. Ikuti keseluruhan instruksi yang tertera.

Cara yang sama bisa kamu lakukan jika kamu langsung pergi ke kantor cabang Taspen terdekat di daerah kamu, bedanya jika kamu langsung ke kantor cabang kamu tidak perlu lagi kunjungi halaman web di atas karena di kantor cabang sudah ada pegawainya untuk membantu kamu.

Bagaimana cara menghubungi Call Center Bank Mandiri Taspen?

Setiap bank yang menyediakan pelayanan Taspen pasti memiliki Call Center dan pasti akan berbeda-beda dimana layanan ini dapat menjadi solusi yang tepat bagi nasabah Bank itu sendiri begitu juga dengan nasabah Bank Mandiri Taspen yang mempunyai masalah pensiunan PNS, TNI  maupun Polri. Para pensiunan yang menggunakan jasa Bank Mandiri Taspen.

Kode Bank Mandiri Taspen

Perlu kamu ketahui bahwasanya Call Center Bank Mandiri Taspen berbeda dengan Call Center Bank Mandiri, berikut adalah Call Center Bank Mandiri Taspen yang bisa kamu hubungi jika kamu mempunyai kendala atau keluhan:

Call Center Bank Mandiri Taspen

  • Telepon : 14024
  • Facebook :  BankMandiriTaspen
  • Twitter :  BankMantap_id
  • Instagram :  bankmantap_id
  • Situs Resmi :  bankmantap.co.id

Cara menghubungi Call Center Bank Mandiri Taspen

  • Siapkan pulsa sebagai biaya operator
  • Hubungi 14024
  • Tunggu hingga pihak bank selesai memverifikasi data pengguna
  • Jelaskan keperluan anda pada pihak bank
  • Selesai

Data-data yang harus di siapkan pada proses verifikasi adalah :

  • No call center resmi Mandiri Taspen
  • No rekening dan nomor kartu debit anda
  • Data diri (KTP, tanggal lahir, dan nama ibu kandung)

Atau kamu bisa langsung hubungi Mandiri TASPEN 1500-919 (Bebas Pulsa) sebagai sarana informasi dan keluhan pelanggan yang mudah diakses peserta. Harap untuk menyampaikan kendala atau keluhan dengan sopan dan santun.

Apakah Bank Mandiri Taspen bisa online?

Satu keuntungan buat kamu pengguna jasa Bank Mandiri Taspen kini bisa diakses secara online di https://www.bankmandiritaspen.co.id/ atau gunakan movin’ by Mandiri Taspen yang bisa kamu dapatkan dengan mendownload di Playstore dan daftarkan akun movin’, setelah terdaftar kamu sudah bisa langsung bertransaksi apapun di akun movin’ bank mandiri taspen tersebut.

Kode Bank Mandiri Taspen

Kesimpulan

Kode Bank Mandiri Taspen
Kode Bank Mandiri Taspen

Demikianlah pembahasan tentang Kode Bank Mandiri Taspen, semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah pengetahuan kamu baik itu tentang kode Bank Mandiri Taspen atau pun tentang Taspen itu sendiri. Jika kamu memiliki kendala atau keluhan silahkan langsung hubungi call center yang sudah mimin paparkan diatas dan sampaikan secara baik dan sopan santun yaa. Follow Mocipay.id agar tidak ketinggalan artikel-artikel lainnya untuk menambah pengetahuan kamu. See you on next article babyy<3.

Back to top button