Pendidikan

Mengapa Kita Harus Berperilaku Toleransi

Pertanyaan: Mengapa Kita Harus Berperilaku Toleransi?

Pembahasan:

Soal di atas membahas tentang tolerasi. Untuk menjawabnya, kita perlu mengetahui alasan berperilaku toleransi.

Mengapa Kita Harus Berperilaku Toleransi
Mengapa Kita Harus Berperilaku Toleransi

Alasan kita harus berperilaku toleransi adalah :

  • Mempererat rasa persaudaraan

Dengan demikian, pola hubungan antar manusia dapat dipertahankan agar berada dalam kondisi harmonis di tengah keragaman yang muncul dengan menjaga sikap dan perilaku toleransi dalam kehidupan sehari-hari. Kebiasaan untuk selalu bertindak toleransi akan secara signifikan mempererat, meningkatkan kenyamanan, kedamaian, dan kerukunan dalam interaksi masyarakat tanpa harus memandang perbedaan yang dapat menimbulkan konflik pada kelompok tertentu.

  • Mampu menghindari konflik

Tujuan utama memelihara dan menegakkan perilaku toleran adalah untuk menghindari konflik yang mungkin timbul karena keberagaman atau perbedaan yang ada di antara anggota masyarakat. Apabila terjadi perpecahan, secara langsung mengakibatkan kerugian bagi semua pihak yang terlibat, baik secara pribadi maupun kelompok.

  • Mempersatukan perbedaan dan keberagaman yang ada

Toleransi pada dasarnya dimaksudkan untuk membuat perbedaan berjalan secara harmonis daripada saling bertentangan. Ini mungkin terjadi jika dua kubu yang berbeda bersedia bekerja sama untuk menggabungkan kekuatan mereka daripada beradu kekuatan masing-masing. Jika kedua belah pihak tidak memiliki gaya berpikir seperti ini, akan menimbulkan perpecahan dan pastinya akan merugikan kedua belah pihak.

Penting untuk diingat bahwa negara Indonesia adalah negara beragam budaya, toleransi telah mendarah daging sejak dini. Pembiasaan ini akan terus dilakukan dalam rangka memelihara ketentraman, keharmonisan, kerukunan, dan keamanan baik dalam menjalankan kehidupan bernegara maupun masyarakat.

Jadi, jawaban yang tepat mengapa kita harus berperilaku toleransi adalah untuk mempererat rasa persaudaraan, menghindari konflik dan mempersatukan keberagaman atau perbedaan yang ada.

Baca Juga :  Apa Makna Peristiwa Rengasdengklok Bagi Proklamasi Kemerdekaan

Soal dan Jawaban Lainnya:

  1. Pada Saat Mengukur Tekanan Darah Dengan Tensimeter Berlaku Hukum
  2. Mampu Melahirkan Berbagai Tanggapan Merupakan Fungsi Pameran Sebagai
  3. Dalam Pembuatan Produk Kerajinan Lukisan Kaca Diperlukan Alat Utama Yaitu
  4. Uraikan Arti Penting Persatuan Dan Kesatuan Bagi Bangsa Indonesia

Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Toleransi

MOCIPAY

MOCIPAY Merupakan Startup Aplikasi Penjualan Produk Digital Termurah dan Terlengkap Mulai Dari Pulsa, Kuota, Token PLN, Tagihan PPOB, Voucher Game dan Top Up Game Murah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button