Review

5 Efek Samping Memakai Cream Collagen Siang Malam, Wajib Tahu!

Mengetahui efek samping memakai cream collagen siang malam adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan kulit dan menghindari efek alergi dan tanda ketidak cocokan pada komposisi krim.

Cream collagen biasanya digunakan sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit, diaplikasikan di wajah dan leher. Cream collagen asli umumnya aman digunakan, namun kita tidak bisa menghindari berbagai macam efek samping penggunaan karena riwayat alergi akan komposisi krim.

Secara mendetail, Mocipay ingin memaparkan berbagai efek samping memakai cream collagen siang malam. Jadi, pastikan anda tetap di halaman ini untuk mengetahui berbagai macam reaksi penggunaan produk ini ya.

Apa Itu Krim Collagen?

Seiring bertambahnya usia, garis halus dan kerutan wajah juga akan semakin terlihat. Pada dasarnya semua orang menginginkan wajah yang mulus, bebas kerutan dan tanda-tanda penuaan lainnya, lalu mencari alternatif yakni dengan menggunakan krim collagen.

Apa Itu Krim Collagen?
Apa Itu Krim Collagen?

Melansir dari Wikipedia, kolagen adalah satu protein yang menyusun tubuh. Keberadaannya adalah kurang lebih lebih mencapai 30% dari seluruh protein yang terdapat dalam tubuh. Dia adalah struktur organik pembangun tulang, gigi, sendir, otot dan kulit. Lalu apa itu krim kolagen dan mengapa ini sangat dibutuhkan terutama pada kulit wanita dewasa?

Krim collagen adalah produk kecantikan yang menggunakan kolagen aktif didalamnya. Penggunaan krim ini bertujuan untuk mencegah dan mengatasi tanda-tanda penuaan dini yang biasanya muncul pada wanita dewasa di usia 25 tahun ke atas.

Cream collagen biasanya digunakan untuk merawat kulit wajah yang kasar, berkerut, kering dan yang memiliki garis halus. Biasanya kebutuhan kolagen akan meningkat seiring bertambahnya usia seseorang atau karena gaya hidup yang tidak sehat.

Manfaat Cream Collagen untuk Wajah

Selain membahas efek samping memakai cream collagen siang malam, kamu juga harus mengetahui manfaat cream collagen secara mendetail. Jadi, kamu bisa mempertimbangkan efek samping dan manfaat secara bersamaan sebelum menggunakan krim ini.

  • Mengembalikan Elastisitas Kulit

Krim collagen memang digunakan untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dini. Saat usia seseorang bertambah, produksi kolagen semakin menurun oleh karena itu anda membutuhkan krim yang memadai. Salah satu fungsi kolagen yang paling banyak dicari adalah mengembalikan elastisitas kulit yang hilang, dengan begitu kulit akan tampak lebih kencang.

  • Memperbaiki Lapisan Kulit yang Rusak

Ada begitu banyak faktor yang menyebabkan lapisan kulit rusak seperti paparan sinar UV dan gaya hidup seseorang. Kulit merah, iritasi dan kering adalah tanda kerusakan wajah yang terkadang kurang disadari sehingga anda bisa memperbaiki lapisan yang rusak dengan krim collagen.

  • Menghilangkan Bekas Jerawat

Ada begitu banyak masalah wajah yang membuat kita kurang percaya diri, salah satunya jerawat yang merajalela. Biasanya kondisi ini muncul karena berbagai macam penyebab seperti faktor genetik, hormon, lingkungan, kosmetik dan gaya hidup.

Baca Juga :  Wajib Tahu! Ini 5 Perbedaan Salep Kloderma Coklat dan Hijau: Jenis, Manfaat dan Cara Penggunaan

Satu hal yang paling menyebalkan dari jerawat adalah bekas setelah pemulihan. Manfaat lanjutan krim collagen yaitu menghilangkan bekas jerawat dengan cara meregenerasi kulit. Penggunaan krim collagen juga dapat menghilangkan bekas luka jika digunakan teratur.

  • Mengisi Kerutan

Padua usia dewasa kita pasti mengalami masalah kulit keriput, kendur, dan garis-garis halus. Banyak orang menggunakan krim collagen agar kerutan wajah tersamar kan dan tampak lebih awet muda. Krim bekerja untuk mengisi kerutan sehingga kulit tampak lebih kencang.

Apakah Ada Efek Samping dari Krim Collagen?

Apakah ada efek samping dari krim collagen? ini menjadi poin yang harus kita pahami agar dapat melanjutkan pembahasan efek samping memakai cream collagen siang malam.

Jika diteliti secara mendasar jawabannya adalah iya. Ada efek samping memakai cream collagen siang malam yang harus kamu waspadai. Sebenarnya jika kamu menggunakan produk asli dan sudah teruji kandungannya (bersertifikat BPOM) maka kamu tidak perlu mengkhawatirkan resiko-resiko selama pemakaian selama tidak ada alergi bahan baku pada krim.

Namun jika menggunakan krim collagen palsu atau belum terdaftar dan diuji keamanan bahan baku yang digunakan, sebaiknya kamu mewaspadai efek samping memakai cream collagen siang malam.

Efek Samping Memakai Cream Collagen Siang Malam

Efek Samping Memakai Cream Collagen Siang Malam
Efek Samping Memakai Cream Collagen Siang Malam

Sebelum menggunakan produk collagen, kamu dituntut lebih informatif dan menggali apa saja efek samping memakai cream collagen siang malam. Ternyata bukan manfaat saja, tercatat beberapa efek samping memakai cream collagen siang malam yang wajib kamu waspadai meskipun krim yang kamu gunakan asli dan sudah diakui keberadaanya.

Hal ini bisa saja terjadi karena alergi bahan baku, kondisi cuaca yang tidak mendukung, memadukan krim collagen dengan skincare yang tidak sesuai, dan adaptasi kulit akan krim tersebut. Berikut beberapa efek samping memakai cream collagen siang malam untuk kulit wajah anda.

1. Kulit Wajah Kering dan Mengelupas

Efek samping memakai cream collagen yang pertama adalah kulit wajah cenderung kering dan mengelupas. Biasanya ini terjadi di beberapa kali penggunaan cream. Ini bisa saja terjadi karena bahan baku dan tambahan cream begitu keras dan mengakibatkan wajah menjadi kering dan mengelupas.

Perubahan struktur wajah ini biasanya karena kandungan krim yang tidak sesuai dan aktivitas si pengguna. Mengikuti beberapa review cream collagen, tambahan sunscreen diperlukan untuk melengkapi serangkaian cream collagen siang. Ini sangat penting agar kulitmu lebih terproteksi dari radiasi sinar UV.

Baca Juga :  Brd Skincare Apakah Sudah BPOM Atau Tidak , Ini Jawabannya!

2. Muncul Jerawat

Muncul jerawat
Muncul jerawat

Sudah banyak yang merasakan manfaat dengan menggunakan cream collagen siang malam, kulit lebih cerah, kerutan tersamarkan hingga tampak awet muda. Kendati demikian, masih ada efek samping lain yang wajib anda waspadai.

Munculnya jerawat salah satu efek samping memakai cream collagen siang malam yang tidak bisa kita elakkan. Ini biasanya terjadi karena komposisi produk yang tidak cocok sehingga tidak mengangkat sel kulit mati, menyumbat pori-pori lalu muncul jerawat.

Bagaimana, sampai sejauh ini apakah kamu mulai meragukan cream collagen yang satu ini? Jangan terburu-buru ya, masih ada berbagai macam keluhan pengguna collagen siang malam yang perlu anda antisipasi.

3. Wajah Terasa Gatal

Wajah Terasa Gatal
Wajah Terasa Gatal

Selain kulit kering dan memicu jerawat, efek samping memakai cream collagen siang malam yang dirasakan adalah gatal-gatal. Timbulnya rasa gatal setelah memakai cream collagen sebuah pertanda ketidakcocokan akan produk yang kamu pakai.

Hal ini bisa terjadi karena kulit wajah alergi akan kandungan bahan baku saat produksi cream collagen. Jika dilanjutkan, efek samping memakai cream collagen siang malam akan lebih parah daripada itu, wajah semakin membengkak salah satu hal yang wajib di antisipasi.

4. Muncul Tanda-tanda Iritasi

Munculnya tanda-tanda iritasi dan kulit terasa seperti terbakar salah satu efek samping memakai cream collagen siang malam yang perlu anda waspadai. Perasaan kulit panas dan terbakar bisa terjadi karena kandungan bahan aktif yang tidak sesuai.

Ini biasanya terjadi sejak awal penggunaan cream, namun beberapa review pengguna menyatakan rasa gatal dan sensasi terbakar tersebut sebagai penyesuaian kulit dengan cream collagen. Dalam jangka panjang, rasa gatal dan tanda-tanda iritasi lainya akan hilang.

Jadi, efek samping memakai cream collagen siang malam ini bukan berarti karena produk itu tidak aman karena pada kenyataannya cream collagen siang malam sudah mengantungi label BPOM ya sobat. Kulit kamu hanya memerlukan waktu beradaptasi dengan kandungannya.

5. Memicu Alergi

Memicu Alergi
Memicu Alergi

Karena bahan utama dan tambahan saat produksi yang tidak dipaparkan dengan jelas, cream collagen kerap memicu alergi terutama pada si pemilik kulit sensitif. Reaksi alergi yang biasanya ditimbulkan bermacam-macam, seperti ruam, gatal dan kemerahan.

Untuk mengantisipasi berbagai macam efek samping memakai cream collagen siang malam diatas, jangan lupa memeriksa kandungan cream untuk memastikan tidak ada bahan yang dapat memicu alergi.

Berapa Harga Cream Collagen Siang Malam?

Jika sudah mengetahui manfaat dan efek samping memakai cream collagen siang malam, apakah kamu masih tertarik menggunakan cream pencerah wajah ini? jika iya, informasi harga cream pasti kamu butuhkan ya.

Cream collagen siang malam bisa anda temukan di berbagai marketplace seperti Shopee, Blibli dan Tokopedia. Meskipun berlabel cream collagen, produk ini bisa anda peroleh dengan harga yang terjangkau sehingga cocok untuk semua kalangan.

Baca Juga :  Lebih Murah Shopee atau Tokopedia? Ini Kelebihan Tokopedia Dibanding Shopee

Saat ini cream collagen siang dan malam dipasarkan dengan harga Rp.25.000 untuk masing-masing cream. Sedangkan untuk satu paket foam (5 pcs) bisa kamu dapatkan dengan harga Rp.110.000. Bagaimana, cukup terjangkau bukan? Mocipay sendiri merasa produk ini sangat menguntungkan jika di kilas balik harga dan manfaatnya.

Cara Menggunakan Cream Collagen Siang Malam

Kini semakin banyak produk kecantikan yang dijual sesuai dengan kebutuhan kulit kita, dan cream collagen siang malam salah satu diantaranya. Merupakan sebuah produk kecantikan yang sudah lama, maka tidak heran jika cream ini sudah dikenal banyak orang khususnya wanita dewasa yang peduli akan kecantikan wajahnya.

Cara Menggunakan Cream Collagen Siang Malam
Cara Menggunakan Cream Collagen Siang Malam

Meski demikian, banyak pihak yang memanfaatkan kepopuleran cream ini dan memproduksi duplikat nya. Oleh karena itu, baiknya kita berhati-hati dalam memilih cream collagen siang malam.

Pada cream collagen original ada hologram silver pada kotak dan pada cream siang kata “collagen” sudah berembos. Ini cara mudah untuk mengenali cream collagen asli ataupun palsu.

Lalu bagaimana cara menggunakan cream collagen siang dan malam? Adakah panduan khusus dalam penggunaannya? Ternyata, selain harga yang terjangkau cream ini sangat mudah diaplikasikan. Berikut panduannya.

  1. Di pagi hari silahkan bersihkan wajah kamu terlebih dahulu, lalu keringkan dengan handuk
  2. Oleskan cream collagen siang (peach) vit E secara merata
  3. Jika menggunakan cream di siang hari, pastikan wajah dalam keadaan bersih atau cream tidak boleh digunakan setelah bedak dan make up lainya.
  4. Untuk menggunakan cream collagen malam hari, bersihkan wajah terlebih dahulu
  5. Oleskan cream malam (putih) secara merata

Untuk cream collagen malam hari, lebih disarankan penggunaanya saat menjelang tidur agar proses regenerasi kulit lebih maksimal ya sobat.

Tips Memilih Cream Collagen

Di penghujung topik efek samping memakai cream collagen siang malam, Mocipay punya beberapa tips yang perlu anda terapkan dalam memilih produk collagen di luar merk ini.

Tips Deskripsi
Periksa label produk Cara mudah untuk mencegah alergi cream collagen yaitu dengan memeriksa label untuk melihat bahan-bahannya. Biasanya pada kemasan akan tercantum bahan baku pada produk tersebut.
Pastikan memilih produk yang sesuai jenis kulit Pilihlah produk sesuai jenis kulit kamu. Cara memeriksa apakah produk aman digunakan untuk jenis kulit dengan memeriksa review pengguna atau berkonsultasi langsung dengan penjual.
Pastikan produk sudah lulus uji lab BPOM Pastikan produk sudah masuk lab dan lulus berbagai macam penujian BPOM sebagai tolak ukur komposisi produk aman dan layak edar di pasaran.
Kualitas dan merk Akan lebih baik memilih produk dari merk ternama atau kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.
Konsultasi terlebih dahulu Jika memiliki masalah kulit tertentu, lebih baik berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui kandungan yang tidak cocok dengan jenis kulit anda.

Akhir Kata

Efek Samping Memakai Cream Collagen Siang Malam
Efek Samping Memakai Cream Collagen Siang Malam

Meskipun crem collagen sudah ada sejak lama dan terpercaya, sebagai calon konsumen yang cerdas lebih baik anda memastikan efek samping memakai cream collagen siang malam sebelum menggunakannya.

Kekhawatiran yang mendasar ini muncul mengingat produk ini dipasarkan dengan harga murah, sangat wajar jika seseorang masih meragukan kualitasnya.

Terlepas dari uraian manfaat dan efek samping diatas, kamu masih bisa merawat wajah dan meningkatkan produksi kolagen dengan mengonsumsi ikan, daging ayam, dan kacang-kacangan.

Back to top button