RagamTips

5 Manfaat Makan Tempe Mentah untuk Kesehatan Tubuh

Ada berbagai manfaat makan tempe mentah untuk tubuh yang jarang diketahui, lho! Mungkin kamu pasti penasaran apa saja manfaat yang ditawarkan, maka Mocipay akan mengulas melalui halaman ini.

Tempe adalah bahan makanan tradisional Indonesia yang merupakan hasil fermentasi kedelai dengan ragi tempe. Selain murah, tempe termasuk makanan berizi dengan teknik pengolahan sederhana. Didalam tempe terdapat kandungan protein, karbohidrat, lemak, vitamin B, serat dan mineral.

Selain dengan pengolahan, tidak sedikit yang mengatakan tempe mentah dapat dikonsumsi dan bermanfaat bagi tubuh. Apa saja manfaat makan tempe mentah? Mari kita bahas satu-persatu.

Kandungan Nutrisi Tempe Mentah

Kandungan Nutrisi Tempe Mentah
Kandungan Nutrisi Tempe Mentah

Sebelum lebih dalam membahas manfaat makan tempe mentah untuk kesehatan tubuh kita, penting mengetahui nutrisi yang terkandung dalam sebuah tempe mentah. Dirangkum dari Wikipedia tempe yang merupakan yang merupakan makanan khas Indonesia dari hasil fermentasi kedelai mengandung nutrisi yang melimpah. Tempe kaya akan serat pangan, kalsium, Vitamin B, dan zat besi.

Tidak hanya untuk mengenyangkan, tempe mempunyai manfaat sebagai obat, antibiotik dan sebagai antioksidan untuk mencegah berbagai penyakit.

Manfaat Makan Tempe Mentah

Karena tempe merupakan hasil fermentasi maka tidak heran jika kaya nutrisi. Tempe juga mudah di dapat, murah dan dapat diolah sebagai makanan utama dan pendamping tanpa mengurangi manfaatnya.

Manfaat Makan Tempe Mentah
Manfaat Makan Tempe Mentah

Meskipun kita ketahui mengonsumsi makanan mentah bukanlah kebiasaan masyarakat Indonesia. Mayoritas lebih suka makan makanan yang dimasak terlebih dahulu, kita hanya terbiasa memakan lalapan atau salad. Lantas apa saja manfaat makan tempe mentah untuk kesehatan tubuh? Berikut diantaranya.

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat makan tempe mentah yang pertama untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Tempe mengandung serat yang mendukung pencernaan dan menjaga kesehatan usus. Selain itu, tempe mentah memiliki antibakteri untuk mencegah infeksi dan diare.

Baca Juga :  10 Daftar HP Nokia Android Terbaru 2024 Beserta Spesifikasinya

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Apakah tempe mentah dapat meningkatkan daya tahan tubuh? Tidak banyak yang tau manfaat makan tempe mentah yang satu ini karena umumnya masyarakat Indonesia mengonsumsi makanan yang bersumber dari dapur penggorengan.

Antioksidan di dalam tempe mentah berfungsi melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, konsumsi tempe yang mengandung protein tinggi digunakan sebagai antibodi untuk memproteksi tubuh dari bakteri.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Tempe merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh, sering dijadikan menu untuk berdiet karena mampu mengenyangkan lebih lama. Saat menjalankan program diet, mengurangi konsumsi minyak sangat disarankan. Sesuai dengan manfaatnya, tempe mentah salah satu menu yang patut dicoba.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat makan tempe mentah selanjutnya untuk merawat fungsi jantung. Mengonsumsi tempe mentah dapat menurunkan kadar kolesterol sehinga mengurangi risiko penyakit jantung. Alasan lain makan tempe mentah dapat mencegah penyakit jantung karena protein nabati didalamnya tidak mengikat kolesterol.

5. Kaya akan Nutrisi

Manfaat makan tempe mentah yang satu ini tidak perlu diragukan lagi, karena dengan atau tanpa pengolahan makanan ini sudah dipercaya mampu memberikan nutrisi untuk tubuh kita. Ini mungkin salah satu alasan mengapa olahan tempe begitu digemari masyarakat selain harganya yang murah.

Apabila dibandingkan tempe yang sudah diolah, tentu nutrisi tempe mentah lebih banyak karena kandungan kedelai nya masih terjaga. Kandungan zat besi, serat, vitamin, dan protein nabati didalamnya dapat kamu terima dalam jumlah yang banyak.

Apakah Ada Bahaya Mengonsumsi Tempe Mentah?

Setelah mengetahui kelima manfaat makan tempe mentah untuk tubuh, kamu juga harus mengetahui apakah konsumsi makanan mentah ini memiliki efek buruk atau tidak. Efek buruk tempe mentah umumnya karena kebersihan industri dan bahan-bahan yang digunakan.

Baca Juga :  20 Digit Kode PLN Periksa: Hilangkan Tanda Peringatan "Periksa" pada Token Listrik
Apakah Ada Bahaya Mengonsumsi Tempe Mentah?
Apakah Ada Bahaya Mengonsumsi Tempe Mentah?

Disamping itu kita perlu mewaspadai bahaya-bahaya jika terlalu sering mengonsumsi tempe yang masih mentah. Meskipun memiliki manfaat, sebaiknya jangan terlalu sering memakan tempe yang masih mentah jika tidak ingin risiko-risiko ini muncul.

  • Risiko Keracunan

Karena proses produksi yang belum terjamin, mengonsumsi tempe mentah dapat menyebabkan keracunan makanan. Bahan-bahan dan alat yang digunakan salah satu alasan mengapa kita perlu mengolah tempe sebelum dikonsumsi, terkadang bahan yang digunakan saat memproduksi seperti ragi tempe yang tidak higienis menyebabkan sakit perut, mual dan muntah.

  • Meningkatkan Risiko Kanker Hati

Tidak banyak yang tau tempe mentah bisa memicu kanker hati. Tempe mentah memiliki kandungan aflatoksin yang lebih tinggi meskipun kadarnya sudah menurun karena campuran jamur dalam pembuatan tempe. Karena tidak diolah, aflatoksin menyebabakan kanker hati.

  • Infeksi Bakteri Salmonella

Mengonsumsi tempe mentah dan sayuran mentah meningkatkan risiko gangguan pencernaan. Untuk anda yang sedang melakukan program diet sebaiknya tidak mengolah tempe dan sayuran mentah bersamaan. Meskipun serat tempe dapat mendukung program diet kamu, akan lebih baik anda mengonsumsi setelah matang dengan teknik pengolahan tanpa minyak (dikukus).

Cara Mengolah Tempe Enak tanpa Minyak

Meskipun terdapat manfaat makan tempe mentah untuk tubuh, sebaiknya konsumsi tempe yang sudah diolah untuk mencegah masalah kesehatan yang sudah kita bahas. Sebenarnya memasak tidak mengurangi nutrisi tempe dalam jumlah banyak, namun terkadang metode yang digunakan kurang tepat terlebih jika sedang berdiet.

Cara Mengolah Tempe Enak tanpa Minyak
Cara Mengolah Tempe Enak tanpa Minyak

Maka dari itu, perlu memperbaiki metode pengolahan untuk menghindari risiko-risiko tempe mentah atau tempe matang dengan pengolahan yang salah. Berikut beberapa menu olahan tempe tanpa mengurangi nutrisi utamanya.

Tempe Bakar

Tempe bakar salah satu olahan tempe tanpa mengurangi nutrisinya. Selain enak, hampir keseluruhan pengolahan tempe tanpa minyak sehingga baik untuk mencegah kolesterol dan menurunkan berat badan secara bertahap. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara memasak tempe bakar.

Baca Juga :  2 Cara Withdraw Trust Wallet Ke Rekening Bank

Bahan-bahan:

  • 1 Papan tempe
  • Bumbu rempah-rempah: cabai, duo bawang, serai, lengkuas, dan kunyit
  • Kecap manis
  • Mentega secukupnya
  • Air secukupnya

Cara Memasak Tempe Bakar:

  • Pertama-tama silahkan potong-potong tempe kotak-kotak
  • Lalu haluskan bumbu rempah-rempah
  • Gunakan air secukupnya lalu rebus tempe dengan bumbu rempah-rempah sampai air menyusut. Kamu bisa menambahkan garam atau penyedap rasa
  • Selanjutnya bakar tempe di atas teflon, oleskan mentaga dan kecap manis
  • Angkat dan sajikan
  • Nikmati tempe bakar, tambahkan sambal sesuai selera.

Tempe Kemangi

Selain tempe bakar, olahan tempe geprek sambal kemangi cukup sering kita temukan di rumah makan tradisional. Tidak perlu diragukan lagi, selain proses pengolahan yang cepat rasanya juga enak. Jika dibandingkan tempe mentah, akan lebih baik kamu menyantap tempe kemangi ini, lho. Ini dia bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara memasak tempe kemangi.

Bahan-Bahan:

  • 1 papan tempe
  • 3 buah cabai keriting
  • 3 buah cabai rawit
  • 1 buah tomat
  • 1 buah terasa bakar
  • 1 siung bawang putih
  • Garam dan gula secukupnya
  • Daun kemangi sesuai selera

Cara Memasak Tempe Kemangi:

  1. Potong tempe-tempe berbentuk kotak
  2. Rebus selama 5 menit, angkat dan tiriskan
  3. Lalu rebus duo cabai, bawang dan tomat
  4. Setelah itu ulek bumbu, tambahkan garam dan terasi
  5. Penyet tempe rebus lalu tambahkan kemangi sebelum disajikan

Steak Tempe

Salah satu olahan tempe nikmat tanpa minyak ini bisa kamu coba didapur. Meskipun membutuhkan bahan-bahan yang lebih banyak, olahan ini tidak akan mengurangi nutrisi tempe yang kaya akan serat dan protein.

Bahan-bahan:

  • 1 papan tempe
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 25 gr tepung terigu
  • Kecap manis, saos sambal, saos BBQ secukupnya
  • 1 sdm tepung maizena
  • Kaldu jamur, lada bubuk dan garam secukupnya

Cara Memasak Steak Tempe:

  1. Potong-potog tempe lalu kukus hingga lembut
  2. Jika sudah, haluskan tempe
  3. Masukkan cincangan bawang putih, garam, kaldu bubuk dan garam lalu aduk hingga merata
  4. Lalu bentuk dengan memadatkan adonan menggunakan tangan
  5. Diatas teflon panas panggan steak hingga kecoklatan
  6. Tuang kecap manis, saos sambal dan saos BBQ
  7. Koreksi rasa sebelum disajikan

Lihat juga 10 Menu Masakan Harian Hemat, Praktis dan Sederhana

Akhir Kata

Manfaat Makan Tempe Mentah
Manfaat Makan Tempe Mentah

Cukup banyak manfaat makan tempe mentah bagi tubuh kita, namun perlu diingat kembali tidak disarankan terlalu sering mengonsumsi tempe yang masih mentah mengingat adanya efek samping yang berbahaya.

Untuk mengoptimalkan nutrisinya, Mocipay berikan beberapa resep mengolah tempe tanpa minyak untuk memanjakan lidah kamu setiap hari. Semoga bermanfaat dan nantikan kami ditopik selanjutnya!

Back to top button