Tips

9 Merk Baja Ringan Terbaik & Berkualitas Tinggi

Memilih merk baja ringan terbaik untuk kerangka atap rumah bukanlah prahara yang mudah, hal ini penting diperhatikan untuk mendapatkan baja ringan berkualitas sehingga bekerja baik menopang atap bangunan secara kuat dan tahan lama.

Banyaknya merk baja ringan dipasaran sudah pasti membingungkan kamu dalam memilih salah satu diantaranya. Jangan sembarangan! agar bangunan lebih kokoh kamu dituntut lebih jeli memilih material baja. Maka dari itu tetaplah disini, kami akan membantu kamu menemukan merk baja ringan terbaik.

Apa Itu Baja Ringan dalam Konstruksi Bangunan?

Tentang Baja Ringan
Tentang Baja Ringan

Melansir dari wikipedia baja ringan adalah baja karbon yang bersifat kaku dan kuat sehingga banyak digunakan untuk keperluan instruksi. Baja ringan mempunyai feromagnetisme (magnet) yang berarti bisa juga digunakan sebagai rangka mobil, membuat peralatan listrik dan senjata api.

Walau demikian, jenis baja ini lebih sering dimanfaatkan dalam bidang kosntruksi karena memiliki kualitas yang tinggi dan memiliki sifat yang ringan dan tipis. Dalam bidang konstruksi, material ini lebih sering digunakan sebagai atap dan kerangka sehingga baja ringan selalu dipehitungkan ketika mendirikan sebuah bangunan.

Kelebihan Penggunaan Baja Ringan dalam Konstruksi

Sebelum mengulik lebih dalam merk baja ringan terbaik, mari ketahui apa saja kelebihan penggunaan baja ringan dalam konstruksi bangunan.

  • Anti karat dan anti rayap
  • Proses pemasangan mudah
  • Jika dibandingkan dengan baja konvensional, baja ringan lebih lentur
  • Proses pemasangan relatif cepat
  • Daya tahan jangka panjang

Kekurangan Baja Ringan dalam Bidang Konstruksi

Meski menawarkan kelebihan yang menggiurkan, baja ringan punya kekurangan dalam penggunaanya. Apabila kamu ingin menggunakan material baja ringan dalam membangun sebuah hunian, pertimbangkan hal berikut:

  • Karena material ini ringan dan tipis beresiko terbawa angin
  • Hanya bisa digunakan untuk konsep rumah tertentu
  • Sistem konstruksi atap baja ringan berprinsip menguatkan satu sama lain, kegagalan dalam menghitung konstruksi berakibat fatal membuat roboh bangunan
  • Harga baja ringan tidak murah, semakin bagus merk baja ringan maka semakin mahal harganya
  • Membutuhkan perintilan dalam pemasangan dimana hal ini akan memengaruhi biaya yang dikeluarkan
  • Rangka atap baja ringan kurang indah dipasang jika struktur atap tersebut transparan.

Fungsi Baja Ringan

Fungsi Baja Ringan
Fungsi Baja Ringan

Nah, setelah mengulas tentang baja ringan dan manfaatnya, mungkin sobat sudah mendapat gambaran tentang fungsi material ini. Sebelum lebih jauh membahas merk baja ringan terbaik, cari tau dahulu apa saja fungsi baja ringan melalui ringkasan berikut:

  • Sebagai Rangka Atap

Baja ringan lebih banyak dicari sebagai rangka atap bangunan, namun tidak semunya bangunan dapat menggunakan baja ini. Baja ringan secara efisien menggeser fungsi kayu yang digunakan semula karena lebih mahal dan mudah lapuk.

Baca Juga :  Kenapa SPinjam Tidak Tersedia? 7 Penyebab dan Solusi Terbaru
  • Plafon

Selain digunakan sebagai rangka atap, ternyata baja ringan juga digunakan sebagai rangka plafon karena mudah dibentuk dan dipasang. Setelah baja ringan terpasang akan disusul penggunaan plafon triplek, gypsum dan sebagainya.

  • Kanopi

Tidak hanya untuk rangka atap dan plafon, baja ringan ini dimanfaatkan dalam pembuatan kanopi rumah. Karena material yang ringan, anti lapuk dan ekonomis maka tak heran baja ringan mulai digunakan membuat kanopi dengan alasan mudah dibentuk dan didesain.

  • Pagar

Mungkin sobat sudah mendapat gambaran kenapa baja ringan digunakan sebagai material pagar, tak lain karena bahan kokoh dan anti karat. Sebuah pagar memang sebaiknya anti karat, ini karena peletakannya pagar yang secara langsung akan memengaruhi keindahanya.

  • Furniture

Untuk mereka yang memiliki profesi dalam bidang konstruksi dapat menyulap suatu bahan menjadi lebih fungsional, begitupun dengan baja ringan. Apabila didesain sedemikian rupa oleh ahlinya, baja ringan dapat dibuat menghasilkan barang-barang rumah tangga seperti lemari dan meja baja ringan.

Merk Baja Ringan Terbaik

Di pasaran sudah tersedia beberapa merk baja ringan terbaik yang bisa kamu seleksi berdasarkan hal-hal yang akan mocipay jabarkan, bisa dikatakan memilih material konstruksi bangunan cukup membingungkan karena pada dasarnya semua merk membawa kelebihan sebagai nilai jual.

Ada pula logo SNI yang mempermudah kamu memilih material baja ringan berkualitas yang menjamini standar mutu dan penggunaanya. Tanpa berlama-lama, jatuhkan pilihanmu pada salah satu merk baja ringan terbaik berikut:

  • Baja Ringan BMT

Baja Ringan BMT
Baja Ringan BMT

BMT salah satu merk baja ringan terbaik yang sudah memegang SNI. Base metal thickess atau yang dikenal dengan BMT biasanya digunakan untuk kerangka atap bangunan.

Beberapa jenis atap ringan BMT antara lain canal, reng omega dan hallow yang dimana semua efisien digunakan dalam konstruksi atap. Meskipun sudah mengantongi standar SNI, produk-produk BMT ini dipasarkan dengan harga yang terjangkau yang dibedakan berdasarkan jenis dan tipe produk.

  • TASO

Baja Ringan Taso
Baja Ringan Taso

Di urutan selanjutnya ada TASO sebagai salah satu merk baja ringan terbaik yang juga sudah mengantongi SNI dan dikenal luas dalam dunia konstruksi. Merk baja ringan ini diproduksi dari bahan galvalum yang mengandung unsur aluminium, zinc dan karbon.

Merk baja ringan ini sudah ada di Indonesia sejak tahun 1992, diproduksi dibawah naungan PT Tatalogam Lestari. Taso memiliki produk yang mencakup ukuran dan model yang berbeda, sehingga merk ini lebih laris.

Baca Juga :  4 Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel Di Daerah Lain

Berbicara tentang harga, varian reng baja ringan 0,40 mm dengan panjang 6 meter dibanderol dengan harga Rp55000 dan ini merupakan ukuran terkecil dan harga termurah untuk merk baja ringan TASO.

  • Alfa Prima

Baja Ringan Alfa Prima
Baja Ringan Alfa Prima

Masih dengan merk baja ringan terbaik yang sudah mengantongi sertifikasi SNI, kali ini ada alfa prima yang memproduksi baja dengan teknik roll forming dengan mesin standar internasional sehingga sobat tidak perlu meragukan kualitasnya.

Beberapa jenis baja ringan sebagai produk utama alfa prima adalah rofdect, trust dan hollow yang dimana dipasarkan dengan harga yang terjangkau. Jenis baja ringan alfa prima ini pun dapat ditemukan di toko bangunan terdekat karena melakukan teknik pemasaran yang baik.

Jangan lewatkanĀ 7 Merk Kabel Listrik yang Bagus untuk Instalasi Rumah

  • Cilegon Steel

Baja Ringan Cilegon Steel
Baja Ringan Cilegon Steel

Merk baja ringan terbaik selanjutnya adalah cilegon steel. Material baja ringan ini diproduksi oleh PT Cilegon Steel, perusahaan yang terkenal memproduksi logam berkualitas tinggi di Indonesia.

Sama halnya dengan merk baja ringan yang sudah kami tampilkan, baja ringan milik cilegon steel dijual batangan sehingga pelanggan dapat membeli baja ringan dengan mengkalkulasikan jumlah dan masing-masing kebutuhan.

Secara jenis, cilegon steel menyediakan jenis baja ringan konstruksi profil kaso dan reng. Kedua jenis material ini menjadi komponen utama dalam membuat struktur dan atap bangunan. Selain beberapa hal diatas, berikut kelebihan jenis baja ringan cilegon steel:

  1. Lulus uji standar SNI yang membuat material baja ringan aman dan berkualitas tinggi
  2. Karena sudah dikenal masyarakat dan melakukan teknik pemasaran yang baik, merk baja ringan inipun mudah ditemukan dipasaran.
  3. Tersedia beberapa varian baja ringan yang mempermudah kamu memilih salah satu diantaranya
  4. Efisien digunakan menopang berbagai jenis atap seperti atap polycarbonate, spandek dan genteng keramik
  5. Secara harga, merk ini cukup kompetitif dengan brand-brand baja ringan lainya.
  • Andal Prima

Baja Ringan Andal Prima
Baja Ringan Andal Prima

Di urutan selanjutnya ada andal prima sebagai salah satu merk baja ringan terbaik yang menonjolkan beberapa kelebihan, yakni tidak mudah terbakar, anti korosi dan mudah dipasang.

Sebagai salah satu baja ringan terbaik menurut SNI, merk ini memiliki dua jenis baja ringan yaitu truss dan reng yang sama-sama terbuat dari bahan galvacum sehingga baik digunakan sebagai rangka bangunan. Selain mengedepankan mutu, harga baja ringan andal prima cukup kompetitif yang dibanderol dengan harga Rp60000/batang.

  • CBM

Apabila sobat mencari merk baja ringan terbaik yang memiliki ragam ukuran maka CBM termasuk didalamnya. Sama halnya dengan merk baja ringan terbaik diatas, produk baja ringan CBM sudah lolos standarisasi SNI sehingga apik digunakan sebagai kerangka atap sebuah bangunan.

Yang menarik dari merk baja ringan CBM dipasarkan dengan harga yang terjangkau namun tetap mengedepankan mutu. Merk baja ringan terbaik ini dipasarkan mulai dari harga Rp42000/batang.

  • Kencana Truss

Baja Ringan Kencana Truss
Baja Ringan Kencana Truss

Kencana truss selalu disinggung setiap kamu menelusuri merk baja ringan terbaik. Ya, merk ini sudah memproduksi baja ringan berkualitas tinggi yang tidak asing lagi ditelinga masyarakat.

Baca Juga :  Jaringan Indosat Gangguan Hari Ini 2024, Ini Dia Penyebabnya!

Dengan kualitas tersebut, tak heran baja ringan ini memiliki sudah mengantongi sertifikat SNI yang berarti material baja sudah sesuai dengan ketetapan pemerintah. Tidak sampai disana, produk kencana truss sudah tersedia di berbagai toko bangunan yang membuat baja ringan kerap dijadikan pilihan.

Nampaknya kualifikasi baja ringan ini mampuni sebagai kerangka dalam sebuah konstruksi, untuk harga baja ringan kencana truss dibanderol mulai dari Rp42000/batang, recommended buat kamu!

  • Prima

Baja Ringan Prima
Baja Ringan Prima

Tidak lengkap rasanya jika tidak ada prima ketika mengulik merk baja ringan terbaik. Baja ringan ini sangat kuat, dipasarkan dengan harga yang terjangkau yang disesuaikan dengan ketebalan masing-masing baja, mulai dari Rp35000-Rp50000.

Supaya mendapat kualitas yang mampuni, kamu boleh pilih baja ringan dengan ketebalan 1mm agar lebih awet mengingat kekurangan material baja ringan dan mudah terbawa angin.

  • Sakti Truss

Baja Ringan Sakti Truss
Baja Ringan Sakti Truss

Tak boleh ketinggalan, sakti truss adalah salah satu merk baja ringan terbaik yang hadir dengan kualitas yang oke. Sekilas merk baja ringan ini hampir serupa dengan kencana trus, hanya saja produk baja ringan milik sakti truss disalurkan mulai dari harga Rp50000/batang.

Masalah ukuran, sakti truss tersedia beragam yang tentunya memengaruhi harga produk. Jadi, sobat dapat memilik merk ini dalam menyempurnakan sebuah bangunanan.

Tips Memilih Baja Ringan yang Berkualitas

Setelah mendapatkan semua merk baja ringan terbaik, pastinya sobat cukup bingung memilih salah satu diantaranya karena masing-masing merk menawarkan kualitas yang mampuni untuk sebuah rangka atap maupun fungsi lain.

Jika benar demikian, tidak perlu khawatir! kami punya tips sederhana yang dapat kamu terapkan memilih merk baja ringan yang berkualitas ketika di toko bangunan, diantaranya:

Tips Penjelasan
Uji berat baja ringan karena umumnya baja ringan dipasarkan dengan merk dan ketebalanya masing-masing maka lebih baik kamu memilih baja yang lebih tebal dan berat. Silahkan uji beberapa merek dengan ukuran yang sama untuk mendapat perbandingan kualitasnya.
Uji kelenturan baja ringan pada beberapa merk yang sudah kita bahas, hal ini untuk menemukan merk dan produk baja yang memiliki tingkat kelenturan paling baik untuk mempermudah kamu ketika memasanganya.
Pastikan baja ringan bersertifikat SNI beberapa merk baja ringan terbaik yang kita bahas sudah berstandar SNI, pilih salah satu diantaranya supaya terhindar dari kerusakan korosi dan memastikan material pelapis baja berkualitas
pilih produk baja ringan yang bergaransi AgarĀ  tidak perlu khawatir jika barang cacat. Pastikan toko bangunan tersebut siap melayani pegantian apabila terdapat kerusakan barang sesuai dengan ketentuan yang ada pada garansi.

Akhir Kata

Merk Baja Ringan Terbaik & Berkualitas Tinggi
Merk Baja Ringan Terbaik & Berkualitas Tinggi

Nampaknya kamu tidak lagi kesulitan memilih merk baja ringan terbaik, karena informasi diatas cukup sebagai referensi untuk memilih kerangka atap rumah terbaik dan keperluan konstruksi lainya. Mungkin ini saja yang dapat Mocipay tampilkan dalam pembahasan ini, nantikan kami pada topik yang berbeda!

Back to top button