Tips

Kenapa SPinjam Tidak Tersedia? 7 Penyebab dan Solusi Terbaru

Kenapa SPinjam tidak tersedia salah satu pertanyaan yang kerap dilontarkan pengguna shopee, pasalnya tidak tersedianya layanan ini menjelaskan bahwa mereka tidak dapat membuat pinjaman tunai di shopee.

Kebanyakan pengguna lebih tertarik dengan pinjaman uang tunai dari shopee. Selain proses cepat dan mudah, SPinjam memungkinkan anda berbelanja dan membuat pinjaman tanpa beralih aplikasi. Lantas tahukan anda mengapa Spinjam tidak tersedia? jika belum, ayo cari tau jawabanya dalam artikel ini!

Shopee pinjam
Shopee pinjam

Belakangan ini cukup banyak aplikasi belanja online yang merambat layanannya sebagai salah satu penyedia paylater dan pinjaman uang tunai. Salah satu platform jual beli online tersebut adalah shopee.

Mungkin anda tidak asing lagi dengan Spinjam dan SPayLater. Awalnya, shopee resmi meluncurkan layanan beli sekarang bayar nanti yang diberi nama Shopee PayLater atau SPayLater. Setelah menyadari kebutuhan dan pangsa pasar, shopee meresmikan SPinjam.

Shopee pinjam adalah layanan resmi shopee yang memungkinkan pengguna meminjam uang tunai tanpa kartu kredit dengan proses pengajuan mudah dan cepat. Layanan ini disediakan oleh PT Lentera Dana Nusantara dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Di kutip dari halaman pusat bantuan shopee, SPinjam menetapkan suku bunga 1,95% dengan tenor 3, 6 dan 12 bulan. Pinjaman shopee ini juga dikenakan biaya layanan 1% per transaksi, dan denda 5% dari total transaksi jika pengguna tidak membayar tagihan tepat waktu.

Shopee pinjam salah satu layanan shopee yang menguntungkan, pengguna bisa membuat pinjaman dengan tenor pelunasaran variatif. Untuk shopee selaku penyelenggara memperoleh keuntungan dari persentase bunga.

Kenapa SPinjam Tidak Tersedia

Setelah mendapat gambaran resmi tentang SPInjam, anda juga harus menyadari layanan ini diresmikan berdasarkan syarat dan ketentuan berlaku.

Kenapa SPinjam tidak tersedia
Kenapa SPinjam tidak tersedia

Nah, pengguna shopee yang sesuai dengan ketentuan yang bisa verifikasi data dan mendapat limit pinjaman. jadi, pernyataan ini sudah memberi gambaran kenapa SPinjam tidak tersedia di menu shopee anda.

Baca Juga :  8 Cara Mengecilkan Ukuran Foto di HP Tanpa Aplikasi

Lantas apa saja syarat dan ketentuan pinjaman ini? Baiklah, berikut syarat sekaligus penyebab kenapa Spinjam tidak tersedia.

Penyebab Solusi
Akun shopee belum terverifikasi Verifikasi dan tingkatkan akun
Usia akun shopee kurang dari 3 bulan Tunggu atau gunakan akun lain
Akun minim transaksi Tingkatkan transaksi shopee
Masalah dalam penggunaan paylater Periksa dan lunasi Shopee paylater
Lokasi pengguna sulit dijangkau Gunakan akun shopee yang lain
Akun shopee bermasalah Periksa dan laporkan kendala
Belum update aplikasi shopee Update shopee
  • Akun Shopee Belum Terverifikasi

Akun shopee belum terverifikasi
Akun shopee belum terverifikasi

Akun shopee belum terverifikasi salah satu alasan valid kenapa SPinjam tidak tersedia. Selain SPinjam dan Paylater, anda wajib mengetahui shopeepay yang merupakan dompet digital shopee.

Shopeepay tersedia dalam dua versi, yakni basic dan plus. Upgrade shopeepay basic ke plus dengan verifikasi data bisa dilakukan untuk memunculkan SPinjam.

Anda bisa menyiapkan nama lengkap, NIK,KTP, kartu identitas dan foto selfie memegang KTP tersebut. Anda juga harus verifikasi email dan nomor telepon dengan memasukkan OTP. Untuk verifikasi shopee silahkan lihat 5 Cara Menggunakan Shopeepay Untuk Pemula

  • Usia Akun Shopee Kurang dari 3 Bulan

Jika anda pengguna baru shopee, maka fitur SPinjam ini tidak ditampilkan sementara. Ya, salah satu alasan kenapa SPinjam tidak tersedia karena akun pengguna aktif kurang dari 3 bulan.

Rata-rata akun shopee yang mendapat penawaran SPinjam ini adalah pengguna lama, yakni akun aktif lebih dari 3 bulan. Dengan demikian shopee menilai akun anda layak dan terpercaya mendapatkan pinjaman uang tunai mereka.

  • Akun Minim Transaksi

Akun Minim Transaksi
Akun Minim Transaksi

Pada dasarnya SPinjam dan SPayLater hadir dalam bentuk penawaran yang sudah disaring melalui riwayat transaksi. Jika anda pengguna lama dan memiliki history transaksi yang banyak, SPInjam akan tersedia.

Begitupun dengan limit transaksi, semakin tinggi shopee member anda maka semakin tinggi pula total limit didapatkan. Adapun limit awal shopee mulai dari Rp750.000 dan akan bertambah seiring penggunaan shopee pinjam.

  • Masalah dalam Penggunaan SPayLater

Salah satu alasan kenapa SPInjam tidak tersedia karena akun SPayLater anda bermasalah. Baik shopee paylater dan shopee pinjam memiliki konsep yang sama, perbedaan keduanya pada kebutuhan dan penggunaan saja.

Baca Juga :  8 Cara Jadi Reseller Top Up Game Termurah dan Menguntungkan

Jika shopee menawarkan paylater dan anda adalah penggunanya, biasanya pinjaman uang tunai ini akan ditampilkan juga. Akan tetapi jika akun memiliki riwayat kredit buruk, akan menimbulkan masalah dalam penggunaan SPinjam atau tidak tersedia.

  • Lokasi Pengguna Sulit Dijangkau

Perlu anda pahami alasan kenapa SPinjam tidak tersedia karena lokasi anda sebagai calon pengguna sulit dijangkau. Dalam penggunaan SPinjam cukup banyak kendala yang ditemukan, yang terutama adalah kredit macet.

Menyadari hal tersebut, shopee menetapkan syarat dan ketentuan berdasarkan zona lokasi pengguna. Hal tersebut sangat penting mengantisipasi kredit buruk dimana penagihan langsung akan dilakukan dan shopee memastikan lokasi pengguna mudah dijangkau.

  • Akun Shopee Bermasalah

Akun shopee dibatasi salah satu alasan kenapa SPinjam tidak tersedia. Pengguna yang tidak taat syarat dan ketentuan transaksi berakibat fatal pada fitur-fitur shopee termasuk penggunaan SPinjam.

Akun Shopee Bermasalah
Akun Shopee Bermasalah

Ketika moderasi akun shopee terjadi, anda akan kesulitan membuat transaksi baru, menjangkau Shopee paylater hingga Spinjam. Berikut beberapa kesalahan pengguna sekaligus alasan kenapa Spinjam tidak tersedia:

  1. Melakukan fake order atau bekerjasama dengan penjual untuk meningkatkan transaksi
  2. Login akun shopee pada beberapa perangkat
  3. Melakukan penipuan dalam bentuk apapun
  4. Dibatasi karena tidak melunasi SpayLater
  5. Sering membatalkan pesanan tanpa konfirmasi ke penjual

Jika shopee mendeteksi akun melakukan pelanggaran tersebut, anda akan dibatasi dari fitur-fitur yang belum dan sudah tersedia termasuk penggunaan SPinjam.

  • Belum Update Shopee

Belum update akun shopee adalah alasan kenapa SPinjam tidak tersedia. Shopee selalu menghimbau penggunaanya untuk update aplikasi guna memunculkan fitur terbaru.

Oleh karena itu, jika ingin aktivasi SPinjam anda perlu memperhatikan syarat aplikasi. Jika ruang untuk update tersedia, lakukan pembaharuan sesegara mungkin.

Solusi SPinjam Tidak Tersedia

Sekarang anda sudah mengetahui berbagai alasan kenapa SPinjam tidak tersedia, lantas bagaimana cara mengatasi fitur shopee pinjam yang tidak muncul tersebut?

Solusi SPinjam tidak tersedia
Solusi SPinjam tidak tersedia

Solusi Spinjam tidak tersedia sejalan dengan penyebabnya. Anda wajib memeriksa kesalahan akun dan penyebab lain dari fitur ini. Jika sudah, mari berlanjut pada cara mengatasi SPinjam tidak muncul di layar shopee anda.

Baca Juga :  2 Cara Menggunakan Terabox Agar Penyimpanan Tidak Penuh
Solusi Deskripsi singkat
Verifikasi dan tingkatkan akun Tahap awal dalam solusi SPinjam tidak muncul adalah verifikasi akun. Pertama-tama buka aplikasi shopee, lalu pilih shopeepay. Pilih banner shopeepay plus dan pilih upgrade sekarang, ikuti panduan sampai akun shopee berhasil di verifikasi.
Tunggu atau gunakan akun lain Untuk akun shopee baru yang belum berusia 3 bulan, pengguna harus bersabar menunggu usia pakai atau menggunakan akun paylater teman dan kerabat jika memungkinkan.
Tingkatkan transaksi shopee Untuk memunculkan fitur SPinjam dan memperoleh kenaikan limit awal yang tinggi, periksa dan tingkatkan transaksi anda. Buka member shopee pada halaman saya, disana anda akan melihat total transaksi untuk periode tertentu sebagai acuan.
Periksa dan lunasi shopee paylater Kesalahan penggunaan shopee paylater salah satu alasan kenapa SPinjam tidak tersedia. Anda bisa memeriksa dan melunasi tagihan SPayLater jika menggunakan layanan ini sebelumnya.
Gunakan akun shopee yang lain Untuk masalah lokasi yang sulit dijangkau, anda bisa menggunakan akun yang sudah verifikasi SPinjam atau manfaatkan aplikasi PayLater yang lain.
Periksa dan laporkan kendala Jika akun bermasalah sebaiknya lakukan upaya perbaikan dengan menghubungi tim shopee. Pilih chat dengan shopee pada menu saya, masukkan pesan terkait moderasi akun.
Update aplikasi shopee Solusi shopee pinjam tidak muncul yang terakhir dengan update aplikasi shopee untuk memunculkan fitur dan layanan mereka, termasuk SPayLater atau SPinjam.

Setelah memahami penuh solusi SPinjam tidak tersedia, sobat Mocipay perlu mengetahui kalau program SPinjam tidak diperuntukkan untuk semua pengguna shopee.

Sama halnya dengan spaylater, tidak semua pengguna dapat mengajukanya. Jadi, apabila solusi SPinjam tidak tersedia diatas tidak membantu anda mendapatkan fitur pinjaman uang tunai shopee itu berarti anda memang belum terpilih shopee untuk meminjam uang disana.

Dalam keadaan mendesak, pertimbangkan menggunakan aplikasi pinjaman uang tunai terpercaya di Indonesia. Tidak perlu ragu, aplikasi pinjaman ini sudah terpercaya dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Anda bisa menggunakan Cairin atau pinjaman online yang lain.

Akhir Kata

Kenapa SPinjam Tidak Tersedia
Kenapa SPinjam Tidak Tersedia ?

Kenapa SPinjam tidak tersedia kini sudah terjawab, selain aktivitas akun program pinjaman uang tunai shopee memang tidak ditawarkan bagi semua pengguna.

Pastikan anda menyimak berbagai opsi yang Mocipay tampilkan agar bisa bergabung dan menggunakan layanan pinjaman di shopee. Semoga ulasan diatas bermanfaat, sekian.

Back to top button