TutorialTips

4 Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel Di Daerah Lain

Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel Di Daerah Lain – Para pengguna telkomsel tentu sudah pernah menggunakan paket internet lokal telkomsel. Telkomsel memiliki 2 jenis kuota, yakni kuota lokal dan kuota reguler. Biasanya para pengguna menggunakan kuota lokal hanya pada daerah tertentu saja sementara kuota umum bisa digunakan di daerah mana saja.

Lalu apakah hanya kuota reguler saja yang bisa digunakan di daerah lain? jawabannya tentu tidak ya sobat karena ada cara menggunakan kuota lokal telkomsel di daerah lain juga.

Sehingga kalian bisa gunakan keduanya sesuka hati. Nah berikut penjelasannya.

Kuota Lokal Telkomsel

Apa itu kuota lokal telkomsel
sumber : portalpulsa.com

 

Kartu internet telkomsel memiliki 2 jenis sumber kuota seperti pembahasan sebelumnya dan salah satunya ialah kuota lokal telkomsel.

Kuota lokal telkomsel ialah kuota internet yang hanya bisa digunakan pada daerah-daerah tertentu saja seperti daerah tempat tinggal atau tempat dimana kita membeli kuota telkomsel tersebut.

Mengapa kuota lokal telkomsel hanya bisa digunakan pada daerah aktivasi? karena kartu tersebut telah mengalami penyesuaian dengan daerah aktivasi. Sehingga adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kekuatan jaringan kartu tersebut akan teratasi dengan sendirinya.

Bagaimana Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel?

Setiap kartu internet tentu perlu langkah aktivasi termasuk kartu internet telkomsel. Namun, kuota lokal yang terdapat pada kartu paket internet sudah menjadi bagian dari kartu tersebut.

Jadi tidak perlu diaktivasi lagi ya melainkan kamu bisa langsung menggunakannya setelah melakukan pembelian kartu

Baca Juga :  Aplikasi Pembawa Hoki Higgs Domino: Apakah Aman?

Tetapi kamu harus pastikan bahwa kamu menggunakan kuota lokal tersebut ditempat aktivasi kartu tersebut atau kamu bisa lihat cara menggunakan kuota lokal telkomsel di daerah lain dibawah ini jika kamu sudah terlanjur melakukan aktivasi di daerah lain.

Penyebab Kuota Lokal Telkomsel Tidak Bisa Digunakan

penyebab kuota lokal telkomsel tidak bisa digunakan
kuota lokal telkomsel tidak bisa digunakan

Beralih dari cara menikmati kuota lokal telkomsel. Ada penyebab kuota lokal telkomsel tidak bisa digunakan. Penyebab tersebut ialah kuota lokal digunakan di wilayah luar dari kuota lokal itu sendiri.

Jadi ketika kamu sudah melakukan aktivasi yang benar namun kamu berada diluar daerah kuota lokal maka paket internet tersebut tidak dapat digunakan.

Lalu bagaimana jika di daerah kamu susah sinyal? apakah mempengaruhi?. Jawabannya tentu iya ya sobat karena walaupun kamu bisa melakukannya melalui cara menggunakan kuota lokal telkomsel di daerah lain. Tidak menutup kemungkinan bahwa kuota lokal tersebut juga tidak dapat digunakan.

Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel Di Daerah Lain

cara menggunakan kuota lokal telkomsel di daerah lain
Cara penggunaan kuota lokal telkomsel di daerah lain

Perlu kamu ketahui bahwa kuota lokal telkomsel ternyata masih bisa digunakan di daerah lain, walaupun memang belum bisa dipastikan bahwa penggunaannya akan 100 % berhasil.

Akan tetapi, buat kamu yang ingin mencobanya maka tidak ada salahnya melihat cara menggunakan kuota lokal telkomsel di daerah lain berikut ini. Agar kamu lebih mengetahui cara penggunaannya

1. Aktifkan kartu paket

Langkah pertama untuk cara menggunakan kuota lokal telkomsel di daerah lain ialah mengaktifkan kartu paket telkomsel. Cara aktivasi nya mudah saja dimana kamu bisa mengikuti aturan aktivasi kartu paket telkomsel atau hubungi *363# ya sobat.

2. Mengubah jalur akses (APN)

Langkah selanjutnya ialah mengubah APN di menu pengaturan ponsel. APN ialah access point name dimana fitur ini biasanya digunakan untuk menghubungkan layanan kartu ke nirkabel.

Baca Juga :  Cara Cek Kode Referral BRI 8 Digit: Mudah dan Praktis!

Mengubah jalur akses bisa kamu lakukan sebagai cara menggunakan kuota lokal telkomsel di daerah lain dengan cara mengubah layanan kartu menjadi lebih rendah seperti dari 4G ke 3G.

Agar penggunaan jaringan internet bisa dijangkau. Sehingga kuota lokal telkomsel dapat digunakan dengan maksimal.

3. Menggunakan fake gps location

Selain fitur APN, kamu juga bisa menggunakan aplikasi fake gps location untuk cara menggunakan kuota lokal telkomsel di daerah lain. Aplikasi ini nantinya akan menyesuaikan area aktivasi kuota lokal telkomsel dengan lokasi ponsel kamu.

Lalu, untuk cara menjalankan aplikasi fake gps location di ponsel kamu adalah sebagai berikut :

  • Instal aplikasi fake gps location terlebih dahulu
  • Klik open settings pada notifikasi yang muncul di halaman awal aplikasi
  • Cari opsi aplikasi tiru lokasi
  • Pilih fake gps pada urutan opsi aplikasi tiru lokasi
  • Silahkan cari lokasi daerah kamu
  • Aktifkan tools gps yang berwarna hijau
  • Kamu bisa langsung akses kuota internel lokal tersebut

Nah, aplikasi fake gps location bisa kamu instal di play store atau app store ya sobat. Selamat mencoba.

4. Menggunakan anonytun

Aplikasi lainnya yang bisa kalian gunakan ialah anonytun. Cara menggunakan kuota lokal telkomsel di daerah lain dengan aplikasi anonytun tidak jauh berbeda dengan aplikasi fake gps location.

Selain sama, keduanya juga memiliki fungsi yang sama. Nah, berikut cara menjalankan aplikasi anonytun di ponsel kamu:

  • Awali dengan instal aplikasi anonytun
  • Buka dan beri ijin akses pada aplikasi anonytun
  • Klik stealth settings di pojok kanan atas halaman beranda anonytun
  • Pada opsi stealth settings klik connection
  • Pilih SSL pada notifikasi yang muncul
  • Masukkan angka 443 pada kolom connection port
  • Klik turn on pada advanced ssl settings
  • Terakhir klik save dan connection
Baca Juga :  4 Cara Mendapatkan Saldo DANA Gratis Dari Google

Setelah selesai, maka kuota lokal secara otomatis akan terkoneksi sesuai dengan lokasi ponsel kamu.

Bagaimana cara mengetahui jangkauan wilayah kuota lokal?

Ada solusi yang paling efektif untuk mengatasi kuota lokal tidak dapat digunakan di daerah lain selain cara menggunakan kuota lokal telkomsel di daerah lain. Solusinya ialah mengetahui jangkauan wilayah kuota lokal.

Sehingga apabila kamu tidak ingin melakukan cara-cara sebelumnya atau wilayah aktivasi kartu berbeda dengan lokasi ponsel kamu maka kamu bisa cari jangkauan wilayah kuota lokal.

Caranya akan kami rangkum dibawah ini :

  • Buka aplikasi facebook dan login
  • Cari halaman facebook telkomsel yang resmi
  • Kirim pesan cek lokasi kuota lokal telkomsel melalui fitur messenger
  • Tunggu balasan chat tersebut

Melalui cara tersebut kamu akan menerima detail wilayah kuota lokal yang bisa dijangkau oleh kuota lokal telkomsel dan juga akan berisikan detail lokasi aktivasi kartu tersebut.

Baca juga : 10 Cara Cek Nomor Telkomsel Terdaftar Atas Nama Siapa

Penutup

Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel Di Daerah Lain
Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel Di Daerah Lain
Langkah Keterangan
Cek Tipe Kuota Pastikan jenis kuota yang Anda miliki. Jika Anda mempunyai kuota lokal, maka kuota ini hanya bisa digunakan di daerah tertentu.
Pilih Kuota Yang Tepat Jika Anda sering berpindah-pindah daerah, lebih baik gunakan kuota reguler atau kuota nasional yang bisa digunakan di semua daerah.
Setting APN Cek konfigurasi APN (Access Point Name) di perangkat Anda. Untuk Telkomsel, biasanya APN yang digunakan adalah ‘internet’ atau ‘telkomsel’.
Roaming Data Jika Anda berada di daerah lain, cek apakah Anda perlu mengaktifkan opsi roaming data di pengaturan ponsel Anda. Namun, perlu diingat bahwa mungkin ada biaya tambahan.
Hubungi Telkomsel Jika semua cara di atas tidak berhasil, Anda bisa menghubungi layanan pelanggan Telkomsel untuk bantuan lebih lanjut.

Demikian pembahasan kita mengenai cara menggunakan kuota lokal telkomsel di daerah lain. Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.

Back to top button