Tutorial

8 Alasan Dibalik Nomor Yang Anda Tuju Tidak Dapat Dihubungi

Mungkin anda pernah mengalami hal dimana anda sedang menghubungi seseorang melalui telepon muncul pesan suara “nomor yang anda tuju tidak dapat dihubungi” Situasi seperti ini kerap memunculkan pertanyaan bagi sebagian besar orang tentang mengapa hal demikian bisa terjadi, apakah karena kesalahan teknis pada perangkat yang digunakan atau ada situasi lain yang menyebabkan nomor tersebut tidak bisa dihubungi.

Jika anda ingin mengetahui jawabannya, silahkan kamu ikuti artikel ini. karena disini kami akan memberikan penjelasan terkait penyebab di balik pesan suara yang mengatakan “nomor yang anda tuju tidak dapat dihubungi” lengkap dengan cara mengatasinya.

Apa Arti dari Nomor yang Anda Tuju Tidak dapat Dihubungi?

Nomor yang Anda Tuju Tidak dapat Dihubungi
Nomor yang Anda Tuju Tidak dapat Dihubungi

Pada umumnya, pesan suara “nomor yang anda tuju tidak dapat dihubungi” artinya adalah orang yang anda hubungi sedang tidak dapat menerima panggilan. Kondisi ini biasanya terjadi dipicu oleh beberapa penyebab, diantaranya adalah seperti:

  • Nomor yang dituju sedang berada dalam panggilan lain

Pesan notif yang mengatakan “nomor yang anda tuju tidak dapat dihubungi” akan muncul ketika nomor yang anda hubungi sedang berada dalam panggilan lain. Hal yang sama juga akan terjadi ketika ada orang yang menghubungi nomor anda, sementara anda sedang berada dalam panggilan lain yang masih aktif/ berlangsung.

  • Masalah jaringan

Penyebab munculnya peringatan nomor yang anda tuju tidak dapat dihubungi yang berikutnya adalah karena terdapat masalah jaringan pada nomor yang anda hubungi. Mungkin orang yang ingin anda hubungi sedang berada di daerah lemah sinyal atau bisa juga karena ditempatnya sedang mengalami gangguan jaringan, cuaca buruk, ataupun hal lain yang membuat layanan sinyal di ponselnya terganggu.

  • Nomor yang dihubungi sudah tidak aktif

Penyebab Nomor yang Anda Tuju Tidak dapat Dihubungi

Ketika nomor tujuan sudah tidak aktif maka secara otomatis semua panggilan yang masuk ke nomor tersebut tidak akan dapat lagi terhubung. Nomor yang sudah tidak aktif lagi biasanya disebabkan oleh nomor yang telah hangus karena tidak melakukan pengisian ulang pulsa hingga melewati batas masa tenggang yang telah ditentukan atau bisa juga karena kartu SIM telah dibuang oleh pemiliknya.

  • Ponsel yang dihubungi sedang dalam keadaaan mati

Notifikasi suara “nomor yang anda tuju tidak dapat dihubungi” juga akan muncul ketika ponsel dari orang yang anda hubungi sedang dalam keadaan nonaktif. Perangkat apabila sedang dalam keadaan mati, maka semua fungsi fitur yang ada didalamnya juga akan berhenti sampai ponsel dihidupkan kembali.

  • Nomor yang dituju sedang berada dalam mode pesawat

Sumber: kabelkusutblog.com/ air plane mode aktif

Selain karena ponsel sedang dalam keadaan mati, nomor yang anda tuju tidak dapat dihubungi juga bisa disebabkan karena pemilik ponsel atau orang yang anda hubungi sedang berada dalam mode pesawat. Mode pesawat biasanya diaktifkan ketika seseorang sedang dalam perjalan yang menggunakan transportasi jalur udara. Ketika mode pesawat di ponsel aktif maka akan membuat sinyal HP hilang dan tentu saja akan berdampak pada kartu SIM menjadi tidak ada layanan.

Baca Juga :  11 Cara Agar Video Story WA Tidak Buram Tanpa Aplikasi
  • Nomor kontak yang anda masukkan tidak valid

Selanjutnya yang menjadi penyebab mengapa muncul pemberitahuan nomor yang dituju tidak dapat dihubungi adalah karena kesalahan dalam menginput nomor atau nomor telepon yang anda masukkan tidak valid.

Kesalahan dalam menginput nomor ini sebenarnya akan berdampak pada dua hal, yaitu: pertama, telepon dapat tersambung tapi penerima panggilan adalah orang lain yang tidak kenal (istilah umumnya adalah salah orang), dan yang kedua yaitu, telepon tidak dapat terhubung karena nomor tersebut tidak terdaftar.

  • Panggilan di tolak

Ketika orang yang anda hubungi menolak panggilan dari anda maka akan muncul di ponsel anda adalah notifikasi suara “nomor yang anda tuju tidak dapat dihubungi” Seseorang yang menolak panggilan biasanya disebabkan oleh kondisi dan situasi mereka yang sedang tidak mendukung untuk menerima panggilan atau bisa juga karena memang orang tersebut sedang tidak ingin diganggu atau berbicara dengan anda.

  • Nomor anda di blokir

penyebab Nomor yang Anda Tuju Tidak dapat Dihubungi

Penyebab munculnya pesan suara “nomor yang anda tuju tidak dapat dihubungi” yang terakhir adalah karena nomor atau panggilan dari anda telah di blokir oleh orang yang anda hubungi tersebut. Untuk memastikan hal ini, anda dapat menghubungi orang tersebut dengan menggunakan nomor telepon anda yang lain.

Cara Mengatasi Nomor yang Anda Tuju Tidak dapat Dihubungi

Anda telah mengetahui apa arti dan beberapa penyebab dari pesan suara “nomor yang anda tuju tidak dapat dihubungi” Selanjutnya, disini kami akan memberikan solusi untuk mengatasi permasalah tersebut.

Baca Juga :  Bagaimana Cara menjadi Member Premium Aplikasi Mocipay?

Ketika anda sedang mencoba menghubungi seseorang, namun panggilan anda tidak dapat terhubung, anda mungkin akan merasa cemas, terutama jika ada sesuatu hal penting yang ingin anda sampaikan pada orang tersebut. Namun anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara mengatasi nomor yang anda tuju tidak dapat dihubungi, diantaranya adalah seperti:

  • Tinggalkan pesan suara

Solusi pertama adalah meninggalkan pesan suara atau yang dikenal juga dengan istilah “buble talk”. Setiap operator menyediakan layanan pesan suara yang memungkinkan seseorang dapat meninggalkan pesan kepada orang lain melalui telepon. Tawaran untuk menggunakan layanan pesan suara biasanya akan muncul di akhir setelah notifikasi suara “nomor yang anda tuju tidak dapat dihubungi” diucapkan.

Solusi nomor yang Anda Tuju Tidak dapat Dihubungi dengan meninggalkan pesan suara

Sistem akan memberikan intruksi untuk menekan tombol tertentu apabila anda setuju untuk menggunakan layanan tersebut. Namun, perlu diingat bahwa layanan ini memerlukan tarif biaya tergantung pada jenis layanan operator yang anda gunakan. Misalnya pada operator Telkomsel, tarif biaya layanan pesan suara adalah sebesar Rp460/ menit.

  • Kirim SMS

Selain meninggalkan pesan suara, ada juga solusi lainnya untukĀ “nomor yang anda tuju tidak dapat dihubungi” yaitu dengan mengirim Short Message Service (SMS) Solusi yang kedua ini sebenarnya hampir mirip dengan solusi yang sebelumnya. Bedanya adalah pada solusi yang pertama pesan disampaikan lewat rekaman suara sehingga mirip seperti panggilan telepon. Sedangkan melalui SMS ini, pesan disampaikan lewat teks singkat. Namun keduanya, sama-sama tetap memerlukan pulsa ya gaes.

  • Hubungi lewat aplikasi sosial media

Jika memungkinkan anda juga menghubungi orang yang tidak bisa anda hubungi melalui panggilan telepon biasa dengan menggunakan aplikasi sosial media seperti WhatsApp, Facebook messenger, Instagram, Telegram, atau berbagai sosmed lainnya. Namun sebelum melakukan solusi ini, pastikan ponsel anda terhubung dengan jaringan internet yah. Pastikan juga orang yang ingin anda hubungi memiliki akun sosmed, agar anda dapat menghubunginya.

  • Hubungi melalui orang lain

Solusi yang terakhir yaitu menghubungi orang yang teleponnya tidak dapat terhubung melalui orang lain yang berada dekat dengan orang tersebut yang tidak dapat anda hubungi. Solusi yang terakhir ini cukup membantu, terutama apabila orang yang ingin anda hubungi tidak memiliki akun sosmed.

Baca Juga :  7 Cara Membuat Cover Makalah Yang Menarik
Alasan Tidak Dapat Menghubungi Nomor Penjelasan
Nomor Tidak Aktif atau Tidak Terdaftar Nomor telepon yang Anda coba hubungi mungkin tidak aktif atau tidak terdaftar pada jaringan telekomunikasi.
Kendala Teknis Masalah teknis pada jaringan atau layanan telekomunikasi bisa membuat nomor tidak dapat dihubungi.
Sinyal Lemah Sinyal yang lemah atau gangguan dalam area tertentu dapat menyebabkan kesulitan dalam melakukan panggilan.
Penghentian Sementara Pemilik nomor mungkin telah menghentikan sementara atau memblokir panggilan masuk.
Kendala pada Ponsel Penerima Penerima panggilan mungkin memiliki masalah pada ponselnya yang mengakibatkan tidak dapat menerima panggilan.

Kesimpulan

Nomor Yang Anda Tuju Tidak Dapat Dihubungi
Nomor Yang Anda Tuju Tidak Dapat Dihubungi

Dalam situasi dimana pesan “nomor yang anda tuju tidak dapat dihubungi” muncul, penting bagi anda untuk memahami penyebab yang membuat hal demikian bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya. Melalui penjelasan yang telah kami tampilkan diatas, kini anda tidak perlu bingung lagi ketika sedang menghubungi orang lain namun tidak dapat tersambung dan muncul notifikasi suara bahwa nomor yang dituju sedang tidak dapat dihubungi. Lakukan kembali panggilan secara berkala, untuk melihat apakah nomor yang ingin anda hubungi sudah dapat tersambung.

Back to top button