Tutorial

10+ Penyebab HP Panas Serta Cara Mengatasinya Dengan Mudah

HP kamu cepat panas saat digunaka? Tapi bingung apa penyebabnya? Tenang, simak saja penjelasan Penyebab HP Panas Serta Cara Mengatasinya di bawah ini agar HP bisa tetap digunakan lebih lama.

HP telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Namun, ada saat-saat ketika kita merasakan panas yang tidak biasa dari HP tersebut.

Ada banyak alasan mengapa HP menjadi panas, mungkin saja karena faktor lingkungan dan penggunaan intensif menjadi alasan utamanya yang bisa menyebabkan HP cepat rusak. Selain itu, memaksakan penggunaan HP dalam keadaan panas akan berdampak buruk pada HP itu sendiri.

Jika HP kamu panas setelah digunakan berjam-jam, ini masih normal. Namun, jika HP tersebut cepat panas bahkan setelah digunakan dalam waktu singkat, kamu perlu mengetahui penyebab HP panas serta cara mengatasinya. Hal ini mungkin merupakan tanda adanya masalah yang perlu diatasi.

Maka dari itu, kita akan membahas penyebab HP panas serta cara mengatasinya secara mudah dan aman. Yuk, simak penjelasan dan panduan nya selengkapnya di bawah ini.

Penyebab HP Panas Serta Cara Mengatasinya

Melansir dari beberapa sumber terpercaya, berikut alasan umum penyebab HP panas serta cara mengatasinya dengan mudah dan aman dapat dilihat dalam bentuk tabel di bawah ini:

Penyebab Penjelasan Cara Mengatasinya
Prosesor Bekerja Keras Prosesor ponsel bekerja lebih keras saat menggunakan aplikasi berat seperti game grafis tinggi, sehingga menghasilkan panas. Berhenti menggunakan aplikasi yang memakan banyak daya atau gunakan alternatif yang lebih ringan.
Kondisi Lingkungan Suhu lingkungan yang tinggi, seperti di bawah sinar matahari langsung, membuat ponsel kesulitan membuang panas tambahan. Hindari menggunakan ponsel di lingkungan dengan suhu tinggi dan berikan perangkat istirahat sesekali.
Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang Aplikasi yang berjalan di latar belakang tanpa sadar dapat membuat ponsel bekerja lebih keras, menyebabkan panas. Rutin periksa aplikasi yang berjalan di latar belakang dan hentikan yang tidak perlu.
Kerusakan Perangkat Keras atau Baterai Baterai rusak atau komponen perangkat keras yang bermasalah dapat menyebabkan ponsel panas. Periksa kondisi baterai dan perangkat keras secara berkala, dan perbaiki atau ganti yang rusak oleh profesional.
Baca Juga :  2 Cara Mendapatkan YouTube Music Premium Gratis

Beberapa penyebab HP panas serta cara mengatasinya diatas dapat kamu terapkan agar smartphone kamu tetap stabil digunakan.

Penyebab HP Cepat Panas

Pasalnya, HP cepat panas karena sering digunakan atau karena banyaknya aplikasi yang sedang berjalan. Namun, hal ini juga bisa disebabkan oleh malware, perangkat lunak yang rusak, atau paparan sinar matahari.

Namun, biasanya panas pada HP juga berasal dari layar. Namun, hal ini sering kali juga bergantung pada baterai HP yang digunakan. Pasalnya saat ini hampir semua HP menggunakan baterai jenis lithium-ion yang mudah panas jika sering digunakan.

Tampaknya normal jika HP menjadi panas setelah digunakan berjam-jam. Namun, jika kamu menggunakannya dalam waktu singkat dan menjadi panas, maka kamu perlu mengetahui penyebab HP panas serta cara mengatasinya.

Baterai Bermasalah

Penyebab HP Panas Serta Cara Mengatasinya Dengan Mudah
Baterai Bermasalah

Ketika kinerja baterai menurun, baterai akan habis. Hal ini menyebabkan baterai cepat terkuras. Selain itu, penggunaan baterai yang salah akan menyebabkan HP cepat panas.

Jika masalahnya ada pada baterai, maka bagian HP yang cepat panas ada di dalam baterai atau di bagian belakang casing.

Lingkungan Yang Panas

Paparan sinar matahari langsung akan menyebabkan HP kamu cepat panas. Suhu HP sudah tinggi karena performanya dan juga panas dari luar. Suhu ponsel 2 – 3 kali lebih tinggi dari biasanya.

Selain itu, meletakkan HP di jok mobil juga menyebabkan HP menjadi panas. Suhu yang sangat tinggi dapat merusak HP, bahkan akhir-akhir ini banyak kasus HP yang meledak akibat penempatan HP di jok tersebut.

Sinyal Seluler Lemah

Sinyal seluler yang lemah pada HP dapat memengaruhi performa perangkat, termasuk menyebabkan HP tersebut menjadi panas. Ketika sinyal seluler lemah, HP mungkin berusaha dengan keras untuk tetap terhubung ke jaringan, yang mengakibatkan pemakaian daya yang lebih tinggi.

Pada saat yang sama, aktivitas seperti pencarian sinyal yang lebih kuat dapat meningkatkan penggunaan daya prosesor dan komponen lainnya di dalam HP, yang pada gilirannya dapat menyebabkan HP menjadi panas.

Terdapat Bug Pada Sistem Operasinya

Bug pada sistem operasi HP dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan ponsel cepat panas. Bug tersebut bisa berdampak pada penggunaan daya yang tidak efisien atau pada kinerja komponen perangkat keras tertentu.

Baca Juga :  6 Perbedaan WA Diblokir Dan Tidak Aktif: Ketahui Siapa yang Memblokir Kamu di WA!

Misalnya, bug yang menyebabkan aplikasi atau proses tertentu berjalan secara tidak efisien atau terus-menerus dapat mengakibatkan penggunaan daya yang berlebihan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan HP menjadi panas.

Adanya Bug Pada Aplikasi

Bug pada aplikasi juga dapat menyebabkan HP cepat panas. Bug dalam sebuah aplikasi dapat menyebabkan pemakaian daya yang tidak efisien atau penggunaan sumber daya yang berlebihan, seperti CPU atau GPU.

Misalnya, bug yang menyebabkan sebuah aplikasi terus-menerus melakukan pengambilan data dari internet tanpa henti atau memicu loop tak terbatas dalam proses tertentu bisa mengakibatkan penggunaan daya yang berlebihan dan mempercepat pemanasan HP.

Main Game Dalam Waktu Lama

Penyebab HP Panas Serta Cara Mengatasinya Dengan Mudah
Main Game Dalam Waktu Lama

Memainkan game dalam waktu yang lama dapat menjadi salah satu penyebab HP cepat panas, terutama jika game tersebut membutuhkan banyak daya pemrosesan atau penggunaan baterai yang tinggi.

Selain itu, beberapa game berat seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, Genshin Impact dapat mempengaruhi performa smartphone yang mengakibatkan HP cepat panas.

Menggunakan Charger Palsu

Penyebab HP Panas Serta Cara Mengatasinya Dengan Mudah
Menggunakan Charger Palsu

Menggunakan charger palsu dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan HP cepat panas. Maka dari itu, penyebab HP panas serta cara mengatasinya disarankan untuk selalu menggunakan charger yang disertifikasi oleh produsen HP kamu dan memastikan bahwa charger tersebut sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan.

Live Streaming Terlalu Lama

Penyebab HP Panas Serta Cara Mengatasinya Dengan Mudah
Live Streaming Terlalu Lama

Melakukan live streaming dalam waktu yang lama bisa menyebabkan hp cepat panas. Ini karena live streaming memerlukan penggunaan berkelanjutan dari beberapa komponen perangkat keras ponsel, termasuk CPU, GPU, serta sinyal seluler atau koneksi Wi-Fi.

Penyebab HP panas serta cara mengatasinya disarankan untuk memberi istirahat pada HP kamu secara berkala saat melakukan live streaming, dan pastikan HP kamu memiliki sirkulasi udara yang baik.

Selain itu, memilih resolusi streaming yang lebih rendah atau menggunakan headphone untuk mendengarkan audio live streaming dapat membantu mengurangi beban pada CPU dan GPU HP.

Kecerahan Layar Terlalu Tinggi

Penyebab HP Panas Serta Cara Mengatasinya Dengan Mudah
Kecerahan Layar Terlalu Tinggi

Meningkatkan kecerahan layar, HP akan menggunakan lebih banyak daya untuk menerangi layar. Meskipun peningkatan ini mungkin tidak signifikan dalam hal menciptakan panas tambahan secara langsung, penggunaan daya yang lebih tinggi secara keseluruhan bisa memengaruhi masa pakai baterai dan mungkin menyebabkan HP kamu lebih cepat habis baterainya.

Hp Sedang Mengalami Update Pada Sistem Operasi

Penyebab HP Panas Serta Cara Mengatasinya Dengan Mudah
Hp Sedang Mengalami Update Pada Sistem Operasi

Pembaruan sistem operasi pada hp bisa menyebabkan HP menjadi panas. Ini terjadi karena selama proses pembaruan, HP akan bekerja lebih keras dari biasanya.

Jadi, ya, pembaruan sistem operasi pada HP bisa menjadi salah satu faktor penyebab HP panas serta cara mengatasinya menjadi panas karena memerlukan penggunaan daya dan pemrosesan yang tinggi.

Baca Juga :  10 Cara Menjual Foto Di Shutterstock Untuk Pemula

Beberapa penyebab HP panas serta cara mengatasinya diatas dapat kamu terapkan agar smartphone kamu tetap stabil digunakan.

FAQ: Penyebab HP Panas Serta Cara Mengatasinya

Adapun beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai penyebab HP panas serta cara mengatasinya antara lain sebagai berikut:

Jika HP panas apa yg harus dilakukan?

Setelah kita mengetahui penyebab HP cepat panas, akan lebih mudah untuk memperbaikinya. Faktanya, produsen HP telah mendesain beberapa smartphone agar tidak mudah panas.

Namun, berbagai faktor eksternal dan internal bisa membuat HP lebih cepat panas. Nah, untuk memperbaikinya hal itu, kamu bisa mengatasi hp panas dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  • Pastikan aplikasi yang sudah terinstall di perangkatmu selalu update dengan yang terbaru.
  • Hindari dari paparan sinar matahari langsung ke layar HP.
  • Uninstall dan matikan aplikasi yang bermasalah.
  • Gunakan charger yang original.
  • Matikan sinyal seluler saat lemah dan alihkan ke Wi-Fi.
  • Isi daya HP di tempat yang sejuk.
  • Tutup aplikasi yang tidak digunakan.
  • Sesuaikan tingkat kecerahan pada layar HP.
  • Nyalakan mode pesawat atau airplane mode.
  • Lepas casing pada HP.
  • Batasi penggunaan HP yang berlebihan.
  • Hindari file sampah yang dapat memenuhi kapasitas memori pada HP.
  • Gunakan aplikasi pendingin HP.
  • Jangan pakai HP saat sedang mengisi daya.
  • Matikan GPS dan Bluetooth jika tidak digunakan lagi.

Beberapa penyebab HP panas serta cara mengatasinya diatas dapat kamu terapkan agar smartphone kamu tetap stabil digunakan.

Apa yang menyebabkan HP tiba-tiba panas?

HP tiba-tiba panas bisa disebabkan adanya bug atau malware di dalam aplikasi. Mungkin juga disebabkan oleh panas berlebih yang berasal dari luar perangkat. Dalam kondisi normal, HP menghasilkan panas. Menambahkan panas dari luar dapat menyebabkan HP overheat.

Bagaimana cara mengatasi overheat pada HP?

Cara mengatasi HP menjadi terlalu panas atau overheat paling mudah adalah dengan melepaskan casing HP dan segera mendinginkannya di tempat yang sejuk. Selain itu, kamu juga bisa mengandalkan bantuan dari kipas angin untuk mempercepat HP menjadi normal kembali.

Apa yang dimaksud dengan HP overheat?

HP overheat terjadi ketika suhu internal perangkat smartphone (HP) meningkat secara signifikan melebihi ambang normal. Ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti penggunaan yang berlebihan, lingkungan panas, penggunaan aplikasi yang membutuhkan banyak daya, atau masalah perangkat keras.

Ketika HP overheat, kamu mungkin akan merasakan bahwa perangkat terasa panas saat disentuh, kinerja perangkat dapat melambat, atau bahkan bisa terjadi penurunan daya baterai yang cepat.

Overheat dapat merusak komponen internal perangkat dan bahkan menyebabkan kerusakan permanen jika tidak ditangani dengan cepat.

Akhir Kata

Penyebab HP Panas Serta Cara Mengatasinya
Penyebab HP Panas Serta Cara Mengatasinya

Nah, itulah tadi penyebab HP panas serta cara mengatasinya dengan mudah. HP tiba-tiba panas bisa disebabkan adanya bug atau malware di dalam aplikasi

Selain itu, mungkin juga disebabkan oleh panas berlebih yang berasal dari luar perangkat. Dalam kondisi normal, HP menghasilkan panas. Menambahkan panas dari luar dapat menyebabkan HP menjadi overheat.

Beberapa penyebab HP panas serta cara mengatasinya diatas dapat kamu terapkan agar smartphone kamu tetap stabil digunakan.

Juanda Sidabutar

Manusia biasa yang senang menulis, bermusik, berkelana, dan suka iseng.
Back to top button