Tips

4 Penyebab Kuota Tiba-Tiba Hilang Dan Cara Mengatasinya!

Banyak yang mengeluh kuota tiba-tiba hilang dan bertanya apa penyebab kuota tiba-tiba hilang mungkin diantara kamu juga pernah mengalami kuota tiba-tiba hilang padahal baru diisi beberapa hari dan pemakaiannya pun masih sedikit.

Penyebab Kuota Tiba-Tiba Hilang
Penyebab Kuota Tiba-Tiba Hilang

Baiklah, diartikel kali ini akan dirangkum dan dijelaskan beberapa penyebab kuota tiba-tiba hilang. Mari disimak hingga selesai agar tidak ketinggalan infonya.

Penyebab Kuota Tiba-Tiba Hilang

Sebenarnya kuota tiba-tiba hilang belum pernah terjadi namun jika kuota tiba-tiba berkurang dengan drastis sudah ada beberapa kasus, dan hal tersebut disebabkan oleh beberapa penyebab kuota tiba-tiba hilang berikut ini:

Kuota Di Curi

Penyebab kuota tiba-tiba hilang yang pertama adalah adanya kemungkinan kuota kamu di ambil oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Maksudnya diambil disini adalah orang tersebut transfer kuota kamu ke nomor dia sehingga kuota kamu tiba-tiba hilang atau berkurang.

Untuk itu berhati-hatilah jangan memberikan kode Hp kamu ke siapapun yang tidak bisa dipercaya agar kuota dan data-data di Hp kamu aman.

Pemakaian Tak Wajar

Nah, penyebab kuota tiba-tiba hilang selanjutnya adalah oleh pemakaian yang tidak wajar atau berlebih, saat kamu baru saja mengisi kuota dan tiba-tiba berkurang memang sering terjadi hal itu dikarenakan kemungkinan kuota kamu aktif untuk aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan pada Hp kamu.

Baca Juga :  Cek Tagihan PDAM Medan: Bayar Dapat Cashback 50%

Untuk itu, pastikan kamu mengaktifkan kuota ke aplikasi-aplikasi yang kamu gunakan untuk menghemat kuota kamu, jika aplikasi itu tidak penting kamu tidak perlu mengaktifkan kuota kesana.

Masa Aktif Kuota Habis

Penyebab kuota tiba-tiba hilang juga biasanya dikarenakan oleh masa aktif kuota kamu sudah habis, untuk itu diperlukan untuk selalu cek masa aktif kuota untuk memastikan bahwasanya kuota kamu masih panjang atau tidak.

Kartu Dalam Masa Tenggang

Nah, kartu dalam masa tenggang sebenarnya juga adalah salah satu penyebab kuota tiba-tiba hilang atau tidak bisa digunakan lagi. Pastikan kartu telepon atau kartu kuota kamu masih aktif dan tidak dalam masa tenggang agar kasus kehilangan atau kuota tidak bisa digunakan tidak terjadi lagi.

Cara Mengatasi Kuota Tiba-Tiba Hilang

Jika ada penyebab kuota tiba-tiba hilang maka tentunya akan ada cara mengatasinya, nah berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi kuota kamu yang tiba-tiba hilang atau berkurang:

Cek Masa Aktif Kuota

Masa Aktif

Cara yang pertama untuk mengatasi kuota tiba-tiba hilang adalah dengan rutin cek masa aktif kuota untuk memastikan bahwasanya kuota kamu masih berjalan atau tidak karena biasanya tidak semua kuota selalu mengikuti masa aktif kartu.

Cek Masa Aktif Kartu

Masa Aktif Kartu

Cara kedua untuk mengatasi kuota tiba-tiba hilang adalah dengan memastikan masa aktif dari kartu telepon yang kamu gunakan untuk internetan, jika masa aktif habis atau dalam masa tenggang silahkan langsung perpanjang agar kuota kamu bisa digunakan kembali.

Baca Juga :  3 Cara Berbelanja di TikTok Shop, Bisa Gratis Ongkir

Gunakan Kuota Seperlunya

Gunakan kuota seperlunya ini maksudnya adalah matikan penggunaan data pada setiap aplikasi yang tidak digunakan, misalnya ke playstore, galeri dan sebagainya. Jika kamu hendak istirahat ada baiknya matikan data seluler kamu juga.

Amankan Hp Dari Pihak Ketiga

Cara yang terpenting untuk mengatasi kuota yang tiba-tiba hilang adalah dengan mengamankan Hp kamu dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab, jangan memberikan akses Hp kamu dengan mudah kepada orang lain.

Cara Mengecek Masa Aktif Kuota

Cara cek masa aktif kuota sangat mudah dan tidak ribet, jika kamu masih bingung berikut ini adalah beberapa cara mengecek masa aktif kuota kamu:

Cek menggunakan Dial/USSD Panggilan

Jika ingin cek masa aktif kuota kamu bisa gunakan dial panggilan di Hp kamu sesuai dengan kode dial kartu yang kamu gunakan, maka otomatis akan muncul sisa kuota beserta masa aktif kuota kamu.

Cara Cek Kuota Melalui Dial/Ussd Panggilan

  • Kartu Telkomsel 
  1. Buka aplikasi Telepon di Hp kamu
  2. Ketik kode dial *888#, tekan tombol Panggil
  3. Balas dengan nomor yang menunjukkan menu Cek Pulsa & Kuota
  4. Masukkan nomor yang ditampilkan pada menu Cek Kuota
  5. Pilih menu Cek Kuota Internet
  6. Terakhir, akan ada SMS dari operator Telkomsel tentang sisa kuota kamu
  • Kartu XL
  1. Buka aplikasi Telepon di Hp kamu
  2. Masukkan kode dial XL *808# lalu tekan panggil
  3. Pilih opsi INFO
  4. Pilih menu Info Kartu XL-ku
  5. Masukkan angka pada opsi Cek Kuota
  6. Pilih paket internet XL yang akan dicek sisa kuotanya
  7. Tunggu beberapa saat hingga informasi sisa kuota dan masa berlaku paket ditampilkan
  • Kartu Axis
  1. Buka aplikasi Telepon di Hp kamu
  2. Masukkan kode dial XL *808# lalu tekan panggil
  3. Pilih angka untuk cek kuota
  4. Pilih berikutnya, maka sisa kuota akan tertera dilayar HP kamu
  • Kartu Tri
  1. Buka aplikasi Telepon di Hp kamu
  2. Ketik *111# atau *123# dan tekan panggil
  3. Tekan angka 4 untuk memilih cek kuota
  4. Pilih 2 untuk memilih menu kuota data
  5. Pilih 1 untuk memilih menu cek kuota
  6. Pilih jenis paket internet yang ingin kamu cek yang sesuai dengan paket internetmu
  7. Maka akan muncul info sisa kuota kamu
  • Kartu Indosat/Im3
  1. Buka aplikasi Telepon di Hp kamu
  2. Ketik *123# dan tekan panggil
  3. Nantinya akan muncul beragam menu informasi Indosat Ooredoo
  4. Lalu, Ketik menu “22 Info”
  5. Dan Pilih menu “1 Cek Kuota”
  6. Kemudian Pilih “Paket Internet”
  7. Maka sisa kuota paket internet kamu akan tertera dilayar Hp kamu
Baca Juga :  Kenapa Token Listrik Gagal Padahal Sudah Benar? Cek Disini!

Cek Menggunakan Aplikasi Kartu Yang Digunakan

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi yang sesuai dengan kartu yang kamu gunakan, misalnya kamu menggunakan kartu Xl untuk internetan maka silahkan kamu download aplikasi myxl dari playstore kemudian login dengan nomor Xl kamu. Maka otomatis jumlah kuota dan masa aktifnya akan tertera disana.

Cek Di Sampul Kartu

Jika kamu membeli kartu baru maka kamu bisa langsung lihat masa aktif kartu kuota tersebut di sampul kartu yang kamu beli atau bertanya pada spg kartunya.

Apakah Kuota Akan Hangus Jika Di Isi Kuota Baru?

Banyak orang yang ingin mengisi kuota baru saat kuota masih ada namun takut kuota yang masih ada akan hangus. Nah, perlu diketahui bawasanya kuota tidak akan hangus jika kamu isi kembali dengan kuota baru namun pastikan Hp kamu aman dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab agar kuota kamu yang beru tersebut tidak diambil.

Jadi tidak perlu khawatir jika kamu ingin mengisi kuota baru namun pastikan kamu cek dulu masa aktif kuota sebelum melakukan pembelian kuota baru. Ingat, Masa berlaku tambahan kuota akan mengikuti masa berlaku paket bulanan yang dibeli sebelumnya.

Akhir Kata

Penyebab Kuota Tiba-Tiba Hilang
Penyebab Kuota Tiba-Tiba Hilang

Sebenarnya kasus kuota tiba-tiba hilang sangatlah ajrang bahkan hampir tidak pernah terjadi malahan yang banyak terjadi adalah kuota tiba-tiba berkurang tidak langsung hilang. Namun, jika kamu mengalami kuota yang tiba-tiba hilang maka penjelasan tentang penyebab kuota tiba-tiba hilang diatas bisa kamu jadikan pedoman untuk mengatasinya. See you<3

Back to top button