Ragam

5 Perbedaan CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah Wajib Kamu Ketahui!

Mengetahui perbedaan CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah dapat membantu anda untuk memilih untuk menggunakan layanan perbankan mana yang lebih baik dan dapat memenuhi sesuai dengan kebutuhan anda.

CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah merupakan dua entitas perbankan yang masing-masing memiliki prinsip yang berbeda dalam menyediakan layanan keuangan bagi nasabahnya. Nah, apa sajakah perbedaan CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah? Temukan jawabannya dalam penjelasan selengkapnya dibawah ini!

Sekilas Tentang CIMB Niaga

Logo CIMB Niaga
Sumber: wikimedia.org/ Logo CIMB Niaga

CIMB Niaga adalah salah satu bank terbesar di Indonesia, yang telah beroperasi dari sejak tahun 1955. Bank ini telah dikenal luas oleh masyarakat sebagai penyedia produk dan layanan berkualitas yang terpercaya. CIMB Niaga menjadi salah satu Bank di Indonesia yang pertama kali menawarkan nasabahnya layanan perbankan melalui mesin ATM dan juga layanan perbankan online.

Awalnya nama Bank ini adalah “Bank Niaga” Namun pada tahun 2008 diubah menjadi CIMB Niaga. CIMB merupakan singkatan dari Commerce International Merchant Bankers, dan Niaga artinya adalah perdagangan. Namun sebelumnya, pada tahun 2004 bank ini membentuk unit usaha Syariah untuk dapat menyediakan layanan perbankan dengan prinsip syariah.

Perbedaan CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah

Setelah mengenal sedikit perjalanan singkat dari bank CIMB Niaga, selanjutnya kita akan masuk ke inti pembahasan kita dalam artikel ini yaitu “perbedaan CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah”

Baca Juga :  Opera Mini Versi Lama Anti Blokir 2024: Browsing Super Cepat Tanpa Iklan, Download Disini!
Perbedaan CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah
Perbedaan CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah

Berikut kami jelaskan beberapa perbedaan CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah yang paling mencolok:

  • Perbedaan dari segi pengertiannya

Pertama, perbedaan CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah di lihat dari segi pengertiannya. CIMB Niaga merupakan bank Niaga yang menyediakan layanan perbankan konvensional mengikuti prinsip perbankan yang umumnya ditemukan. Sedangkan CIMB Niaga Syariah adalah anak dari perusahaan CIMB Niaga yag menyediakan layanan perbankan berdasarkan prinsip-prinsip syariah Islam.

  • Produk dan Layanan

Di lihat dari segi produk dan layanan yang disediakan, CIMB Niaga menyediakan produk dan layanan perbankan konvensional, seperti tabungan, deposito, pinjaman dengan bunga, dan produk-produk lainnya yang umum ditemukan pada bank lainnya.

Sedangkan CIMB Niaga Syariah menawarkan produk dan layanan perbankan Syariah, termasuk tabungan, pembiayaan dan investasi yang berbasis syariah atau sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.

  • Prinsip Dasar

Operasional CIMB Niaga didasarkan pada prinsip perbankan yang melibatkan sistem bunga, baik pada pembiayaan maupun peminjaman. Sedangkan pada CIMB Niaga Syariah melarang keras segala jenis transaksi yang melibatkan bunga (riba).

Dengan kata lain, bank CIMB Niaga Syariah yang berpegang pada prinsip ekonomi islam, menghindari segala bentuk praktik yang berkaitan dengan dunia bisnis.

  • Tujuan dan Nilai

Layaknya seperti Bank pada umumnya, CIMB Niaga konvensional berfokus pada profitabilitas dan keuntungan bagi pemegang saham. Sedangkan CIMB Niaga Syariah memiliki tujuan yang mendukung prinsip-prinsip ekonomi Islam seperti keadilan dan keberlanjutan.

  • Pengawasan dan Sertifikasi

Bagian terakhir dari perbedaan CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah dilihat dari segi pengawasan dan sertifikasi. CIMB Niaga diawasi oleh otoritas perbankan konvensional dan harus mematuhi peraturan perbankan pada umumnya.

Baca Juga :  15+ Rekomendasi Merk Mesin Cuci Langsung Kering, Tanpa Dijemur

Sedangkan CIMB Niaga Syariah diawasi oleh otoritas khusus dalam perbankan syariah, yang wajib memenuhi standar syariah yang ditetapkan oleh badan dewan syariah/ Islam.

Keuntungan dan Kerugian CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah

Tak sedikit orang yang kebingungan memilih antara CIMB Niaga atau CIMB Niaga Syariah. Salah satu cara terbaik agar dapat menemukan pilihan terbaik dari antara keduanya adalah dengan mengetahui keuntungan dan kerugiannya masing-masing.

Keuntungan dan Kerugian CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah
Keuntungan dan Kerugian CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah

Oleh karena itu, berikut kami tunjukkan sejumlah keuntungan dan kerugian dari CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah.

Keuntungan dan Kerugian CIMB Niaga

Ada beberapa keuntungan dan kerugian dari penggunaan CIMB Niaga, diantaranya adalah sebagai berikut:

Keuntungan penggunaan CIMB Niaga:

  1. Ruang lingkup layanan yang luas: CIMB Niaga menawarkan berbagai produk dan layanan yang lebih banyak, termasuk tabungan, deposito, kredit, dan berbagai layanan perbankan lain yang umum ditemui pada bank konvensional.
  2. Mudah diakses: CIMB Niaga memiliki jaringan cabang dan ATM yang luas, yang memudahkan nasabahnya untuk dapat mengakses layanan perbankan di berbagai lokasi.
  3. Bunga dan keuntungan: Beberapa produk seperti deposito dapat memberikan keuntungan kepada nasabah berupa bunga.
  4. Inovasi teknologi: CIMB Niaga pada umumnya sama seperti bank konvensional lainnya yang menyediakan layanan perbankan online dan mobile, yang dapat meningkatkan efisiensi dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi para nasabah.

Kerugian penggunaan CIMB Niaga:

  1. Bunga dan biaya tambahan: Produk CIMB Niaga seperti pinjaman dapat melibatkan pembayaran bunga dan biaya tambahan bagi para nasabahnya.
  2. Perubahan regulasi perbankan dapat berpengaruh terhadap layanan konvensional serta biaya terkait, termasuk bunga.

Keuntungan dan Kerugian CIMB Niaga Syariah

CIMB Niaga Syariah juga memiliki beberapa keuntungan dan kerugian, seperti:

Baca Juga :  8 Cara Menjadi Distributor Minyak Goreng Langsung Dari Pabrik

Keuntungan penggunaan CIMB Niaga Syariah:

  1. Bunga dan biaya tambahan lainnya ditiadakan: CIMB Niaga Syariah berpegang pada prinsip-prinsip syariah Islam yang melarang adanya bunga dan transaksi yang tidak etis atau sesuai dengan prinsip Islam.
  2. Memegang prinsip keadilan: CIMB Niaga Syariah menekankan keadilan dalam transaksi keuangan dalam semua produk dan layanannya.

Kerugian penggunaan CIMB Niaga Syariah:

  1. Keterbatasan cabang dan jaringan ATM: Berbeda dengan CIMB Niaga konvensional, CIMB Niaga Syariah memiliki cabang dan jaringan ATM yang lebih sedikit yang dapat mengakibatkan keterbatasan aksesibilitas.
  2. Produk dan layanan yang terbatas: Produk dan layanan yang ditawarkan oleh CIMB Niaga Syariah umumnya terbatas. Tidak seperti CIMB Niaga konvensional yang menyediakan semua layanan perbankan yang umum ditemui.
  3. Kurang mendukung jika digunakan untuk menabung: Sesuai dengan prinsipnya yang berpegang pada etika Islam, yang mana bunga ditiadakan sehingga kurang mendukung jika digunakan untuk deposito atau menabung.

Lebih Bagus CIMB Niaga atau CIMB Niaga Syariah?

Lebih Bagus CIMB Niaga atau CIMB Niaga Syariah
Lebih Bagus CIMB Niaga atau CIMB Niaga Syariah

Pilihan antara CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah tergantung pada preferensi masing-masing pribadi dan kebutuhan nasabah. Jika anda kesulitan untuk memilih antara keduanya (CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah), penjelasan terkait keuntungan dan kerugian CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah yang telah kami tampilkan diatas mungkin bisa membantu anda untuk mengambil keputusan atau pilihan yang tepat sesuai dengan kebutuhan anda.

Kesimpulan dari Perbedaan CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah

Dari penjelasan diatas secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa perbedaan CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah yaitu:

CIMB Niaga menawarkan ruang lingkup layanan yang luas dengan potensi keuangan dari bunga, sedangkan CIMB Niaga Syariah menonjolkan kepatuhan syariah dan prinsip keadilan dalam transaksi keuangan, yang mana bunga ditiadakan (tidak mengandung unsur bisnis).

Akhir Kata

Perbedaan CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah
Perbedaan CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah

Dalam memilih antara CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah, penting bagi nasabah untuk memahami masing perbedaan CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah.

Jika anda merasa kesulitan untuk memilih antara kedua layanan perbankan tersebut, maka anda bisa memperhatikan kembali penjelasan tentang keuntungan dan kerugian dari penggunaan CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah.

Back to top button