Ragam

12+ Urutan Tingkatan Processor AMD Dari Rendah Ke Tinggi

Tingkatan processor amd dari rendah ke tinggi dimulai dari tahun 1975 sampai saat ini. Namun hal tersebut pasti akan sangat beragam dan banyak, apalagi saat ini amd sudah mencapai inovasi terbaru.

Sejak pertama meluncur AMD sudah memberikan banyak sekali jenis processor untuk kebutuhan perangkat komputer. Tentu akan banyak jenis tingkatan processor amd dari rendah ke tinggi.

Beragam jenis processor AMD yang banyak diminati saat ini baik itu untuk kebutuhan smartphone, tv, digital dan console game.

Karena Processor adalah komponen penting komputer untuk menjalankan perintah pemrosesan. Ibaratnya sebuah jantung pada tubuh manusia.

Nah agar wawasan para pembaca semakin luas. Artikel ini tanpa kesengajaan dibuat untuk mengenalkan dan mengulas tingkatan processor amd dari rendah ke tinggi.

Sekilas Tentang Processor Amd

Sekilas Tetang Processor Amd
Sekilas Tetang Processor Amd

Prosesor Advanced Micro Devices (AMD) merupakan prosesor komputer yang dirancang dan diproduksi langsung oleh AMD. Perusahaan khusus semikonduktor dan teknologi dari Amerika.

Prosesor AMD dulu hanyalah sebuah versi tiruan dari Intel. Namun sejak tahun 1996 perusahaan ini secara resmi menggunakan desain sendiri.

AMD mengutamakan memproduksi unit pemrosesan pusat (CPU) agar dapat untuk bersaing dengan lawannya dari Intel yang sudah jauh lebih besar dan terkenal.

Seperti yang kita ketahui Prosesor AMD digunakan untuk perangkat lunak yang sama dengan prosesor Intel, akan tetapi bukan dalam motherboard yang sama.

Tahukah anda bahwa Prosesor AMD generasi terbaru juga bertujuan untuk menggabungkan antara CPU dan Prosesor Grafis menjadi satu chip.

Daftar Tingkatan Processor Amd Dari Rendah Ke Tinggi

Daftar Tingkatan Processor Amd Dari Rendah Ke Tinggi
Daftar Tingkatan Processor Amd Dari Rendah Ke Tinggi

Beberapa jenis tingkatan processor amd dari rendah ke tinggi harus anda ketahui sebagai seorang yang tenggelam dalam bidang IT dan teknologi.

Informasi mengenai update perkembangan tingkatan processor amd dari rendah ke tinggi ini sangat berguna ketika anda akan merakit sebuah PC baru.

Ketika anda sedang memilih laptop atau merakit PC. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah spesifikasi nya, tentu saja berbicara mengenai spesifikasi erat kaitannya dengan processor yang nanti akan digunakan.

Wajar saja spesifikasi processor dalam laptop atau PC setiap tahunnya akan di perbaharui dengan generasi terbaru. Oleh sebab itu yuk ketahui dulu tingkatan processor amd dari rendah ke tinggi.

1. AMD K5

1. AMD K5
1. AMD K5

AMD K5 merupakan prosesor x86 pertama dari AMD dikembangkan hanya dari rumah. Kemudian diperkenalkan tepatnya pada bulan Maret Tahun 1996.

AMD K5 menjadi prosesor amd tingkatan processor amd dari rendah ke tinggi yang pertama. Sewaktu produksi, AMD dengan sengaja menjiplak atau meniru dari lawannya yaitu pihak intel.

Oleh karena itu apapun jenis prosesor yang di keluarkan oleh amd akan selalu support dengan hardware dan aplikasi yang dikeluarkan oleh intel.

AMD K5 menjadi salah satu desain yang paling ambisius. Walaupun pada akhirnya produk akhir mirip dengan Pentium dalam hal kinerja dalam hal percepatan.

Baca Juga :  10 Distributor Pabx Nec Termurah dan Terlengkap Di Indonesia

2. AMD K6

2. AMD K6
2. AMD K6

Prosesor AMD K6 adalah jenis prosesor generasi ke-6 yang dilengkapi dengan peforma tinggi agar dapat di instalasi pada motherboard yang mendukung Intel Pentium.

AMD K6 tingkatan processor amd dari rendah ke tinggi yang kedua dan pertama kali dikeluarkan oleh AMD tepatnya ada pada tahun 1997.

Memiliki kelebihan khusus dan dirancang sesuai dengan desain yang ada pada CPU merk Pentium.

Kemudian dipasarkan sebagai produk yang bisa bekerja sebaik dan setara dengan Intel Pentium II. Namun dijual dengan harga yang jauh lebih rendah.

Sehingga AMD K6 memberikan dampak serius dan cukup mempengaruhi di pasar PC dan juga menghadirkan persaingan panas bagi Intel.

3. AMD Duron

3. AMD Duron
3. AMD Duron

Tingkatan processor amd dari rendah ke tinggi ketiga adalah AMD Duron. AMD Duron menjadi generasi ketiga dari perkembangan processor AMD.

AMD Duron adalah jenis prosesor dengan harga murah dan terjangkau yang dikenal pada era tahun 2000 an. AMD Duron juga tidak kalah hebat dengan AMD Athlon dengan kinerja processor yang hampir mirip.

AMD Duron Dirilis pada tanggal 19 Juni 2000 dan menawarkan harga yang lebih rendah demi melengkapi bagian lini prosesor Athlon pada kinerja arus utama AMD.

Duron juga bersaing dengan prosesor Intel Pentium III disusul Celeron dari asal pembuat chip saingan nya. Kemudian nama Duron pensiun di tahun 2004 dan diganti oleh prosesor Sempron.

4. AMD Athlon

4. AMD Athlon
4. AMD Athlon

AMD Athlon menjadi pengganti dari mikroprosesor yaitu seri AMD K6. Kemudian sedikit demi sedikit melengserkan Intel sebagai pemimpin pasar industri mikroprosesor.

Tingkatan processor amd dari rendah ke tinggi AMD telah menggunakan nama Athlon selama bertahun-tahun dengan arsitektur 64-bit Athlon 64, Athlon II, dan chip Accelerated Processing Unit (APU).

Prosesor AMD Athlon juga bisa dijadikan sebagai prosesor system multiprosesor sama seperti prosesor generasi keenam intel (P6).

Athlon dengan basis Zen modern prosesor Radeon Graphics kemudian diperkenalkan tahun 2019 sebagai prosesor entry-level AMD dengan performa tertinggi.

5. AMD Athlon 64

5. AMD Athlon 64
5. AMD Athlon 64

Tingkatan processor amd dari rendah ke tinggi kelima Athlon 64 adalah mikroprosesor generasi kesembilan yang diproduksi oleh Advanced Micro Devices dan dirilis pada 23 September 2003.

Prosesor AMD Athlon 64 memiliki 3 variant socket dalam bentuk yg berbeda. Mulai dari socket 754, 939, dan 940. Socket 754 memiliki kontroler memori untuk mendukung memori DDR kanal tunggal.

Socket 939 memiliki kontroler memori untuk mendukung memori kanal ganda. AMD Athlon 64 menjadi Prosesor pertama dengan kompatibel dengan komputasi 64 bit.

6. AMD Athlon 64 FX

6. AMD Athlon 64 FX
6. AMD Athlon 64 FX

Tingkatan processor amd dari rendah ke tinggi selanjutnya adalah AMD Athlon 64 FX. Prosesor yang memiliki 3 karakter penting dan utama di dalam sebuah perangkat, apa saja ?

  • AMD Athlon 64 FX dapat bekerja pada system operasi dan aplikasi 32 bit hingga 64 bit dengan full speed.
  • AMD Athlon 64 FX memberikan anti virus yang dinamakan dengan Ehanced Virus Protection.
  • AMD Athlon 64 FX sangat cocok untuk pengguna PC dan untuk kebutuhan Video-Audio (multimedia) khususnya untuk para gamers.

Fitur- Fitur AMD Athlon 64 FX

  • HyperTransport Technology
  • 3DNow Profesional+SSE 2 Instruction
  • On-Die cache memory sebesar 1152KB

7. AMD Sempron

7. AMD Sempron
7. AMD Sempron

AMD Sempron merupakan jajaran prosesor yang sudah diperkenalkan oleh AMD pada tahun 2004 silam sebagai pengganti prosesor AMD Duron khusus pada pasar komputer murah.

Gunanya agar dapat bersaing dengan prosesor Intel yaitu Celeron D. AMD. AMD Sempron juga terbagi menjadi 2 jenis yaitu yaitu AMD Sempron soket A dan AMD Sempron Soket 754.

AMD Sempron Versi soket A adalah varian sempron yang dibuat berdasarkan prosesor AMD Athlon XP Thoroughbred. Pasalnya pada saat itu AMD sudah meluncurkan prosesor khusus untuk pasar High-End AMD Athlon 64.

Baca Juga :  10 Kamera DSLR Terbaik dan Termurah 2024

Sedangkan untuk AMD Sempron soket 754 menjadi prosesor Sempron yang dibangun di atas arsitektur AMD64 demi meningkatkan mutu kinerja kecepatan dari AMD Sempron.

8. AMD 64 X2 Dual Core

8. AMD 64 X2 Dual Core
8. AMD 64 X2 Dual Core

Prosesor AMD 64 X2 Dual Core dinyatakan dapat menyaingi pesaing nya yaitu Intel dengan prosesor Core Duo. Dengan basis teknologi 64 bit, amd 64 x2 dual core khusus dibuat untuk kalangan pengguna media digital.

Pendekatan yang digunakan AMD 64 X2 Dual Core adalah kontroler memori DDR yang sepenuhnya telah terintegrasi untuk membantu kecepatan akses pada memori.

AMD 64 X2 Dual Core menyediakan jalur dai prosesor amd 64 x2 dual core langsung masuk ke dalam memori utama. Sehingga memberikan hasil loading aplikasi lebih cepat dari performa aplikasi yg lebih meningkat.

Nah ini dia Efek Samping Mode Hemat Baterai, Jangan Gunakan Setiap Hari.

9. AMD Opteron

9. AMD Opteron
9. AMD Opteron

Prosesor AMD Opteron ini 64 Bit dirilis khusus untuk pasar workstation dan server tepatnya pada musim semi 2003. Prosesor ini dibuat untuk menandingi prosesor Intel Xeon di pasar Workstation dan Itanium pada pasar High-End.

Dibandingkan dengan Intel Xeon yang hanya berbasis mikro arsitektur Intel Netburst. AMD Opteron ini di klaim dapat menang telak jika dilihat dari kinerja yang ditunjukkan pada setiap watt yang digunakan.

Namun hal tersebut masih belum bisa menandingi efisiensi prosesor dari Intel Itanium.

Fitur-Fitur Prosesor AMD Opteron

Prosesor AMD Opteron Quad Core menggunakan 4 inti yang mampu mendukung semua fully buffered DIMM dan menambahkan satu level L3-Chache.

  • Kecepatan mulai dari 1400 MHz – 3000 MHz.
  • Tersedia 3 buah link Hyper Transport masing-masing kecepatan 3200 Mbit/s.
  • Mampu untuk mengakses memori fisik hingga 1 TB.
  • Tersedia varian single-core, dual-core, quad-core
  • Cache level-1 sebesar 128 KB  dan cache level-2 sebesar 1024 KB

10. AMD Turion

10. AMD Turion
10. AMD Turion

AMD Turion adalah merk yang diterapkan oleh AMD yang ditetapkan pada prosesor x86-64 dengan konsumsi daya rendah berbasis kode nama K8L.

Prosesor AMD Turion 64 dan Turion 64 X2 Ultra di klaim mampu bersaing dengan prosesor pesaing nya dari seluler Intel. Yang awalnya prosesor Pentium M dan prosesor Intel Core dan Intel Core 2.

AMD Turion mempunyai 64 bit dengan konsumsi daya rendah. AMD ini ditetapkan dengan nama sandi K8L. AMD Turion 64 dan AMD Turion 64 X2 Ultra bersaing keras dengan prosesor Intel.

Jenis-Jenis AMD Turion

  • AMD Greyhound.
  • AMD dengan seri Quad Core.
  • Turion Ultra II dan Turion II.
  • prosesor AMD Zamora.

11. AMD FM1 + FM2

11. AMD FM1 + FM2
11. AMD FM1 + FM2

Accelerated Processing Unit mengumumkan APUS generasi pertamanya, Dengan generasi kinerja tinggi dan Brazos khusus untuk perangkat daya rendah yang di luncurkan pada bulan Januari 2011 silam.

Kemudian pada generasi kedua Trinity digunakan untuk kinerja tinggi dan Brazos-2 bagi perangkat daya rendah. APU sendiri menggunakan arsitektur yang unik.

Yaitu dengan modul CPU AMD, cache, dan discrete-class graphics processor yang dapat mengolah CPU dan GPU untuk bekerja secara otomatis dan tergantung kebutuhan pada beban kerja.

Simak dan ikuti juga yuk Cara Agar Laptop Tidak Panas Saat Bermain Game.

12. Processor AMD Bulldozer

12. Processor AMD Bulldozer
12. Processor AMD Bulldozer

AMD Bulldozer Family 15h merupakan mikroarsitektur mikroprosesor sebagai lini prosesor FX dan Opteron, yang telah dikembangkan oleh AMD untuk pasar desktop dan server.

Bulldozer sendiri adalah nama kode bagai keluarga mikroarsitektur itu sendiri. Yang dirilis pada tanggal 12 Oktober 2011, sebagai penerus mikroarsitektur dari AMD K10.

AMD Bulldozer dirancang mulai dari nol alias bukan dari pengembangan prosesor yang ada sebelumnya. Bulldozer secara khusus ditujukan pada produk komputasi dengan TDP 10 hingga 125 watt.

Baca Juga :  10 Daftar Barang Yang Wajib Dibeli di Shopee

AMD mengklaim peningkatan efisiensi kinerja per watt paling dramatis di dalam aplikasi komputasi kinerja yang paling tinggi dengan inti Bulldozer.

13. AMD “Zen” Core Architecture

13. AMD "Zen" Core Architecture
13. AMD “Zen” Core Architecture

Tingkatan processor Amd dari rendah ke tinggi terakhir dengan spesifikasi yang paling tinggi adalah AMD “Zen” Core Architecture.

Sangat sulit untuk dipercaya bahwa prosesor AMD Ryzen pertama memangsa pasar tepatnya pada tahun 2017. Dengan mengakuisisi dunia game, produktivitas, kreativitas, dan beragam komputasi lainnya.

Fokus utama yang ditempatkan pada mesin inti AMD Ryzen menjadi lebih baik, yang didukung dengan multi-threading secara bersamaan untuk beban kerja pada masa depan.

Anda juga bisa memilih Rekomendasi Laptop Harga 4 Jutaan Core i5 Terbaik.

Tabel Urutan Dan Jenis-Jenis Tingkatan Processor Amd Dari Rendah Ke Tinggi

Agar memperjelas pembahasan mengenai tingkatan processor amd dari rendah ke tinggi terakhir, anda bisa cek urutan mudahnya melalu tabel yang ada di bawah berikut ini.

Model Series
AMD Am2901 4-bit-slice ALU
Am2902 Look-Ahead Carry Generator
Am2903 4-bit-slice ALU, with hardware multiply
Am2904 Status and Shift Control Unit
Am2905 Bus Transceiver
Am2906 Bus Transceiver with Parity
Am2907 Bus Transceiver with Parity
Am2908 Bus Transceiver with Parity
Am2909 4-bit-slice address sequencer
Am2910 12-bit address sequencer
Am2911 4-bit-slice address sequencer
Am2912 Bus Transceiver
Am2913 Priority Interrupt Expander
Am2914 Priority Interrupt Controller
AMD 29000
AMD 29005
AMD 29027
AMD 29030
AMD 29050
AMD 292xx embedded processor
Non – x86 Am9080 (Intel 8080)
Am29X305 (Signetics 8X305)
AMD Opteron A1100 Series
K5 AMD K5 (SSA5/5k86)
K6 AMD K6 (NX686/Little Foot)
AMD K6-2 (Chompers/CXT)
AMD K6-2-P (Mobile K6-2)
AMD K6-III (Sharptooth)
AMD K6-III-P
AMD K6-2+
AMD K6-III+
K7 Athlon (Slot A) (Argon, Pluto/Orion, Thunderbird)
Athlon (Socket A) (Thunderbird)
Duron (Spitfire, Morgan, Applebred)
Athlon MP
Mobile Athlon 4 (Corvette/Mobile Palomino)
Athlon XP (Palomino, Thoroughbred (A/B), Barton, Thorton)
Mobile Athlon XP (Mobile Palomino)
Mobile Duron
Sempron
Mobile Sempron
AMD 64 Opteron (SledgeHammer)
Athlon 64 FX (SledgeHammer)
Athlon 64 (ClawHammer/Newcastle)
Mobile Athlon 64 (Newcastle)
Athlon XP-M (Dublin)
Sempron (Paris)
Athlon 64 (Winchester)
Turion 64 (Lancaster)
Athlon 64 FX (San Diego)
Athlon 64 (San Diego/Venice)
Sempron (Palermo)
Athlon 64 X2 (Manchester)
Athlon 64 X2 (Toledo)
Athlon 64 FX (Toledo)
Turion 64 X2 (Taylor)
Athlon 64 X2 (Windsor)
Athlon 64 FX (Windsor)
Athlon 64 X2 (Brisbane)
Athlon 64 (Orleans)
Sempron (Manila)
Sempron (Sparta)
Opteron (Santa Rosa)
Opteron (Santa Ana)
Mobile Sempron
AMD Opteron Opteron Barcelona
Phenom FX
Phenom X4 9-series
Phenom X3 8-series
Athlon 6-series
Athlon 4-series Kuma
Athlon X2 Rana
Sempron Spica
Opteron Budapest
Opteron Shanghai
Opteron Magny-Cours
Phenom II
List of AMD Phenom processors
Athlon II
Turion II Caspian
AMD Bulldozer Zambezi Bulldozer core
Vishera Piledriver core
Interlagos Opteron Bulldozer core
Kaveri Steamroller core
Carrizo Excavator core
Bristol Ridge DDR4
Zen Summit Ridge Ryzen 1000 series (desktop)
Whitehaven Ryzen Threadripper 1000 series (desktop)
Raven Ridge Ryzen 2000 APU series with RX Vega (desktop & laptop)
Zen+ Naples Epyc (server)
Pinnacle Ridge Ryzen 2000 series (desktop)
Colfax Ryzen Threadripper 2000 series (desktop)
Zen 2 Picasso Ryzen 3000 APU series with RX Vega (desktop & laptop)
Matisse Ryzen 3000 series (desktop)
Castle Peak Ryzen Threadripper 3000 series (desktop)
Renoir Ryzen 4000 APU series with RX Vega (desktop & laptop)
Lucienne Ryzen 5000 APU series (laptop)
Rome Epyc (server)
Mendocino Ryzen 7020 APU series (laptop)
Zen 3 Vermeer Ryzen 5000 series (desktop)
Chagall Ryzen Threadripper 5000 series (desktop)
Cezanne Ryzen 5000 series (desktop & laptop)
Milan Epyc (server)
Milan-X Epyc (server)
Barceló Ryzen 5000 series (laptop)
Barceló-R Ryzen 7030 series (laptop)
Zen 3+ Rembrandt Ryzen 6000 series (laptop)
Rembrandt-R Ryzen 7035 series (laptop)
Zen 4 Raphael Ryzen 7000 series (desktop)
Genoa Epyc (server)
Dragon Range Ryzen 7045 series (laptop)
Phoenix Ryzen 7040 series (laptop)

Penutup

Tingkatan Processor Amd Dari Rendah Ke Tinggi
Tingkatan Processor Amd Dari Rendah Ke Tinggi

Nah gaes itu dia rincian lengkap mengenai tingkatan processor amd dari rendah ke tinggi terakhir. Anda bisa mengetahui update prosesor lainnya dengan mengunjungi AMDA. Anda dapat menggunakan mana prosesor dengan model yang ingin anda gunakan pada perangkat anda sendiri.

Irfan Nathanael

"The Only Easy Day was Yesterday"
Back to top button