Ragam

10 Software Akuntansi Gratis Excel untuk Membantu Pengelolaan Bisnis

Sebagai salah satu upaya untuk mencegah terjadinya kesalahan dalam pembukuan keuangan bisnis, diperlukan adanya software akuntansi gratis Excel yang berkualitas terbaik.

Dengan menggunakan software aplikasi pendukung gratis satu ini, maka akan memudahkan Anda dalam mengelola bisnis yang di jalankan. Lantas apa saja kira-kira pilihan software akuntansi Excel berkualitas dan gratis untuk digunakan, simak ulasan menariknya di artikel berikut.

Daftar Pilihan Software Akuntansi Gratis Excel Berkualitas

Daftar Pilihan Software Akuntansi Gratis Excel Berkualitas
Daftar Pilihan Software Akuntansi Gratis Excel Berkualitas

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda tentu sudah pernah atau bahkan sering mendengar yang namanya software akuntansi gratis Excel, bukan? Ya, software aplikasi berbasis web maupun mobile satu ini, umumnya di rancang sedemikian rupa untuk membantu para pengguna dalam memudahkan melakukan fungsi-fungsi akuntansi di dalamnya.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi ini, para pengguna akan lebih mudah dalam mengelola bisnis yang dijalankannya untuk menerbitkan laporan yang berhubungan dengan masalah finansial secara otomatis. Tidak hanya itu saja, hadirnya software aplikasi akuntansi sendiri juga memiliki peranan utama untuk mengelola data keuangan dan laporan secara akurat.

Oleh sebab itulah, tidak heran jika software satu ini banyak diminati oleh kalangan masyarakat, khususnya bagi para pebisnis di Indonesia. Sebelum menggunakan software akuntansi satu ini, Anda sebaiknya mengenal terlebih dahulu beberapa kelebihan dan kekurangan dari software aplikasi tersebut sebagai bahan pertimbangan.

Kelebihan Software Aplikasi Akuntansi Excel Kekurangan Software Aplikasi Akuntansi Excel
Melakukan pemantauan data keuangan secara real time. Penggunaan software akuntansi kurang dipahami oleh generasi tua.
Memudahkan pengguna dalam mengatur penggunaan software aplikasi sesuai kebutuhan. Lebih rentan mengalami kesalahan sistem.
Sebagai reminder yang solusi untuk kas pengeluaran bisnis. Perlu koneksi jaringan internet stabil.
Proses memasukkan data lebih mudah dan praktis. Butuh pembaruan dan pemeliharaan software perangkat lunak.
Menampilkan hasil perhitungan yang lebih cepat dan akurat.
Dapat menghemat waktu penggunaan.
Menawarkan jaminan keamanan data dan informasi unggulan bagi pengguna.

Setelah tadi mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan, Anda tentunya penasaran bukan mengenai apa saja kira-kira pilihan software akuntansi gratis Excel  yang bisa digunakan untuk membantu mengelola bisnis? Karena itulah, di penjelasan berikut akan kita ulas mengenai beberapa contoh software aplikasi akuntansi Excel yang bisa digunakan secara gratis dan pastinya menawarkan layanan unggulan.

  • Wave Accounting

    Wave Accounting
    Wave Accounting

Salah satu software akuntansi gratis Excel yang bisa anda gunakan, yakni ada Wave Accounting yang menawarkan akses kemudahan dalam penggunaannya. Di dalam aplikasi ini, Anda nantinya akan menemukan beragam fitur yang cukup lengkap untuk memudahkan dalam melakukan berbagai kebutuhan.

Baca Juga :  5 Manfaat Makan Tempe Mentah untuk Kesehatan Tubuh

Yakni mulai dari mengelola keuangan bisnis, menerima pembayaran sampai dengan menerima tanda terima dari klien secara tepat waktu. Tidak hanya itu saja, aplikasi akuntansi satu ini juga akan membantu Anda dalam melakukan pelacakan mengenai pendapatan dan pengeluaran keuangan secara akurat dan otomatis.

Dengan menggunakan software aplikasi Wave Accounting, Anda juga bisa mengirim invoices dan perkiraan tanpa batas dengan klien. Yang mana, hal ini akan dapat membantu memastikan pembayaran yang dilakukan lebih tepat waktu dengan penggunaan aplikasi akuntansi gratis dan berkualitas.

  • Zoho Invoice

Berikutnya, Anda juga bisa menggunakan rekomendasi software aplikasi akuntansi gratis Excel bernama Zoho Invoice. Yang mana, penggunaan aplikasi akuntansi gratis dan berkualitas satu ini dapat membantu Anda mengelola alur kerja invoice.

Aplikasi Zoho Invoice ini juga turut menawarkan fitur pelacakan waktu biaya, template invoice dan ada juga mengenai pelaporan pengeluaran, sehingga akan menjadikan tugas yang berkaitan manajemen proyek dan penagihan lebih mudah.

Tidak hanya itu saja, software akuntansi gratis Excel Zoho Invoice juga turut menghadirkan fitur lain yang terbilang sangat bermanfaat bagi para pengguna. Fitur yang dimaksud disini, yakni ada fitur Inventaris dan tagihan e-Way serta invoice GST dengan GSTIN.

Bahkan, software aplikasi akuntansi gratis Excel ini juga menyediakan fitur portal klien yang berguna untuk memudahkan interaksi pengguna dengan para pelanggan.

Baca Juga: 10 Cara Pinjam Uang di Bank Jago Mudah dan Cepat

  • GnuCash

Berada di bawah naungan GNU GPL, GnuCash menjadi salah satu software akuntansi gratis Excel pribadi dan bisnis kecil yang sudah berlisensi resmi. Dalam hal ini, GnuCash sendiri sudah tersedia di berbagai sistem operasi PC / komputer, salah satunya Microsoft Windows.

Hadir dengan desain yang kuat dan sangat fleksibel, menjadikan software aplikasi akuntansi satu ini sangat mudah untuk dioperasikan oleh para pengguna. Penggunaan aplikasi akuntansi ini sendiri, berguna untuk memudahkan para pengguna dalam melakukan pelacakan rekening, saham dan income maupun expenses bisnis yang dijalankannya.

Dengan mengutamakan prinsip akuntansi yang berkualitas dan profesional, menjadikan GnuCash ini mampu memberikan jaminan keseimbangan pembukuan dan keakuratan laporan keuangan. Tidak heran, jika aplikasi ini cukup diminati oleh kalangan masyarakat, khususnya bagi para pebisnis.

  • Freshbooks

    Freshbooks
    Freshbooks

Pilihan software aplikasi akuntansi gratis Excel lain yang juga tidak kalah populer digunakan dalam membantu pengelolaan bisnis, yakni ada Freshbooks. Diketahui, aplikasi akuntansi berbasis cloud satu ini berasal dari negara Kanada dengan menawarkan akses kemudahan dalam sistem pengoperasian nya bagi para pengguna.

Baca Juga :  11 Merk Yogurt Terbaik Untuk Penderita Asam Lambung Akut

Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur pelacakan pendapatan secara otomatis dan pastinya akurat. Dan yang menariknya lagi, aplikasi Freshbooks ini juga bisa digunakan oleh pengguna dalam melakukan pengaturan faktur pajak untuk semua project yang sedang berlangsung.

Bahkan dengan adanya fitur layanan invoice, time tracking, reporting (laporan) sampai dengan pengeluaran keuangan, menjadikan aplikasi Freshbooks cocok digunakan untuk mengelola bisnis Anda dengan mudah dan cepat.

  • Akuntansi UKM – Money Manager

    Akuntansi UKM – Money Manager
    Akuntansi UKM – Money Manager

Penggunaan software akuntansi gratis Excel Akuntansi UKM – Money Manager ini, bisa Anda gunakan untuk memudahkan dalam melakukan pencatatan penjualan usaha kecil. Hal ini dikarenakan, aplikasi akuntansi satu ini memang digunakan untuk membantu para pengguna untuk kebutuhan secara pribadi maupun bisnis.

Meskipun dikenal sebagai aplikasi akuntansi gratis, namun Akuntansi UKM – Money Manager satu ini menawarkan fitur yang cukup lengkap. Yang mana, hal ini bisa Anda lihat dari fitur-fitur transaksi keuangan usaha yang bisa dicatat dan tidak ada batasan periode waktunya.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan software aplikasi Akuntansi UKM – Money Manager satu ini secara offline. Sehingga dalam penggunaan nya akan jauh lebih hemat penggunaan data internet.

  • Quickbooks

Quickbooks menjadi salah satu opsi software aplikasi akuntansi gratis Excel yang bisa Anda gunakan, lantaran membantu dalam pembuatan faktur dan lampiran foto. Di samping itu, Anda juga bisa menambahkan catatan untuk faktur dan transaksi melalui aplikasi satu ini untuk membuat laporan keuangan.

Baik itu berupa laporan penjualan, laporan laba / keuntungan dan rugi, neraca dan lain sebagainya. Kelebihan yang ditawarkan dari software akuntansi gratis Excel Quickbooks bagi para pengguna, yakni pengguna akan memperoleh kemudahan dalam mengelompokkan transaksi pendapatan.

Yang mana, hal ini nantinya akan memudahkan dalam membuat laporan laba rugi sesuai dengan kelompoknya. Adapun untuk mengakses aplikasi ini, Anda hanya perlu mengandalkan perangkat ponsel atau pun PC dengan koneksi jaringan internet stabil.

  • Zipbook

    Zipbook
    Zipbook

Bisa dikatakan, bahwa Zipbook merupakan salah satu rekomendasi software akuntansi gratis Excel dan unggulan yang cocok digunakan untuk para pebisnis UKM di Indonesia. Sebab meskipun aplikasi ini menyediakan layanan gratis bagi para pengguna, akan tetapi mengenai fitur yang di sediakan nya cukup lengkap.

Bahkan dalam penggunaannya sendiri, Zipbook juga sudah banyak digunakan oleh para freelance untuk membantu dalam pengaturan keuangan mereka. Dalam memberikan akses kemudahan dan kenyamanan bagi para pengguna, Zipbook juga sudah menyediakan layanan live chat selama 24 jam bagi pengguna.

Baca Juga :  6 Distributor Tas Import Tangan Pertama Termurah

Akan tetapi perlu diingat disini, bahwa aplikasi akuntansi ini belum tersedia di Indonesia. Sehingga dalam penggunaannya, Anda perlu menyesuaikan dengan jam kerja di luar negeri.

  • Akaunting

    Akaunting
    Akaunting

Seperti halnya software akuntansi gratis Excel lainnya yang memudahkan dalam pengelolaan bisnis, Anda juga bisa menggunakan software aplikasi dari accounting satu ini. Dimana, aplikasi satu ini menyediakan berbagai fitur penting yang memang dibutuhkan oleh para pebisnis di pasaran.

Ketika pengguna menggunakan aplikasi accounting satu ini, maka mereka akan lebih mudah dalam melakukan invoice, menyinkronkan akun, melacak pengeluaran keuangan dan lain-lain. Perlu Anda ketahui disini, bahwa meskipun accounting ini bisa diakses secara gratis, akan tetapi pengguna juga perlu membayar biaya tambahan jika ingin mengakses fitur-fitur yang lebih canggih seperti misalnya fitur pembayaran online.

Adapun untuk biaya satu ini, biasanya perlu dibayar secara tahunan oleh  para pengguna. Jadi sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi ini, pastikan kamu mengetahui detail informasi mengenai aplikasi accounting tersebut lebih dulu.

  • SlickPie

Selanjutnya, Anda juga bisa memanfaatkan penggunaan software akuntansi gratis Excel dari SlickPie yang membantu banyak pebisnis UKM dalam mengelola keuangan secara mudah dan efisien. Dengan menawarkan layanan penggunaan secara gratis, menjadikan pengguna bisa mengelola setidaknya 10 akun berbeda dalam satu akun dan memperoleh dukungan email.

Terlebih lagi, aplikasi satu ini juga tidak memberikan batasan bagi pengguna untuk melakukan entri tanda terima. Manfaat dari penggunaan aplikasi SlickPie sendiri, yakni memudahkan bagi para pengguna dalam melakukan pembuatan invoice secara profesional dan gratis.

Di samping itu, pengguna juga akan lebih mudah dalam membuat penawaran dan perkiraan tanpa batas serta memperoleh bayaran dari klien dengan mudah lewat PayPal.

  • Paper.id

Software akuntansi gratis Excel terakhir yang juga tidak kalah populer, yakni ada Paper.id. Menurut informasi yang ada, aplikasi akuntansi satu ini dikenal sebagai perintis dari software program akuntansi yang memfokuskan pada pengantaran bill secara digital.

Bahkan, aplikasi ini juga turut memberikan keleluasaan bagi pengguna dalam melakukan pengerjaan laporan keuangan, pengurusan persediaan sampai dengan kwitansi sekalipun. Dan sejauh ini, sudah ada sekitar 25 ribu lebih pebisnis yang menggunakan aplikasi Paper.id ini untuk membantu mengelola bisnis di pasaran.

Alasan yang membuat anda tidak perlu ragu menggunakan aplikasi ini, yakni karena Paper.id sudah beroperasi di Indonesia dan turut memberikan kursus secara langsung bagi para pengguna.  Di samping itu, Anda juga bisa memanfaatkan beragam fitur menarik di aplikasi akuntansi Paper.id ini untuk membantu pekerjaan yang erat kaitannya dengan masalah keuangan bisnis.

Software Akuntansi Gratis Excel
Software Akuntansi Gratis Excel

Dari ke sepuluh daftar pilihan software akuntansi gratis Excel yang sudah disebutkan satu per satu di atas, manakah kira-kira software aplikasi akuntansi yang menarik perhatian anda untuk membantu pengelolaan bisnis?

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button