RagamTutorial

9 Syarat Pinjam Di Koperasi Tanpa Jaminan Yang Wajib Anda ketahui!

Syarat pinjam di koperasi tanpa jaminan menjadi langkah utama yang perlu untuk dipahami sebelum memutuskan untuk mengajukan permohonan pinjaman ke sebuah badan koperasi.

Di era perekonomian saat ini, Koperasi hadir sebagai salah satu lembaga keuangan yang dapat digunakan untuk memperoleh pinjaman tanpa harus memberikan jaminan yang berlebihan.

Namun walaupun demikian, perlu diketahui bahwa pinjaman dari koperasi tanpa jaminan tidak dengan mudah didapatkan begitu saja. Ada beberapa syarat pinjam di koperasi tanpa jaminan yang perlu anda pahami sebelum mengajukan pinjaman. Penasaran dengan apa saja syarat yang dimaksud? Simak dalam penjelasan dibawah ini!

Sekilas tentang Koperasi

Apa itu Koperasi
Apa itu Koperasi

Sebelum lanjut menampilkan beberapa syarat pinjam di koperasi tanpa jaminan, terlebih dahulu kami akan menjelaskan sekilas mengenai koperasi.

Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi yang tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya, baik dalam hal ekonomi, pendidikan, maupun sosial, dengan cara menyediakan berbagai macam layanan dan produk, seperti jasa keuangan, pengadaan barang, dan jasa lainnya.

Ada banyak jenis koperasi, diantaranya yakni: koperasi simpan pinjam, koperasi konsumen, koperasi produsen, koperasi pemasaran, dan koperasi jasa. Namun dalam artikel ini, kita akan fokus kesalah satu diantaranya yaitu ‘Koperasi Simpan Pinjam’

Koperasi simpan pinjam merupakan lembaga keuangan mikro yang memberikan pinjaman kepada masyarakat yang telah menjadi anggotanya. Koperasi simpan pinjam mengumpulkan dana dari anggotanya dalam bentuk simpanan pokok, sukarela serta ada juga simpanan wajib.

Baca Juga :  9 Cara Top Up Stumble Guys Murah Dengan Pulsa, DANA, Codashop

Syarat Pinjam di Koperasi Tanpa Jaminan

Syarat Pinjam di Koperasi Tanpa Jaminan
Syarat Pinjam di Koperasi Tanpa Jaminan

Ketika anda hendak ingin mengajukan pinjaman ke sebuah koperasi, ‘Persyaratan Pengajuan Pinjaman’ menjadi hal pertama yang wajib harus anda ketahui terlebih dahulu. Oleh karena itu, berikut ini kami akan menjelaskan beberapa syarat pinjam di Koperasi tanpa jaminan. Silahkan disimak!

1. Menjadi anggota koperasi

Syarat pinjam di koperasi tanpa jaminan yang pertama adalah calon peminjam sebelumnya harus sudah menjadi salah satu anggota koperasi. Hal ini memang menjadi salah satu keuntungan dari keanggotaan koperasi, yang mana akan mendapatkan kesempatan memperoleh pinjaman tanpa harus memberikan jaminan. Dalam hal ini, anda terdaftar sebagai anggota koperasi tersebut harus ada minimal 1 bulan.

2. Menunjukkan bukti identitas yang sah

Berikutnya, calon peminjam juga harus wajib menunjukkan bukti identitas yang sah. Tak melulu harus menggunakan KTP, namun anda juga bisa menggunakan SIM atau paspor. Ini dapat menjadi alternatif apabila seandainya KTP anda hilang. Pastikan anda menggunakan identitas milik sendiri (sesuai dengan nama yang mengajukan pinjaman).

3. Memiliki penghasilan tetap

Syarat Pinjam di Koperasi Tanpa Jaminan - berpenghasilan tetap
Syarat Pinjam di Koperasi Tanpa Jaminan / istockphoto.com

Untuk mendapatkan pinjaman di koperasi tanpa jaminan anda wajib harus memiliki penghasilan tetap. Hal ini dapat menjadi bukti pendukung bahwa anda memiliki kemampuan untuk membayar angsuran pinjaman nantinya sampai lunas.

Untuk melihat penghasilan tetap, calon peminjam biasanya akan diminta untuk menyertakan slip gaji atau bukti penghasilan perbulan untuk pengusaha mikro. Untuk non pegawai dan non wiraswasta, boleh menunjukkan bukti penghasilan perbulan sesuai dengan pekerjaan.

Baca Juga :  BRImo Tidak Bisa Login Karena Belum Logout, Ketahui Penyebab dan 5 Cara Mengatasinya

4. Membayar simpanan pokok dan wajib dengan rutin

Ketika anda sudah masuk ke dalam keanggotaan koperasi, maka anda harus membayar simpanan pokok (yang dibayar pada saat pertama kali masuk menjadi anggota) dan simpanan wajib (simpanan yang wajib dibayarkan secara ruti setiap sebulah sekali).

Besaran jumlah yang harus dibayarkan biasanya tergantung pada aturan dan kebijakan koperasi yang anda masuki itu sendiri. Agar bisa mendapatkan pinjaman tanpa jaminan, pastikan anda membayar simpanan pokok dan simpanan wajib ini secara rutin.

5. Memiliki riwayat kredit yang baik

Syarat pinjam di koperasi tanpa jaminan yang berikutnya adalah calon peminjam harus memiliki riwayat kredit yang baik. Namun hal syarat yang satu ini biasanya berlaku pada beberapa koperasi yang sudah berbadan OJK.

Riyawat kredit yang baik menjadi tolak ukur bagi pengurus koperasi untuk melihat apakah anda dapat dipercaya untuk membayar kembali pinjaman sesuai dengan jangka waktu dan bunga yang telah disepakati sebelumnya.

6. Untuk pinjaman bernominal besar wajib harus memiliki NPWP

Syarat Pinjam di Koperasi Tanpa Jaminan - menunjukkan NPWP
Syarat Pinjam di Koperasi Tanpa Jaminan – menunjukkan NPWP/ ortax.org

Selanjutnya, syarat pinjam di koperasi tanpa jaminan adalah menyertakan NPWP, terkhusus untuk calon peminjam yang mengajukan pinjaman bernominal besar. Karena melalui NPWP, dapat diketahui apakah anda merupakan orang yang taat membayar pajak atau tidak.

Oleh karena itu, pastikan anda rutin membayar pajak, untuk menciptakan kredibilitas yang baik dimata lembaga yang bergerak di jasa keuangan termasuk koperasi, sehingga dimasa depan anda tidak akan mendapat kesulitan ketika mengajukan permohoanan pinjaman.

7. Kartu keluarga dan surat nikah (apabila sudah menikah)

Apabila calon peminjam sudah menikah, maka berkas tambahan seperti kartu keluarga dan surat nikah akan diminta.

Dokumen ini dipakai oleh pihak Koperasi sebagai bukti bahwa harta yang ada adalah milik bersama suami istri, sehingga jika kelak terdapat masalah dengan pinjaman, misalnya kredit macet, maka pihak pemberi pinjaman akan lebih mudah mengurusnya.

Baca Juga :  50+ Nama Anak Perempuan Unik Beserta Artinya

8. Domisili yang sesuai dengan tempat koperasi

Ketika anda bermaksud ingin mengajukan pinjaman ke koperasi, maka pastikan anda berdomisili yang sama dengan unit atau tempat koperasi penyedia dana pinjaman tersebut.

Hal ini akan memudahkan pihak pengurus koperasi agar bisa dengan mudah menjangkau anda, jika kelak terjadi masalah seperti macet membayar angsuran.

9. Batas usia

Syarat pinjam di koperasi tanpa jaminan yang terakhir adalah batasan usia. Calon peminjam minimal harus sudah berusia 21 tahun dan maksimal 55 tahun. Hal ini untuk memastikan bahwa calon peminjam telah matang dalam membuat keputusan dan mampu memikul tanggungjawab.

Cara Mengajukan Pinjaman di Koperasi Tanpa Jaminan

Setelah mengetahui beberapa syarat pinjam di koperasi tanpa jaminan, selanjutnya kami akan memberikan anda panduan tentang bagaimana cara mengajukan pinjaman di koperasi tanpa jaminan.

Berikut sejumlah langkah-langkah dari cara mengajukan pinjaman di Koperasi tanpa jaminan:

  1. Langkah pertama, pastikan anda sudah masuk ke dalam keanggotaan Koperasi
  2. Selanjutnya, buatlah proposal pengajuan dana, yang berisi tujuan penggunaan dana (misalnya untuk modal usaha, pendidikan, membayar tagihan kendaraan atau yang lainnya).
  3. Datangi pengurus koperasi dan sampaikan maksud anda ingin mengajukan pinjaman.
  4. Serahkan proposal pengajuan dana dan semua berkas-berkas persyaratan yang dibutuhkan seperti kartu identitas, slip gaji, NPWP, KK dan yang lainnya (seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya)
  5. Selanjutnya, proposal pengajuan pinjaman dana yang anda buat akan diperiksa oleh pengurus koperasi
  6. Apabila proposal pengajuan pinjaman dana kamu disetujui, maka anda akan dipanggil untuk membuat kesepakatan terkait lama pengembalian dan bunga pinjaman
  7. Jika semuanya sudah kelar, maka langkah selanjutnya adalah pencairan pinjaman. Silahkan terima dana pinjaman sesuai dengan nominal yang anda ajukan
  8. Selesai, dana pinjaman sudah bisa anda gunakan sesuai keperluan.

Akhir Kata

Syarat Pinjam Di Koperasi Tanpa Jaminan
Syarat Pinjam Di Koperasi Tanpa Jaminan

Dalam mengakses layanan pinjaman koperasi tanpa memberikan jaminan, penting untuk memahami syarat-syarat yang telah ditetapkan sebagai langkah agar pengajuan pinjaman nantinya dapat disetujui.

Namun perlu kami ingatkan bahwa syarat-syarat pinjam di koperasi tanpa jaminan seperti yang telah kami jelaskan dalam artikel ini tidak selalu dapat menjamin untuk anda bisa mendapatkan pinjaman tanpa memberikan harta atau barang sebagai jaminan, misalnya untuk pinjaman yang bernominal besar. Hal ini dilakukan karena pihak koperasi tentu tidak mau mengambil resiko yang besar.

Back to top button