Tutorial

5 Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Jenius Karena Session Expired

Mengalami tidak bisa login Jenius karena session expired dapat menjadi pengalaman yang cukup menjengkelkan, terutama saat anda membutuhkan akses cepat untuk melakukan transaksi perbankan.

Namun sekarang anda tidak perlu khawatir lagi, karena dalam artikel ini kami akan menjelaskan beberapa penyebab lengkap dengan cara mengatasi tidak bisa login Jenius dan muncul notifikasi session expired

Mengenal Jenius

Sekilas mengenai aplikasi Jenius
Sekilas mengenai aplikasi Jenius

Jenius (Inovasi Digital Banking) adalah sebuah aplikasi yang merupakan layanan perbankan dari BTPN, yang memungkinkan penggunanya untuk dapat mengatur keuangan, menabung dan bertransaksi melalui smartphone dengan aman, mudah dan cerdas.

Terdapat banyak hal yang bisa dinikmati dari aplikasi jenius. Beberapa diantaranya seperti: dapat membuka tabungan lewat HP tanpa perlu ke bank, dapat mengatur keuangan dengan $Cashtag, Save It, Send It, Pay Me, Split Bill, eCard, dan lain-lain.

Kenapa Tidak Bisa Login Jenius

Kenapa Tidak Bisa Login Jenius
Kenapa Tidak Bisa Login Jenius

Sesuai dengan topik pembahasan kita dalam artikel ini yang mengulas tentang Jenius tidak bisa login, maka tentunya kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab Jenius ini tidak bisa login.

Nah, selain session Expired, ada beberapa hal lain yang menjadi penyebab Jenius tidak bisa login diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Gangguan Sistem

Penyebab yang pertama Jenius tidak bisa login adalah karena adanya gangguan sistem. Hal ini biasanya terjadi karena sedang berlangsungnya maintenance atau pemeliharaan sistem.

Perlu diketahui bahwa Jenius sebagai salah satu layanan perbankan digital juga melakukan maintenance yang bertujuan untuk melakukan perbaikan atau mengupdate pembaruan pada sistem. Dengan demikian pengguna Jenius dapat merasakan pengalaman penggunaan yang memuaskan.

Namun selama maintenance berlangsung, layanan dalam aplikasi Jenius mungkin akan mengalami error. Itulah sebabnya kamu tidak bisa login ke aplikasi.

  • Masalah Koneksi Internet

Selanjutnya, adanya masalah pada koneksi internet juga dapat menyebabkan tidak bisa login ke aplikasi Jenius. Seperti yang kita ketahui sendiri bahwa, layanan perbankan digital Jenius ini, penggunaannya tergantung pada internet.

Baca Juga :  11 Cara Mengetahui Password WiFi Tetangga Yang Belum Terhubung

Oleh karena itu, jika koneksi internet dalam perangkat yang digunakan buruk atau mungkin tidak tersedia, maka aplikasi Jenius juga tidak akan dapat diloginkan.

  • Masalah Aplikasi

Penyebab Jenius tidak bisa login yang berikutnya adalah karena adanya masalah aplikasi, seperti salah satunya adalah aplikasi yang sudah kadaluwarsa.

Perlu untuk diketahui bahwa aplikasi yang kadaluarsa dapat memicu berbagai masalah atau mempengaruhi kinerja aplikasi secara keseluruhan, termasuk bug, error, dan tidak bisa login.

  • Cache Aplikasi Menumpuk

Penumpukan cache pada aplikasi juga dapat menyebabkan Jenius tidak bisa diloginkan. Meski bermanfaat untuk menyimpan history aktivitas dalam aplikasi sehingga mempercepat waktu memuat jika digunakan kembali.

Namun seiring berjalannya waktu, cache ini akan semakin bertambah banyak dan mempengaruhi kinerja aplikasi menjadi tidak optimal jika tidak segera dihapus.

  • Masalah Server Overload

Banyaknya akses oleh pengguna pada aplikasi Jenius dapat menyebabkan aplikasi menjadi error, yang bisa berdampak pada beberapa pengguna menjadi tidak bisa masuk ke aplikasi.

  • Masalah Perangkat

Penyebab tidak bisa login Jenius yang selanjutnya adalah karena adanya masalah pada perangkat yang digunakan.

Hal ini biasanya disebabkan oleh sistem operasi yang terpasang dalam perangkat telah kadaluwarsa, sehingga kerap mengalami bug dan berimbas pada aplikasi-aplikasi yang terpasang dalam perangkat, termasuk salah satunya Jenius.

  • Session Expired

Penyebab terakhir Jenius tidak bisa login adalah karena session expired. Penjelasan lebih lengkap mengenai penyebab Jenius tidak dapat login karena session expired bisa anda perhatikan pada bagian selanjutnya.

Apa itu Session Expired di Jenius?

Session expired pada aplikasi Jenius adalah notifikasi yang muncul ketika sesi pengguna di aplikasi telah berakhir.

Hal ini sering muncul ketika pengguna tidak melakukan aktivitas apa pun di aplikasi selama periode waktu yang ditentukan, sesi akan otomatis berakhir. Ini merupakan langkah untuk memastikan bahwa akun tidak tetap terbuka jika pengguna meninggalkan perangkatnya tanpa pengawasan.

Baca Juga :  6 Cara Membuat Nama Sendiri Menjadi Tulisan Jepang

Penyebab Session Expired di Jenius

Pada penjelasan diatas, anda telah mengetahui apa yang dimaksud dengan ‘Session Expired’ yang biasanya muncul ketika pengguna yang sudah login ke aplikasi Jenius, namun tidak melakukan aktivitas apapun dalam periode waktu yang sudah ditentukan.

Namun bagaimanakah jika pengguna bahkan masih baru mau login ke aplikasi Jenius, namun sudah muncul notifikasi ‘Session Expired’? Jangan khawatir! Berikut kami jelaskan beberapa penyebab tidak bisa login Jenius karena Session Expired.

  • Login di 2 Perangkat

Penyebab yang pertama munculnya notifikasi Session Expired saat mau login ke aplikasi Jenius adalah terjadi ketika pengguna masuk ke akun Jenius mereka dari perangkat lain. Maka sesi pertama mungkin akan berakhir untuk mencegah akses ganda yang dapat menimbulkan risiko keamanan.

Karena perlu diketahui bahwa, setiap akun perbankan Jenius yang telah didaftarkan hanya bisa diloginkan pada 1 perangkat saja. Oleh karena itu, jika anda terdeteksi melakukan login di dua perangkat, maka akan muncul Session Expired ketika hendak meloginkan akun.

  • Factory Reset/ Setelan Pabrik pada Ponsel

Session Expired juga bisa muncul setelah melakukan factory reset pada perangkat. Factory reset merupakan tindakan yang mengembalikan perangkat ke setelan pabrik atau pengaturan semula ketika perangkat baru pertama kali digunakan.

Oleh karena itu, login akun Jenius ketika perangkat baru saja di reset ulang tidak akan dapat dilakukan, karena setelan dalam perangkat terutama manajemen aplikasi terinstal belum diatur dengan baik.

  • Pemeliharaan Sistem atau Pembaruan Aplikasi

Kadang-kadnag pemeliharaan sistem atau pembaruan aplikasi Jenius dapat menyebabkan sesi berakhir/ Session Expired. Pada saat hal ini terjadi, layanan perbankan digital ‘Jenius’ mungkin melakukan pembaruan untuk meningkatkan keamanan atau performa aplikasi.

  • Tidak Login Jenius Hingga 30 Hari

Penyebab terakhir tidak bisa login Jenius dan muncul pesan berisi session expired adalah karena pengguna yang tidak melakukan login ke aplikasi Jenius hingga 30 hari.

Apabila kamu tidak membuka akun Jenius kamu hingga lebih dari 30 hari, maka sistem akan menganggap bahwa akun tersebut tidak lagi digunakan, sehingga dinonaktifkan secara otomatis.

Baca Juga :  7 Cara Mengubah Warna Baju Menjadi Hitam Online

Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Jenius Karena Session Expired

Setelah mengetahui tentang apa itu session expired serta penyebabnya, selanjutnya kami akan memberikan anda panduan mengenai cara mengatasi tidak bisa login Jenius karena session expired.

Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kendala tidak bisa login Jenius karena session expired, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menunggu Beberapa Saat

Apabila kemungkinan kendala yang kamu hadapi pada aplikasi Jenius disebabkan oleh maintenance/ pemeliharaan sistem, maka yang dapat kamu lakukan adalah menunggu beberapa waktu hingga pemeliharaan sistem selesai dilakukan.

Untuk memastikan sedang ada atau tidaknya pemeliharaan sistem, kamu bisa mengeceknya melalui website resmi atau akun media sosial Jenius. Coba lakukan login secara berkala untuk mengetahui apakah sistem sudah berhasil dipulihkan kembali.

  • Perbarui Aplikasi Jenius ke Versi Terbaru

Cara mengatasi tidak bisa login Jenius dan muncul notifikasi session expired yang berikutnya adalah dengan memperbarui aplikasi Jenius ke versi yang terbaru. Kadang-kadang, kendala yang terjadi di aplikasi Jenius dapat teratasi dengan mudah hanya dengan melakukan pembaruan atau update aplikasi saja.

  • Lakukan Unlink Device

Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Jenius Karena Session Expired
Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Jenius Karena Session Expired

Apabila kamu login Jenius di perangkat yang baru, maka kamu harus unlink device terlebih dahulu pada perangkat yang lama atau sebelumnya digunakan. Ini merupakan langkah yang diwajibkan oleh sistem layanan Jenius, untuk memastikan bahwa tidak ada pengguna yang login di 2 perangkat, sehingga keamanan lebih dapat terjaga.

Lantas bagaimanakah cara untuk Unlink Device Jenius? Perhatikan langkahnya berikut ini:

  1. Hubungilah layanan nasabah Jenius melalui call center 1500365
  2. Setelah panggilan terhubung, sampaikanlah tujuan anda terkait permohonan untuk unlink device Jenius.
  3. Ikuti intruksi sesuai dengan yang diarahkan oleh CS hingga akun Jenius kamu berhasil di unlink device dari perangkat yang lama.
  • Hubungi Customer Service Jenius

Tidak Bisa Login Jenius Karena Session Expired
Tidak Bisa Login Jenius Karena Session Expired

Selanjutnya ada juga cara mengatasi tidak bisa login Jenius dan muncul notifikasi session expired yaitu dengan menghubungi Customer Service Jenius lewat nomor 1500365.

Jelaskanlah kendala anda yang tidak bisa login ke aplikasi Jenius dan muncul tulisan Session Expired. Mereka akan mencari tau penyebab dan membantu anda untuk mencari solusi penanganan yang tepat.

  • Kunjungi Bank BTPN Terdekat

Jika semua langkah diatas belum berhasil meloginkan akun Jenius kamu, maka kamu bisa coba solusi yang terakhir yaitu dengan mengunjungi bank BTPN terdekat.

Sampaikanlah kendala anda pada petugas yang anda temui disana. Mereka akan membantu anda untuk bisa login kembali ke aplikasi Jenius.

Akhir Kata

Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Jenius
Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Jenius

Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat dalam cara mengatasi tidak bisa login Jenius dan muncul pemberitahuan session expired, anda dapat kembali mengakses layanan perbankan digital Jenius dan melanjutkan transaksi anda yang sebelumnya tertunda.

Back to top button