Ragam

Unisoc T606 Setara Dengan Chipset Apa? Berikut Ulasannya!

Belakangan ini, banyak sekali kalangan masyarakat yang ingin mengetahui informasi mengenai Unisoc T606 setara dengan chipset apa, agar nantinya mereka lebih mudah memperoleh ponsel merek lain dengan kemampuan yang sebanding.

Hal ini wajar, dikarenakan chipset Unisoc T606 sendiri diklaim memiliki performa yang cukup kencang dan memiliki kinerja yang cukup baik. Bagi Anda di rumah yang mungkin sedang berburu informasi seputar chipset yang setara dengan Unisoc T606, lengkap dengan daftar HP yang menggunakan chipset tersebut, maka tidak ada salahnya menyimak detail ulasannya di artikel berikut.

Unisoc T606 Setara Dengan Chipset Apa?

Unisoc T606 Setara Dengan Chipset Apa
Unisoc T606 Setara Dengan Chipset Apa

Dalam kehidupan sehari-hari, tak jarang masyarakat mengaku penasaran mengenai Unisoc T606 setara dengan chipset apa. Sebab seperti yang sudah disinggung di awal pembahasan tadi, bahwa dengan mengetahui informasi ini maka akan memudahkan bagi mereka dalam mendapatkan ponsel merek lain dengan performa dan kemampuan yang setara.

Sebelum mengetahui jawaban mengenai Unisoc T606 kira-kira setara dengan chipset apa, ada baiknya bagi Anda untuk mengenal apa itu chipset Unisoc T606 terlebih dahulu. Menurut informasi yang ada, Unisoc T606 (sebelumnya dikenal dengan nama Spreadtrum) merupakan salah satu pilihan chipset terbaik yang dimiliki oleh Unisoc, dan menjadi model paling awal untuk T600 Series.

Diketahui, chipset Unisoc T606 ini hadir dengan menawarkan kemampuan performa dan konektivitas yang baik, dikarenakan sudah didukung dengan jaringan 4G yang telah menggunakan teknologi Cat 7LTE. Bahkan berkaitan dengan informasi mengenai Unisoc T606 setara dengan chipset apa, jenis chipset satu ini sudah memiliki kemampuan pengunduhan dan pengunggahan yang begitu cepat.

Unisoc T606 hadir dengan menawarkan kecepatan akses mencapai 300 Mbps dalam proses pengunduhan, dan 150 Mbps untuk proses pengunggahan yang dilakukannya. Adapun chipset Unisoc T606 satu ini, juga sudah dirancang sedemikian rupa dengan menggunakan fabrikasi 12 nm seperti model lain di seri Unisoc.

Sebelum Anda mengetahui informasi mengenai Unisoc T606 setara dengan chipset apa, ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis chipset Unisoc terlebih dahulu, yang bisa dilihat pada tabel penjelasan di bawah ini.

Jenis-jenis Chipset Unisoc Penjelasan
Chipset Unisoc Low-end Chipset Unisoc Low-end satu ini, merupakan jenis / kategori pertama yang dimiliki oleh Unisoc dan sudah dirilis sejak 2012 silam, ketika chipset tersebut masih berada di bawah perusahaan Spreadtrum Communications. Dikarenakan berada di kelas low-end / entry-level, maka tidak heran jika jenis chipset Unisoc ini memiliki kemampuan yang rendah dan bahkan sudah sangat tua. Beberapa chipset yang berada di kelas ini antara lain seperti SC9863A, SC9832E dan SC7731E dengan fabrikasi jadul 28 nm tanpa dukungan penyimpanan UFS, dan hanya menawarkan Bluetooth 4.2.
Chipset Unisoc Mid-range Chipset Unisoc Mid-range, umumnya banyak digunakan pada Unisoc Tiger Series seperti halnya Unisoc T310, T606, T610, dan T618. Jenis chipset Unisoc ini terbilang cukup menarik, dikarenakan memiliki CPU quad-core dengan satu Cortex A75 dan tiga Cortex A55. Di samping itu, jenis chipset Unisoc Mid-range ini jug sudah memiliki GPU PowerVR GT7200 yang terbilang cukup sederhana, memiliki kemampuan 4G dengan CPU 0cta-core, serta sudah memiliki clock speed yang beragam.
Chipset Unisoc High-end Chipset Unisoc High-end, menjadi salah satu jenis chipset Unisoc yang hadir dengan menawarkan jaringan 5G dan fabrikasi 6 nm untuk chipset yang dimilikinya. Beberapa contoh dari chipset Unisoc High-end yakni seperti Unisoc T710 / 740, T760 dan T770 (menjadi chipset paling mumpuni di kelas ini). Chipset Unisoc di kelas ini, juga sudah dibekali dengan adanya GPU Mali G57 dalam menangani urusan grafis serta mendukung kamera 108 MP, video 4K dan layar Full HD Plus.
Baca Juga :  Rincian Tabel Angsuran Kur BRI 2024 Plafon 50 Juta

 

Terlepas dari berbagai jenis chipset Unisoc yang sudah dijelaskan satu per satu di atas, tentunya Anda penasaran mengenai informasi Unisoc T606 setara dengan chipset apa, bukan? Diketahui, bahwa chipset Unisoc T606 sendiri dikatakan setara dengan chipset Qualcomm Snapdragon 662.

Ini bukan tanpa alasan, yakni karena kedua chipset tersebut hadir dengan menawarkan kemampuan yang tidak jauh berbeda, apabila kita melihat dari segi performa CPU, gaming serta efisiensi dalam penggunaan daya baterai.

Dirilis pada September 2021 dan diproduksi dengan teknologi pemrosesan 12 nanometer, Unisoc T606 sudah menyematkan 8 inti chip dengan 2 inti seperti halnya Cortex A75 pada 1.600 Mhz, dan 6 inti Cortex A55 pada 1.600 Mhz.

Sedangkan untuk chipset Qualcomm Snapdragon 662, diketahui dirilis pada 24 Januari 2020 dengan memproduksi chip dengan teknologi pemrosesan 11 nanometer.

Berkaitan dengan Unisoc T606 setara dengan chipset apa, chipset Snapdragon 662 ini menyematkan 8 inti chip yang terdiri dari 4 inti Kryo 260 seri Gold (Cortex A73) pada 2.000 Mhz, dan 4 inti Kryo 260 seri Silver (Cortex A53) pada 1.800 Mhz.

Walaupun Anda sudah mengetahui mengenai Unisoc T606 setara dengan chipset apa, akan tetapi baik chipset Unisoc T606 dan Qualcomm Snapdragon memiliki keunggulan tersendiri, yang mana bisa menjadi bahan pertimbangan dalam penggunaannya.

Dimana jika dilihat dari kemampuan CPU, GPU, RAM dan I / O dari penilaian benchmark AnTuTu, skor untuk chipset Unisoc T606 yakni sebesar 150.205. Hal ini jauh berbeda dengan skor yang dimiliki chipset Qualcomm Snapdragon 662, yang mana memiliki skor lebih banyak yakni 204.829.

Baca Juga :  375+ Nama Kontak Pacar Aesthetic, Cowok, Cewek, Romantis, & Gak Alay

Baca Juga: HP Mirip iPhone 14 Mulai Dari Harga 1 Jutaan Saja

Daftar HP yang Menggunakan Chipset Unisoc T606

Jika tadi kita sudah mengulas mengenai Unisoc T606 setara dengan chipset apa, maka selanjutnya Anda bisa melihat beberapa daftar HP yang umumnya sudah menggunakan chipset tipe Unisoc T606 tersebut.

Yang mana dari sekian banyaknya ponsel yang ditawarkan di pasaran, kita akan mengulas 5 contoh ponsel yang menggunakan chipset Unisoc T606. Adapun beberapa contoh dari HP yang menggunakan tipe chipset Unisoc T606, di antaranya yakni sebagai berikut.

Samsung Galaxy A03

Samsung Galaxy A03
Samsung Galaxy A03

Salah satu ponsel yang sudah menggunakan chipset Unisoc T606 dan berkaitan dengan Unisoc T606 setara dengan chipset apa, yakni ada Samsung Galaxy A03. Yang mana, produk HP merek Samsung yang sudah dirilis di Indonesia dan banyak ditemukan di berbagai marketplace Indonesia ini, hadir dengan menawarkan keunggulan dari sektor kamera.

Sehingga dalam penggunaannya, HP Samsung Galaxy A03 dikatakan sangat cocok untuk aktivitas fotografi bagi para pengguna. Samsung Galaxy A03, menawarkan dua buah lensa kamera belakang dengan resolusi masing-masing 48 MP (width) dan 2 MP (depth), sedangkan untuk kamera depan yang ditawarkan memiliki resolusi 5 MP.

Dengan fitur kamera unggulan yang ditawarkan, pengguna dapat mengambil foto jernih dan merekam video dengan kualitas hingga 1080@30fps. Adapun untuk harga pasaran dari HP Samsung dengan chipset Unisoc T606 ini, yakni dibanderol dengan harga mulai dari Rp 1,4 jutaan saja.

Techno Spark 8C

Samsung Galaxy A03
Techno Spark 8C

Masih seputar Unisoc T606 setara dengan chipset apa, Anda juga akan menemukan merek HP lain yang menggunakan jenis chipset Unisoc T606 bernama HP Techno Spark 8C. Diketahui, merek HP ini sudah dirilis secara resmi di Indonesia sejak tahun 2022 dan banyak digemari oleh kalangan pengguna.

Techno Spark 8C, hadir dengan menawarkan keunggulan berupa sektor layar yang sudah mendukung kemampuan refresh rate, dan memiliki kapasitas daya baterai besar yakni 5.000 mAh. Pada bagian sektor layar yang ditawarkan, Techno Spark 8C ini memiliki ukuran seluas 6,6 inci dengan menggunakan panel IPS LCD dan mendukung refresh rate 90Hz.

Di bagian sektor mesin, chipset yang tertanam di HP ini sudah dipadukan dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB. Untuk harga ponsel Techno Spark 8C, bisa Anda beli dengan harga di kisaran Rp 1,2 jutaan.

Baca Juga :  Skincare ZamZam Apakah Sudah BPOM? Ini Jawabannya!

Nokia G11

Nokia G11
Nokia G11

Bisa dikatakan disini, bahwa Nokia G11 menjadi salah satu daftar ponsel terbaik yang menggunakan chipset Unisoc T606. Jika dilihat dari spesifikasi yang ditawarkan, Nokia G11 ini hadir dengan menawarkan keunggulan dari sektor layar, daya baterai dan mesin.

Pada bagian layar HP Nokia G11, ponsel ini sudah menggunakan panel IPS LCD berukuran 6,5 inci dan sudah mendukung kemampuan refresh rate 90Hz. Di sisi lain untuk daya baterai yang ditawarkan, Nokia G11 memiliki kapasitas baterai 5050 mAh dan mendukung kemampuan fast charging sebesar 18W.

Adapun untuk dukungan chipset Unisoc T606 sendiri, sudah dipadukan dengan RAM 4GB dan mendapatkan skor AnTuTu di angka 155 ribu. Mengenai harga beli produk HP Nokia G11 sendiri, yakni dibanderol dengan harga di kisaran Rp 1,9 jutaan.

Nokia G22

Nokia G22
Nokia G22

Mengenai Unisoc T606 setara dengan chipset apa, juga bisa Anda temukan pada merek HP Nokia seri G22, yang mana berada lebih tinggi dari seri Nokia G11 dengan spesifikasi yang lebih baik. Diketahui, ponsel ini hadir dengan menawarkan berbagai fitur yang jarang ditemukan di ponsel kelas entry-level.

Di antaranya yakni berupa body yang tahan air, dan fitur kamera unggulan dengan resolusi tinggi hingga 50 MP. Bukan hanya itu saja, Nokia G22 juga sudah mendukung kemampuan pengisian daya baterai cepat 20W, sehingga dapat melakukan pengisian daya penuh dalam waktu sekitar 1 jam saja. Untuk bisa mendapatkan HP Nokia G22, Anda diharuskan menyiapkan uang sebesar Rp 2,9 jutaan.

Blackview A85

Blackview A85
Blackview A85

Terakhir, Anda juga bisa menemukan jenis Unisoc T606 setara dengan chipset apa di perangkat HP Blackview A85. Ponsel ini, diklaim sebagai ponsel kelas entry-level super lengkap yang dirilis pada tahun 2022. Hal ini wajar, dikarenakan merek ponsel tersebut memang hadir dengan menawarkan sejumlah fitur-fitur canggih dan unggulan bagi para pengguna.

Sebagai contoh, Anda dapat menemukan berbagai fitur menarik di HP Blackview A85 seperti sensor NFC, sensor fingerprint, support fast charging, layar yang sudah mendukung kemampuan refresh rate 90Hz dan lain-lain. Dikarenakan menawarkan spesifikasi dan fitur yang lengkap, tidak heran jika harga HP Blackview A85 ini cukup mahal sekitar Rp 2,5 jutaan.

Unisoc T606 Setara Dengan Chipset Apa?
Unisoc T606 Setara Dengan Chipset Apa?

Setelah melihat informasi yang sudah dijelaskan secara lengkap di atas, tentunya Anda sudah tidak penasaran lagi mengenai Unisoc T606 setara dengan chipset apa, bukan? Adapun jika Anda penasaran mengenai kemampuan yang ditawarkan dari chipset Unisoc T606, maka Anda bisa mencoba membeli salah satu dari daftar HP pilihan yang menggunakan jenis chipset tersebut.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button