Keuangan

Daftar 10 Mata Uang Tertinggi Di Dunia Tahun 2023

Tahukah kamu kalau mata uang memiliki nilai yang beragam. Ada mata uang tertinggi di dunia dan ada pula mata uang dengan nilai terendah di dunia.

Tinggi-rendahnya mata uang dunia biasanya dilihat dari nilainya jika dikonversi terhadap Dollar Amerika (US$).

Perubahan nilai mata uang secara sederhana dipengaruhi oleh hukum permintaan dan penawaran. Penguatan atau apresiasi nilai tukar suatu mata uang dapat terjadi ketika ada banyak permintaan terhadap mata uang tersebut. Sebaliknya, pelemahan atau depresiasi terjadi karena ada banyak yang menjual atau menawarkan mata uang tersebut.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Uang

Kenapa ada mata uang tertinggi di dunia dan ada mata uang terendah di dunia? Tentu ada faktor-faktor yang mempengaruhi penilaian tersebut, bukan?

Menurut Kompasiana.com, terdapat 3 faktor yang menyebabkan adanya perbedaan nilai mata uang di setiap negara:

Postingan Terkait

1. Tingkat Inflasi

Negara yang tingkat inflasinya cenderung sedang dan stabil, secara otomatis akan meningkatkan dan menguatkan daya beli masyarakatnya. Dibandingkan dengan mata uang negara lain yang inflasinya tinggi, pasti barang – barang di dalam negaranya akan lebih mahal.

Inflasi menyebabkan menurunnya nilai mata uang suatu negara karena harga barang dan jasa yang melonjak naik.

Namun dampak kenaikan inflasi tidak selalu negatif. Produsen akan terpacu untuk memproduksi barang lebih banyak apabila harga sedang bagus (mahal) sehingga ekonomi bergerak aktif dan pengangguran berkurang.

Mari kita bayangkan apabila inflasi menurun. Perekonomian akan lesu karena produsen tidak mau memproduksi barang dengan harga jual murah, dan mengakibatkan pengangguran (unemployement) meningkat.

2. Perbedaan tingkat suku bunga

Suku bunga, inflasi dan nilai tukar mempunyai hubungan yang erat dan saling mempengaruhi.

Bank Sentral memiliki peran yang sangat signifikan dalam mengendalikan inflasi. Salah satu kebijakan Bank Sentral untuk menaikkan atau menurunkan inflasi adalah dengan cara merubah suku bunga.

Suku bunga yang lebih tinggi, akan menyebabkan permintaan mata uang negara tersebut meningkat. Sehingga mata uang negara tersebut akan menguat.

3. Ratio harga ekspor dan impor

Nilai mata uang tertinggi di dunia juga dipengaruhi oleh ratio harga ekspor dan impor.

Jika harga/ratio ekspor meningkat lebih besar dibandingkan dengan impor, maka akan terjadi penguatan nilai mata uang negara tersebut, karena permintaan terhadap mata uang tersebut meningkat.

Kalau negara tersebut cenderung ekspor, maka permintaan akan barang dan jasa negara tersebut akan meningkat dan akan berdampak langsung pada permintaan mata uang negara tersebut. Permintaan mata uang inilah yang mempengaruhi penguatan mata uang.

Jadi, tingkat harga barang (goods) dan jasa (service) di setiap negara bisa berbeda, ditinjau dari nilai mata uang negara tersebut.

Selain ketiga faktor diatas, ada juga faktor-faktor lain yang mempengaruhi nilai mata uang suatu negara, seperti kestabilan suatu negara, wabah, virus, bencana nasional, atau perang antarnegara.

Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan investor terhadap suatu negara.

Daftar Mata Uang Tertinggi di Dunia

Meskipun Dolar AS (USD) adalah mata uang perdagangan dunia, namun ternyata USD bukanlah mata uang tertinggi di dunia.

Nilai mata uang tertinggi dipegang oleh negara-negara yang memiliki sumber daya alam melimpah, seperti minyak dan gas bumi.

Hingga saat ini, Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mencatat sekitar 180 mata uang yang ada di dunia. Lalu mata uang tertinggi di dunia dipegang oleh negara apa? Berikut ulasannya.

1. Dinar Kuwait (KWD) – Mata Uang Tertinggi di Dunia

mata uang tertinggi di dunia
Dinar Kuwait (KWD) adalah mata uang tertinggi saat ini – Sumber: Pinterest

1 KWD = 3,28 USD

1 KWD = 48.995,80 IDR

Dinar Kuwait (bahasa Arab: دينار كويتي, simbol: KD) adalah mata uang yang dipergunakan di Kuwait, Asia. Kode internasionalnya adalah KWD.

Kuwait (bahasa Arab: دولة الكويت Tentang suara ini Dawlat al-Kuwait) adalah negara monarki yang kaya akan minyak di pesisir Teluk Persia, Timur Tengah. Negara ini berbatasan dengan Arab Saudi di sebelah selatan dan Irak di utara.

Mengapa Dinar Kuwait (KWD) berada di posisi pertama dalam daftar mata uang tertinggi di dunia?

Kuwait memulai kegiatan ekspor minyak bumi bersamaan dengan penemuan ladang minyak pada abad ke-20 Masehi. Sebelumnya, kegiatan ekonomi Kuwait masih berpusat pada perdagangan mutiara.

Sejak penemuan ladang minyak tersebut, ekspor minyak bumi hampir menjadi sumber pendapatan negara secara keseluruhan.

Perekonomian Kuwait pun melonjak naik dan nilai mata uang Dinar Kuwait (KWD) menjadi mata uang tertinggi di dunia.

Ini karena minyak adalah sumber energi terbesar di dunia. Semua negara membutuhkan minyak yang berarti komoditas ini akan selalu dibeli oleh pasar. Saat harganya mencapai titik tertinggi sekalipun, minyak akan tetap terjual.

2. Dinar Bahrain (BHD)

Sumber: Pinterest

1 BHD = 2,65 USD

1 BHD = 39.706,86 IDR

Dinar Bahrain adalah mata uang resmi Bahrain, yang sangat bergantung pada industri minyak dan gas dengan minyak sulingan sebagai bagian dari ekspor terbesarnya.

Bahrain adalah pusat keuangan yang kuat dengan banyak bank bersama dengan lembaga keuangan dan pendapatan minyak menyumbang 85% dari anggaran pemerintah.

Dinar Bahrain memiliki keuntungan dari lokasi geo-politik yang strategis di Teluk Persia dan merupakan bagian dari Kerjasama Negara Teluk. Itu dapat memenuhi kebutuhan pangan dan bahan bakar Oman dan Yaman, membuat BHD semakin kuat dari hari ke hari.

3. Rial Oman (OMR)

Sumber: Pinterest

1 OMR = 2,60 USD

1 OMR = 38.919,27 IDR

Mata uang tertinggi di dunia di urutan ketiga saat ini dipegang oleh Rial Oman (OMR).

Rial Oman adalah mata uang resmi Oman, yang sekali lagi sangat bergantung pada ekspor minyak, tetapi berusaha mendiversifikasi ekonominya.

Pemerintah Oman juga memperhatikan pariwisata, manufaktur, dan logistik untuk membuat OMR lebih stabil dan terus mematok dolar.

Seperti negara teluk kaya minyak lainnya, OMR sering berfluktuasi karena harga minyak global dan karena industri mobil di seluruh dunia beralih ke kendaraan listrik; ‌OMR akan menghadapi masalah serius di masa mendatang.

4. Dinar Yordania (JOD)

Mata Uang Tertinggi di Dunia urutan ke-4 – Sumber: Pinterest

1 JOD = 1,41 USD

1 JOD = 21.079,43 IDR

Dinar Yordania adalah mata uang nasional resmi Yordania, yang tidak terlalu bergantung pada ekspor minyak seperti negara tetangga lainnya.

Alasan utama di balik tingginya nilai mata uang JOD adalah pemerintah Yordania menjaga nilai tukar tetap, yang menghasilkan ekonomi yang stabil.

Selain itu, West Bank (Tepi Barat) dan Israel juga menggunakan JOD untuk berdagang dengan negara lain dan untuk menarik simpanan dari bank lokal.

Dinar Yordania memiliki keunggulan ekstra dalam menawarkan investasi asing dan lebih banyak modal untuk industri dalam negeri.

5. Pound Sterling (GBP)

Sumber: Pinterest

1 GBP = 1,23 USD

1 GBP = 18.451,43 IDR

British Pound Sterling adalah mata uang nasional resmi Britania Raya (UK) dari Britania Raya, yang meliputi Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara. GBP disebut sebagai kabel oleh pedagang valuta asing karena menyumbang sekitar 13% dari volume perdagangan harian di tingkat internasional. Ini adalah mata uang tertua di dunia yang masih aktif digunakan di seluruh dunia. Apalagi ‘Quid’, ‘Sterling’, dll. Adalah julukan dari British Pound Sterling.

6. Dolar Kepulauan Cayman (KYD)

Mata uang tertinggi di dunia
Sumber: www.foreigncurrencyandcoin.com

1 KYD = 1,20 USD

1 KYD = 17.969,59 IDR

Dolar Kepulauan Cayman adalah satu-satunya negara Karibia dalam daftar mata uang tertinggi di dunia. Ini adalah Wilayah Seberang Laut Inggris yang berpemerintahan sendiri yang populer sebagai negara surga pajak.

Karibia menawarkan layanan perbankan lepas pantai (offshore banking services) untuk ratusan perusahaan asuransi, dan dana lindung nilai.

Sejak saat itu, perekonomian negara menerima pasokan modal yang konsisten. Namun, sumber terbesar nilai tukar mata uang mereka didasarkan pada ekspor sumber daya alam seperti ikan, kayu, dll.

7. Euro (EUR)

Sumber: Pinterest

1 EUR = 1,09 USD

1 EUR = 16.263,77 IDR

Euro adalah mata uang resmi untuk 19 dari 27 negara Eropa yang merupakan bagian dari Uni Eropa (UE).

Ini adalah mata uang kedua yang paling banyak diperdagangkan di seluruh dunia setelah Dolar AS, menjadikannya salah satu mata uang tertinggi di dunia.

8. Franc Swiss (CHF)

Sumber: dreamstime.com

1 CHF = 1,08 USD

1 CHF = 16.151,84 IDR

Franc Swiss menempati urutan ketujuh dalam daftar mata uang tertinggi di dunia. Ini adalah salah satu mata uang paling stabil di tingkat internasional yang cenderung tidak terpengaruh oleh inflasi.

Franc Swiss adalah mata uang resmi Swiss yang memberikan tingkat bunga negatif pada deposito. Ini menyiratkan bahwa pemilik harus membayar uang ekstra untuk menyimpan kekayaannya di bank. Oleh karena itu, Swiss menjadi salah satu negara terkaya di dunia dan terus memperkuat CHF dengan bantuan suku bunga tetap.

9. Dolar AS (USD)

Sumber: freepik.es

1 USD = 14.987,30 IDR

Dolar AS adalah mata uang nasional resmi Amerika Serikat dan merupakan mata uang yang paling banyak diperdagangkan di planet ini. Oleh karena itu, Dolar AS digantikan oleh mata uang lain hampir tidak mungkin membuat Dolar AS menjadi salah satu mata uang tertinggi di dunia. Selain itu, didukung oleh lanskap politik global yang semakin kuat dari hari ke hari. Ini dapat digunakan sebagai basis sambil membandingkan kekuatan mata uang lainnya. Sebanyak 16 negara selain AS menggunakan USD sebagai mata uang resmi seperti Ekuador, El Salvador, Palau, Puerto Rico, dll.

10. Dolar Kanada (CAD)

Sumber: dailyfx.com

1 CAD = 0,75 USD

1 CAD = 11.184,28 IDR

Dolar Kanada (CAD) adalah mata uang tertinggi ke-10 dunia dan sekitar 5% setiap hari dari cadangan devisa diperdagangkan dalam CAD.

Dolar Kanada berfluktuasi sesuai dengan harga minyak global karena memiliki 13,2% cadangan minyak global dan menempati urutan kedua di dunia dalam pasokan uranium.

CAD dijuluki sebagai ‘loonie‘ dan semua koin Kanada memiliki gambar raja Inggris di satu sisi. Harga komoditas sangat mempengaruhi kebijakan moneter Kanada di tingkat global dan ketersediaan sumber daya alam.

FAQ

1 Dinar sama dengan berapa?

Jawab:

1 KWD (Dinar Kuwait) = 48.995,80 IDR

1 BHD (Dinar Bahrain) = 39.706,86 IDR

1 JOD (Dinar Yordania) = 21.079,43 IDR

Berapakah 1 pound sterling?

Jawab:

Pound Sterling (GBP)

1 GBP = 1,23 USD

1 GBP = 18.451,43 IDR

Kenapa rupiah Disebut IDR?

IDR adalah kode ISO 4217 untuk mata uang rupiah.

IDR merupakan singkatan dari Indonesian Rupiah.

Kesimpulan

Daftar mata uang tertinggi di dunia memegang pengakuan penting di tingkat internasional. Semuanya mewakili stabilitas keuangan dan politik suatu negara tertentu.

Untuk menentukan mata uang tertinggi di dunia, kami telah membandingkannya dengan US Dollar dan Rupiah. Anda dapat menggunakan informasi di dari 10 mata uang tertinggi di dunia tersebut diatas untuk kepentingan bisnis Anda sendiri dan menghasilkan banyak uang dalam mata uang asing.

Sumber referensi: Top 10 Highest Currencies in the World You should know about

Back to top button