10 Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Online CIMB Niaga

Melisa Utami

Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Online CIMB Niaga – Pinjaman online telah menjadi solusi yang populer bagi banyak individu dan bisnis untuk memenuhi kebutuhan keuangan mereka secara cepat dan mudah.

Sejak beberapa tahun terakhir, perusahaan yang menyediakan pinjaman uang semakin banyak, salah satunya yaitu pinjaman online CIMB Niaga.

Perusahaan yang satu ini akan membantu seluruh nasabahnya agar tidak mengalami kesulitan saat mereka sedang memerlukan dana tambahan bagi kebutuhan tertentu. Untuk mengenal lebih mendalam tentang pinjaman online CIMB Niaga, mari simak penjelasan berikut.

Pinjaman Online CIMB Niaga

Pinjaman Online CIMB Niaga
Pinjaman Online CIMB Niaga

Ketika ingin membeli rumah atau pun mencari modal tambahan untuk bisnis, masyarakat Indonesia memerlukan keberadaan pihak yang bersedia memberikan pinjaman uang.

Kini, CIMB Niaga juga telah merilis pinjaman online dalam bentuk aplikasi OCTO Loan yang dapat dipakai dengan mudah oleh seluruh pengguna.

Dengan hadirnya aplikasi tersebut, maka nasabah tidak harus merasa kerepotan atau pun kesulitan lagi karena mereka tidak perlu mengantre di bank secara konvensional.

Aplikasi pinjaman online CIMB Niaga ini dirintis dengan tujuan untuk mempercepat proses peminjaman setiap nasabah ketika ingin meminjam uang dari CIMB Niaga.

Baca Juga : 14 Aplikasi Pinjaman Online Bunga Rendah Tenor Panjang

Kelebihan Pinjaman Online CIMB Niaga

Proses yang dilakukan untuk mendapatkan uang dari pinjaman online CIMB Niaga dapat dilakukan dengan mengisi nomor rekening nasabah.

Tanpa harus menunggu verifikasi atau pun persetujuan dari kantor cabang terdekat, Anda bisa segera memasang aplikasi OCTO Loan di perangkat. Inilah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi pinjaman online CIMB Niaga yang satu ini:

  • Proses Pencairan Cepat

    Proses Pencairan Cepat
    Proses Pencairan Cepat

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh aplikasi pinjaman online CIMB Niaga yaitu proses pengajuan dan pencairan yang tergolong begitu singkat.

Berbeda dengan proses pengajuan pinjaman yang dilakukan di bank-bank lain secara konvensional, pinjaman melalui aplikasi OCTO Loan bisa berlangsung hanya dalam hitungan beberapa jam saja.

Dokumen yang harus dipersiapkan untuk memenuhi persyaratan dari pihak perusahaan juga tidak terlalu rumit, sehingga peminjam pun akan merasa lebih mudah dalam mendapatkan dana secara cepat.

Ketika Anda mengajukan peminjaman sebelum pukul 2 siang, maka Anda pasti akan memperoleh persetujuan dari CIMB Niaga di hari yang sama.

Oleh karena itu, apabila Anda memang memerlukan dana darurat yang tidak bisa menunggu terlalu lama, maka aplikasi ini adalah pilihan yang tepat.

Tentunya, Anda harus mempersiapkan dokumen yang sesuai dengan apa yang sudah tertera di peraturan perusahaan, sehingga dana tersebut bisa segera masuk ke dalam saldo rekening Anda.

  • Tidak Ada Jaminan

Salah satu hal yang membuat calon nasabah merasa keberatan dalam menggunakan pinjaman online yaitu karena adanya jaminan yang cukup merepotkan.

Jaminan tersebut akan diambil oleh pihak penyedia layanan pinjaman ketika merasa kesulitan untuk membayar atau melunasi pinjaman yang sudah diterima.

Akan tetapi, pinjaman online CIMB Niaga ini tidak menerapkan jaminan atau pun agunan dalam bentuk apa pun.

Pihak pemohon tidak perlu harus menyediakan jaminan tertentu ketika ingin memperoleh pinjaman uang tunai. Dengan begitu, maka Anda tidak akan merasa kesulitan ketika mengalami masalah saat hendak membayar cicilan.

  • Tidak Perlu Menemui Agen

Seperti yang sudah ditekankan sebelumnya, ketika Anda menggunakan aplikasi dari CIMB Niaga ini, maka Anda tidak perlu harus menemui agen secara langsung.

Agen-agen tersebut bersedia untuk mengurus segala proses pendaftaran Anda dalam jarak jauh, sehingga tidak ada kesempatan untuk melakukan proses tatap muka dengan Anda.

Hal ini tentunya menjadi lebih mudah dan praktis sebab Anda bisa menghemat waktu tanpa harus mendatangi agen CIMB Niaga.

Apabila Anda mengalami permasalahan tertentu ketika mendaftarkan diri sebagai nasabah di aplikasi, usahakan untuk segera menghubungi pihak customer service sehingga mereka dapat memberikan solusi atas permasalahan tersebut.

  • Tersedia Banyak Promo

Kelebihan lainnya dari aplikasi OCTO Loan yaitu ada banyak sekali promo yang sudah disediakan oleh pihak CIMB Niaga.

Promo tersebut berupa cashback dengan jumlah yang berbeda-beda, akan tetapi tentunya hal tersebut juga menyesuaikan dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

  • Biaya Admin yang Terjangkau

    Biaya Admin yang Terjangkau
    Biaya Admin yang Terjangkau

Ketika ingin mengajukan pinjaman uang, setiap nasabah harus memerhatikan terlebih dahulu mengenai jumlah biaya admin yang dibebankan oleh pihak penyedia pinjaman.

Sebab, apabila tidak teliti, maka nasabah kemungkinan akan merasa keberatan dengan biaya admin yang cukup besar. Akan tetapi, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut ketika menggunakan pinjaman online CIMB Niaga.

Sebab, biaya admin yang dibebankan oleh perusahaan ini tidak terlalu tinggi, sehingga biaya yang perlu dibayarkan pada akhir tenor pun tidak terlalu besar pula.

OCTO Loan sendiri telah menawarkan biaya administrasi yang cukup spesial, yakni hanya sekitar 1 sampai 2,5 persen dari total pinjaman.

Biaya administrasi yang cukup rendah itu akan membuat nasabah yang berusaha membayar angsuran agar tidak mengalami kesulitan.

Oleh karena itu, jumlah dana yang nantinya akan dicairkan tidak akan full sebab sudah ada potongan dari biaya admin tersebut.

  • Suku Bunga yang Rendah

Dalam menentukan produk pinjaman yang tepat, faktor lain yang paling krusial dan harus diperhatikan adalah seberapa besar persen bunga yang akan dibebankan pada nasabah.

Nah, kelebihan lain yang dirasakan oleh pengguna pinjaman online CIMB Niaga yaitu suku bunga yang tidak terlalu tinggi.

Mereka telah memberikan penawaran pinjaman online dengan suku bunga yang kecil, yakni dengan rate mulai dari angka 0,65 persen flat per bulan.

Apabila dikonversikan, maka selama 12 bulan jumlah bunga yang dibebankan setara dengan angka 14,21 persen atau 1,2 persen per bulan.

Jumlah konversi bunga yang efektif dihasilkan dari dua kali bunga flat. Bunga yang bersifat kompetitif tersebut bisa menjadi hal yang dapat meringankan pihak peminjam ketika mereka hendak membayar cicilan sampai lunas.

Beban bunga dari CIMB Niaga termasuk jauh lebih murah apabila dibandingkan dengan bunga yang diterapkan oleh pihak pinjaman online lainnya yang mencapai 4 sampai 5 persen per bulan.

Dengan begitu, maka Anda tidak perlu merasa terlalu kesulitan saat hendak meminjam uang dari mereka karena bunga yang masih bisa dijangkau dengan mudah.

  • Tenor yang Panjang

    Tenor yang Panjang
    Tenor yang Panjang

Tidak hanya bunga yang rendah saja, namun tenor yang disediakan oleh pihak CIMB Niaga juga termasuk cukup panjang.

Pinjaman yang diperoleh dari mereka dapat dikembalikan dengan pilihan tenor cicilan yang bervariasi, ada yang mulai dari 1 tahun bahkan ada pula yang dikembalikan dalam waktu maksimal 5 tahun.

Anda dapat memilih sendiri tenor yang disediakan oleh CIMB Niaga sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan yang Anda miliki untuk mengangsur cicilan tersebut.

Jangka waktu pembayaran atau tenor ini tergolong begitu fleksibel, sebab periode yang mereka tentukan cukup lama sehingga Anda mendapatkan kesempatan untuk memperoleh uang yang banyak untuk melunasi pinjaman.

  • Limit yang Besar

Apabila Anda memerlukan pinjaman dalam jumlah yang begitu besar, maka pihak CIMB Niaga menjadi solusi yang sesuai. Bagaimana tidak, mereka menyediakan limit pinjaman yang cukup besar yaitu mencapai angka 300 juta rupiah.

Jumlah limit yang besar tersebut pun cukup fleksibel, sebab pihak pemohon bisa memilih sendiri besaran pinjaman yang sesuai.

  • Dapat Dipakai Untuk Berbagai Kebutuhan

    Dapat Dipakai Untuk Berbagai Kebutuhan
    Dapat Dipakai Untuk Berbagai Kebutuhan

Selain menjadi modal utama untuk pelaku bisnis atau UMKM, namun pinjaman online CIMB Niaga juga bisa digunakan untuk memenuhi berbagai macam keperluan masyarakat.

Anda dapat menggunakan pinjaman dana ini untuk kebutuhan konsumtif seperti biaya pendidikan, biaya pernikahan, atau pun biaya untuk memperbaiki rumah.

  • Termasuk Pinjaman yang Legal

Tingkat keamanan yang dihadirkan oleh CIMB Niaga termasuk sangat tinggi, terlebih karena penyedia pinjaman online sudah terdaftar dan diawasi dengan mumpuni oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan.

Dengan begitu, data yang dimiliki oleh nasabah akan mendapatkan perlindungan ekstra dari pihak CIMB Niaga dan nasabah bisa mengajukan pertanggung jawaban ketika ada masalah tertentu.

Artikel Menarik Lainnya : Review Kartu Kredit Citibank: Syarat, Rewards Poin dan Keunggulan

Kekurangan Pinjaman Online CIMB Niaga

Meskipun mempunyai segudang kelebihan, akan tetapi nasabah juga harus mengetahui tentang kekurangan yang dimiliki oleh aplikasi CIMB Niaga ini.

Ada sejumlah kekurangan yang akan dirasakan oleh nasabah yang meminjam melalui aplikasi OCTO Loan, salah satunya adalah seperti berikut:

  • Harus Mempunyai Riwayat yang Bersih

    Harus Mempunyai Riwayat yang Bersih
    Harus Mempunyai Riwayat yang Bersih

Sama halnya dengan pinjaman yang lain, setiap nasabah diwajibkan untuk harus memiliki riwayat keuangan yang bersih dan tidak bermasalah sama sekali.

Apabila bermasalah, maka kemungkinan besar nasabah tersebut tidak akan mendapatkan persetujuan dari pihak CIMB Niaga karena dianggap sebagai pihak yang tidak bisa dipercayai.

Apabila sebelumnya Anda mempunyai track record yang tidak bersih atau bahkan buruk di BI Checking, tentunya hal ini akan menghalangi Anda dalam mengajukan pinjaman.

Untuk menghindari hal tersebut, maka nasabah harus membayar cicilan dengan tepat waktu dan tidak menghindari pihak penyedia pinjaman ketika ditagih.

  • Harus Memenuhi Syarat Usia

Meskipun terdengar sepele, akan tetapi usia nasabah juga termasuk hal krusial yang bisa membuat pinjaman ditolak oleh CIMB Niaga.

Usia minimum bagi nasabah yang ingin melakukan pinjaman adalah mulai dari 21 sampai 55 tahun, sedangkan usia yang lebih atau pun kurang dari itu tidak diperbolehkan meminjam lagi.

Pengajuan bahkan akan ditolak meskipun usia nasabah kurang satu hari dari usia minimal. Tidak hanya usia saja, akan tetapi nasabah juga harus mempunyai pekerjaan dan pendapatan yang tetap sehingga tidak ada masalah ketika memasuki masa pembayaran cicilan pinjaman.

  • Uang yang Cair Tidak Full

    Uang yang Cair Tidak Full
    Uang yang Cair Tidak Full

Sebelumnya, telah dijelaskan bahwa uang yang akan dikirimkan kepada pihak nasabah akan mendapatkan potongan biaya admin dan asuransi.

Meskipun hal ini sudah wajar terjadi karena CIMB Niaga adalah pinjaman bank, akan tetapi beberapa nasabah akan sedikit kesulitan dengan hal tersebut.

  • Harus Memiliki Keanggotaan

Kekurangan terakhir yang perlu diketahui yaitu nasabah yang belum memiliki keanggotaan dengan pihak CIMB Niaga kemungkinan besar akan ditolak.Untuk itu, maka setiap nasabah yang hendak melakukan peminjaman harus menjadi anggota terlebih dahulu agar diterima.

Selain itu, nasabah yang tidak memiliki kartu kredit akan merasa kesulitan karena ada beberapa syarat tertentu yang cukup sulit.

Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Melakukan Pinjaman Online CIMB Niaga

Hal yang Perlu Diperhatikan  Penjelasan
Tujuan Pinjaman Tentukan dengan jelas tujuan penggunaan dana pinjaman. Apakah itu untuk pendidikan, pembelian rumah, investasi, atau kebutuhan mendesak lainnya.
Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan Hitung dengan cermat berapa jumlah dana yang Anda butuhkan. Jangan meminjam lebih dari yang diperlukan agar tidak terjerat hutang berlebihan.
Kemampuan Membayar Kembali Evaluasi kemampuan Anda untuk membayar pinjaman. Periksa penghasilan Anda, pengeluaran bulanan, dan apakah Anda memiliki sumber pendapatan yang stabil.
Jenis Pinjaman yang Sesuai Pilih jenis pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti pinjaman pribadi, hipotek, atau pinjaman usaha. Setiap jenis pinjaman memiliki karakteristiknya sendiri.
Tingkat Bunga Perhatikan tingkat bunga yang ditawarkan oleh bank. Bandingkan tingkat bunga dari beberapa bank dan cari yang paling kompetitif. Tingkat bunga dapat mempengaruhi biaya pinjaman Anda.

 

Pinjaman Online CIMB Niaga
Pinjaman Online CIMB Niaga

Demikian beberapa kelebihan dan kekurangan dari pinjaman online CIMB Niaga yang bisa menjadi informasi baru bagi Anda.Dengan mengetahui segala hal tentang pinjaman ini, maka Anda pun akan menjadi lebih bijak dalam melakukan pinjaman.Pastikan untuk melakukan instalasi aplikasi OCTO Loan CIMB Niaga pada ponsel sehingga proses peminjaman pun berjalan dengan lebih praktis lagi.

 

Melisa Utami

Suka Makan, Berbelanja, dan Bepergian. Suka Menulis Tentang Keuangan, Bisnis, Teknologi, & Gaya Hidup Untuk Membantu Banyak Orang Sadar Tentang Keuangan Dan Bagaimana Menghadapinya Dengan Bijak.

Related Post

Tinggalkan komentar