Kenapa Spotify Tidak Bisa Memutar Lagu? Ini Solusinya

Sanra Hutagalung

Kenapa Spotify Tidak Bisa Memutar Lagu – Ketika lagu yang ingin kamu dengarkan ternyata tidak bisa diputar, tentu saja akan membuat kamu merasa kecewa dan ingin mencari tahu faktor penyebabnya.

Seperti yang kita ketahui bahwasannya Spotify salah satu aplikasi layanan streaming musik dan podcast. Melalui platform ini kamu bisa menemukan beragam karya musik dari berbagai content creator.

Namun terlepas dari semuanya itu, aplikasi Spotify juga masih sering mengalami beragam masalah. Seperti pemutar musik yang tidak dapat memutar lagu.

Penyebab masalah tersebut sangat beragam, tetapi pada kesempatan kali ini kamu juga akan menemukan cara mengatasinya. Penasaran? Langsung saja simak penjelasan dibawah ini.

Cara Memutar Lagu di Spotify

Sebelum pada penjelasan inti, terkait kenapa spotify tidak bisa memutar lagu, sebaiknya ketahui terlebih dahulu bagaimana cara memutar lagu di Spotify.

Memutar Lagu di Spotify

Adapun langkah-langkah memutar lagu di spotify, diantaranya sebagai berikut :

  • Buka aplikasi Spotify di perangkat.
  • Cari lagu yang ingin di putar menggunakan fitur pencarian atau telusuri daftar putar/album.
  • Tekan lagu yang sudah dipilih untuk memutarnya.
  • Untuk mengontrol pemutaran, gunakan tombol dibagian bawah aplikasi Spotify, seperti tombol pause/putar, tombol maju/mundur dan tombol volume.
  • Apabila ingin membuat daftar putar sendiri, kamu dapat membuatnya dengan menekan tombol “Tambahkan ke Daftar Putar”.

Kenapa Spotify Tidak Bisa Memutar Lagu

Terdapat beberapa kemungkinan yang menjadi faktor penyebab kenapa Spotify tidak bisa memutar lagu, salah satunya yaitu koneksi internet yang lambat dan tidak stabil. Untuk mengetahui beberapa penyebab kenapa Spotify tidak bisa memutar lagu, simak ulasan diawah ini.

Koneksi Internet Lambat atau Tidak Stabil

Koneksi yang tidak stabil atau lambat akan mempengaruhi streaming lagu yang sedang diputar. Oleh sebab itu sebelum memutar lagu di Spotify, pastikan jaringan yang sedang digunakan lancar.

Untuk mengatur kelancaran jaringan yang sedang digunakan, kamu bisa mengatur perangkat ponsel menjadi mode pesat kemudian matikan kembali. Hal tersebut dilakukan agar jaringan yang digunakan tetap stabil.

Masalah Akun Pengguna Spotify

Kenapa Spotify tidak bisa memutar lagu juga bisa disebabkan oleh masalah akun pengguna Spotify. Masalah ini biasanya terjadi karena adanya kesalahan teknis atau bug aplikasi.

Untuk mengatasi masalah ini kamu dapat menutup aplikasi Spotify, kemudian membuka kembali. Apabila tidak ada perubahan, besar kemungkinan pihak Spotify sedang dalam perbaikan.

Masalah pada Perangkat

Selain dari Spotify itu sendiri, ternyata masalah pada perangkat atau sistem operasi yang digunakan juga dapat menjadi faktor penyebab kenapa Spotify tidak bisa memutar lagu.

Biasanya masalah ini terjadi karena speaker sedang dalam masalah, sehingga tidak dapat mengeluarkan bunyi. Selain itu, hal ini juga bisa terjadi karena tidak memiliki pembaruan terbaru atau konflik dengan aplikasi lain.

Batas Geografis Konten

Apakah kamu pernah menemukan lagu di Spotify yang berwarna abu-abu dan tidak bisa dimainkan? Lagu yang berwarna abu-abu itu artinya lagu atau albumnya tidak tersedia untuk pendengar/pengguna Spotify di negera Indonesia.

Contoh Lagu Spotify Tidak Bisa diputar

Karena ketersediaan lagu di suatu negara ditentukan oleh lisensinya, yang dipegang oleh labal rekaman atau distributor lagu sebagai hak cipta.

Maka alternatif lain yang dapat kamu lakukan agar tetap bisa memutar lagu Spotify yaitu memilih lagu yang dapat diputar pada lokasi keberadaan kamu saat ini.

Cara Mengatasi Spotify Tidak Bisa Memutar Lagu

Terlepas dari semua penyebab kenapa Spotify tidak bisa memutar lagu, ternyata ada beberapa cara untuk mengatasi Spotify yang tidak bisa memutar lagu.

Cara Mengatasi Spotify Tidak Bisa Memutar Lagu

Adapun beberapa cara untuk mengatasi masalah Spotify tidak dapat memutar lagu adalah sebagai berikut:

Pastikan Koneksi Internet Lancar

Meskipun Spotify dapat digunakan pada saat offline, namun beberapa lagu yang belum dimasukkan ke dalam daftar putar pribadi tidak akan bisa dimainkan secara offline.

Artinya, lagu yang belum di masukkan ke dalam daftar favorite akan membutuhkan koneksi internet. Jadi pastikan jaringan yang sedang kamu gunakan stabil dan lancar. Cobalah untuk memuat situs web lain untuk memastikan bahwa masalah bukan karena koneksi internet kamu.

Update Aplikasi

Cara mengatasi Spotify tidak bisa memutar lagu selanjutnya yaitu dengan memperbaharui aplikasi ke versi terbaru.

Update Aplikasi

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa aplikasi Spotify berfungsi dengan baik pada versi sistem operasi atau perangkat baru.

Selain itu manfaat dari mengupdate aplikasi dilakukan yaitu untuk membantu mempercepat kinerja aplikasi, mengurangi lag dan menghindari crash atau force close.

Hapus Cache

Meskipun menghapus cache Spotify terlihat meragukan untuk mengatasi kenapa Spotify tidak bisa memutar lagu, akan tetapi ini merupakan solusi terbaik yang dapat kamu coba.

Karena berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan setelah menghapus cache aplikasi, contohnya menghemat ruang peyimpanan serta mengatasi masalah aplikasi. Pasalnya, cache yang rusak atau korup dapat menyebabkan Spotify tidak bisa memutar lagu.

Cek pengaturan Audio

Banyak pengguna Spotify yang mengabaikan pengaturan audio pada perangkat ponsel yang sedang digunakan saat ini. Sehingga ketika mengalami permasalahan seperti tidak bisa memutar lagu di Spotify, merasa cemas dan bingung untuk mengatasinya.

Jadi periksa pengaturan audio di perangkat kamu untuk memastikan bahwa speaker atau headphone tidak sedang dalam mode diam atau tidak terhubung dengan baik.

Reinstal Aplikasi

Terakhir, jika dirasa semua upaya di atas tidak berhasil, coba uninstall dan install kembali aplikasi Spotify di perangkat kamu. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari terjadinya eror atau ngebug pada aplikasi Spotify.

Bagaimana Cara Memutar Lagu di Spotify Tanpa Shuffle?

Apabila kamu ingin memutar lagu di Spotify tanpa menggunakan fitur suffle, simak langkah-langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi Spotify yang ada di perangkat.
  • Pilih daftar putar atau album yang ingin di dengarkan.
  • Tekan tombol Play di atas daftar putar atau album.
  • Pada saat lagu pertama dimulai, geser layar kebawah. Maka akan tampil bilah kontrol pe,utaran.
  • Pada bilah kontrol pemutaran, akan terlihat dua tombol. Pastikan tombol Shuffle tidak berwarna hijau. Jika sedang aktif, tekan tombol untuk mematikan fitur shuffle.
  • Maka lagu-lagu dalam daftar putar akan diputar secara berurutan.

Mengapa Lagu di Spotify Tidak Full?

Banyak pengguna yang berlangganan di Spotify bertanya-tanya mengapa lagu yang diputar tidak full. Ini biasanya disebab kan oleh beberapa hal, seperti :

  • Versi Lagu : Beberapa kagu kemungkinan tersedia dalam versi yang lebih pendek atau hanya potongan lagu (seperti remix atau cover).
  • Batasan region : beberapa lagu hanya tersedia dibeberapa negaara atau wilayah tertentu saja.
  • Terkadang masalah teknis pada aplikasi Spotify dapat menyebabkan masalah saat memutar lagu di Spotify.
  • Masalah pada akun, seperti masalah dengan langganan atau masalah pada pembayaran.

Kelebihan dan Kekurangan Spotify

Kelebihan Spotify Kekurangan Spotify
Katalog musik luas dan beragam. Iklan dalam versi gratis mengganggu.
Streaming musik berkualitas tinggi. Batasan perangkat untuk versi gratis.
Playlist dan rekomendasi personal. Tidak tersedia di semua negara.
Mode offline untuk mengunduh lagu. Batasan jumlah lagu yang dapat diunduh.
Podcast dan audio book tersedia. Tidak tersedia di semua kendaraan.
Dukungan cross-platform. Biaya bulanan untuk fitur premium.
Versi gratis dengan iklan.

Artikel Menarik Lainnya : 6 Cara Mengetahui Judul Lagu dari Video Tanpa Aplikasi 2023

Kesimpulan

Kenapa Spotify Tidak Bisa Memutar Lagu
Kenapa Spotify Tidak Bisa Memutar Lagu

Itulah beberapa penyebab kenapa spotify tidak bisa memutar lagu beserta cara mengatasinya yang bisa kamu coba jika terjadi hal seperti ini. Pastikan semua cara diatas sudah kamu lakukan sebelum mencoba reintall aplikasi Spotiffy.

Semoga informasi kenapa spotify tidak bisa memutar lagu ini bermanfaat dan sampai bertemu di informasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Related Post