11 Cara Mengatasi WA Terjadi Kesalahan Saat Memutar Video

Sanra Hutagalung

Cara Mengatasi WA Terjadi Kesalahan Saat Memutar Video WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia. Aplikasi ini digunakan oleh jutaan orang untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman dan rekan kerja.

Salah satu fitur yang paling digemari dari WA adalah kemampuan untuk mengirim dan menerima video. Namun terkadang pengguna dapat mengalami kesalahan saat memutar video di Whatsapp.

Kesalahan saat memutar video di WA disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya yaitu koneksi internet yang lambat dan tidak stabil.

Jadi untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi WA terjadi kesalahan saat memutar video, simak penjelesan dibawah ini.

Penyebab Video WA Tidak Bisa Diputar

Penyebab Video WA Tidak Bisa Diputar

Masalah video WhatsApp tidak bisa diputar dan terjadi kesalahan sangat sering terjadi pada setiap pengguna smartphone saat ini.  Hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal, berikut penyebab video whatsapp tidak bisa diputar yang wajib diketahui yakni diantaranya :

1. Koneksi Internet Tidak Stabil

Pada umumnya, koneksi internet yang tidak stabil atau buruk dapat menjadi penyebab video tidak dapat di putar di Whatsapp. Karena koneksi yang buruk dapat menyebabkan buffering atau bahkan gagal dimuar secara keseluruhan,

Sebaiknya mencari tempat yang memiliki koneksi internet lancar atau menggantikan ke jaringan WIFI yang lebih kuat, agar video bisa diputar dengan baik.

2. Format File Tidak Didukung

Format file tidak didukung bisa menyebabkan video Whatsapp tidak bisa di putar atau terjadi kesalahan. Pasalnya, Whatsapp hanya mendukung beberapa format video seperti MP4, MKV, AVI dan lain sebagainya.

Pastikan format file video whatsapp yang diterima sesuai dengan yang ditentukan. Untuk alternatif lain, kamu juga bisa mengkonversi format file video ke format yang di dukung oleh whatsapp agar video bisa diputar.

3. WhatsApp Versi Lama

Versi Whatsapp yang sudah usang dapat menyebabkan masalah dalam pemutaran video. Hal tersebut dikarenakan, versi lama Whatsapp tidak mendukung format file video baru. Sehingga terjadi bug atau masalah yang menyebabkan video tidak dapat diputar dengan baik di aplikasi Whatsapp.

Selain itu, penggunaan aplikasi whatsapp versi lama juga tidak akan menerima pembaruan secara berkala, seperti fitur baru dan peningkatan keamanan.

4. Keterbatasan Penyimpanan

Jika penyimpanan di perangkat hampir penuh, maka aplikasi Whatsapp tidak dapat memuat dan memutar video dengan baik serta tidak dapat mengunduh video full.

Pasalnya, setiap pengunduhan video maupun foto memerlukan ruang penyimpanan. Jadi, pastikan kapasitas ruang yang dimiliki masih cukup, agar video whatsapp visa diputar.

Cara Mengatasi WA Terjadi Kesalahan Saat Memutar Video

Berbagai cara mengatasi WA terjadi kesalahan saat memutar video yang bisa kamu coba apabila hal ini terjadi kepada kamu. Karena ini bisa saja terjadi di berbagai merek handphone. Adapun solusi atau cara untuk mengatasi Whatsapp terjadi kesalahan saat memutar video, yaitu sebagai berikut.

1. Pastikan Koneksi Intenet Lancar

Masalah dalam memutar sering terjadi karena koneksi internet yang buruk atau tidak stabil. Biasanya, hal ini ditandai dengan kesalahan saat memutar video yang ada di aplikasi Whatsapp.

Apabila hal ini terjadi, kamu bisa mengganti ke jaringan WIFI yang lebih kuat atau memeriksa ulang koneksi internet yang sedang kamu gunakan saat ini.

Karena cara mengatasi WA terjadi kesalahan saat memutar video yang paling umum yaitu dengan memastikan koneksi internet tetap lancar dan stabil.

2. Hapus Cache

Menghapus Cache aplikasi merupakan salah satu mengatasi WA terjadi kesalahan saat memutar video. Dengan menghapus cache aplikasi Wa, kamu dapat membersihkan data yang mungkin rusak atau tidak sesuai dan memperbaiki masalah saat memutar video di whatsapp.

Selain itu, menghapus cache whatsapp juga dapat meningkatkan performa aplikasi serta menghemat ruang penyimpanan.

Hapus Cache

Berikut cara menghapus cache :

  • Buka Pengaturan atau setelan.
  • Pilih opsi menu Aplikasi dan Manajemen Aplikasi.
  • Scroll kebawah, lalu klik aplikasi WhatsApp.
  • Pilih menu Penggunaan Penyimpanan.
  • Klik Hapus cache.

3. Update Aplikasi

Cara mengatasi WA terjadi kesalahan saat memutar video yaitu dengan mengupdate uplikasi ke versi terbaru. Seperti yang kita ketahui bahwa Whatsapp secara rutin melakukan update aplikasi.

Hal ini dilakukan untuk menambahkan fitur atau memperbaiki bug yang ada pada aplikasi WA yang sedang digunakan saat ini. Apabila kamu masih menggunakan aplikasi versi lama, sebaiknya untuk memperbaharui aplikasi tersebut ke versi terbaru.

Update Aplikasi WhatsApp

Berikut caranya :

  • Buka aplikasi Play Store di ponsel.
  • Cari aplikasi Whatsapp pada kolom pencarian.
  • Tekan update atau untuk memperbaharui aplikasi WA.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses download berhasil dilakukan.

Jika tidak ada pembaruan setelah mengupdate aplikasi, maka cara mengatasi WA terjadi kesalahan saat memutar video tidak dengan mengudate aplikasi WA.

4. Aktifkan Fitur Unduh Otomatis

Hingga saat ini banyak sekali pengguna Whatsapp yang tidak mengaktifkan fitur unduh otomatis. Pasalnya, fitur unduh otomatis memungkinkan Whatsapp untuk mengunduh video secara otomatis ke dalam penyimpanan perangkat.

Cara mengatasi WA terjadi kesalahan saat memutar video dengan mengaktifkan fitur unduh otomatis akan memudahkan kamu mendapatkan video yang telah dikirim.

Mengaktifkan Fitur Unduh Otomatis
  • Buka aplikasi Whatsapp di ponsel.
  • Klik ikon titik tiga di pojok kanan atas dan klik Setelan.
  • Pilih menu Penyimpanan dan data.
  • Lakukan pengaturan pada bagian Unduh Otomatis Media.
  • Klik kolom hingga muncul ikon centang pada opsi Video.

Sebagai informasi tambahan, apabila mengaktifkan fitur unduh otomatis file video yang diterima via WA akan tersimpan secara otomatis ke dalam folder perangkat dan video dapat di tonton tanpa harus menggunakan koneksi internet.

5. Pastikan Ruang Penyimpanan Tidak Penuh

Memastikan ruang penyimpanan tidak penuh juga termasuk cara mengatasi WA terjadi kesalahan saat memutar video. Hal tersebut dikarenakan Whatsapp menyimpan file sementara saat memutar video, sehingga membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup.

Agar ruang penyimpanan tidak penuhi sebaiknya :

  • Hapus file yang tidak diperlukan.
  • Pindahkan file ke penyimpanan eksternal.
  • Gunakan fitur pembersih sistem

Selain itu, kamu juga bisa melihat apakah ruang penyimpanan ponsel sudah penuh, dengan cara :

  • Buka menu pengaturan di ponsel.
  • Pilih opsi menu Perawatan perangkat dan baterai.
  • Lalu buka menu Penyimpanan.
  • Periksa sisa penyimpanan ruang ponsel kamu.

6. Muat Ulang Ponsel

Memuat ulang ponsel mungkin dapat membantu untuk mengatasi beberapa masalah pada perangkat. Namun hal ini tidak selalu efektif untuk cara mengatasi WA terjadi kesalahan saat memutar video.

Akan tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini. Karena memuat ulang ponsel dapat memperbaiki masalah pada aplikasi dan memperbaiki masalah koneksi internet.

7. Instal Ulang Aplikasi

Menginstall ulang aplikasi juga termasuk cara mengatasi WA terjadi kesalahan saat memutar video yang bisa kamu coba.

Namun sebelum melakukan instal ulang, pastikan data penting yang ada di dalam aplikasi Whatsapp telah dibackup terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan agar data tidak hilang ketika aplikasi dihapus dan diinstal ulang.

Tips Mengirim Video di WhatsApp Agar Bisa Diputar Penjelasan
Periksa Format Video Pastikan video Anda memiliki format yang didukung oleh WhatsApp. Format yang umumnya didukung adalah MP4. Jika video Anda dalam format yang berbeda, pertimbangkan untuk mengonversinya.
Periksa Ukuran File Pastikan ukuran file video tidak terlalu besar. WhatsApp memiliki batasan ukuran file yang dapat dikirim. Jika video terlalu besar, Anda mungkin perlu mengompresnya agar sesuai dengan batas ini.
Pastikan Koneksi Internet Stabil Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil saat mengirim video. Koneksi yang lambat atau terputus dapat mengganggu proses pengiriman dan pemutaran video.
Periksa Ruang Penyimpanan Pastikan Anda memiliki cukup ruang penyimpanan di ponsel Anda untuk menyimpan video yang akan diterima. Video yang besar memerlukan ruang penyimpanan yang cukup.
Pilih Kualitas Video yang Sesuai Jika diberikan opsi, pilih kualitas video yang sesuai dengan kebutuhan. Kualitas yang lebih tinggi menghasilkan file yang lebih besar.
Gunakan Wi-Fi untuk Mengirim Video Ketika memungkinkan, gunakan jaringan Wi-Fi daripada data seluler untuk mengirim video. Ini dapat mengurangi masalah selama pengiriman.
Gunakan Aplikasi WhatsApp untuk Merekam Video Saat merekam video langsung melalui WhatsApp, gunakan fitur kamera WhatsApp. Ini memastikan format video yang sesuai dengan WhatsApp.

Postingan Menarik Lainnya : 11 Penyebab Telegram Tidak Bisa Download dan Cara Mengatasinya

Kesimpulan

Cara Mengatasi WA Terjadi Kesalahan Saat Memutar Video
Cara Mengatasi WA Terjadi Kesalahan Saat Memutar Video

Itulah beberapa cara mengatasi WA terjadi kesalahan saat memutar video apabila hal tersebut terjadi kepada kamu. Pastikan cara diatas sudah dicoba satu persatu agar kesalahan saat memutar video teratasi.

Apabila sudah melakukan cara diatas, namun tidak ada perubahan sama sekali. Sebaiknya meminta ulang video yang telah dikirim sebelumnya. Selain itu, kamu juga dapat menghubungi dukungan teknis Whatsapp untuk mendapatkan informasi yang lebih valid.

Related Post