3 Cara Menyimpan Kuota Agar Tidak Hangus Tanpa Pulsa

Widya Samosir

Masalah seputar bagaimana cara menyimpan kuota agar tidak hangus selalu jadi perbincangan hangat bagi para pengguna paket internet. Pasalnya tidak semua orang selalu ingat untuk cek sisa masa berlaku kartu internet mereka

Jika masa aktif kuota telah hangus, tentu konsekuensi yang akan di terima ialah kita tidak dapat mengakses internet seperti biasanya. Lantas apakah masa aktif kuota tersebut bisa diperpanjang lagi agar sisa kuotanya masih dapat digunakan kembali?

Tentunya bisa, solusinya harus melalui tahapan cara menyimpan kuota agar tidak hangus berikut ini. Baca sampai selesai ya

solusi masalah kuota hangus padahal masih banyak
solusi masalah kuota hangus padahal masih banyak

Tuntutan akan penggunaan internet yang kian hari semakin banyak membuat kebutuhan internet saat ini hadir dalam jumlah yang sangat besar.

Hal tersebut bisa terlihat dari banyaknya jenis paket internet yang hadir dengan harga bervariasi serta keunggulan yang berbeda pula.

Sehingga membuat siapa saja akan tergiur untuk membelinya. Nah, keinginan yang selalu ingin membeli paket internet dengan harga murah itulah yang menciptakan rasa ketidakpuasan bagi banyak orang

Sehingga kita sering memilih untuk mengganti kartu internet kita dengan jenis lain tanpa menghiraukan bahwa kita sebenarnya masih memiliki kuota internet yang cukup banyak saat itu.

Akibat dari bentuk pemborosan yang kita lakukan tentu akan memberikan dampak kuota internet yang tidak kita gunakan itu menjadi hangus dan tidak dapat digunakan kembali seperti biasanya.

Lalu bagaimana cara agar kita tetap bisa menggunakan kartu tersebut kembali? jawabannya ialah kamu wajib menyimpan kuota yang sebelumnya kamu gunakan saat kamu hendak menggunakan jenis kuota internet lainnya.

Agar kuota tersebut tidak hangus begitu saja. Apabila kamu ingin mencobanya, mari lakukan cara menyimpan kuota agar tidak hangus berikut ini.

Cara Menyimpan Kuota Agar Tidak Hangus Tiap Bulannya

cara menyimpan kuota agar tidak hangus tanpa pulsa
cara menyimpan kuota agar tidak hangus tanpa pulsa

Nah, apabila kamu pernah mengalami kejadian serupa maka jangan buru-buru untuk langsung menonaktifkan kartu internet tersebut atau membuang kartu internet kamu.

Karena kuota internet yang tidak kamu gunakan bisa kamu akumulasikan atau kamu simpan dengan tahapan cara menyimpan kuota agar tidak hangus di bawah ini.

1. Cek Terus Sisa Kuota Dan Masa Berlaku Kartu

lakukan pengecekan sisa kuota internet secara berkala
lakukan pengecekan sisa kuota internet secara berkala

Cara menyimpan kuota agar tidak hangus dengan cepat ialah melakukan pengecekan secara berkala untuk penggunaan kartu tersebut.

Apa yang perlu kamu cek? jawabannya ialah sisa kuota yang ada pada kartu paket tersebut dan masa berlaku paketnya. Kegunaan dari pengecekan tersebut ialah agar ketika kamu hendak menggunakan kartu paket lain, kamu tetap bisa mengetahui sisa kuota dan masa berlaku pada kartu tersebut

Sehingga nantinya ketika kamu mendapati pengurangan pada kuota tersebut maka kamu bisa memberikan laporan terkait kuota kamu yang semakin berkurang padahal tidak digunakan sama sekali kepada pihak operator layanan kartu.

Jadi kuota kamu akan selalu tersimpan dengan aman dan tidak akan hangus pastinya.

2. Menambah Masa Aktif Kuota Tersebut

Cara menyimpan kuota agar tidak hangus selanjutnya ialah kamu harus memperpanjang masa aktif kuota yang tidak kamu gunakan lagi dengan pulsa atau kuota internet.

Memang terkesan sangat boros ya sobat, untuk itu kami menyediakan cara menambah masa aktif kuota tanpa menggunakan pulsa sama sekali namun perlu di ingat bahwa cara ini tidak selalu berhasil ya sobat.

Sedangkan untuk cara menambah masa aktif kuota untuk semua provider kartu paket tentu berbeda-beda ya sobat. Berikut kami rangkum cara menambah masa aktif kuota untuk masing-masing provider kartu yang memungkinkan akses penambahan masa aktif kuota internet ya.

  • Cara Memperpanjang Masa Aktif Kuota Telkomsel Tanpa Pulsa

cara mudah memperpanjang masa aktif kuota telkomsel
cara mudah memperpanjang masa aktif kuota telkomsel

Provider kartu internet pertama yang kami hadirkan ialah telkomsel. Berikut kami berikan tahapan cara menambah masa aktif kuota telkomsel dengan mudah tanpa perlu penggunaan pulsa sama sekali.

Jadi buat kamu yang punya kuota internet telkomsel tetapi tidak digunakan lagi mari coba perpanjang masa aktifnya melalui tahapan cara menyimpan kuota agar tidak hangus dengan memperpanjang masa aktifnya disini :

  1. Lakukan panggilan melalui menu dial dengan klik angka *999# dan tekan panggil
  2. Pilih opsi lainnya pada tampilan yang muncul
  3. Selanjutnya pilih menu layanan lain
  4. Lanjutkan dengan klik opsi multi sim control
  5. Lalu klik transfer pulsa dan masa aktif
  6. Terakhir tentukan masa aktif sesuai keinginan kamu

Selain melalui menu dial up, kami juga menghadirkan cara menambah masa aktif kuota telkomsel melalui layanan SMS. Tentunya masih sama seperti sebelumnya dimana cara ini juga dapat digunakan gratis tanpa pengurangan pulsa sama sekali ya.

  1. Buka menu pesan singkat (SMS) di ponsel kamu
  2. Buat pesan baru dengan nomor tujuan 3636
  3. Lalu ketik pesan yang berisikan kata Data On 1000
  4. Setelah itu, kirim pesan ke nomor 3636
  5. Tunggu beberapa saat sampai layanan telkomsel membalas pesan kami
  6. Jika ada balasan yang muncul kirim pesan dengan kata ya kembali
  7. Terakhir lakukan pengecekan di *888# untuk memastikan masa aktif kuota internet telkomsel kamu bertambah.

Itulah cara menambah masa aktif kuota telkomsel tanpa mengurangi pulsa yang ada dalam kartu telkomsel kamu. Apabila cara tersebut tidak berhasil maka kamu bisa pakai cara menambah masa aktif kuota telkomsel menggunakan pulsa berikut ini:

  • Buka menu panggilan di telepon dan masukkan angka *999#
  • Tekan panggil untuk menampilkan opsi selanjutnya
  • Pada opsi layanan yang ditampilkan kamu wajib klik paket masa aktif
  • Pilih nominal pulsa yang tertera sesuai keingginan untuk menampah masa aktif kuota internet telkomsel kamu.
  • Tekan setuju untuk konfirmasi seluruh tahapan tersebut

Nominal pulsa Rp. 5.000 berlaku untuk perpanjangan masa aktif kuota selama 7 hari, nominal pulsa Rp. 15.000 berlaku untuk masa aktif kuota selama 30 hari dan nominal pulsa Rp. 30.000 dapat menambah masa aktif kuota internet telkomsel sampai 90 hari lamanya.

Semakin besar nominal pulsa yang kamu pilih maka semakin panjang pula masa aktif kuota telkomsel yang akan diberikan nantinya.

Setelah konfirmasi penambahan masa aktif kuota telkomsel berhasil maka masa berlaku kuota internet telkomsel kamu akan di perpanjang secara otomatis dan cara menyimpan kuota agar tidak hangus berhasil.

  • Cara Memperpanjang Masa Aktif Kuota Indosat Tanpa Pulsa

Cara menyimpan kuota agar tidak hangus khusus pengguna indosat sedikit berbeda dari operator seluler lainnya. Pasalnya kalian tidak perlu melakukan tahapan cara memperpanjang masa aktif kuota indosat gratis jika kalian hanya ingin menyimpan kuota internet indosat yang tidak kalian gunakan lagi.

Mengapa demikian? jawabannya karena indosat telah menghadirkan layanan bernama Data Roll Over. Data Roll Over merupakan sisa kuota utama yang dapat diakumulasikan ketika kamu melakukan perpanjangan paket atau pembelian paket baru dengan harga yang sama.

Layanan ini juga termasuk dalam salah satu fasilitas yang diberikan oleh pihak indosat sebagai cara menyimpan kuota agar tidak hangus nantinya.

Untuk menggunakan fasilitas ini ada syarat penting yang wajib kamu ketahui dimana kartu indosat yang ingin kamu simpan kuota internetnya merupakan kartu paket freedom combo atau kartu paket internet bulanan indosat.

Jika sudah benar, lalu bagaimana cara mendapatkan fasilitas ini? fasilitas ini bisa kamu dapatkan secara otomatis ketika kamu membeli penambahan paket internet freedom combo dan paket internet bulanan indosat ke dalam kuota indosat kamu sebelumnya.

Setelah kamu membeli penambahan paket tersebut maka kamu tidak perlu khawatir lagi karena kuota indosat kamu yang lama dapat bertahan lama.

  • Cara Memperpanjang Masa Aktif Kuota XL dan Axis Tanpa Pulsa

Cara memperpanjang masa aktif kuota XL dan axis umumnya bisa dilakukan tanpa menggunakan pulsa karena hal yang perlu kamu lakukan untuk menambah masa aktif kuota internet tersebut agar kuota nya masih bisa tersimpan ialah kamu hanya perlu melakukan penambahan kuota atau isi ulang kuota pada kartu internet tersebut.

Cara ini sama seperti cara memperpanjang masa aktif kuota indosat sebelumnya. Namun jika kamu tidak ingin melakukan penambahan kuota karena kuota lama kamu masih ada maka kamu bisa gunakan tahapan memperpanjang masa aktif kuota XL dan Axis dengan pulsa saja.

Untuk kisaran biaya potongan pulsa yang akan dibebankan kepada kamu tentunya bervariasi ya sobat karena hal tersebut bergantung pada berapa lama perpanjangan masa aktif kuota XL dan Axis yang kamu butuhkan.

3. Beli Paket Dengan Masa Aktif Selamanya

Cara menyimpan kuota agar tidak hangus hanya dalam hitungan bulan ialah membeli paket dengan masa aktif kuota selamanya.

Apakah ada? tentunya ada ya sobat dan salah satu operator jaringan yang menyediakan fasilitas tersebut ialah tri (3) dengan nama paket perdana AlwaysON.

Jenis kartu perdana tersebut dapat kita nikmati kapanpun asalkan masa aktif kartu SIM 3 kita masih aktif. Selain itu, kita juga dapat menyimpan kuota internet yang ada didalamnya hingga bertahun-tahun walaupun tidak kita gunakan sama sekali.

Sehingga sangat cocok jadi solusi buat kamu yang suka gonta-ganti kartu paket padahal kuota internet didalam kartu sebelumnya masih banyak.

Bagaimana pendapat kamu tentang cara menyimpan kuota agar tidak hangus diatas? cukup mudah bukan?

Tips Hemat Kuota

Tips Deskripsi Singkat
Batasi Penggunaan Data Atur batasan penggunaan data di pengaturan smartphone Anda untuk mencegah penggunaan kuota yang berlebihan.
Gunakan Wi-Fi Sebisa mungkin, gunakan koneksi Wi-Fi ketika Anda berada di rumah, kantor, atau tempat yang menyediakan Wi-Fi gratis.
Nonaktifkan Data Seluler untuk Aplikasi Tidak Penting Banyak aplikasi yang menggunakan data secara latar belakang. Nonaktifkan penggunaan data seluler untuk aplikasi yang tidak sering Anda gunakan.
Turunkan Kualitas Streaming Jika Anda sering menonton video atau mendengarkan musik online, pertimbangkan untuk menurunkan kualitas streaming untuk menghemat kuota.
Unduh Konten untuk Ditonton Offline Jika Anda memiliki Wi-Fi di rumah, unduh video, musik, atau konten lain untuk ditonton atau didengar saat offline.

Kesimpulan

Cara Menyimpan Kuota Agar Tidak Hangus
Cara Menyimpan Kuota Agar Tidak Hangus

Dari sederet penjelasan tentang cara menyimpan kuota agar tidak hangus diatas dapat kita simpulkan bahwa operator jaringan seluler yang menyediakan layanan perpanjangan masa aktif kuota tanpa pulsa merupakan operator telkomsel.

Sedangkan operator jaringan seluler yang lain selain telkomsel hanya menyediakan perpanjangan masa aktif kuota melalui penambahan kuota intenet kembali pada kartu tersebut atau melalui pemotongan pulsa dengan nominal sesuai keinginan kamu.

Sekian cara menyimpan kuota agar tidak hangus. Terimakasih.

Widya Samosir

Writing is my identity

Related Post