6 Cara Private Akun Instagram Versi Terbaru 2024

Sanra Hutagalung

Cara Private Akun Instagram Versi Terbaru salah satu alternatif cukup menarik yang bisa kamu lakukan apabila ingin melindungi privasi dari pembuatan konten maupun menghindari penyerangan dari pengguna lain.

Instagram merupakan platform media sosial yang sangat populer di seluruh dunia dan banyak pengguna menggunakannya untuk berbagi video dan foto.

Ada dua jenis akun instagram, yakni akun publik dan akun pribadi. Ketika membuat akun Instagram, secara default akun pengguna diatur sebagai akun publik, yang berarti semua orang dapat melihat video dan foto tanpa batasan.

Namun, jika kamu ingin mengontrol siapa saja yang dapat melihat tayangan konten yang telah dibagikan, kamu dapat mengubahnya menjadi private. Dengan mengubahnya menjadi private, maka hanya orang-orang yang kamu izinkanlah yang bisa melihat konten dan pengikut kamu.

Untuk melakukan cara private akun instagram versi terbaru , simak informasi penjelasan dibawah ini sampai selesai.

Sekilas Tentang Fitur Private Instagram

Fitur private akun Instagram adalah salah satu fitur yang memungkinkan pengguna untuk membatasi siapa saja yang dapat melihat dan mengakses postingan, cerita serta profil mereka.

Ketika fitur private akun Ig diaktifkan, maka hanya pengguna yang telah diizinkan yang dapat mengakses konten yang di posting oleh pengguna tersebut.

Sekilas Tentang Fitur Private Instagram
Sekilas Tentang Fitur Private Instagram

Dengan mengguna fitur ini, pengguna juga dapat memilih siapa saja yang dapat mengikuti akunnya. Selain itu, pengguna juga dapat membatasi siapa saja yang dapat memberikan komentar pada postingannya.

Fitur private akun Instagram memberikan lebih banyak kendali dan privasi pada pengguna, sehingga pengguna dapat merasa lebih aman dan nyaman dalam berbagai konten di platform tersebut.

Lantas bagaimana cara private akun Instagram versi terbaru saat ini? Simak informasi penjelasannya dibawah ini.

Mengapa Harus Private Akun Instagram

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, melakukan private akun Instagram dapat membantu menjaga privasi pengguna, sehingga pengguna merasa lebih bebas dalam berbagi konten.

Selain itu, melakukan private akun Ig juga untuk menghindari komentar atau pesan yang tidak diinginkan atau bahkan serangan verbal dan intimidasi dari pengguna lain.

Bukan hanya itu saja, hal tersebut juga dilakukan untuk memperkuat kontrol atas konten pengguna dan memastikan bahwa hanya orang telah diizinkan yang dapat melihat dan mengakses postingan-nya.

Manfaat Private Akun Instagram Pribadi

Manfaat Private Akun Instagram Pribadi
Manfaat Private Akun Instagram Pribadi

Secara umum, manfaat dari melakukan private akun Instagram pribadi adalah untuk membantu menjaga privasi pengguna, sehingga pengguna merasa lebih bebas dalam berbagi konten.

Manfaat Privasi Akun Instagram Pribadi 
Menjaga Privasi ✅
Menghindari penyerangan atau pelecehan ✅
Memperkuat keamanan ✅
Memperkuat kontrol atas konten ✅
Koneksi yang lebih bermakna ✅

Berikut penjelasan dari beberapa manfaat lain dari melakukan private akun Instagram bagi pengguna diatas, yakni diantaranya :

1. Menjaga Privasi

Dengan membuat akun Instagra,m menjadi akun private, pengguna dapat membatasi siapa saja yang dapat melihat postingan, cerita dan profil pengguna.

Pasalnya, hal ini dapat membantu menjaga privasi dan menghindari pengguna lain yang tidak diinginkan melihat atau mencari tahu informasi pribadi kamu secara detail.

2. Menghindari Penyerangan atau Pelecehan

Membuat akun Ig menjadi private juga memiki manfaat yang lebih baik, seperti pengguna dapat menghindari komentar atau DM (Direct Message) yang tidak diinginkan atau bahkan serangan verbal dan intimidasi dari pengguna lain.

Meskipun dengan melakukan private akun Instagram pribadi, namun pengguna yang tidak saling berteman masih bisa mengirim pesan kepada pengguna. Akan tetapi pengguna bisa langsung menerima atau memblokir akun pengirim jika dirasa mengganggu dan tidak pantas.

3. Memperkuat Keamanan

Dalam beberapa kasus, membuat akun Instagram menjadi akun private juga dapat membantu meningkatkan keamanan pengguna, terutama dalam situasi dimana pengguna telah menjadi korban penyerangan secara online terhadap kasus yang dimiliki.

Maka tidak heran lagi apabila banyak pengguna yang mencari tahu cara private akun Instagram versi terbaru hingga sampai saat ini.

4. Memperkuat Kontrol atas Konten

Selain itu, salah satu manfaat dari melakukan private akun Instagram pribadi adalah dengan memperkuat kontrol atas konten yang di miliki.

Selain itu, pengguna juga daoat memastikan bahwa hanya orang yang telah diizinkan yang daat melihat dan mengakses postingan yang telah diupload oleh pengguna.

5. Koneksi yang Lebih Bermakna

Meskinpun memiki beberapa pengikut namun dengan melakukan private akun Instagram, pengguna dapat fokus pada koneksi yang lebih bermakna dengan teman dan keluarga terdekat dibandingkan hanya mencari pengikut dan likes.

Oleh karena itu, pengguna dapat merasa lebih aman dan terlindungi saat berinteraksi menggunakan platform ini. Bukan hanya itu saja, hal ini juga dapat meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan dan membuatnya lebih menyenangkan dan positif.

Cara Private Akun Instagram Versi Terbaru

Untuk melakukan cara private akun Instagram versi terbaru dengan mudah tanpa terkenda, pastikan aplikasi Instagram yang digunakan sudah menjadi versi terbaru dari aplikasi tersebut.

Berikut adalah langkah cara private akun Instagram versi terbaru , yakni diantaranya :

Cara Private Akun Instagram Versi Terbaru 2023
Cara Private Akun Instagram Versi Terbaru
  • Buka aplikasi di Instagram di perangkat ponsel.
  • Pada halaman utama aplikasi, pilih opsi menu profile.
  • Klik ikon tiga garis yang berada diatas kanan layar
  • Lalu klik Pengaturan dan pilih menu Privasi.
  • Klik ikon yang berada disamping tulisan Akun Privat hingga berwarna biru.
  • Secara otomatis, akun Ig kamu telah berhasil di kunci.

Penyabab Akun Instagram Tidak Bisa di Private?

Hanya ada satu penyebab dari mengapa akun Instagram tidak bisa di private yaitu karena aplikasi yang digunakan saat ini masih versi lama dari aplikasi Instagram.

Jadi agar tetap bisa mengakses fitur yang ada di Instagram dan bisa melakukan setiap langkah cara private akun Instagram versi terbaru, sebaiknya perbaharui aplikasi Instagram kamu terlebih dahulu.

Bukan hanya itu saja, biasanya penyebab akun Ig tidak bisa di privasi juga mempengaruhi status akun yang dimiliki. Apabila akun yang digunakan saat ini Instagram bisnis, maka akun tidak akan bisa diubah menjadi akun private.

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu mengubah status akun menjadi akun pribadi agar proses cara private akun Instagram versi terbaru bisa dilakukan.

Penyebab Penjelasan
Konten Melanggar Aturan Akun dengan konten yang melanggar aturan komunitas Instagram mungkin tidak diizinkan untuk menjadi akun pribadi. Instagram memiliki pedoman yang ketat terkait dengan jenis konten yang diperbolehkan.
Akun Terkunci Jika akun Anda telah terkunci sementara karena aktivitas yang mencurigakan atau pelanggaran aturan, Anda mungkin tidak dapat mengubahnya menjadi akun pribadi.
Akun Bisnis atau Kreator Akun yang telah diubah menjadi akun bisnis atau akun Kreator memiliki fitur khusus yang tidak tersedia pada akun pribadi. Anda mungkin tidak dapat mengubahnya kembali menjadi akun pribadi.
Masalah Teknis Terkadang, masalah teknis atau bug dalam aplikasi Instagram dapat menghentikan Anda dari mengubah akun Anda menjadi akun pribadi.
Koneksi Internet yang Buruk Masalah dengan koneksi internet dapat menghentikan Anda dari mengubah pengaturan akun Anda. Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil.

Bagaimana Mengubah Akun Instagram ke Pesonal Account

Jika sudah terlanjur membuat status akun Instagram yang dimiliki bersifat private, maka juga bisa beralih untuk membuatnya menjadi akun pribadi dengan mudah dan praktis.

Untuk melakukan caranya hampir sama dengan cara private akun Instagram versi terbaru, berikut langkah-langkahnya :

  • Silahkan buka Profile dan ketuk ikon tiga garis di sudut kanan atas.
  • Pilih menu Pengaturan dan klik Privasi.
  • Klik ikon yang berada disamping tulisan Akun Privat hingga berwarna hitam.
  • Terakhir, klik Beralih ke Publik.

Sebagai informasi tambahan, dimana setiap kali pengguna beralih ke akun pribadi maka data Insight di Instagram akan dihapus.

Apakah Akun Instagram Bisnis Bisa di Private

Akun Instagram bisnis adalah jenis akun yang dirancang untuk perusahaan atau bisnis yang ingin memanfaatkan platform ini untuk pemasaran, branding dan penjualan.

Selain itu, dengan memiliki akun Instagram bisnis, perusahaan dapat memanfaatkan platorm ini untuk meningkatkan kesadaran merek, menjangkau audiens baru.

Ada beberapa fitur khusus yang tersedia pada akun Instagram bisnis dan beberapa akun tersebut tidak tersedia pada akun Ig pribadi, seperti Statistik, tombol kontak, promosi dan Integrasi dengan alat pihak ketiga.

Apakah Akun Instagram Bisnis Bisa di Private
Apakah Akun Instagram Bisnis Bisa di Private

Namun yang menjadi pertanyaannya dalah apakah akun isntagram bisnis bisa di private? Jawabannya tidak bisa. Pasalnya, akun bisnis tersebut dirancang khusus untuk keperluan bisnis, bukan privasi personal.

Meskipun demikian, kamu masih bisa menggunakan alternatif lain agar akun tersebut bisa di private, yaitu dengan mengubahnya menjadi akun pribadi.

Jadi setelah akun sudah berhasil diubah menjadi akun pribadi, selanjutnya kamu bisa melakukan cara private akun Instagram versi terbaru diatas.

Artikel Menarik Lainnya : 6 Cara Mengembalikan Foto Instagram yang Tidak Tersimpan di Galeri

Kesimpulan

Cara Private Akun Instagram Versi Terbaru
Cara Private Akun Instagram Versi Terbaru

Itulah cara private akun Instagram versi terbaru yang dapat kamu coba apabila ingin mengubah status akun kamu menjadi private. Patikan setiap langkah diatas dilakukan dengan benar, agar proses pengubahan status akun tidak terkendala.

Sebagai informasi tambahan, dimana setiap kali pengguna beralih ke akun pribadi maka data Insight di Instagram akan dihapus.

Semoga informasi cara private akun Instagram versi terbaru ini bermanfaat dan sampai bertemu di informasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Related Post

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay