Tutorial

6 Cara Mengembalikan Foto Instagram yang Tidak Tersimpan di Galeri

Masih bingung dengan cara mengembalikan foto instagram yang tidak tersimpan di galeri? Jangan khawatir, ada beberapa penyebab dan cara ampuh untuk mendapatkan kembali koleksi foto instagram kamu.

Seperti aplikasi media sosial lainya, instgaram juga memiliki filter yang membuat siapa saja jatuh hati, lalu ingin mengoleksi foto dalam galeri ponsel. Permasalahan umum ketika mengunggah foto kedalam feed maupun story foto tidak tersimpan di galeri. Adakah cara mengembalikan foto yang tidak tersimpan di galeri? jawabanya ada ya sobat, ketahui caranya setelah tuntas membaca artikel ini.

Sekilas Tentang Instagram

Sekilas Tentang Instagram
Sekilas Tentang Instagram / Sumber: pinterest.com

Instagram merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk berbagi foto dan video maupun mengambilnya sendiri dengan berbagai filter yang tersedia, kemudian membagikanya kepada sesama pengguna.

Sebenarnya foto yang kamu unggah di laman instagram biasanya bersumber dari galeri ponsel, namun tidak sedikit pembaca yang membutuhkan cara ini karena beberapa alasan tertentu.  Contohnya foto yang telah kamu edit di fitur story tentunya akan berbeda dengan foto awal, sehingga membutuhkan cara mengembalikan foto instagram yang tidak tersimpan di galeri berikut.

Mengapa Foto Tidak Tersimpan ke Dalam Galeri?

Sebelum menemukan solusi, ketahui terlebih dahulu akar permasalahanmu untuk mengatasinya lebih cepat. Berikut faktor penyebab foto tidak tersimpan ke dalam galeri :

Penyebab Cara Mengatasi
Koneksi internet bermasalah Periksa dan ganti akses
Belum menggunakan fitur simpan ke galeri Aktifkan fitur simpan otomatis
Adanya cache yang mengganggu Hapus cache Instagran
Aplikasi mengalami bug Reisntall aplikasi instagram
Aplikasi dalam versi lama Update Instagram

Cara Mengembalikan Foto Instagram yang Tidak Tersimpan di Galeri

Cara mengembalikan foto instagram yang tidak tersimpan di galeri cukup mudah, namun perlu diketahui cara ini berhasil dilakukan apabila permasalahan tidak bersumber dari ponsel.

  • Periksa Koneksi Internet

Langkah pertama sebagai cara mengembalikan foto instagram yang tidak tersimpan di galeri dengan memeriksa koneksi internet. Seperti yang diketahui, segala aktifitas di jejaring sosial membutuhkan koneksi internet yang stabil.

Seperti aktifitas menyimpan foto ke dalam galeri juga membtuhkan koneksi internet yang baik. Jika internet lemot akan membuat foto lambat bahkan gagal muncul digaleri, segera cek koneksi dan ganti jaringan untuk mengakses internet.

  • Mengaktifkan Fitur Simpan Otomatis ke Galeri

Untuk pemula sebenarnya perlu mengaktifkan fitur simpan otomatis ke dalam galeri agar semua unggahanmu di story dan feed akan tersimpan secara langsung. Jika tidak mengaktifkanya, jangan heran bila foto tidak tersimpan. Lakukan langkah berikut untuk mengaktifkan fitur simpan otomatis ke galeri.

Cara Mengembalikan foto instagram yang tidak tersimpan di galeri
Cara Mengembalikan foto instagram yang tidak tersimpan di galeri

Cara berikut dapat dilakukan apabila ingin instagram merekam semua story lalu menyimpanya ke dalam galerimu:

  1. Pertama silahkan buka instagram
  2. Klik ikon tambah cerita seperti biasanya, lalu temukan tanda pengaturan seperti yang telah ditandai pada gambar diatas
  3. Langkah berikutnya dengan memilih cerita, lalu klik untuk melihat detail pengaturan
  4. Untuk mengaktifkan fitur simpan ke dalam galeri, kamu cukup mengaktifkan simpan cerita ke galeri dengan menggulir tanda aktif ke kanan.
  5. Jika sudah, pastikan cara berikut berhasil dengan mencoba mengunggah foto di story

Sebenarnya tidak hanya mengunggah foto di cerita instagram, kita juga terbiasa mengunggah foto ke feed instagram, namun semua aplikasi instagram telah mengaktifkan fitur unggahan feed yang langsung tersimpan ke galeri.

  • Hapus Cache Instagram

Hapus Cache Instagram
Hapus Cache Instagram

Cache merupakan data yang bersifat sementara, semakin banyak anda menggunakan instagram semakin banyak cache aplikasi. Keberadaan cache ini tentunya akan mempengaruhi kinerja hp seperti menyimpan foto yang telah kamu unggah, hapus cache sebagai cara mengembalikan foto instagram yang tidak tersimpan di galeri ponsel.

Berikut kami berikan cara mudah untuk menemukan cache di ponselmu, walaupun setiap ripe hp memiliki pengaturanya sendiri, biasanya caranya tidak jauh berbeda dengan cara berikut :

  1. Temukan pengaturan di ponselmu, klik dan buka aplikasi dan notifikasi
  2. Disini kamu akan melihat semua aplikasi yang telah terpasang di ponselmu
  3. Pilih instagram, klik penyimpanan dan cache
  4. langkah terakhir dengan menghapus cache dan cobalah mengunggah foto di instagram kemudian cek keberadaan foto dalam galeri.
  • Reinstall Aplikasi Instagram

Hapus lalu download kembali atau yang kita kenal dengan reinstall merupakan salah satu cara mengembalikan foto instagram yang tidak tersimpan di galeri. Biasanya aplikasi yang sulit dijalankan mengalami bug, penyebabnya bermacam-macam namun umumnya berada pada penyimpanan ponsel.

Untuk menangani masalah terseut silahkan uninstall lalu download kembali aplikasi instagram. Seperti cara diatas, kamu bisa mencoba unggah foto di instagram lalu memeriksa apakah foto telah tersimpan di galeri ponsel.

Lihat juga 15 Aplikasi Penghapus Objek Yang Tidak Diinginkan Pada Foto

  • Update Aplikasi

Update Aplikasi Instagram
Update Aplikasi Instagram

Update merupakan opsi lain untuk mengembalikan kinerja aplikasi. Sudah tidak jarang kita melihat beberapa aplikasi berjalan baik setelah diperbaharui. Oleh karen itu, untuk memperbaiki kinerja aplikasi instagram sebaiknya kamu melakukan pembaharuan terlebih dahulu.

Selain mendapatkan kembali foto, dengan update memungkinkan kamu mendapatkan fitur yang baru diluncurkan. Jika kamu enggan reinstall aplikasi, mungkin cara ini dapat dilakukan dan permasalahanmu segera teratasi.

  • Aplikasi Video Downloader for Instagram

Jika beberapa cara diatas belum berhasil dilakukan, mungkin kamu butuh aplikasi tambahan sebagai cara mengembalikan foto instagram yang tidak tersimpan di galeri. Pada google playstore terdapat banyak sekali aplikasi yang dapat diandalkan melakukan pekerjaan tersebut, salah satunya video dowloader yang akan membuatmu mendapatkan foto dan video sekali klik.

Jika kamu tertarik menggunakan aplikasi ini, cukup dengan menyalin tautan foto yang ingin disimpan kemudian pilih instamate pro foto, maka foto akan otomatis terunduh.

Nama Aplikasi Video Dowloader for Instagram
Ukuran 6,9 MB
Skor Ulasan 4,8
Link Playsore Video Downloader For Instagram

Kesimpulan

Cara Mengembalikan Foto Instagram yang Tidak Tersimpan di Galeri
Cara Mengembalikan Foto Instagram yang Tidak Tersimpan di Galeri

itulah cara mengembalikan foto instagram yang tidak tersimpan di galeri. Jika kamu mengalami masalah tersebut, silahkan gunakan salah satu cara diatas setelah mengetahui penyebab foto tidak tersimpan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Back to top button