5 Cara Menyetem Gitar Dengan Aplikasi Khusus Pemula

Widya Samosir

Bagi seorang gitaris pemula, cara menyetem gitar dengan aplikasi tentunya sangatlah dibutuhkan pasalnya cara tersebut dapat menciptakan suara gitar yang lebih merdu lagi daripada biasanya.

Namun sayangnya tidak semua pemula yang mahir dalam hal ini karena bagaimanapun skill menyetem gitar bagi seorang pemula pasti lebih dibutuhkan daripada caranya sendiri.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menyetem gitar seperti menyetem gitar dengan nada standar, menyetem gitar dengan bantuan instrumen lain, menyetem gitar dengan aplikasi dan lainnya.

Nah, pada halaman ini kita akan membahas cara menyetem gitar dengan aplikasi khusus bagi para pemula jadi jika kamu masih dalam kategori pemula dan belum mahir dalam cara stem gitar yuk simak caranya disini.

Sekilas tentang stem gitar

sekilas tentang stem gitar
sekilas tentang stem gitar

Diantara banyaknya alat musik yang bisa di petik, gitar memang salah satu alat musik petik terbaik diantara yang lainnya.

Mengapa? karena permainan gitar dapat selalu memberikan alunan melodi nan indah yang bisa membuat siapa saja terenyuh saat mendengar ataupun memainkannya.

Selain suaranya yang merduh, cara memainkan alat musik yang satu ini juga masih terbilang cukuplah mudah karena kamu hanya perlu menyetemnya terlebih dahulu lalu memakainnya sesuai dengan nada lagu yang hendak kamu dengarkan.

Lantas apakah kamu tau apa itu stem atau tuning gitar? dilansir dari beberapa sumber stem atau tuning gitar merupakan cara yang dapat menyelaraskan frekuensi antar senar pada gitar.

Dimana biasanya cara stem atau tuning gitar ini bertujuan untuk mengatur nada senar agar memiliki setelan yang sesuai sehingga nantinya dapat menghasilkan suara yang indah atau tidak sumbang ketika kamu sedang memetiknya.

Untuk itulah, tak sedikit dari para pengguna alat musik gitar khususnya para pemula yang pastinya selalu sibuk untuk mencari cara stem gitar dengan mudah secara manual maupun dengan bantuan aplikasi seperti cara menyetem gitar dengan aplikasi yang telah kami rangkum di halaman ini.

Cara menyetem gitar dengan aplikasi

Umumnya, banyak orang pasti melakukan aksi menyetem gitar dengan cara manual atau dengan bantuan instrumen sebuah lagu dan sebagainya.

Akan tetapi akhir-akhir ini, cara tersebut ternyata sangatlah memakan waktu apabila di lakukan secara terus menerus.

Sehingga pilihan untuk menyetem gitar dengan aplikasi pasti akan menjadi pilihan yang tepat untuk lebih menghemat waktu dalam hal menyelaraskan frekuensi antar senar pada gitar yang kamu gunakan nantinya.

Disisi lain, ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menyetem gitar dan beberapa diantaranya sudah kami hadirkan di bawah ini beserta cara penggunaannya.

Berikut cara menyetem gitar dengan beberapa aplikasi stem gitar yang kami kutip dari beberapa sumber:

1. Cara menyetem gitar dengan aplikasi pro guitar

cara menyetem gitar dengan aplikasi pro guitar
cara menyetem gitar dengan aplikasi pro guitar

Aplikasi pro guitar atau biasa disebut aplikasi penyetem gitar pro guitar merupakan aplikasi pertama yang menjanjikan hasil stem an gitar terbaik saat ini.

karena menurut pandangan beberapa pengguna aplikasi ini sangat membantu dan memudahkan proses penyetelan gitar yang sebelumnya hanya dapat dilakukan dengan mengandalkan pendengaran namun bisa dilakukan bersamaan dengan visual hanya dengan menggunakan aplikasi pro guitar ini.

Selain itu, fitur yang di miliki oleh aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk memastikan setiap posisi tali gitar yang kamu gunakan, apakah ada yang kendor atau bahkan terlalu ketat dan sebagainya.

Sedangkan untuk cara menyetem gitar dengan aplikasi pro guitar dengan mudah bisa kamu lihat pada tahapan langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi play store kamu dan unduh aplikasi pro guitar
  2. Install dan buka aplikasinya
  3. Pilih jenis gitar yang ingin di stem sesuai dengan tipe gitar kamu
  4. Saat kamu disuguhi gambar senar dan lubang gitar petik salah satu senar yang ada di posisi paling bawah (E4)
  5. Ketika muncul tulisan tune up berarti itu menandakan bahwa senar gitar kamu perlu di stem karena tidak selaras
  6. Lalu putar tuas satu senar dengan terus memetiknya sampai muncul kata tune in
  7. Apabila kamu menemukan tampilan kata tune down maka yang perlu kamu lakukan ialah mengendurkan tuas salah satu senarnya saja
  8. Lakukan cara diatas pada senar A2,B3,D3,E2 dan G3
  9. Terakhir anda bisa memainkan gitar setelah semua stem an senar telah sesuai

2. Cara menyetem gitar dengan aplikasi guitar tuna

cara menyetem gitar dengan aplikasi guitar tuna
cara menyetem gitar dengan aplikasi guitar tuna

Jika sebelumnya kamu menggunakan aplikasi pro guitar maka kali ini kamu bisa mencoba cara menyetem gitar dengan aplikasi guitar tuna.

Fungsi dari kedua aplikasi ini sebenarnya masih sama yakni untuk menyelaraskan nada senar pada gitar kamu namun agar hasilnya lebih akurat lagi, kami sarankan agar kamu menggunakan aplikasi guitar tuna ini.

Pasalnya penggunaan aplikasi guitar tuna sudah mencapai tingkat yang sangat baik dimana sudah ada 100 juta pengguna yang merasa puas ketika menggunakan aplikasi ini dan ratingnya juga sudah mencapai 4.7

Sehingga bisa dikatakan lebih sempurna dari aplikasi stem gitar sebelumnya. Disisi lain, cara kerja aplikasi guitar tuna sendiri masih mengandalkan fitur mikrofon dari ponsel pengguna agar mampu mengenali nada gitar yang sedang kamu mainkan dengan mudah

Aplikasi ini juga memiliki lebih dari 100 tunings yang bisa digunakan untuk menghasilkan nada senar yang lebih indah lagi nantinya.

Berikut cara menyetem gitar dengan aplikasi guitar tuna:

  1. Silahkan ambil gitar yang ingin kamu stem
  2. Unduh dan install aplikasi guitar tuna di ponsel kamu
  3. Kemudian buka aplikasinya dan klik menu tuner untuk mulai stem gitar kamu
  4. Petik satu senar tanpa menekan kunci apapun di dalamnya
  5. Lalu biarkan aplikasi guitar tuna mendeteksi suara gitar kamu secara otomatis
  6. Petik senar gitar secara terus menerus sampai nada mencapai posisi standar tuning
  7. Tanda centang berwarna hijau yang muncul menandakan bahwa stem satu senar telah berhasil

Jika cara menyetem gitar dengan aplikasi guitar tuna diatas telah berhasil maka silahkan lakukan tahapan berulang pada senar gitar kamu yang lain.

3. Cara menyetem gitar dengan aplikasi datuner

cara menyetem gitar dengan aplikasi DaTuner
cara menyetem gitar dengan aplikasi DaTuner

Aplikasi DaTuner merupakan salah satu aplikasi stem gitar yang di ciptakan langsung oleh Prometheus Interactive LLC.

Sama seperti aplikasi stem gitar sebelumnya, aplikasi DaTuner dapat kamu unduh di play store dengan mudah dan tentunya gratis.

Aplikasi ini juga dapat melakukan penyeteman terhadap berbagai alat musik selain gitar misalnya biola, bass, cello, mandolin, piano, saksofon dan lainnya.

Dengan aplikasi DaTuner kamu dapat mengubah frekuensi dasar ke nada terdekat apabila senar gitar yang kamu gunakan menghasilkan bunyi error dan penyesuaian tersebut juga bisa dilakukan dengan sangat mudah

Karena DaTuner akan menyesuaikannya secara otomatis melalui bilah pada sisi kiri layar aplikasi DaTuner. Semua keunggulan aplikasi DaTuner akan kamu dapatkan saat melakukan cara menyetem gitar dengan aplikasi DaTuner berikut ini:

  • Langkah pertama, download aplikasi DaTuner di ruang unduhan play store
  • Jalankan dan buka aplikasi nya
  • Siapkan satu buah gitar yang ingin kamu stem senarnya
  • Dekatkan aplikasi dengan gitar tersebut
  • Kemudian, petik satu senar gitar dan biarkan aplikasi DaTuner mendeteksi keakuratan nada senar
  • Lakukan stem gitar sampai layar aplikasi DaTuner berubah warna menjadi hijau
  • Coba tahapan yang sama untuk senar gitar yang lainnya hingga semua senar menghasilkan suara yang bagus

Saat menggunakan aplikasi DaTuner, kamu tidak perlu melakukan penyesuaian tipe gitar terhadap aplikasi ini karena DaTuner bisa digunakan untuk stem gitar tipe apapun.

4. Cara menyetem gitar dengan aplikasi master guitar tuner

cara menyetem gitar dengan aplikasi master guitar tuner
cara menyetem gitar dengan aplikasi master guitar tuner

Cara menyetem gitar dengan aplikasi berikutnya kami hadirkan dari salah satu aplikasi stem gitar bernama master guitar tuner.

Aplikasi master guitar tuner merupakan aplikasi stem gitar yang di ciptakan oleh netigen music tuners dengan berbagai fitur stem senar gitar yang bisa diakses oleh siapa saja dengan cuma-cuma atau gratis.

Salah satu fitur unggulan yang di miliki aplikasi master guitar tuner ialah fitur yang dapat merekam berbagai suara dari ragam alat musik secara jelas, dapat mengatur bunyi suara alat musik yang sebelumnya terdengar biasa saja menjadi lebih bagus lagi

Dapat melakukan set string berbagai jenis gitar sampai dengan dapat mengatur frekuensi suara a di Hz dan sebagainya.

Nah setelah kamu mengunduh aplikasi master guitar tuner, kamu dapat mencoba langkah-langkah cara menyetem gitar dengan aplikasi master guitar tuner berikut ini:

  1. Install dan buka aplikasi master guitar tuner terlebih dahulu
  2. Kemudian, siapkan gitar yang ingin kamu stem
  3. Tentukan tipe gitar dengan tipe yang di ijinkan aplikasi ini saat kamu masuk ke halaman awal aplikasinya
  4. Apabila semuanya sesuai klik icon rekam di menu home aplikasi master guitar dan petik satu senar gitar kamu
  5. Biarkan aplikasi master guitar tuner mendeteksi suara yang kamu kirimkan
  6. Lakukan penyesuaian suara senar gitar dengan jawaban yang diberikan oleh aplikasi master guitar tuner
  7. Proses stem senar gitar telah selesai

Apabila kamu hanya melakukan tahapan cara menyetem gitar dengan aplikasi master guitar tuner hanya pada satu tali senar gitar saja maka kamu jangan langsung berhenti melainkan lakukan tahapan cara yang sama untuk menyempurnakan suara senar gitar milikmu.

5. Cara menyetem gitar dengan aplikasi tuner-gstrings

cara menyetem gitar dengan aplikasi tuner gstrings
cara menyetem gitar dengan aplikasi tuner gstrings

Aplikasi stem gitar berikutnya datang dari aplikasi tuner yang di ciptakan langsung oleh stem gstrings. Umumnya, aplikasi ini sekilas terlihat sangat menyerupai aplikasi tuner meski dari segi tampilan aplikasi tuner gstrings masih terlihat lebih sederhana.

Aplikasi ini mungkin sangat cocok buat kamu yang hobby menyetem senar gitar, namun sangat membantu pula bagi kamu yang masih tergolong pemula dalam hal stem senar gitar.

Nah saat kamu ingin mencoba cara menyetem gitar dengan aplikasi tuner gstrings, kamu hanya perlu menggunakan tahapan yang sama seperti cara menyetem gitar dengan aplikasi-aplikasi stem gitar sebelumnya dan biarkan aplikasi tuner gstrings ini mendeteksi serta menyesuaikan bunyi nada pada senar gitar kamu

Jika aplikasi ini telah menunjukkan nama nada yang sesuai maka dapat dipastikan bahwa bunyinya sudah tepat dan tidak fals lagi.

Itulah sederet aplikasi stem gitar yang bisa kamu unduh dan gunakan secara gratis hanya dengan telepon genggam yang kamu miliki saja.

Seluruh aplikasi stem gitar diatas juga menyediakan opsi berlangganan untuk menikmati beberapa fitur spesial lainnya jika dirasa kamu perlu menghasilkan suara senar gitar yang lebih bagus lagi dari biasanya.

Penutup

Cara Menyetem Gitar Dengan Aplikasi
Cara Menyetem Gitar Dengan Aplikasi

Mempelajari cara menyetem gitar secara manual memang terkesan sangat sulit apalagi jika kita hanya menggunakan kedua indra pendengaran kita saja.

Sehingga untuk mengatasi kesulitan tersebut kita bisa menggunakan cara menyetem gitar dengan aplikasi sesuai penjelasan-penjelasan diatas.

Karena selain cara menggunakan aplikasinya yang mudah, hasil akhirnya juga dijamin bisa menjadikan suara senar gitar kamu lebih baik lagi saat hendak kamu gunakan nantinya.

Jangan lewatkan penjelasan menarik lainnya seputar cara update aplikasi selain lewat play store serta artikel tutorial lainnya dari blog mocipay ya.

Widya Samosir

Writing is my identity

Related Post

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay