3 Cara Menonaktifkan Shopee PayLater Tanpa Hapus Akun

Rohma Dearni

Cara menonaktifkan shopee paylater tanpa hapus akun merupakan informasi terpenting ketika pengguna ingin membatasi diri dari fitur beli sekarang bayar kemudian dari shopee.

Fitur Paylater yang dikenalkan Shopee pada tahun 2019 nampaknya menggaet banyak pelanggan, mungkin kamu salah satunya ya. Memang, ada banyak kemudahan yang ditawarkan playlater yang memungkinkan pengguna memiliki sebuah produk dan barang dengan pembayaran yang dialihkan ke bulan-bulan berikutnya

Hal ini pasti bermanfaat bagi mereka yang mengalami kesulitan dalam keuangan lantas memanfaatkan shopeepaylater, pun karena proses aktivasi yang mudah dan limit yang ditawarkan cukup tinggi.

Namun, adakalanya pengguna merasa tidak membutuhkan fitur ini lagi sebab jiwa konsumerisme yang tinggi dimana mereka semakin terpacu untuk berbelanja karena pembayaran yang dapat dialihkan. Mungkin, cara menonaktifkan shopee paylater tanpa hapus akun adalah solusi terbaik untuk kamu.

Tentang ShopeepayLater dan Alasan Ingin Menonaktifkanya

Seperti yang kita ketahui bahwa shopee paylater merupakan fitur beli sekarang dan bayar kemudian yang disediakan shopee bagi pelanggan yang memiliki dana terbatas. Dengan fitur ini pengguna bebas belanja selama limit akun masih tersedia.

Shopeepaylater

Aktivasi shopee paylater ternyata cukup mudah, setelah melakukan pengajuan dan diterima kamu akan mendapatkan limit yang dievaluasi berdasarkan transaksi-transaksi sebelumnya. Limit yang diterima cukup tinggi mulai dari Rp750000 sampai puluhan juta, ini juga didasarkan pada member akun shopee.

Walau demikian tidak sedikit pengguna yang tertarik untuk menonaktifkan shopee paylater dan menggunakan shopee seperti sediakala. Dikatakan sediakala sama seperti sebelum ada paylater dimana mereka wajib membayar tagihan langsung sebelum check out sebuah produk.

Tidak dapat dipungkiri bahwa fitur shopee paylater ini memunculkan jiwa konsumerisme yang tinggi untuk sebagian orang, dimana keinginan untuk membeli barang dengan paylater semakin melunjak yang membuat tagihan membengkak pada bulan-bulan selanjutnya.

Memang, spaylater dapat dilunasi lebih lama dengan tenor 12 kali cicilan tetapi hal ini cukup memberatkan apalagi kamu cukup intens berbelanja, bisa saja total tagihan ratusan sampai jutaan ya. Agar terhindar dari masalah tagihan membengkak simak saja cara menonaktifkan shopee paylater tanpa hapus akun yang Mocipay bagikan.

Syarat dan Ketentuan Menonaktifkan Shopee PayLater

Sebelum kamu benar-benar mempraktikkan cara menonaktifkan shopee paylater tanpa hapus akun, ada beberapa syarat menonaktifkan fitur agar pengajuanmu diterima, diantaranya:

  1. Tidak Memiliki Transaksi yang Sedang Berjalan

Ketika kamu memiliki transaksi yang sedang berjalan menggunakan shopee paylater maka pengajuan penghapusan fitur tidak dapat dilakukan.

Seperti yang kita ketahui bahwa total tagihan shopee paylater akan ditambahkan setiap kali pelanggan menerima barang, hal ini akan bertentangan apabila pengguna sudah menonaktifkan spaylater dimana mereka tidak harus membayar tagihan dan merugikan pihak shopee.

  1. Tagihan Sudah Dilunasi

Pengguna yang ingin menonaktifkan shopee paylater harus memastikan bahwa mereka tidak memiliki tagihan, karena pengajuan yang dilakukan akan sia-sia apabila kamu memiliki kredit. Sekarang lunasi tagihan supaya cara menonaktifkan shopee paylater tanpa hapus akun tidak sia-sia dilakukan.

  1. Akun Tidak Ditangguhkan

Kesalahan dalam akses shopee mengakibatkan akun kamu ditangguhkan, ini karena shopee mendeteksi akun melakukan transaksi mencurigakan seperti penipuan dan pembeli yang memberikan informasi kepada pengguna yang mengarah pada transaksi diluar shopee.

Jadi, ketika shopee melihat akun kamu ditangguhkan mereka berspekulasi kamu menonaktifkan shopee paylater karena kesalahan tersebut. Jika akun ditangguhkan, kamu tidak bisa menonaktifkan shopee paylater.

Lihat juga Cara Beli Pulsa Pakai Shopee Paylater 2023

Cara Menonaktifkan Shopee PayLater Tanpa Hapus Akun

Cara menonaktifkan shopee paylater tanpa hapus akun
Cara menonaktifkan shopee paylater tanpa hapus akun

Jika kamu sudah mengetahui bagaimana syarat menghapus fitur shopee paylater, sudah saatnya kamu memahami cara menonaktifkan shopee paylater tanpa hapus akun. Diketahui ada tiga tahap menonaktifkan shopee paylater, diantaranya:

  1. Masuk ke Menu Pengaturan Shopeepaylater

Mulailah dengan masuk kedalam aplikasi shopee dan mengarah kepada “saya” untuk menemukan akun kamu. Temukan fitur shopee paylater, klik sampai kamu melihat kredit yang tersedia.

  1. Ajukan Penghapusan

Selanjutnya kamu akan melihat beberapa opsi yakni, Voucher saya, syarat & ketentuan, kebijakan privasi dan hubungi kami. Untuk menonaktifkan shopeepaylater klik hubungi kami.

Jika sudah gulir sampai kamu menemukan opsi hubungi kami, pilih chat shopee sekarang maupaun via email. Silahkan ajukan permohonan untuk menonaktifkan shopee paylater dengan menyertakan alasan yang logis dan bisa diterima.

  1. Kirim Pengajuan

Jika sudah kirim pengajuan untuk menonaktifkan shopee paylater. Jika kamu mengajukan penghapusan shopee paylater via live chat mereka akan merespon langsung dan meninjau data spaylater kamu dan apabila kamu melakukan pengajuan via email mereka akan meninjau dalam 3-5 hari kerja sesuai dengan data yang dimasukkan.

Walau demikian, cara menonaktifkan shopee paylater tanpa hapus akun tak cukup efisien dilakukan. Mengapa? dalam beberapa kasus shopee tidak memberikan solusi untuk menonaktifkan shopee paylater seperti gambar dibawah.

Menonaktifkan shopeepaylater

Shopee hanya menyampaikan bahwasanya pengguna yang tidak tertarik pada shopee paylater tidak harus menggunakanya, sebab masih tersedia metode pembayaran lain di dalam aplikasi. Mereka juga menginfomasikan bahwa pelanggan yang tidak menggunakan paylater sebagai pembayaran tidak akan dikenakan tagihan spaylater.

Hal ini tentu tidak membantu kamu yang ingin menghilangkan tabiat belanja yang tinggi, jadi kamu masih bisa menonaktifkan spaylater menggunakan opsi selanjutnya.

Cara Menonaktifkan Shopee Paylater dengan Menghapus Akun

Setelah membahas cara menonaktifkan shopee paylater tanpa hapus akun kamu memahami pengajuan untuk menonaktifkan shopee paylater bisa saja diterima dan sebaliknya.

Cara menonaktifkan shopeepaylater dengan menghapus akun
Cara menonaktifkan shopee paylater dengan menghapus akun

Jika opsi pertama tidak berhasil, kamu masih bisa menggunakan langkah berikut dengan menghapus akun. Apabila kamu menghapus akun shopee maka data paylater akan dihilangkan, selanjutnya daftarkan dirimu dengan nomor ponsel dan email yang berbeda agar fitur paylater tidak muncul dan hindari untuk kembali mengaktifkanya.

Adapun langkah-langkah untuk menonaktifkan shopee paylater dengan menghapus akun dapat dilihat melalui penjelasan berikut:

  1. Pergi kedalam shopee dan klik saya untuk menemukan pengaturan akun
  2. Klik ikon pengaturan yang terletak di pojok kanan atas layar
  3. Gulir kebawah untuk menemukan penghapuskan akun
  4. Klik ajukan penghapuskan akun, baca syarat dan ketentuan berlaku
  5. Klik ok lalu baca informasi penghapusan akun shopee kamu
  6. Selanjutnya klik ajukan lalu masukkan OTP yang dikirimkan pada nomor yang sudah didaftarkan sebelumnya, jika sudah klik lanjut
  7. Sekarang masukkan alasan menghapus akun, disini lampirkan bahwa kamu tidak lagi ingin menggunakan layanan spaylater dan hal valid lain agar pengajuan diterima
  8. Jika sudah beri centang jika kamu menyetujui syarat dan ketentuan untuk menghapus akun shopee
  9. klik kirimkan dan konfimasi penghapusan akun.

Setelah menerima konfirmasi bahwa penghapusan akun berhasil dilakukan, buka kembali shopee lalu klik saya. Disini akan terlihat bahwa shopee paylater sudah dinonaktifkan bersamaan dengan akun shopee kamu.

Tips Menggunakan Shoope Paylater

Tips Keterangan
Pastikan Kelayakan Sebelum menggunakan Shopee PayLater, pastikan Anda memenuhi syarat dan kriteria yang ditentukan oleh Shopee agar bisa memanfaatkan fasilitas ini.
Pahami Limit dan Tenor Ketahui berapa batas maksimal pinjaman dan pilihan tenor yang tersedia. Pilih tenor yang sesuai dengan kemampuan Anda untuk mengembalikan dana.
Gunakan untuk Kebutuhan, Bukan Keinginan Utamakan penggunaan Shopee PayLater untuk kebutuhan yang mendesak atau penting, bukan sekedar untuk membeli barang-barang yang Anda inginkan.
Cek Rincian Transaksi Sebelum memfinalisasi pembelian dengan Shopee PayLater, periksa rincian transaksi, termasuk detail biaya, bunga, dan lainnya, agar Anda memahami sepenuhnya apa yang Anda tanggung.
Pastikan Pembayaran Tepat Waktu Untuk menghindari denda atau penalti, pastikan Anda membayar cicilan Shopee PayLater tepat pada waktunya. Anda bisa mengatur pengingat di kalender atau aplikasi pengingat agar tidak lupa dengan tanggal jatuh tempo pembayaran Anda.

Kesimpulan

Cara Menonaktifkan Shopee PayLater Tanpa Hapus Akun
Cara Menonaktifkan Shopee PayLater Tanpa Hapus Akun

Sekarang kamu sudah mengetahui cara menonaktifkan shopee paylater tanpa hapus akun, pastikan akunmu sudah memehuni syarat agar shopee paylater dapat dinonaktifkan.

Apabila kamu mendapatkan feedback dimana shopee paylater tidak dapat dinonaktifkan seperti yang sudah kita bahas tidak ada cara selain menghapus akun. Hal ini dapat kamu jadikan pertimbangan jika keberadaan shopee paylater sudah cukup menggangu, karena kamu masih bisa mengandalkan shopee tanpa harus menggunakan spaylater dalam berbelanja.

 

Related Post