2 Cara Menyimpan Efek di TikTok Paling Efektif

Evi Winda Simamora

Tiktok merupakan aplikasi terpopuler saat ini dengan berbagai fitur yang dimiliki seperti fitur efek, makanya tak heran jika banyak yang bertanya cara menyimpan efek di tiktok. Selain populer juga sudah jadi favorite oleh berbagai kalangan baik itu masyarakat, artis, dari yang usianya tua bahkan usia muda sekalipun menggunakan tiktok. Para penggunanya bisa mengunggah berbagai video atau yang sering disebut konten dengan berbagai fitur lengkap yang disediakan oleh Tiktok itu sendiri.

Fitur Efek yang disediakan oleh tiktok bisa kamu gunakan dengan bebas saat hendak membuat sebuah video atau konten di akun Tiktok kamu selain itu kamu juga bisa menyimpan efek tiktok yang kamu sukai. Cara menyimpan efek di Tiktok sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun. Bagi kamu yang belum tahu caranya mari simak penjelasan berikut!

Apa itu Efek Tiktok?

Sebelum membahas cara menyimpan efek di Tiktok terlebih dahulu kamu harus tahu apa itu Efek Tiktok? Efek Tiktok adalah sebuah fitur di Tiktok yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik foto atau video yang kamu buat agar lebih menarik dan tampak lucu sebelum kamu mengunggahnya di akun Tiktok kamu. Berbagai macam efek yang ada di Tiktok seperti efek kasat mata, trevoso, pretty UV, pijat pipi, chupapi dan masih banyak lagi.

Perlu diketahui efek dan filter itu berbeda ya sobat, efek bisa di hapus dan digunakan kapan saja sedangkan filter itu secara permanen mengubah tekstur, kecerahan, warna foto atau video, namun sama-sama bisa disimpan untuk bisa digunakan kembali jika dibutuhkan. Nah, kali ini akan dibahas cara menyimpan efek di tiktok, simak penjelasannya dibawah ini.

Cara Menyimpan Efek di Tiktok

Jenis Efek-efek di tiktok sangatlah bervariasi dan banyak sehingga membuat pengguna tidak bosan mulai dari efek yang trending, ramadhan, buat, new, alat, green screen, Kocak beauty dan banyak jenis lainnya. Pengguna bisa berganti-ganti efek tiap saat sesuai yang diinginkan.

Efek-efek Tiktok

Saat kamu tertarik dengan beberapa efek di Tiktok kamu bisa simpan dengan mudah efek tersebut namun pastikan kamu sudah memiliki akun Tiktok. Jika kamu baru pertama kali menggunakan tiktok kamu harus mendaftar atau membuat akun terlebih dahulu  dan jika baru mengganti perangkat, kamu harus login terlebih dahulu agar bisa menyimpan efek di tiktok berikut adalah cara menyimpan efek di tiktok :

Cara Menyimpan Efek di Tiktok Melalui Menu Tambahkan Konten

Cara ini digunakan oleh orang yang memang suka memilah terlebih dahulu efek yang benar-benar dibutuhkan dan yang sesuai dalam pembuatan video atau kontennya, namun cara ini agak sedikit memakan waktu karena harus cek 1 per 1 efeknya. Berikut adalah cara menyimpan efek di Tiktok:

  1. Buka Aplikasi Tiktok
  2. Pilih Menu Tambahkan Konten(+)
  3. Klik Efek
  4. Pilih efek yang kamu inginkan untuk disimpan
  5. Lalu, klik ikon Bintang(*) sebelah kiri
  6. Pastikan ikon Bintang(*) membesar agar efek yang kamu pilih benar-benar tersimpan
Cara Menyimpan Efek di Tiktok
Cara Menyimpan Efek di Tiktok

Cara Menyimpan Efek di Tiktok Melalui Video Orang Lain

Saat kamu scroll beranda tiktok, tiba-tiba kamu melihat sebuah video dengan efek yang bagus dan kamu tertarik untuk menggunakannya di video kamu yang akan kamu buat nanti, nah kamu bisa simpan dulu efeknya agar tidak repot lagi mencari di menu efek tiktok. Caranya sangat mudah, simak cara berikut:

  1. Buka Aplikasi Tiktok
  2. Pilih Video atau Konten yang memakai efek
  3. Jika kamu suka, maka klik nama efek di videonya
  4. Pilih Tambah ke Favorite
  5. Pastikan efek yang kamu simpan sudah ditambahkan ke Favorite
Cara Menyimpan Efek di Tiktok
Cara Menyimpan Efek di Tiktok

Note: Semua efek yang tersedia di tiktok tidak bisa di download atau disimpan ke perangkat karena hanya bisa digunakan di akun tiktok saja.

Cara Cek Efek yang Sudah di Simpan

Setelah menyimpan berbagai macam efek yang kamu inginkan tentunya kamu harus cek kembali apa saja efek yang sudah tersimpan untuk memastikan, jika sebagian efek yang kamu inginkan belum tersimpan kamu bisa ulangi kembali untuk menyimpan efeknya. Berikut adalah cara untuk cek efek yang kamu inginkan apakah benar-benar sudah tersimpan atau belum.

Langkah pertama yang kamu lakukan adalah membuka akun tiktok kamu, kemudian pilih menu profil, kemudian pilih ikon simpan pada dashboard akun kamu,  setelah itu klik Efek. Maka efek yang kamu sudah simpan akan tampil dan kamu bisa cek apakah sudah sesuai dengan keinginan kamu atau tidak.

Cara Cek Efek Tersimpan

Cara Menghapus Efek yang di Simpan

Jika efek tiktok bisa di simpan maka tidak menutup kemungkinan efek tiktok juga bisa dihapus. Terkadang kita sering salah menyimpan efek di tiktok jadi tidak sesuai dengan keinginan kita, lalu bagaimana cara mengatasinya? Nah, tidak perlu bingung kamu hanya cukup menghapus efek tiktok tersebut dengan cara berikut ini.

  1. Pertama, Masuk ke akun tiktok kamu > pilih menu profil > klik ikon simpan > pilih efek > klik efek yang ingin dihapus > klik ditambahkan ke favorite. Nah, secara otomatis efek tersebut akan terhapus dari daftar efek yang sudah kamu simpan.
  2. Kedua, Masuk ke akun tiktok kamu > Pilih Menu Tambahkan Konten(+) > Pilih ikon efek disamping kiri bawah > pilih tanda simpan disamping efek trending > pilih efek yang ingin dihapus > klik tanda simpan diatas menu efek sebelah kiri.

Cara Menggunakan Efek Tiktok yang di Simpan

Tujuan menyimpan efek di tiktok tentunya untuk digunakan dalam pembuatan video, foto atau konten bukan? Banyak yang sudah menyimpan efek tiktok namun tidak tahu cara menggunakan efek yang disimpan tersebut, simak cara berikut!

  1. Masuk ke akun tiktok kamu
  2. pilih menu profil
  3. klik ikon simpan
  4. pilih efek
  5. klik efek yang ingin digunakan
  6. klik gunakan efek ini.

Nah, setelah mulai merekam maka otomatis efek yang kamu pilih akan diterapkan langsung. Kamu bisa bebas memilih efek apa saja yang ingin kamu gunakan dengan melakukan cara yang sama.

Mengapa Efek di Tiktok Tidak Bisa digunakan?

Saat hendak menggunakan efek di tiktok pasti ada beberapa efek yang tidak bisa digunakan, biasanya efek yang tidak bisa digunakan tersebut adalah efek terbaru yang dirilis oleh provider tiktok sendiri. Mengapa efek tersebut tidak bisa digunakan? Berikut penjelasannya!

Fitur efek di tiktok selalu ada pembaharuan dan penambahan efek-efek terbaru gunanya adalah untuk meningkatkan ketertarikan para pengguna dan agar tidak membosankan dengan efek yang sudah lama.

Namun sering kali efek yang terbaru tidak bisa digunakan, hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal seperti versi aplikasi tiktok belum di update, maka hal yang perlu kamu lakukan adalah mengupdate aplikasi tiktok kamu ke versi terbaru dengan cara masuk ke Playstore/App Store>cari Tiktok>klik Update/perbaharui.

Atau perangkat HP kamu tidak mendukung penggunaan efek tersebut, jika kendalanya di perangkat HP, kamu bisa memperbaharui versi perangkat kamu dari pengaturan atau ganti HP baru yang versi lebih tinggi.

Note: Setiap akun, ikon untuk menyimpan efek di tiktok berbeda-beda yaa sobat, ada yang bertanda bintang(*) dan ada juga yang bertanda simpan. Jadi sesuaikan dengan ikon yang ada di akun kamu. Biasanya aplikasi tiktok yang sudah diperbaharui akan bertanda bintang(*) saat hendak menyimpan efek di tiktok melalui menu Tambahkan Konten(+), namun tidak perlu khawatir atau bingung karena walaupun ikonnya berbeda-beda fungsinya tetap sama.

Kesimpulan

Cara Menyimpan Efek Di Tiktok Paling Efektif
Cara Menyimpan Efek Di Tiktok Paling Efektif
Cara Menyimpan Efek di TikTok Keterangan
✅ Pilih efek yang ingin disimpan Buka aplikasi TikTok dan pilih efek yang ingin disimpan pada video Anda
✅ Tekan tombol simpan Setelah memilih efek, tekan tombol simpan yang ada di bawah video untuk menyimpan efek tersebut
✅ Gunakan efek pada video selanjutnya Setelah efek disimpan, Anda dapat menggunakan efek tersebut pada video TikTok selanjutnya dengan memilihnya dari daftar efek yang tersimpan pada aplikasi TikTok Anda
✅ Update aplikasi TikTok Pastikan aplikasi TikTok Anda selalu terbaru agar Anda dapat menggunakan fitur dan efek terbaru yang tersedia
✅ Gunakan efek dengan bijak Gunakan efek dengan bijak dan sesuai dengan konten video Anda agar video Anda tetap menarik dan menambah pengalaman menonton bagi penonton Anda

Demikian penjelasan tentang cara menyimpan efek di tiktok yang bisa kamu ikuti dan dijamin berhasil dan sangat mudah untuk dipahami baik itu untuk pemula sekalipun. Semoga dengan penjelasan diatas semakin banyak yang terbantu dan bisa semakin memahami penggunaan fitur-fitur yang disediakan di Tiktok.

Evi Winda Simamora

IG; Windasimamora1597

Related Post