Tutorial

7 Cara Menemukan Aplikasi Tersembunyi Di Android

Beberapa cara menemukan aplikasi tersembunyi di android yang harus kamu ketahui jika ingin menyembunyikan aplikasi dari layar Hp. Menyembunyikan aplikasi memang cukup membantu pengguna android dalam menyimpan/menjaga privasi, pasalnya saat ini ada banyak aktivitas online dilakukan dari android yang tidak bisa diketahui orang lain.

Berbicara tentang privasi seseorang tentu berbeda beda dalam berbagai aspek seperti dari segi kehidupan, keuangan, atau hubungan pribadi seseorang. Semua info terkait dari aspek tersebut bisa saja di ketahui orang lain melalui Smartphone/Android yang dimiliki. Oleh sebab itu beberapa orang memilih untuk menyembunyikan aplikasi tertentu dari layar HP nya.

Cara Menemukan Aplikasi Tersembunyi Di Android
Cara Menemukan Aplikasi Tersembunyi Di Android

Kelebihan dan kekurangan Aplikasi Tersembunyi

Fitur sembunyi aplikasi adalah fitur yang dapat digunakan pengguna android untuk menyembunyikan aplikasi tertentu dari layar android. Tentu fitur ini dibuat untuk mendapatkan berbagai manfaat bagi pengguna android.

Tidak berbeda dari fitur lainnya, selain memiliki manfaat fitur ini ternyata juga dapat berdampak negatif bagi pengguna android.

Manfaat :

Aplikasi tersembunyi biasanya digunakan untuk menyimpan/menyembunyikan file pribadi, percakapan pribadi atau bentuk rahasia lainnya. Seperti yang terjadi pada orang tua, dengan menyembunyikan beberapa aplikasi pada android anaknya dapat membantu orang tua dalam mengawasi anak-anak dengan melacak riwayat aktivitas online mereka. Ini juga dapat membantu untuk membatasi banyak orang dalam mengetahui obrolan khusus pada pihak tertentu.

Dampak negatif :

Berbanding terbalik dengan kelebihan diatas, saat ini sangat mudah bagi anak-anak menyembunyikan file atau aktivitas online mereka dari orang tua. Bagi orang tua yang belum mengenal fitur sembunyi aplikasi tentu mempersulit orang tua dalam mengawasi aktivitas mereka menggunakan android. Bahkan dalam hal ini tidak hanya anak-anak kepada orang tua, tetapi juga berlaku bagi pasangan dewasa yang mempunyai rahasia satu sama lain. Menggunakan fitur sembunyi aplikasi dapat merusak kepercayaan pasangan tersebut.

Baca Juga :  5 Cara Menukarkan Koin TikTok Menjadi Uang

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android

Dari manfaat fitur aplikasi tersembunyi yang sudah dibahas diatas tentu ada beberapa aplikasi yang ingin kita sembunyikan untuk menjaga kepentingan pribadi. Sudah tahu bagaimana caranya? Yuk, ikuti panduan di bawah ini :

  • Buka Smartphone lalu login ke menu pengaturan
  • Pilih opsi “Applications” kemudian klik opsi Applications Manager
  • Kemudian klik “All” lalu pilih aplikasi mana saja yang ingin di sembunyikan dari layar
  • Jika sudah, selesaikan dengan klik “Disable“.

Cara Menemukan Aplikasi Tersembunyi Di Android

Cara Menemukan Aplikasi Tersembunyi Di Android

Android merupakan bentuk dari samartphone canggih masa kini yang sudah di lengkapi banyak fitur salah satunya yaitu fitur untuk menyembunyikan aplikasi yang tidak boleh di lihat orang lain. Walaupun sudah disembunyikan aplikasi tersebut masih bisa kamu tampilkan kembali saat akan digunakan.

Ada banyak cara menemukan aplikasi tersembunyi di android yang dapat dilakukan dengan mudah namun dengan hasil akhir yang sama.

  1. Cara Menemukan Aplikasi Tersembunyi di Android Melalui Pengaturan

Cara menemukan aplikasi tersembunyi di android yang paling mudah di lakukan adalah dengan memanfaatkan menu pengaturan/setelan dari android. Kamu tidak perlu menginstal aplikasi ataupun menggunakan pihak ketiga. Berikut cara menemukan aplikasi Tersembunyi di android melalui pengaturan :

  • Login ke fitur pengaturan/setting pada android
  • Geser kebawah dan pilih menu aplikasi
  • Lanjut klik manajemen aplikasi, lalu pilih sembunyi aplikasi¬†
  • Android akan menampilkan aplikasi yang telah di sembunyikan.
  1. Cara Menemukan Aplikasi Tersembunyi di Android Melalui Play Store

Cara menemukan aplikasi tersembunyi di android dapat dilakukan melalui playstore dengan menelusuri kembali software yang pernah di instal sebelumnya.  Cara menemukan aplikasi tersembunyi android melalui playstore antara lain :

  • Login aplikasi playstore pada android
  • Masuk ke menu kategori
  • Kemudian ketik ” Aplikasi dan game saya” pada kolom pencarian
  • Histori aplikasi dan game yang pernah di instal akan muncul
  • Lalu cek aplikasi yang tidak bertuliskan App Drawer
  • Jika ingin membuka, klik aplikasinya lalu open
  • Jika sudah, maka aplikasi yang di sembunyikan akan di tampilkan kembali pada layar.
  1. Cara Menemukan Aplikasi Tersembunyi di Android Melalui Fitur Keamanan

Cara menemukan aplikasi tersembunyi di android melalui fitur keamanan dapat dilakukan jika aplikasi tersembunyi karena di blokir oleh sistem. Berikut tahap-tahap yang dapat dilakukan untuk menampilkan aplikasi tersembunyi :

  • Login ke Smartphone lalu pilih pengaturan.
  • Gulir kebawah lalu pilih opsi keamanan/security
  • Kemudian pilih menu sembunyikan aplikasi
  • Akan muncul daftar aplikasi yang telah di sembunyikan pada android
  • Kamu dapat mengatur ulang aplikasi mana yang ingin di tampilkan kembali atau tetap dalam mode disembunyikan.
  1. Cara Menemukan Aplikasi Tersembunyi di Android Melalui Apps Manager

Apss Manager merupakan fitur aplikasi yang sudah tersedia di android. Cara menemukan aplikasi tersembunyi di android melalui apps manager sebagai berikut :

  • Silahkan buka android lalu login ke menu pengaturan perangkat
  • Klik pilihan Apps atau aplikasi pada android untuk menampilkan seluruh aplikasi yang sudah terpasang
  • Periksa aplikasi yang muncul satu persatu melalui tab “All
  • Jika kamu melihat ada aplikasi yang tidak di kenal atau aplikasi yang sama sekali tidak pernah kamu gunakan, segera hapus aplikasi tersebut untuk menghindari aplikasi yang mengandung Melware atau berbagai aspek berbahaya lainnya.
  1. Cara Menemukan Aplikasi Tersembunyi di Android Melalui File Explorer

File Exporer merupakan tool yang dapat digunakan sebagai cara menemukan aplikasi tersembunyi di android dengan langkah-langkah :

  • Buka File Manager pada android
  • Klik opsi All files atau file aplikasi
  • Buka menu lalu klik setting
  • Ceklist Show hidden
  • Pilih aplikasi tersembunyi
  1. Cara Menemukan Aplikasi Tersembunyi di Android Melalui File by Google

Cara menemukan aplikasi tersembunyi di android yang dapat kamu lakukan berikutnya adalah dengan mendownload file by google sebagai berikut :

  • Instal aplikasi Files by google pada playstore
  • Login, lalu pilih aplikasi
  • Akan muncul beberapa aplikasi yang terdaftar di android, lalu tandai aplikasi yang di sembunyikan
  • Perlu diingat bahwa menggunakan cara ini tidak untuk membuka aplikasi namun untuk melihat apakah aplikasi tersebut masih terinstal pada android.
  1. Cara Menemukan Aplikasi Tersembunyi di Android Melalui Ruang Kosong

Aplikasi yang tersembunyi bisa di sebabkan karena tertindih oleh aplikasi lain. Cara menemukan aplikasi tersembunyi di android melaui ruang kosong dapat di lakukan dengan mengumpulkan semua aplikasi kedalam ruang kosong kemudian merestart android untuk memulihkan tampilan aplikasi.

Setelah selesai merestart, android yang dihidupkan kembali akan menampilkan aplikasi yang sebelumnya tersembunyi. Langkah selanjutnya pemilik android dapat menyusun kembali tampilan layar sesuai keinginan.

Seputar Pertanyaan Tentang Aplikasi Tersembunyi

  1. Apakah aplikasi tersembunyi bahaya bagi privasi dan keamanan android saya ?

Terdapat beberapa aplikasi yang berbahaya bagi keamanan dan privasi pemilik android karena bisa saja aplikasi tersembunyi tersebut dapat mengakses dan memonitor aktivitas online yang kamu lalukan melalui android tersebut.

2. Bagaimana cara mencegah aplikasi tersembunyi mengakses informasi pribadi saya ?

Cara mencegah aplikasi tersembunyi mengakses informasi pribadi dapat dilakukan dengan cara mengontrol izin penggunaan yang di berikan pada setiap aplikasi. Pengguna juga dapat memasang perangkat kunci layar seperti pengenalan wajah atau pembuatan sandi untuk memastikan keamanan akun.

3. Bagaimana cara melindungi android dari aplikasi tersembunyi ?

Android dapat di lindungi dari aplikasi tersembunyi dengan cara memerika sumber aplikasi sebelum menginstal, memperbaharui perangkat dan aplikasi secara berkala, serta memeriksa pengaturan privasi setiap aplikasi.

4. Bagaimana cara mengetahui jika aplikasi tersembunyi sedang memantau android saya ?

Cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui apakah aplikasi tersembunyi sedang memantau android dengan cara login ke menu pengaturan, klik baterai, lalu pengehemat baterai. Dengan cara tersebut kamu akan melihat aplikasi yang sedang berjalan sekaligus dapat menonaktifkan aplikasi yang tidak di inginkan.

5. Apakah ada cara menghapus permanen aplikasi tersembunyi dari perangkat android saya ?

Ya, ada. Kamu dapat menghapus permanen apliksi tersembunyi dengan cara masuk kemenu pengaturan, klik aplikasi, cari aplikasi tersembunyi, lalu klik opsi hapus. Namun untuk penghapusan aplikasi pastikan kamu tidak menghapus aplikasi yang penting bagi perangkat android, karena hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja perangkat android tersebut.

Akhir Kata

 Cara Menemukan Aplikasi Tersembunyi Di Android
Cara Menemukan Aplikasi Tersembunyi Di Android

Cara menemukan aplikasi tersembunyi di android merupakan hal yang penting di ketahui untuk memastikan keamanan dan privasi seseorang pada android. Jangan bimbang untuk melakukan pengecekan jika ada aktivitas mencurigakan yang terjadi pada android. Hal ini berguna untuk menghindari penyadapan dari pihak tertentu.

Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button