7 Makanan Anjing Kampung Supaya Cepat Besar

Rohma Dearni

Kecewa melihat pertumbuhan anjing yang begitu-begitu saja? mungkin faktor asupan adalah penyebabnya. Cek daftar makanan anjing kampung supaya cepat besar disini!

Memelihara anak anjing kampung bisa dikatakan susah-susah gampang, dikatakan demikian karena anjing ini biasanya kurang rentan pada penyakit bawaan dan tidak terlalu pemilih makanan.

Walau demikian bukan berarti kamu tidak mengambil peran merawat anjing, terlebih jika ingin anak anjing lebih cepat besar dimana ketika pada usia dewasa pengawasan yang terlalu extra tidak lagi dibutuhkan. Jika benar demikian, mari simak daftar makanan anjing kampung supaya cepat besar yang sudah Mocipay rangkum.

Daftar Makanan Anjing Kampung Supaya Cepat Besar

Sebenarnya saat ini sudah tersedia beragam makanan yang bisa kalian gunakan sebagai sumber nutrisi anjing kesayangan. Namun adakalanya pemberian makanan ini hanya mengenyangkan anjing, sehingga kalian tidak melihat perubahan pada berat badan dan pertumbuhan anabul.

Makanan untuk anjing kampung

Sebaik-baiknya makanan instan anjing, lebih baik kalian tetap menjaga kesehatan dengan menjamin nutrisi makanan mereka. Langkah mudah yang dapat dilakukan dengan menyempatkan diri untuk mengolah makanan dan memberikan asupan terbaik untuk menambah berat badannya.

Selain pemberian makanan instan yang tersedia di pet shop, berikut daftar makanan anjing kampung supaya cepat besar:

  • Daging tanpa Lemak

Daging tanpa lemak pilihan makanan anjing kampung yang supaya cepat besar yang dapat sobat olah sendiri. Daging tanpa lemak kaya akan asam amino dan vitamin B yang akan menjaga metabolisme anjing kesayanganmu.

Untuk menyajikan olahan daging tanpa lemak untuk anjing kesayangan kalian cukup mudah, dan daging unggas, sapi dan babi termasuk di dalamnya. Makanan ini dapat memberikan anjing protein yang lebih banyak dan berkualitas.

Untuk menumbuhkan selera makan anjing, kalian bisa tambahkan kaldu ayam dan nasi merah di dalamnya ya. Atau campurkan daging tanpa lemak menggunakan nasi merah dan tambahan kaldu.

  • Olahan Labu dan Ubi Jalar

Olahan labu dan ubi jalar
Olahan labu dan ubi jalar

Di urutan yang kedua ada labu dan ubi jalar yang dapat kalian olah dan menjadikannya makanan anjing kampung supaya cepat besar.

Labu mengandung zat besi, vitamin A, Vitamin K, Vitamin B1, B5 dan B6 yang lebih tinggi, sedangkan ubi jalar lebih kaya akan mineral, vitamin C, vitamin E dan vitamin B2. Karena hal ini kalian bisa mengolah labu maupun ubi jalar sebagai menu harian untuk mendukung pertumbuhan anjing.

Berikut bahan-bahan sederhana yang perlu sobat persiapkan untuk menambah berat badan anjing kesayangan dari olahan labu dan ubi jalar.

  • ½ labu kuning matang
  • Daging ayam cincang 200 gram
  • Keju secukupnya jika anjing doyan

Cara tepat mengolah makanan anjing kampung supaya cepat besar adalah:

  1. Bersihkan dan potong labu kecil-kecil, rebus hingga empuk
  2. Rebus juga cincangan daging ayam sampai empuk dan matang
  3. Setelah itu campur labu dan daging dalam sebuah wadah, tambahkan keju
  4. Aduk hingga rata, dinginkan lalu beri pada anjing kamu.
  • Hati Ayam

Hati ayam
Hati ayam

Hati ayam baik diberikan kepada anjing karena merupakan makanan anjing kampung supaya cepat besar. Sobat dapat mengolah hati ayam atau memberikan hati mentah.

Salah satu pemicu kenapa anjing kampung memiliki pertumbuhan yang lebih lambat karena tidak memiliki selera makan yang tinggi. Sebaiknya naikkan dahulu selera makan anjing dengan menyajikan hati ayam mentah maupun yang sudah diolah.

Jika sahabat tertarik memberikan makanan anjing dengan hati ayam yang sudah matang, silahkan rebus air hingga mendidih lalu masukkan 1-7 buah hati ayam. Untuk menyajikan menu ini tidak perlu menambahkan merica ataupun garam untuk memberi rasa, karena hati ayam sudah cukup nikmat tanpa bumbu dapur.

Jika hati ayam sudah matang, pindahkan kedalam wadah dan tunggu hingga dingin. Sajikan menu yang kaya akan zat besi, lemak esensial dan vitamin B ini dengan cara dipotong-potong terlebih dahulu ya.

  • Ikan dengan Omega-3

Ikan dengan Omega-3
Ikan dengan Omega-3

Setelah hati ayam, makanan anjing kampung supaya cepat besar adalah ikan yang mengandung omega-3, dan ikan salmon dan sarden merupakan pilihan yang tepat.

Menu makanan yang satu ini sangat baik digunakan untuk menambah berat badan anjing karena memberikan kalori yang bagus. Untuk memberikan asupan yang kaya omega-3 ini kalian dapat dikreasikan dengan memadukan antara ikan dengan labu, ikan dengan beras merah, atau ikan dengan ubi jalar.

Nah, untuk memasak menu ini tentu kalian harus melakukanya sendiri ya, berikut bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Ikan salmon/sarden segar (takaran 1 cangkir)
  • Labu maupun ubi jalar (takaran ½ cangkir)
  • 1 sdm minyak zaitun

Cara Memasak makanan anjing kampung supaya cepat besar dari olahan ikan salmon dan ikan sarden adalah:

  1. Kukus atau panggang ikan hingga matang, biarkan dingin lalu keluarkan duri ikan
  2. Potong ikan menjadi bagian yang lebih kecil-kecil
  3. Kupas lalu rebus labu/ubi jalar hingga empuk
  4. Haluskan ubi menggunakan garpu
  5. Pada suatu wadah masukkan labu/ubi lalu campurkan dengan ikan yang sudah dipotong-potong, tuangkan minyak zaitun
  6. Setelah itu campur semua bahan-bahan lalu sajikan kepada anjing kampung kesayanganmu.
  • Campuran Telur dan Wortel

Campuran telor dan wortel
Campuran telor dan wortel

Menu makanan anjing kampung supaya cepat besar lainya adalah campuran telur dan wortel. Telur menjadi salah satu bahan makanan yang baik dikonsumsi anjing karena kaya akan protein, vitamin dan mineral, sedangkan wortel memberikan asupan vitamin B6 dan sumber antioksidan tinggi.

Dengan beberapa manfaat yang dihasilkan dua bahan ini akan membantu pertumbuhan secara efisien pada anjing peliharaanmu. Tanpa berlama-lama berikut beberapa bahan yang perlu kamu olah jika tertarik mengolah menu makanan yang satu ini:

  • 1 buah wortel, kupas
  • 2 butir telur ayam
  • Nasi secukupnya
  • 1 sdm mentega

Cara untuk memasak menu makanan anjing kampung ini adalah:

  1. Cuci dan parut wortel pada sebuah wadah
  2. Lumerkan mentega di sebuah teflon, lalu masukkan telur lalu aduk-aduk
  3. Tuangkan parutan wortel lalu masukkan sedikit air
  4. Tahap terakhir masukkan nasi yang sudah dipersiapkan, tunggu hingga wortel masak dan sajikan pada anjing kesayanganmu.

Rekomendasi Merek Dog Food Terbaik untuk Anjing Kampung

Makanan anjing kampung supaya cepat besar diatas adalah menu yang tinggi protein dan lemak. Walaupun kami menganjurkan supaya kalian mengolah makanan untuk anjing, kamu masih bisa memilih dog foods berkualitas.

Berikut beberapa merek makanan anjing kampung supaya cepat besar berikut dengan harganya:

  • Happy Dog Naturcroq Puppy

Happy Dog Naturcrog puppy
Happy Dog Naturcrog puppy

Happy Dog Naturcrog puppy salah satu makanan anjing kampung yang dapat kamu jadikan sebagai asupan sehari-hari anabul kesayanganmu.

Merek ini diperkirakan untuk anjing puppy direntang usia 4 minggu sampai 6 bulan. Happy dog jenis naturcroq puppy kaya akan protein dan lemak, makanan ini mengandung tepung terigu, protein unggas, lemak daging sapi jagung gandum dan tepung ikan.

Karena mengandung nutrisi yang dibutuhkan anjing dalam masa pertumbuhan, merek ini dapat disajikan disela-sela makanan olahan sendiri yang berarti pemberiannya dapat dilakukan secara bergantian. Happy dog nuturcroq puppy sudh tersedia di berbagai situs jual beli online, dibenderol dengan harga Rp 75000/kg atau klik disini untuk melihat produk.

  • Predigree Chicken

Predigree chicken
Predigree chicken

Setelah happy dog naturcroq puppy, ada predigree chicken sebagai salah satu menu makanan anjing kampung supaya cepat besar. Menu makanan yang satu ini direkomendasikan pada anjing usia 1 tahun keatas.

Predigree mengandung lemak dan protein yang akan mendukung pertumbuhan anjing, adapula vitamin E dan Omega 6 agar bulu dan kulit anjing selalu sehat dan terjaga. Walau tersedia secara instan, makanan nutrisi yang didapatkan pada merek ini hampir seimbang dengan makanan olahan rumahan yang sudah kita bahas.

Berbicara tentang harga, makanan anjing ini dibanderol dengan harga Rp25000 untuk 1 kaleng kemasan berukuran 400 gram. Predigree juga sudah tersedia di petshop dan berbagai jenis marketplace. Temukan makanan anjing ini sekarang!

Tips Menggemukkan Anjing Kampung Secara Efisien

Tidak cukup menelaah makanan anjing kampung supaya cepat besar, siapkan beberapa hal untuk mendukung pertumbuhan anjing. Tips yang saya maksudkan disini berkaitan erat dengan aktivitas dan pemilihan makanan anjing.

Memang, makanan punya peran untuk mendukung pertumbuhan anjing karena menjadi sumber nutrisi tubuh. Berikut kami berikan beberapa tips yang juga punya peran penting agar anjing kampung lebih cepat besar.

  • Berikan Makanan Sesering Mungkin

Memberikan makanan sesering mungkin

Beberapa pengolahan makanan anjing kampung supaya cepat besar sudah kamu temukan di dalam artikel ini. Nah, agar pertumbuhan anjing lebih efisien berikan makanan sesering mungkin.

Memberikan anjing makanan sesering mungkin masih dengan porsi yang sama sesuai dengan kebutuhan mereka, hanya saja jam makan akan diganti dengan begitu mereka lebih bersemangat jika anjing kampung milikmu sangat mudah bosan.

  • Jadwalkan Jam Istirahat Anjing

Anjing dikenal sebagai hewan tanpa rasa lelah, mereka kerap membuang energi berlebih yang masuk kedalam tubuh sehingga rentang pertumbuhan badannya begitu-begitu saja.

Beruntungnya, anjing sangat mudah diatur sehingga kalian para owner dapat menjadwalkan jam istirahat dan latih dia agar patuh. Saat anjing ingin bermain mereka mencari cara untuk mengajak kamu mengambil peran dalam permainan, alih-alih mengikuti sebaiknya kamu acuh supaya dia terlatih untuk menyimpan energi.

Walau demikian, perlu dicatat bahwa anjing harus punya latihan untuk menambah berat badan anjing dalam bentuk otot, hanya saja dia harus memiliki jadwal yang seimbang supaya energi yang terbuang tidak berlebihan.

  • Selingi dengan Cemilan Kaya Nutrisi

Cemilan untuk anjing
Cemilan untuk anjing (sumber: purina.co.id)

Selain pemberian makanan untuk anjing kampung supaya cepat besar, selingi aktivitas mereka dengan memberikan cemilan yang kaya nutrisi. Cemilan untuk menggemukkan anjing cukup mudah kalian temukan, beberapa diantaranya ada pada daftar makanan manusia seperti pisang dan timun.

  • Kurangi Stress Anjing

Jika sudah melakukan upaya mencari dan mengolah makanan anjing kampung supaya cepat besar, namun anjing kampung peliharaanmu tidak menunjukkan progres yang diharapkan periksa kembali apakah anjingmu sedang stress.

Stress adalah masalah yang menimpa anjing kampung setiap kali mereka diangkut ke rumah baru dari tempat penampungan. Bersifat pasif dan mogok makan merupakan efek stress yang lumrah sehingga pertumbuhan mereka akan begitu-begitu saja.

Oleh karena itu, pastikan selalu disamping anjing melalui masa stress dengan memberikan perhatian dan membuat mereka nyaman di rumah yang baru.

Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Anjing Kesayanganmu

Sudah tiba kita dipenghujung topik makanan anjing kampung supaya cepat besar, jika diatas kami lampirkan daftar makan utama dan camilan yang bagus untuk anjing kampung maka berikut saya cantumkan beberapa makanan yang dilarang keras dikonsumsi anjing.

Daftar makanan berikut tidak hanya memperhambat pertumbuhan anjing, namun berbahaya dan beresiko untuk kesehatan anabul.

  1. Cokelat dan makanan tinggi gula lainnya
  2. Alpukat
  3. Olahan kacang-kacangan
  4. Anggur dan kismis
  5. Permen karet
  6. Produk olahan susu
  7. Adonan roti mentah
  8. Telur mentah
Tips Lainnya Penjelasan
Konsultasikan dengan Veteriner Berkonsultasi dengan dokter hewan atau veterinarian adalah langkah pertama yang penting. Mereka dapat memberikan panduan tentang rencana gizi dan berat ideal anjing Anda.
Pilih Makanan Berkualitas Pilih makanan anjing berkualitas yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan. Pastikan makanan tersebut mengandung protein, lemak, dan karbohidrat yang mencukupi.
3. Jadwalkan Makanan Rutin – Atur jadwal makanan yang rutin untuk anjing Anda. Ini membantu mengatur pola makan dan pencernaan mereka. Makan pada waktu yang sama setiap hari.
Pemberian Makanan Tambahan Bicarakan dengan dokter hewan tentang pemberian makanan tambahan atau suplemen. Beberapa suplemen mungkin diperlukan untuk membantu pertumbuhan dan penambahan berat badan.
Pantau Jumlah Makanan Pantau jumlah makanan yang diberikan. Berikan makanan sesuai dengan panduan yang diberikan oleh produsen makanan anjing atau dokter hewan Anda.

Itulah beberapa makanan yang tidak boleh dimakan anjing kesayanganmu, cek disini untuk melihat lebih terperinci 15 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Anjing Kesayangan Anda

Penutup

Makanan Anjing Kampung Supaya Cepat Besar
Makanan Anjing Kampung Supaya Cepat Besar

Makanan anjing kampung supaya cepat besar sudah kamu temukan dalam pembahasan ini. Jika kalian memiliki ide olahan lain untuk anjing kesayangan, utamakan untuk memilih makanan yang tinggi lemak dan protein ya sobat, sekian.

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay