Review Cairin: Kelebihan & Kekurangan Aplikasi Pinjaman Online Cairin

Teguh Pras

Aplikasi Cairin adalah salah satu penyedia jasa pinjaman yang bisa dipilih, akan tetapi sebelum itu ada baiknya jika kita membaca terlebih dahulu mengenai review Cairin. Dengan begitu, maka kita menjadi lebih memahami tentang kelebihan, persyaratan, dan juga kekurangan yang dimiliki oleh aplikasi ini. Untuk membaca lebih lanjut tentang review Cairin, mari kita simak beberapa penjelasan berikut.

Review Cairin

Review Cairin
Review Cairin

Cairin adalah suatu platform pinjaman online yang sudah lama dipercaya oleh masyarakat Indonesia karena nasabah dapat meminjam tanpa jaminan. Ada beberapa review Cairin yang perlu diperhatikan dengan saksama sehingga Anda memiliki gambaran mengenai kualitas dari aplikasi ini.

Kelebihan Cairin

Kelebihan Cairin
Kelebihan Cairin

Kemudahan pinjaman yang multiguna pasti akan membuat Cairin menjadi aplikasi yang mampu memenuhi kebutuhan Anda yang mendesak. Inilah daftar kelebihan yang akan dirasakan oleh nasabah Cairin:

1. Termasuk Aplikasi yang Aman dan Legal

1. Termasuk Aplikasi yang Aman dan Legal
1. Termasuk Aplikasi yang Aman dan Legal

Review Cairin yang pertama yaitu aplikasi ini termasuk ke dalam aplikasi yang tingkat keamanannya tidak perlu dipertanyakan lagi. Sebab, Cairin sudah mendapatkan izin yang resmi dan diawasi secara langsung oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan. Mereka memperoleh izin tersebut mulai dari tahun 2021, dan hingga kini tingkat legalitas mereka pun juga masih kredibel.

Fitur Keamanan Aplikasi Cairin Yang Legal

Tidak hanya legal saja, akan tetapi Cairin juga telah mengerahkan metode keamanan yang disertai oleh teknologi paling mutakhir.

  • Dengan teknologi yang terkini, maka data pribadi yang dimiliki oleh setiap pelanggan akan terlindungi dengan mumpuni.
  • Keberadaan proteksi yang canggih tersebut membuat pelanggan tidak perlu merasa cemas karena kebocoran data pribadi adalah hal yang bisa dihindari.
  • Ada beberapa alternatif keamanan yang sudah disediakan oleh aplikasi Cairin, salah satunya yaitu dana data biometrik, enkripsi data, sekaligus pemakaian token tertentu.

2. Persetujuan yang Cepat

2. Persetujuan yang Cepat
2. Persetujuan yang Cepat

Review Cairin yang kedua berkaitan dengan proses persetujuan yang dilakukan oleh perusahaan, sebab mereka akan menyetujui permohonan Anda dalam waktu yang begitu cepat. Hal ini berbeda dengan metode bank-bank konvensional lainnya, sebab Anda harus mendatangi kantor untuk mengurus persyaratan administrasi dan menunggu selama beberapa waktu untuk menerima uang pinjaman.

Rincian Proses Pengajuan Pinjaman Cairin

Pada aplikasi Cairin, tingkat persetujuan pengajuan pinjaman uang kepada setiap nasabah berlangsung dengan gesit, rata-rata hanya memakan waktu paling lama yaitu 1×24 jam saja.

  • Tiga menit setelah melakukan pengajuan, Cairin akan memberikan persetujuan yang mumpuni kepada nasabah.
  • Bahkan, hal yang sama pun juga berlaku kepada para pemberi dana atau investor, sehingga setiap pengguna aplikasi Cairin pun akan merasa nyaman dalam penggunaannya.
  • Proses ini sangat berbeda jauh apabila dibandingkan dengan proses yang dilakukan di leasing atau pun di bank.
  • Umumnya, mereka akan memerlukan waktu selama kurang lebih satu minggu agar pengajuan kredit nasabah bisa disetujui.

3. Dilakukan Secara Online

3. Dilakukan Secara Online
3. Dilakukan Secara Online

Bisa dikatakan, kelebihan utama yang dimiliki oleh Cairin yaitu aplikasi ini memang bisa diakses secara bebas kapan saja dan di mana pun. Hal tersebut karena aplikasi yang canggih ini hanya memerlukan jaringan internet yang stabil serta perangkat yang mumpuni untuk mengakses pinjaman yang hendak diajukan.

Detail Pencairan Dan Pengajuan Online Cairin

  • Berdasarkan review Cairin yang sudah ditulis oleh berbagai macam pihak dan pengguna lain, mereka menyatakan bahwa aplikasi ini begitu praktis karena mudah untuk digunakan.
  • Tanpa harus mendatangi kantor cabang yang terdekat, Anda bisa segera mendapatkan uang pinjaman dengan nominal yang diinginkan dalam hitungan beberapa menit saja tanpa kendala.

4. Bisa Dipantau Secara Realtime

4. Bisa Dipantau Secara Realtime
4. Bisa Dipantau Secara Realtime

Review Cairin yang selanjutnya yaitu Anda dapat memantau proses peminjaman secara langsung atau realtime. Hal ini sama seperti aplikasi layanan keuangan yang lain, akan tetapi sistem yang canggih ini akan mempermudah Anda dalam memantau bagaimana pergerakan arus keuangan yang hendak diterima.

Sistem Pemantauan Realtime

  • Anda dapat melakukan proses pemantauan tersebut dimana saja secara bebas, sebab informasi yang nantinya akan diperoleh pasti tetap sama.
  • Dengan adanya sistem ini, maka Anda akan menjadi lebih mudah lagi ketika ingin membuat keputusan penting terhadap kondisi keuangan pribadi atau pun yang berkaitan dengan bisnis perusahaan.

5. Tidak Ada Agunan

5. Tidak Ada Agunan
5. Tidak Ada Agunan

Kelebihan lain yang dimiliki oleh aplikasi Cairin yaitu mereka tidak menetapkan agunan atau jaminan sebagai salah satu persyaratan utama. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi setiap nasabah yang keberatan ketika harus mengajukan jaminan, sehingga proses pelunasan jaminan pun akan tetap berjalan dengan lancar tanpa harus merasa terlalu terbebani.

Alasan Aplikasi Cairin Tidak Ada Agunan

  • Dengan memanfaatkan pinjaman tanpa agunan, tentunya proses pinjaman bisa berlangsung dengan cepat tanpa harus melalui proses yang terlalu bertele-tele.
  • Untuk itu, tidak mengherankan apabila banyak review Cairin yang menyatakan bahwa aplikasi ini cocok bagi nasabah yang menuntut pinjaman cepat demi memenuhi kebutuhan yang bersifat darurat.

6. Proses Verifikasi Tanpa Telepon

6. Proses Verifikasi Tanpa Telepon
6. Proses Verifikasi Tanpa Telepon

Salah satu hal yang membuat banyak nasabah merasa enggan menggunakan pinjaman online yaitu ketika mereka harus melakukan proses verifikasi melalui telepon. Sebab, hal itu memakan waktu dan terkadang ada banyak nasabah yang menganggap bahwa verifikasi telepon kurang efektif.

Proses Pencairan Tanpa Verifikasi

  • Akan tetap, pada aplikasi Cairin pihak nasabah tidak akan dihubungi sama sekali saat melakukan proses pengecekan.
  • Bahkan, verifikasi melalui kontak darurat juga tidak dilakukan sehingga proses untuk mengajukan pinjaman bisa berlangsung dengan lebih cepat lagi.

7. Persyaratan yang Mudah

7. Persyaratan yang Mudah
7. Persyaratan yang Mudah

Seperti yang sudah dijelaskan di review Cairin sebelumnya, persyaratan yang ditetapkan oleh pihak Cairin terbilang begitu mudah dan bersahabat. Pihak nasabah hanya perlu menyediakan beberapa dokumen yang penting untuk melakukan verifikasi data, salah satunya yaitu kartu KTP yang asli.

Syarat Mudah Pinjaman Di Cairin

  • Beberapa pinjaman di perusahaan fintech yang lain, terlebih di bank konvensional, pastinya akan meminta calon nasabah untuk turut serta mempersiapkan dokumen yang lain seperti slip gaji.
  • Akan tetapi, di Cairin Anda tidak perlu menyerahkan slip gaji sehingga proses pengajuan akan berjalan dengan sangat lancar terlebih bagi Anda yang saat ini belum mempunyai pendapatan yang tetap.

8. Pembayaran yang Fleksibel

8. Pembayaran yang Fleksibel
8. Pembayaran yang Fleksibel

Selain mudah ketika pengajuan pinjaman, Cairin juga menawarkan kemudahan yang praktis ketika nasabah ingin membayar cicilan yang harus dilunasi. Ketika pinjaman yang Anda ajukan sebelumnya sudah jatuh tempo, maka Anda dapat melakukan pembayaran dengan cara mentransfer uang melalui internet banking, mobile banking, ATM, atau membayar langsung ke pihak counter Cairin.

Rincian Jadwal Pembayaran Cairin

Jika sudah melunasi pembayaran, selanjutnya Cairin akan memberikan bukti pembayaran yang sudah Anda kirimkan secara otomatis.

  • Status pinjaman uang Anda pun akan berubah dari yang sebelumnya ‘Belum Lunas’ menjadi ‘Lunas’.
  • Review Cairin yang lain telah menekankan bahwa untuk mencegah hal-hal yang berada di luar kendali Anda, maka usahakan untuk tidak menunggu waktu terlalu lama hingga jatuh tempo saat ingin melakukan pembayaran.
  • Dengan begitu, maka Anda pun tidak merasa tergesa-gesa atau terbebani karena pembayaran yang terlalu mepet.

9. Tidak Dimintai Data Pekerjaan

9. Tidak Dimintai Data Pekerjaan
9. Tidak Dimintai Data Pekerjaan

Review Cairin yang selanjutnya berkaitan dengan persyaratan pekerjaan yang dimiliki oleh nasabah. Pada dasarnya, banyak sekali pihak perusahaan penyedia pinjaman uang yang mewajibkan seluruh nasabahnya untuk mempunyai pekerjaan yang tetap sehingga tidak ada kesulitan ketika hendak membayar pinjaman.

Rincian Alur Peminjaman Cairin Tanpa Slip Gaji

  • Meskipun begitu, Cairin termasuk ke dalam salah satu perusahaan yang tidak mengharuskan hal tersebut, namun mereka hanya meminta kontak darurat dan kontak pribadi saja.
  • Hal ini berarti bahwa nasabah yang tidak memiliki pekerjaan tetap seperti mahasiswa yang tidak bekerja, ibu rumah tangga, dan lain sebagainya tetap bisa mengajukan pinjaman secara online di Cairin.

10. Limit Pinjaman Tinggi

10. Limit Pinjaman Tinggi
10. Limit Pinjaman Tinggi

Kelebihan yang terakhir yaitu limit pinjaman yang disediakan oleh pihak Cairin tergolong tinggi. Selain menawarkan kemudahan dalam proses pengajuan, ternyata Cairin juga telah menawarkan limit pinjaman yang cukup tinggi, sebab nasabah dapat mengajukan pinjaman mulai dari 500 ribu sampai 5 juta rupiah.

Ketentuan Limit Aplikasi Cairin

  • Limit tersebut bisa membantu Anda untuk memilih tenor yang sesuai dengan kemampuan finansial pribadi.
  • Cairin juga membebaskan nasabah untuk memilih sendiri jangka waktu pengembalian pinjaman, dengan tenor paling pendek berupa 91 hari dan yang paling panjang berupa 365 hari.

Kekurangan Cairin

Kekurangan Cairin
Kekurangan Cairin

Setelah mengetahui tentang review Cairin beserta kelebihan yang dimilikinya, maka penting pula untuk mengetahui tentang sisi kekurangan yang dimiliki oleh aplikasi ini. Berikut merupakan beberapa kekurangan Cairin yang perlu diperhatikan agar Anda tidak merasa kecewa saat menggunakannya nanti:

  • Plafon Pinjaman Termasuk Kecil

Apabila dibandingkan dengan kartu kredit atau pun KTA, limit pinjaman yang disediakan oleh Cairin termasuk relatif kecil. Nominal maksimum hanya bisa kurang dari 1,5 juta rupiah saja.

Alasan Pinjaman Cairin Termasuk Kecil

Untuk pinjaman pertama sekalipun, pihak Cairin akan menerapkan limit yang jauh lebih kecil.

  1. Kenaikan limit hanya bisa dilakukan oleh nasabah yang sudah pernah meminjam dan ingin melakukan peminjaman lagi, dengan syarat yaitu riwayat pembayaran yang bersih.
  2. Untuk itu, bagi Anda yang memerlukan dana tunai dengan jumlah yang lebih besar, maka Cairin belum menjadi pilihan yang tepat.
  • Bunga Mahal

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Cairin yaitu suku bunga yang mereka tetapkan termasuk cukup mahal. Per hari, suku bunga yang mereka tentukan yakni sekitar 0,4 persen, sehingga apabila dikalkulasikan selama satu bulan jumlah bunga yang dibebankan kepada nasabah mencapai 12 persen.

Rincian Bunga Di Aplikasi Cairin

Sementara itu, bunga selama setahun mencapai angka 144 persen, sehingga nasabah yang mengalami kesulitan untuk membayar bunga pasti akan menganggap bahwa bunga tersebut terlalu tinggi.

  1. Ketika nasabah terlambat dalam melakukan proses pembayaran, pihak nasabah juga harus membayar denda sebesar 0,5 persen per hari.
  2. Untuk itu, nasabah harus senantiasa melunasi cicilan pinjaman dengan tepat waktu agar tidak terkena bunga yang tinggi.
  • Sering Ditolak

Kekurangan yang terakhir yaitu terkadang banyak nasabah yang ditolak pengajuannya karena satu dan lain hal. Umumnya, hal itu terjadi karena mereka menyiapkan dokumen yang kurang lengkap, atau mempunyai catatan pembayaran yang bermasalah sehingga pihak Cairin menganggap nasabah tersebut kurang layak untuk diberikan pinjaman.

Tips Agar Tidak Ditolak Ketika Mengajukan Pinjaman Cairin

  1. Demi menghindari hal tersebut, ada baiknya apabila Anda mempersiapkan dokumen secara teliti.
  2. Selain itu, usahakan untuk senantiasa menjadi nasabah yang baik dan tidak telat dalam membayar apa pun.
  3. Sehingga tidak ada catatan hitam pada riwayat keuangan Anda.

Kesimpulan

Review Cairin: Kelebihan & Kekurangan
Review Cairin: Kelebihan & Kekurangan

Demikian beberapa informasi mengenai review Cairin yang bisa menjadi gambaran ketika Anda berkeinginan untuk menggunakan aplikasi ini. Segala keuntungan yang dimiliki oleh aplikasi ini memang menggiurkan, akan tetapi ada baiknya apabila Anda juga turut serta mempertimbangkan kekurangan yang dimilikinya sehingga Anda menjadi lebih bijak sebagai nasabah.

Related Post

Tinggalkan komentar